Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by kunaskun »

Sebenernya dari kapan tau uda kepengen aja cicipin mobil "antik" kaya gini :mky_03: cuma baru kemaren ga tau kenapa tiba2 itu unit ada di dealer suzuki dimari, biasanya paling males kesitu, berapa kali liat ada ciaz eh ga taunya punya ownernya, dipajang di parkiran tapi ga bisa ditest, di showroom ga ada, kan bikin tanda tanya :big_bored:

maaf driving impression tidak terlalu detil karena well ya terburu2 :mky_03:

Karimun Wagon R GS AGS
Jangan tanya kenapa namanya berima gitu, mungkin terinpirasi dari S = Sport ? :mky_07: dan G = Grand? Jadi Grand Sport. ya manapun jugalah, tampilan dari luar keren pol, memberikan napas baru kalau mobil "murah" bisa keren juga, tampilan luar mirip plek dengan sodara sekandung di jepang situ. Projector headlamp, floating engine hood, ditambah dengan grill plastik bening, bikin super modern dan ga napsu liat type dibawahnya. perbedaan terbesar di moncong saja, dan juga pelek.

AGS itu singkatan Auto Gear Shift, jadi bukan Automatic Transmission. bingung? sederhananya Perpindahan gigi saja yang otomatis sisanya ngga, lah bedanya apa dengan matik biasa? banyak sekali, basically ini transmisi manual yang dipasang auto shift module yang dikontrol secara elektronis. jadi gampangnya lagi: yang nginjek kopling itu komputer :mky_03:

Interior
ya mobil ini luarnya aja bagus, dalamannya ya standard mobil "murah". Walau saya masih appreciate setidaknya kualitas material masih lebih niat daripada datsun, ini mungkin levelnya setara agya ayla. Sudah ada power window depan tanpa outer mirror electric, yang sialnya lagi cara setelnya itu toel2 cerminnya, tanpa ada stik kecil nongol di dalem jadi percayalah adna kemungkinan besar akan keluar duit lagi untuk pasang electric mirror.

liat ke dalam nuansa kabin masih khas city car suzuki yang terkenal dengan lega dan akomodasinya. design dashboard memang gitu2 aja kotak2 ya cukuplah untuk sekedar commuter kesana kemari di dalam kota. Bangku flat datar tanpa ada setelan ketinggian bikin pas nyetir agak bingung ini mobil kok tinggi amat ya. positifnya tentu karena tinggi jadi berasa commanding position, ga berasa diintimidasi traffic karena rendah.

Panel speedo ketambahan sebaris LCD dengan petunjuk posisi gear. Transmission stick mirip swift AT lama atau suzuki lainnya, tanpa ada indikator P. Karena well ini manual hanya diotomatiskan.

Driving
Injek rem dalam2, lepas rem tangan, masukin D, eh ga jalan, ternyata mesti digas dikit, ternyata ga bisa creeping total seperti mobil matik. bisa si tapi jadi harus rajin bolak balik injek gas dan rem, agak sedikit menyusahkan tapi mungkin ini butuh waktu kebiasaan saja.

injek gas halus untuk rasakan perpindahan gigi ternyata ga jerky2 amat, hanya memang ga seperti normal yang linear ini cenderung bergelombang naik turun karena ketika shifting ada terasa sedikti loss seperti halnya lepas gas, injek kopling, masuk gigi, lepas kopling. nah problemnya ada pada saat lepas gas, itu transmisi ogah turun sama sekali, malah makin meluncur seperti mobil manual yang injek kopling pas lagi jalan :big_cry: agak serem si, mungkin bagi user yang terbiasa matik konvensional seperti saya agak serem karena terasa sekali tidak ada engine brake atau tahanan sama sekali.

Tapi hal ini tertolong oleh respon rem yang oke sekali untuk ukuran mobil kecil, dimuati 3 orang dewasa pun ga terasa bodoh kaya avanza, ini tepat banget :big_okay:

coba maenin manual modenya. menarik ternyata ini lebih ke arah sequential gearbox daripada tip tronic murni, seperti misalnya: ga bisa langsung shift ke gigi dua dari stop mesti satu, atau loncat langusng ke 4 atau 3 pas jalan pelan. ya lumayanlah untuk sekedar meringankan kaki kiri untuk injek kopling. asiknya respon pindah gigi lebih cepat daripada full auto mode, entah kenapa bsia gitu, padahal saya tetep sambil injek gas terus shift up.

yang bikin kagok itu pas berhenti di lampu merah. masuk N, rem tangan, masuk D, lepas rem tangan, injek gas ternyata mobil ga mau jalan karena safety :big_chicken: mesti injek rem baru masuk D maka dianggap masuk gigi 1. hmmm.. akhirnya saya geser ke M, shift up baru mau jalan.

Pengendaraan dalam kota normal sendiri tidak terasa kalau ini mobil manual everything is normal, dibilang jerky sekali tidak, seperti mobil transmisi matik jadul yang kalau kick down lemot, engine brake minim tapi dengan power loss minim sekali. proses shift up shift down semuanya normal, stop n go pun sama, mungkin mirip DSG atau DCT? entahlah saya ga pernah cobain mobil dengan transmisi jenis ini.

engine performance matching lah dengan kebutuhan mobilnya sendiri, ga terlalu lincah juga ga terlalu lemot. mungkin karena memang ini aslinya manual hanya urusan shifting dikontrol oleh komputer jadi tidak terasa boyo akibat power loss transmisi matik konvensional.

overall reminds me of playing wangan midnight arcade :mky_04: :mky_04: :mky_04:

Comfort
bantingan so so, diajak belok patah udah berasa limbung, karena agak tinggi, dan cukup empuk hanya ketemu speed bump malah kelewat keras jadinya bisa jadi faktor body yg ringan atau spring rate yang kelewat keras. EPS memang terasa kosong hampa tapi saya suka dengan rationya pas aja untuk belok2 dalkot, lincah sekali. soal AC top lah, adem bener :mky_08:

Overall
Opsi menarik di kelas 140 jutaan. Walau saya pribadi mikir, mungkin idealnya pake CVT atau transmisi konvensional saja daripada transmisi "tanggung" kaya gini. Keunggulan di segi perawatan yg tidak perlu ganti oli matik rutin cukup ganti plat kopling saja seperti biasanya (kata sales) menurut saya memang agak seimbang dengan performa di jalanannya yang terasa "aneh" seperti ga bisa merayap halus, nanjak harus sambil injek rem/pake rem tangan karena ketika masuk ke D maka pasti mundur akibat ga bisa setengah kopling, butuh trik2 khusus yang tentu seiring waktu saya yakin bisa dihandle penggunanya.

hanya overall package diluar transmisi menurut saya menarik. apalagi bicara kelegaan kabin yang diatas rata2 kelasnya, tampilan luar pun menarik.

-----------------

Foto2 dibawah ini bukan Karimun Wagon R GS AGS tapi varian blind van-nya :big_biglaugh: kenapa? karena saya malah tertarik ginian jadi fotoin saja biar rame sebab GS AGS kan di googling juga banyak sekali fotonya :big_peace:

Karimun Wagon Blind Van ini varian antik, beneran antik, karena di indo mana ada mobil 4 pintu 2 baris yang ada varian blind van :mky_03: yang menarik adalah bagaimana cara Suzuki kadalin biar ini mobil bisa jadi proper van angkut barang. Penggunaan material besi heavy duty yang beneran heavy duty karena itu bahan pembatas antara cargo bay dan penumpang depan bahkan masih tertera kalau ini besi beton batangan, juga penggunaan besi hollow untuk dak, material MDF/HDF dilapis karpet untuk alas dak.

Sempet terpikir asik juga kalau harganya bisa 100 juta kurang, buat dagang panci di pasar tumpah/antar jemput pet shop/micro food truck/kurir jarak dekat seperti gojek cs, tapi ternyata 120 juta OTR dimari :big_slap: dan tentu tetap butuh keur. K

Image
Image
Image
Image
Image
Image
michmichael
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Wed Mar 30, 2016 9:29

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by michmichael »

Nice review om.
Pernah punya GL MT 2014 tapi udah dijual :big_comfort:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by sandal »

Wah ada Wagon Blind LCGC

Buka usaha warung berjalan nih di Wagon Blind LCGC :mky_03:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by arfs »

Baru tau ada Karimun Wangon tipe blind van, anyway nice review om kun...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by nugroho bagor »

Wih Maticnya serem amat ya,ngeri juga kalau anak saya pakai ini,btw thanks Om
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by ween »

kandangnya bagus......bisa muat banyak kucing nih :big_slap:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by billyd1773dz »

wowh.. ada yg blind van ya baru tau.... menarik juga bwat angkutan murah. payloadnya brp kg ya?


btw sudah ada yg pernah bandingin ga harga perawatan AMT vs AT biasa?

AMT harus ganti Oli + kanvas Kopling dan mungkin dekrup/mataharinya yg biasanya di 20-40rb (tergantung pemakaian) vs AT biasa yg bisa jadi sampai 100rb tidak ada penggantian apa2 termasuk oli yg umumnya tahan di atas 100rb.


terus saat clutchnya sudah ga bagus, module AMT nya bisa nyesuaikan kah?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by vulvy8858 »

billyd1773dz wrote:wowh.. ada yg blind van ya baru tau.... menarik juga bwat angkutan murah. payloadnya brp kg ya?


btw sudah ada yg pernah bandingin ga harga perawatan AMT vs AT biasa?

AMT harus ganti Oli + kanvas Kopling dan mungkin dekrup/mataharinya yg biasanya di 20-40rb (tergantung pemakaian) vs AT biasa yg bisa jadi sampai 100rb tidak ada penggantian apa2 termasuk oli yg umumnya tahan di atas 100rb.


terus saat clutchnya sudah ga bagus, module AMT nya bisa nyesuaikan kah?

:beer:
siang om billy,,

kebetulan kantor owe ada seekor GS AGS buat mubil perang, apparently uda 10rb km ini masi totally fine.
penggantian oli transmisi sama kayak transmisi manual, sekitar 20rb km.
kampas kopling dan dekrup dsb belom ketauan juntrungannya, so far 10k km ini masi bagus..

maybe nanti saya kasi feedback di thread sebelah wehehehehehe.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by billyd1773dz »

^^
seepp oks om... di tunggu infonya...

habis brp om ganti olinya? eh masih 10K ya ok2.. ditunggu updetnya

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by kunaskun »

sandal wrote:Wah ada Wagon Blind LCGC

Buka usaha warung berjalan nih di Wagon Blind LCGC :mky_03:
sayangnya kemahalan om :(
arfs wrote:Baru tau ada Karimun Wangon tipe blind van, anyway nice review om kun...
:big_exellent: :big_exellent:
nugroho bagor wrote:Wih Maticnya serem amat ya,ngeri juga kalau anak saya pakai ini,btw thanks Om
kok ngeri? :mky_06: n its not an auto om, tetep manual transmission tapi tanpa kopling saja :big_okay:
ween wrote:kandangnya bagus......bisa muat banyak kucing nih :big_slap:
:mky_07: :mky_07: :mky_07: kalau saya mikirnya muat anjing berapa ekor nih :mky_03:
billyd1773dz wrote:wowh.. ada yg blind van ya baru tau.... menarik juga bwat angkutan murah. payloadnya brp kg ya?


btw sudah ada yg pernah bandingin ga harga perawatan AMT vs AT biasa?

AMT harus ganti Oli + kanvas Kopling dan mungkin dekrup/mataharinya yg biasanya di 20-40rb (tergantung pemakaian) vs AT biasa yg bisa jadi sampai 100rb tidak ada penggantian apa2 termasuk oli yg umumnya tahan di atas 100rb.


terus saat clutchnya sudah ga bagus, module AMT nya bisa nyesuaikan kah?

:beer:
kalau sudah full auto begini menurut saya umur kopling bisa panjang sekali, lah karena ga bisa setengah kopling, full clutch or not gitu saja, makanya pas nanjak bisa mundur kalau ga digas dikit dan ga bisa creeping. jadi awet d koplingnya.

module AMT pasti menyesuaikan lah om, kalau ga tar malah ga bisa masuk gigi dong :mky_03:

yang saya concern justru kalau troubleshooting gimana, penasaran juga si pengen liat kaya apa si aslinya Module AMT buatan magneti marelli ini. :big_grin:
firdana
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Mon Oct 12, 2015 6:54

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by firdana »

Ane belom kebayang gan, sama mode drivingnya . Ada berapa pertanyaan
1. Waktu pindah ke mode drive D ,apa mobil gak bisa merayap sama sekali walaupun jalanan datar ?
2. Untuk perpindahan posisi dari D ke mode Manualnya apa harus injek rem dahulu ?
Trus waktu di manualnya pas naikin atau nurunin gigi apa injek rem juga ?
3. Dalam kondisi mode manual jika kita berada dalam gigi 4 dengan kecepatan tinggi kemudian rem/kecepatan turun, apa gigi nya berubah turun ?
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by vulvy8858 »

firdana wrote:Ane belom kebayang gan, sama mode drivingnya . Ada berapa pertanyaan
1. Waktu pindah ke mode drive D ,apa mobil gak bisa merayap sama sekali walaupun jalanan datar ?
2. Untuk perpindahan posisi dari D ke mode Manualnya apa harus injek rem dahulu ?
Trus waktu di manualnya pas naikin atau nurunin gigi apa injek rem juga ?
3. Dalam kondisi mode manual jika kita berada dalam gigi 4 dengan kecepatan tinggi kemudian rem/kecepatan turun, apa gigi nya berubah turun ?
om kun, hamba numpang menjawab...
1. bisa merayap om, tapi awalannya di gas dulu sedikit. kalo ditaro D dan dibiarkan menggelinding agak sulit, kayak manual aja di jalan datar dan ente kopling full.
2. langsung geser ke mode manual dan langsung mainkan secara manual, om.
3. automatically shifting down, saat mencapai RPM tertentu, tapi ga langsung turun...
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by kunaskun »

vulvy8858 wrote:
firdana wrote:Ane belom kebayang gan, sama mode drivingnya . Ada berapa pertanyaan
1. Waktu pindah ke mode drive D ,apa mobil gak bisa merayap sama sekali walaupun jalanan datar ?
2. Untuk perpindahan posisi dari D ke mode Manualnya apa harus injek rem dahulu ?
Trus waktu di manualnya pas naikin atau nurunin gigi apa injek rem juga ?
3. Dalam kondisi mode manual jika kita berada dalam gigi 4 dengan kecepatan tinggi kemudian rem/kecepatan turun, apa gigi nya berubah turun ?
om kun, hamba numpang menjawab...
1. bisa merayap om, tapi awalannya di gas dulu sedikit. kalo ditaro D dan dibiarkan menggelinding agak sulit, kayak manual aja di jalan datar dan ente kopling full.
2. langsung geser ke mode manual dan langsung mainkan secara manual, om.
3. automatically shifting down, saat mencapai RPM tertentu, tapi ga langsung turun...
baginda vulvy sudah bersabda ijinkan abdi ngasi pendapat :mky_03: eh iya maksud saya merayapnya tricky bukan ga bisa sama sekali. dan bener ya jadi mirip manual, jalan dikit, injek kopling full.
inrandomthoughts
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Wed Oct 01, 2014 2:26

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by inrandomthoughts »

Weekend kemarin akhirnya sempet nyobain juga nyetir wagon R sewa rental bali. Mobilnya tahun 2014. Impresi saya: mobilnya irit, lumayan stabil untuk monil sekecil itu, fitur terlalu sederhana bahkan untuk type terendah sekalipun (lighter aja ga ada), overall buat mobil lucu2an aja, beli? Hmm.. Maskh pilih mbl lain di range harga yg sama.
andhiperdana
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu May 26, 2016 5:45

Re: Driving Impression Karimun Wagon R GS AGS + Foto2 Karimun Wagon Blind Van

Post by andhiperdana »

Lucu juga ya, ada jerujinya...bisa jadi mobil standar Bareskrim nih....