Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
beberapa mobil pas ngebut ada masalah muncul bau hangus di dalam kabin mobil, yang saya bngung itu bau sebenarnya darimana sih?
ada yg bilang gara2 catalityc converter, ada yang bilang bocor dari lubang ventilasi (kabin ga 100% kedap udara, ada lubang ventilasinya)
ada yg bilang bocor dari lubang pembuangan air ac
kok dijaman emisi udah ketat diatur, kasus kaya gini masih wajar muncul di berbagai mobil, apa polusi bau gosong dalam kabin pas ngebut dianggap bukan polusi yang berbahaya buat kesehatan?
katanya, kalau sering ngebut tar bau gosongnya bakalan menghilang dengan sendirinya...
tapi ga mungkin sering ngebut, lagi bahagia dengan cruising yg bikin mobil makin irit bensin
Pengalaman bbrp kali memang spt itu adanya pdhl mbl msh baru...utamanya saat test hard acceleration utk m'dekati top speed..shifting rpm mendekati redline.
Jd kagok nerusin testnya was was mbl jd rusak
Driving purity.....
Is more engaging n entertaining to drive
saya juga ngalaminnya. kata forum mobil yg saya ikuti, akan hilang kalo sering ngebut sampai 10ribuan km. masalahnya saya sdh 28rb ga ilang-ilang krn jarang ngebut...
Nah... ini topik menarik... sering terjadi... sering dialami tapi belum ada jawaban resmi...
Ngalamin di Gerobak Perang ogud pas baru - baru.... setiap rev sampe 4000rpm ga lama muncul bau gosong... jadi terjadi hanya di tol pada kecepatan 120 Kph... Belakangan makin kesini uda ga pernah kecium lagi.... jawaban SA BeRes... "Biasa pak... namanya juga mobil baru... Jarang yang ngeluh sih pak... " #SambilNyengir *Rasanya pengen lempar Ban Serap ke muka itu orang*
Baru - baru ini... ngalemin juga di Dai Alay punya majikan... demi menjajal tenaga mobil ini yang "Katanya" luar biasa "bengis" dan gigi tiganya yang "Katanya" luar biasa "Dahsyat" pas gigi 5 kecepatan 140Kph - 160 Kph... (Di Speedometer Loh Ya) bau gosong kecium gila - gilaan dalam kabin... lebih parah malah... Pas dilaporin ke bagian kendaraan... jawabannya... "Selama ini belum pernah ada lari sampe segitu pak... jadi laporan baru dari bapak ini..." #TepokJidat
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
Kalo ane baca dari forum2 lain, emg penyebabnya dari catalyc converter om. Dan ada beberapa rekan yg bilang, kalo cc ini dicopot atau diganti pipa free flow bisa ilang bau gosongnya. Belum pernah coba juga sih di mobil sendiri
Kalo gak mau bau, beli disel, dijamin ngebut gak bau
(dari pengalaman suv mesin pickup) 140+ gk bau, paling berisik doang...
Kalo mobil katanya gr gr catilic converter, gak mau bau, ganti jadi freeflow
Dr hsl googlingan ....benar dr catalis converter
(Asumsi mbl dlm keadaan baru ato normal sehat ngga ada kebocoran oli ato kopling tipis)
*timbul pd saat dipacu/hard akselerasi
*bau masuk ke kabin mll celah pada firewall
*bau tsb adl Sulfur dr the catalytic converters yg melewati sistem exhaust yg panas.
Kynug wrote:Kalo ane baca dari forum2 lain, emg penyebabnya dari catalyc converter om. Dan ada beberapa rekan yg bilang, kalo cc ini dicopot atau diganti pipa free flow bisa ilang bau gosongnya. Belum pernah coba juga sih di mobil sendiri
kalau ini kemungkinan betul.. dan hanya terjadi bila mesin dipacu diatas 4000rpm biasanya.
saya punya mobil yg ber catalyc converter, kondisi dari baru smp skr sudah 152.000km, setiap dibejek smp 5500rpm pasti bau gosong masuk..
namun hal ini tidak terjadi untuk mobil tua satunya yang tidak ber cc
om Kynug..boleh share bagaimana mengakali cc ini bila dicopot? apa tidak bermasalah bagi mesin, karena biasanya indikator check engine nyala
Ga ada hubungan sama ganti spbu
Saya sering ganti spbu
Sekarang lagi bersih2 mobil dah 2 bulan make v power sama aja
Tembus firewall juga aneh
Kan udara luar udah bau
Kalau ngebut 140aja ga tembus
Masa gara2 high rpm tapi dibawah 100kpj juga tembus tuh bau? Dan baunya cuma spesifik bau knalpot mobil sendiri?
Kalau dyno test gimana? Rpmnya kan tinggi banget, juga ga ada faktor posisi mobil lagi kecepatan tinggi, apakah kalau yino test kabin juga bau gosong?
biasa nongol bau2an gosong begitu kalo lagi nyalip2 di tanjakan macem cipularang.
gigi rendah, rpm tinggi.
katanya sih dari catalyc converter. tapi entah, ga pernah tanya2 ke beres.
dari catalytic converter sih harus nya om.. soale dl begitu exhaust system di ganti full dari header sampe muffler, dibawa redline terus jg uda ngga bau lagi
Kynug wrote:Kalo ane baca dari forum2 lain, emg penyebabnya dari catalyc converter om. Dan ada beberapa rekan yg bilang, kalo cc ini dicopot atau diganti pipa free flow bisa ilang bau gosongnya. Belum pernah coba juga sih di mobil sendiri
kalau ini kemungkinan betul.. dan hanya terjadi bila mesin dipacu diatas 4000rpm biasanya.
saya punya mobil yg ber catalyc converter, kondisi dari baru smp skr sudah 152.000km, setiap dibejek smp 5500rpm pasti bau gosong masuk..
namun hal ini tidak terjadi untuk mobil tua satunya yang tidak ber cc
om Kynug..boleh share bagaimana mengakali cc ini bila dicopot? apa tidak bermasalah bagi mesin, karena biasanya indikator check engine nyala
Saya juga belum apa2in cc mobilnya om, karena emg bejek gas sampe redline kalau lagi italian run aja
Kebetulan yg saya tau CC jadi satu sama downpipe, dan memang ada sensor CO kalau ga salah. Biasanya kalau ganti downpipe free flow ini bengkel knalpotnya udah tau cara ngakalinnya om, biar indikator CE ga nyala.
Dulu pas ge ane masi baru sama nih kalo ditarik rpm tinggi suka bau gosong padhl br itunfan bln boilnya...skrg uda kgak tuh uda mau jalan 8 taonan.....di bejek skrg gpp tiba2 ilang sendiri tu bau gosongnya katanya si itu kerak numpuk yg kebakar..soalnya ane selalu isiin bensin busuk buat si ge maklum mbl tempur harian...untungnya masi sehat walafiat ampe skrg
1. Bbrp merk unfortunately punya bawaan bad CC yg smells. Plg gampang ciriin nya deketin itu hidung di sekitar ujung knalpot...bau/tdk
Klo lg dyno cb deketin hidungnya dkt knalpot.
Proses smells ini di combined jg krn:
-pemakaian type fuel yg jelek
-proses tune up yg ngga bener
-ato EGR yg failed (exhaust gas recirculation)
2. Msk dlm kabin dr mn?
*Asumsi mbl br (saluran2 ac + air box msh gress) tdk akan keluar dr air vents, ato pembuangan ac, jrk terdekat cc msk adl dr celah sekitar firewall. Klo sampe masuk dr air vents, beda problem itu artinya.
Kemungkinan lain:
*bs jg dtg dr mbl di dpn kita dg bawaan bad cc
*posisi kaca terbuka...airloop udr blkg yg terbawa k dpn.
3 ngilangin smells, either ganti dg fuel yg lbh baik ato lempar tendang CC yg jelek itu. Ngga ada cara lain...
4. Kaitannya dg "Regulasi emisi"
Cb baca2 manual booknya, under chap emisi gas buang. Cc is part dr system exhaust gas buang.
Ada di stated warranty bbrp thn. Klaim k pabrikan minta di ganti gratis dg pk statement
"Jk t'cium bau gosong then your cc is bad"
Yg jelas dealer tau ini...en ngga suka klo ada yg minta penggantian. Klo di luar sdh jamak di lakukan.
5 kemungk bau gosong selain diatas adl short/ leakage battre.
Batt/aki=sulfur= sulfur spread to vents.
Pisss ya om....ane ngga asal comot aja . itu dr certified teknisian, dr umur 12th dah bergelut di bidang tsb, auto tech graduate, cukup valid isi isi commentnya.
Jd sekali lagi bukan kata ane............
Driving purity.....
Is more engaging n entertaining to drive