Volare wrote:....setelah cek sizenya 5 series lebih gede dari seri 3 ya, ini efek ke agility nya banyak ngga ya
......civic FD1 aja bagi ane udah fun (tp kendala civic di interior kurang lux, mesin kurang bertenaga, dan road noise), dgn asumsi demikian harusnya mercy udah memenuhi standar fun to drive saya
@octafiantos @shifter ............. klo sunroof menurut bro gmn essential ngga?
Oya gan sama kalau misal saya mau lepas mobil skrg, jd nambah budget ke range 250-280 juta....
*sunroof feat, in riil life pk di trrafic indo...bukan sesuatu yg essential, lbh k arah style/looks more luxury sj, kelebihan yg disebut spt space cabin terlihat lbh roomy, actualnya mlh headroom jd berkurang, bobot mbl tambah berat, lainnya pr buat bersihin jamur kc, bersihin motor2, gasket kaca replacement di usia t3 prevent rembes, At least itu yg sy rasakan bbrp kl pk sunrup atopun panoramic.
*nyari yg Fun to drive....
Besaran dimensi berpengaruh thd fun level mbl tsb, spt yg om sebut diatas agility akan b'beda, disamping bobot, steering response, set up suspensi, chasis balance, atopun enjin pwr response. Factor2 tsb b'pengaruh thd how the car behave ato driving dynamic mbl saat dibawa.
Cth yg cukup mewakili diatas adl mini cooper. Ini mbl road/wind noisenya brisik, interior mostly plastic ketututp sm dsign layout yg cantik, ride nya jg ngga bs di blg comfort, tapi proven .....mrpkn mbl yg sgt fun to drive.
*2nd used kar the most fun
1. Range max 150:
bmw e46 325i last prod di 2004 range price mint cond di 110-120jt. Lainnya e90 325i 2005/2006 first batch via cbu dg sunrup feat. 150jt dg bbrp pr minor PR sdh mungkin di bawa pulang.
Di range ini jk ada yg lbh fun dr diatas, mw sekali sy m'cobanya.
Merc w201 190e 2.3/2.5 4 cyl atopun 2.6 6cyl thn 89-91 an boleh di lirik klo ngga masalh dg thn ny.
Cukup dikenal dg merc yg sanggup menyanginfun to drive nya biem.
2. Range 250-280. Scheme jua akor
Mnrt sy ini lbh baik stepnya, depresiasi akor bs di bilang tinggi, cut loss jual skrg...klo pun mw balik lg ke depannya ....tinggal buy di hrg bawah sec stock mint cond banyak.
Klo dpt biem/merc cond mint, msh ok2 saja buat daily.
Di range ini:
E46 330i 170-200jt, yg 2doors memungkinkan 250jt
E90 325i 2011up m sport package bs juga.
Sampai saat ini sudah di mdl f30 body code, 3series msh jd benchmark di group small lux premium saloon, dr segi fun factor rivalnya cm jaguar xe 2015/2016 yg bs menyamai driving dynamicnya tapi babak belur scorenya si disector lain. Yg plg potensial beat 3series, mungkin cm new audi a4 fwd 2016 terbaru yg sdh fully loaded amo buat beat 3series. Kita liat saja nanti...
Balik ke contex om, ..3series msh yg plg fun sporty premium driver's car yg sekaligus jg praktis, comfortable, ato classy mungkin.
Like it or not ..... 3series is the king benchmark di group ini.
*klo mw kompromi dg fun factor diatas.
Then merc adl alternativnya.
W203 ngga bs comment...
W204 c280.....Model cakep sekali, sized compactnya proposional, enjin cukup bertenaga, build quality n reliabilitynya cukup baik. Meski utk varian biem diatas tdk bs di blg jelek, slightly better merc mungkin.
He he he....tinggal preferensinya kemana..
fun no compromized ambil 3series,
Di kenal dg image n comfortnya..c class w204.
Utk akses/hrg parts/cost maint diantara keduanya cukup berimbang tdk significant bedanya. The last krn ambil 2nd...duit mgga bakal lost banyak....itung2 naro uang di mobil, market demand used e46/e90 325i 330i atopun w204 banyak peminatnya di banding seri diatasnya atopun luxury rivalnya yg lain.

Driving purity.....
Is more engaging n entertaining to drive