Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
langsung saja :
15,000+ bookings registered for the Toyota Innova Crysta
Posted on: May 16, 2016 - 1:52pm IST
Over 60 percent of bookings for 2.8 AT variant.
Toyota Kirloskar Motor has announced that they have received over 15,000 bookings for the Toyota Innova Crysta within 10 days of the launch. According to Toyota Kirloskar Motor vice chairman Shekar Vishwanathan, over 60 percent of the bookings are for the top-end 2.8 AT variant.
http://indianautosblog.com/2016/05/book ... sta-231900
Variant ANKI 1GD-FTV ini di India harga OTR nya 410 - 520 jt
15.000 unit dalam 10 hari means setiap hari ada 1500 indent-an yg masuk !
Skg bandingkan dgn penjualan ANKI di Indo yg lemas (utk ukuran penjualan mobil bernama Kijang) dan 60% ANKI yg terjual di Indo juga seri V & G dgn harga di bawah 400 jt OTR
India......yg dulu terkenal dgn populasi rakyat miskin-nya......sekarang, penjualan mobil sejuta umat yg juga sejuta umat di Indonesia, di India sudah jauh melempaui Indonesia
Kesejahteraan masy India yg semakin naik ataukah Indonesia yang pelan2 menuju penurunan kesejahteraan (semakin miskin) ?
*Geser mic ke om NR*
15,000+ bookings registered for the Toyota Innova Crysta
Posted on: May 16, 2016 - 1:52pm IST
Over 60 percent of bookings for 2.8 AT variant.
Toyota Kirloskar Motor has announced that they have received over 15,000 bookings for the Toyota Innova Crysta within 10 days of the launch. According to Toyota Kirloskar Motor vice chairman Shekar Vishwanathan, over 60 percent of the bookings are for the top-end 2.8 AT variant.
http://indianautosblog.com/2016/05/book ... sta-231900
Variant ANKI 1GD-FTV ini di India harga OTR nya 410 - 520 jt
15.000 unit dalam 10 hari means setiap hari ada 1500 indent-an yg masuk !
Skg bandingkan dgn penjualan ANKI di Indo yg lemas (utk ukuran penjualan mobil bernama Kijang) dan 60% ANKI yg terjual di Indo juga seri V & G dgn harga di bawah 400 jt OTR
India......yg dulu terkenal dgn populasi rakyat miskin-nya......sekarang, penjualan mobil sejuta umat yg juga sejuta umat di Indonesia, di India sudah jauh melempaui Indonesia
Kesejahteraan masy India yg semakin naik ataukah Indonesia yang pelan2 menuju penurunan kesejahteraan (semakin miskin) ?
*Geser mic ke om NR*
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
jangan lupa om, populasi india udah 1.266milyar. indo mungkin 259jt.
sama om saya juga mau tau dari sudut pandang om NR gimana...
sama om saya juga mau tau dari sudut pandang om NR gimana...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
Itu 15,000 per 1,250,000,000, orang
Disini x per 250,000,000 orang
Hmm.... Tapi disana lbh mahal ya...
Kalo gt ambil angka fortuner deh... Kan mirip ama harga hindi pny
1 minggu dpt inden 1700 unit
Sumber http://otomotifnet.com/Mobil/News-Apm/I ... -1700-Unit
15,000 per 1,250,000,000 tp 10 hari
1,700 per 250,000,000 tp 7 hari
Yap, yap, secara kasat mata kalah... Entahlah...
Nunggu master ajadeh
Disini x per 250,000,000 orang
Hmm.... Tapi disana lbh mahal ya...
Kalo gt ambil angka fortuner deh... Kan mirip ama harga hindi pny
1 minggu dpt inden 1700 unit
Sumber http://otomotifnet.com/Mobil/News-Apm/I ... -1700-Unit
15,000 per 1,250,000,000 tp 10 hari
1,700 per 250,000,000 tp 7 hari
Yap, yap, secara kasat mata kalah... Entahlah...
Nunggu master ajadeh
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
Kalau bicara populasi, indonesia +- 4x lipat thailand yg cuma 60 jt an, hampir 10x lipat malaysia yg 25 jt an. Total penduduk dua negara ya kira2 sepertiga indonesia, angka penjualan mobil dua negara tsb combined lebih tinggi drpd indonesia. Apakah thailand dan malay 3x lipat lebih makmur?... mungkin juga
Balik ke india, inova termasuk mobil 'kelas atas' dan di indonesia pun dulunya nggak bisa dianggap kelas atas, tapi kondisi sekarang ipah bisa dibilang mobil menengah atas kelas mpv. Apakah artinya indonesia semakin miskin? Saya kira tidak... tapi yg jelas negara2 lain di asia pertumbuhan ekonominya lebih cepat. Kita tll bergantung ke SDA saat harga komoditas anjlok ekonomi kita langsung lesu. Tapi on top of that, IMHO, mmg ada mismanagement makro ekonomi kita. Politik bagi2 duit bagi 'wong cilik' harus segera berhenti. Gak bermanfaat dan hasilnya hanya melahirkan wong2 cilik baru. Rakyat yg mayoritas kalangan bawah, semakin merasa mereka gak mampu tingkatkan kemakmuran mereka sendiri tanpa bantuan. Anyway kalo dibahas kepanjangab... bottomline, IMHO ekonomi Indonesia memang sedang menurun saat ini.
Balik ke india, inova termasuk mobil 'kelas atas' dan di indonesia pun dulunya nggak bisa dianggap kelas atas, tapi kondisi sekarang ipah bisa dibilang mobil menengah atas kelas mpv. Apakah artinya indonesia semakin miskin? Saya kira tidak... tapi yg jelas negara2 lain di asia pertumbuhan ekonominya lebih cepat. Kita tll bergantung ke SDA saat harga komoditas anjlok ekonomi kita langsung lesu. Tapi on top of that, IMHO, mmg ada mismanagement makro ekonomi kita. Politik bagi2 duit bagi 'wong cilik' harus segera berhenti. Gak bermanfaat dan hasilnya hanya melahirkan wong2 cilik baru. Rakyat yg mayoritas kalangan bawah, semakin merasa mereka gak mampu tingkatkan kemakmuran mereka sendiri tanpa bantuan. Anyway kalo dibahas kepanjangab... bottomline, IMHO ekonomi Indonesia memang sedang menurun saat ini.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
india manusianya, 5x atau bahkan 6x, malah menurut ane segitu sedikit, harusnya bisa 30 ribu lah, karena di indo tiap bulan bisa 4 ribu orang, dikali 5x atau 6x dapet lah kira2 25-30 ribuan unit.
lagian India itu the next big market, setelah cungkuo dekade terakhir mulai jenuh, saatnya move on ke India, new rising market.
lagian India itu the next big market, setelah cungkuo dekade terakhir mulai jenuh, saatnya move on ke India, new rising market.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
jangan lupa disana innova punya direct competitor sekelasnya dari merk2 lokal, disini sudah pada berguguran.
jadi angka itu sudah bisa dibilang bagus. kalo mau perbandingan yang lebih bagus lagi bisa compare penjualan mobil per kelas/segmen Indo vs India.
jadi angka itu sudah bisa dibilang bagus. kalo mau perbandingan yang lebih bagus lagi bisa compare penjualan mobil per kelas/segmen Indo vs India.

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
Betulllldaftar wrote:jangan lupa disana innova punya direct competitor sekelasnya dari merk2 lokal, disini sudah pada berguguran.
jadi angka itu sudah bisa dibilang bagus. kalo mau perbandingan yang lebih bagus lagi bisa compare penjualan mobil per kelas/segmen Indo vs India.
Di segment Ipah pasar juga tersegmentasi oleh :
- Mahindra XUV 500
- Mahindra Xylo
- Mahindra Scorpio
- Tata Safari
Di kelas harga di bawah Ipah lama dikit ada Mahindra Bolero yg tiap bulan penjualan bisa 8000 - 10.000 unit
Mini SUV ada Renault Duster yg penjualan bulanannya juga mayan kenceng
Kalo mobil imut si luber......Maruti Suzuki hampir semua type laku keras kayaknya
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
Versi bensin di India juga ada yg 2 TR FE
http://www.ibtimes.co.in/toyota-innova- ... dia-679039
Kalo dia keluar yg BI FUEL CNG - Petrol sih muantap tenannnn
http://www.ibtimes.co.in/toyota-innova- ... dia-679039
Kalo dia keluar yg BI FUEL CNG - Petrol sih muantap tenannnn
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
imho . bentuk mahindra itu sangat sulit dicerna .. seperti proton waktu awal release di malay dulu banget, meskipun sekarang modelnya juga gak fantastis-fantastis banget tapi not bad as daily driven car ..
atau emang selera masyarakat india yang beda
atau emang selera masyarakat india yang beda
- apple, banana, & grape -
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
Spt nya konsumen India mengutamakan fungsi ketimbang kosmetik
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
Curious nih kira2 dalam 3 minggu sesudah open booking bisa tembus 20.000 unit gak......wkwkwkwkwkkw
Toyota benar2 gede kepala saat ini dah
Toyota benar2 gede kepala saat ini dah
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
India bikin mobil angkutan orang kaki2 depan rigid axle semua ya? lihat beberapa model Tata begitu

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
tyt kijang di india mahal krn CKD kit dari indo spt juga pinoyland
tyt kijang indo mahal krn multi tax application (bayar dua dapat satu kalo rollsroyce n other luxury bayar empat dapat satu)
jadi minta tolong kalo mau ukur purchasing power on car acquisition in indo .... apapun brand pd brapa unit pun angka ..... times two
again....times two for non luxury
skrg kita bicara purchasing decision:
in india is a matter of choice (milih dr yg ada)
in indo is a matter of fate (nasip krn cuma ada itu)
sehingga units sold tdk bisa jadi purchasing power indicator
tyt kijang indo mahal krn multi tax application (bayar dua dapat satu kalo rollsroyce n other luxury bayar empat dapat satu)
jadi minta tolong kalo mau ukur purchasing power on car acquisition in indo .... apapun brand pd brapa unit pun angka ..... times two
again....times two for non luxury
skrg kita bicara purchasing decision:
in india is a matter of choice (milih dr yg ada)
in indo is a matter of fate (nasip krn cuma ada itu)
sehingga units sold tdk bisa jadi purchasing power indicator
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 618
- Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
klo dari pendapat om NR, di Indonesia tuh rakyatnya bener2 ga dikasih pilihan yah mau beli mobil apa ...
klo gitu kenapa ga dibikin model Syria dulu yah ? booking ke pemerintah aja sambil pasrah bongkotan dapet mobil apa
klo gitu kenapa ga dibikin model Syria dulu yah ? booking ke pemerintah aja sambil pasrah bongkotan dapet mobil apa

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
syrians itu lbh miskin dr indo dulu sanpai skrg. ampir smua commercial buildings di damascus (the most metropolitan city there) spt ruko pinggir jalan jatinegara barat jkt
us embassy (dah tutup sejak 2012) bentuknya mirip mulia theater di depan pasar senen
thn 90 sy ke damascus n aleppo (trading city spt medan n surabaya) metered taxis masih pakai benz w120 dan w180 meski sdh pd engine swap smua (sy pernah dpt yg engine nya mazda rx3 meski driver/owner ga tau krn beli service jual lagi itu urusan govt .... dia tinggal pake aja)
tapi dulu sblm 1967 di seluruh indo sejak 1952 itu newcar shortage ..... beli brandnew bisa .... pilih brand n lineup bisa ..... tapi ......siapapun tdk bs pilih warna
itu sebab w120 CKD indo (1955) dinas yg dipakai walikota jkt raden soediro hardjodisastro (nopol b-8) warna solid grey sedangkan w180 CKD (1958) dinas teuku joesoef muda dalam centralbank governor warna solid medium red .... seperti w180 CKD (1956) ali sastroamidjojo warna solid light blue
jaman itu buyer tiap x sign PO (SPK jaman dulu sampai th 1988 disebut Purchase Order) hrs tggu bulan u dapat kepastian kapan datang n mulai pegang DO ... delivery order
jaman itu ga ada downpayment di indo n .... byk calo jualan DO yg harganya bisa 5-10% dr harga mobil
sblm thn 1998 indo ga pernah import sampah JDM .... indo ga kenal dgn pre-used engine .... halfcut apalagi (sun)roof piece bekas ataupun parts copotan
generasi sy muda yg tinggal di jkt (sy tdk tau kota lain) tdk kenal yg bgitu ..... sy cukup surprise bhw (1998) anak anak org punya di jkt itu mirip japanese garbage tipper .....
sy sblm 1998 hanya tau yg main bgitu cuma anak anak muda bangladesh .... pakki .... anak org kaya di abuja n lagos
krn sy idup dewasa sejak jaman fir'aun jawa sy liat indo national purchasing power is slowly sinking down titanic way ... believe it or not
us embassy (dah tutup sejak 2012) bentuknya mirip mulia theater di depan pasar senen
thn 90 sy ke damascus n aleppo (trading city spt medan n surabaya) metered taxis masih pakai benz w120 dan w180 meski sdh pd engine swap smua (sy pernah dpt yg engine nya mazda rx3 meski driver/owner ga tau krn beli service jual lagi itu urusan govt .... dia tinggal pake aja)
tapi dulu sblm 1967 di seluruh indo sejak 1952 itu newcar shortage ..... beli brandnew bisa .... pilih brand n lineup bisa ..... tapi ......siapapun tdk bs pilih warna
itu sebab w120 CKD indo (1955) dinas yg dipakai walikota jkt raden soediro hardjodisastro (nopol b-8) warna solid grey sedangkan w180 CKD (1958) dinas teuku joesoef muda dalam centralbank governor warna solid medium red .... seperti w180 CKD (1956) ali sastroamidjojo warna solid light blue
jaman itu buyer tiap x sign PO (SPK jaman dulu sampai th 1988 disebut Purchase Order) hrs tggu bulan u dapat kepastian kapan datang n mulai pegang DO ... delivery order
jaman itu ga ada downpayment di indo n .... byk calo jualan DO yg harganya bisa 5-10% dr harga mobil
sblm thn 1998 indo ga pernah import sampah JDM .... indo ga kenal dgn pre-used engine .... halfcut apalagi (sun)roof piece bekas ataupun parts copotan
generasi sy muda yg tinggal di jkt (sy tdk tau kota lain) tdk kenal yg bgitu ..... sy cukup surprise bhw (1998) anak anak org punya di jkt itu mirip japanese garbage tipper .....
sy sblm 1998 hanya tau yg main bgitu cuma anak anak muda bangladesh .... pakki .... anak org kaya di abuja n lagos
krn sy idup dewasa sejak jaman fir'aun jawa sy liat indo national purchasing power is slowly sinking down titanic way ... believe it or not
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
money power, sekarang yg jadi ketum golkar yg paling berat ditimbang uangnya , selamat !
gue juga udah belajar konsep seperti ini ternyata diterapkan di hukum adat beda beda tipis dengan perpolitikan .
setiap acara adat biasanya disajikan daging ,kopi,lapet ataupun tuak nah tahu sendirikan harga daging,kopi dan tuak lebih mahal dari singkong,air putih dan nasi saja untuk menyajikan menu tersebut diperlukan DANA lebih . artinya apa orang beradat = beruang itu rumus pastinya . adat gak bisa dijalankan cuma modal air putih dan singkong dijamin tamu kabur semua gak pake lama .gue siap juga nih masuk adat dan perpolitikan kalau duit udah kaya air terjun sigura gura
gue juga udah belajar konsep seperti ini ternyata diterapkan di hukum adat beda beda tipis dengan perpolitikan .
setiap acara adat biasanya disajikan daging ,kopi,lapet ataupun tuak nah tahu sendirikan harga daging,kopi dan tuak lebih mahal dari singkong,air putih dan nasi saja untuk menyajikan menu tersebut diperlukan DANA lebih . artinya apa orang beradat = beruang itu rumus pastinya . adat gak bisa dijalankan cuma modal air putih dan singkong dijamin tamu kabur semua gak pake lama .gue siap juga nih masuk adat dan perpolitikan kalau duit udah kaya air terjun sigura gura
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Wed Aug 08, 2012 3:52
- Location: 2000, NSW
Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
Sama seperti big mac index di trit sebelah n yg lebih popular sekarang ada yg namanya ipad-index, tp krn ini forum otomotif yaa innova index boljug.. monggo dilanjut diskusinya tentang index2an ini siapa tau bisa jd singkong index atau air putih index
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
Era 90 an Kijang benar2 mobil sejuta umat / mobil perang, hampir setiap rumah punya
Era Innova gen.1 :
Masih mobil sejuta umat, tapi posisi nya udah banyak juga menjadi mobil utama utk aktivitas sehari2
Sedangkan positioning mobil perang yg benar2 perang spt Kapsul diambil alih Avanza
Innova gen.2 (ANKI) :
Udah jadi mobil mewah yg tidak bisa di afford oleh semua orang / banyak pengguna Ipah lama yg mikir 1000X utk beli ANKI
Padahal kalo dilihat dari laju inflasi dan kurs, dari era Kijang super - kapsul, sampe ANKI seri G itu value nya tetap di situ aja, ya IDR kita aja yg nyungsep
Dari yg asalnya mobil perang yg dimana orang beli gak mikir panjang, sampe akhirnya menjadi mobil yg gak bisa di afford semua orang, benar bahwa daya beli masy Indo is slowly sinking like Titanic with very small hole in the bottom........
Era Innova gen.1 :
Masih mobil sejuta umat, tapi posisi nya udah banyak juga menjadi mobil utama utk aktivitas sehari2
Sedangkan positioning mobil perang yg benar2 perang spt Kapsul diambil alih Avanza
Innova gen.2 (ANKI) :
Udah jadi mobil mewah yg tidak bisa di afford oleh semua orang / banyak pengguna Ipah lama yg mikir 1000X utk beli ANKI
Padahal kalo dilihat dari laju inflasi dan kurs, dari era Kijang super - kapsul, sampe ANKI seri G itu value nya tetap di situ aja, ya IDR kita aja yg nyungsep
Dari yg asalnya mobil perang yg dimana orang beli gak mikir panjang, sampe akhirnya menjadi mobil yg gak bisa di afford semua orang, benar bahwa daya beli masy Indo is slowly sinking like Titanic with very small hole in the bottom........
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Wed Aug 08, 2012 3:52
- Location: 2000, NSW
Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
Profit marginnya si yoyota udah diitung tersendiri? Siapa tau g sengaja ikut terhitung di rate nyungsepnya idr..
IMHO, Intrinsic value dgn harga jual beda kan, trus gmn cara tau intrinsic value kijang vs innova? Tanya akuntan yoyota.. sy bicara value yg bs diitung scr exact biar lbh jelas nyungsepnya rupiah ky gmn.. Apakah bias jd terkesan lebay atau memang bner2 mengkhawatirkan, jd menyimpulkannya g jd asal
Cmiiw, yg paling susah emang ngeliat apa yg tdk keliatan mata
Sorry for my 2 cent
IMHO, Intrinsic value dgn harga jual beda kan, trus gmn cara tau intrinsic value kijang vs innova? Tanya akuntan yoyota.. sy bicara value yg bs diitung scr exact biar lbh jelas nyungsepnya rupiah ky gmn.. Apakah bias jd terkesan lebay atau memang bner2 mengkhawatirkan, jd menyimpulkannya g jd asal
Cmiiw, yg paling susah emang ngeliat apa yg tdk keliatan mata
Sorry for my 2 cent
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
kalau diitung2 mobil jepang naiknya kok lebih gede dibanding eropaan
contoh 2004 vs 2016
avanza G 99jt skrg 198jt
innova G 154jt skrg 290jt
accord vtil 354jt skrg 675 jt
cityat 165jt skrg 320jt
sedangkan kalau mobil eropa.......
e60 520i 680jt skrg 928jt OTR
e200 k 668jt skrg 902jt OTR bkn OFR
X5 3,0 1,05 M skrg 1,39 M
SLK 200 898jt skrg 1,05M
kalau Mobil jepang 80-95%an kalau eropaan paling 40-50% an , padahal lompatan teknologi Mobil eropa benar2 nyata seperti turbo dsbg sementara MBL jepang ya cenderung itu2 aja kalau orang 2 bilang itu ganti kulit saja
contoh 2004 vs 2016
avanza G 99jt skrg 198jt
innova G 154jt skrg 290jt
accord vtil 354jt skrg 675 jt
cityat 165jt skrg 320jt
sedangkan kalau mobil eropa.......
e60 520i 680jt skrg 928jt OTR
e200 k 668jt skrg 902jt OTR bkn OFR
X5 3,0 1,05 M skrg 1,39 M
SLK 200 898jt skrg 1,05M
kalau Mobil jepang 80-95%an kalau eropaan paling 40-50% an , padahal lompatan teknologi Mobil eropa benar2 nyata seperti turbo dsbg sementara MBL jepang ya cenderung itu2 aja kalau orang 2 bilang itu ganti kulit saja
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
sblm 2004 kijang production cost 42% corolla CKD astra
thanks to multitaxation now their full manufacturing cost @ astra becomes 1 : 1 with the ones in tailand
makin mahal production cost di indo skrg meski sdh robotic yg hrsnya lbh murah in longterm drpd human intensive
(robot tdk perlu thr .... tdk perlu jadi karyawan tetap .... tdk bohong ijin sakit .... tdk gossiping bad behaving bosses ..... n tdk sembayang saat wkt tiba .... everything set by timer)
jaman fir'aun jawa ada aturan .... sy lupa yg mana tapi ada ..... yg secara specific melarang robotic-arm use for motorvehicle production tools krn spy smua bisa jadi buruh fabriek kalo "malas" jadi tki tapi merasa terlalu "ningrat" u jadi babu rumahan dan terlalu "bodoh" u diperintah dlm scheme bureaucrat elite society (pns-militer-polisi)
thanks to multitaxation now their full manufacturing cost @ astra becomes 1 : 1 with the ones in tailand
makin mahal production cost di indo skrg meski sdh robotic yg hrsnya lbh murah in longterm drpd human intensive
(robot tdk perlu thr .... tdk perlu jadi karyawan tetap .... tdk bohong ijin sakit .... tdk gossiping bad behaving bosses ..... n tdk sembayang saat wkt tiba .... everything set by timer)
jaman fir'aun jawa ada aturan .... sy lupa yg mana tapi ada ..... yg secara specific melarang robotic-arm use for motorvehicle production tools krn spy smua bisa jadi buruh fabriek kalo "malas" jadi tki tapi merasa terlalu "ningrat" u jadi babu rumahan dan terlalu "bodoh" u diperintah dlm scheme bureaucrat elite society (pns-militer-polisi)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
Ekonomi India betul betul sedang jadi the rising star tahun lalu dan tahun ini juga. Industri manufaktur berkembang pesat di sana selain bidang IT juga gila gilaan maju sekali. Berbeda dengan negara tetangga terbesarnya Cina yang masih mengandalkan SDA dan raw material sehingga ikut trend melambat banget. Tidak heran kalau sekarang pertumbuhan ekonomi India malah yang tertinggi dan terkinclong di dunia.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
zhonghua malah tdk rely on raw material exportation
mrk jadikan mainland fabriek terbesar satu planet ini
masalahnya adalah dgn andalkan cheap labour makin lama makin byk products mrk yg tdk bs masuk high compliance market
sehingga foreign direct investments pd saat harus bayar wajar human resources makin lama makin terliat bhw zhonghuan tdk lg competitive spt sblmnya
ini mirip n sangat mirip situasi indo dari thn 1995 kesini ....products made under slavery no longer accepted in premium market
hanya premium market yg sanggup kaaih significant profit in terms of exim thirdworld vs firstworld .... selebihnya cuma u tutup fixed costs
yg selamatkan zhonghuans selama ini adalah 50:50 jv scheme with locals sedangkan india mostly tdk dengan pattern itu mrk lakukan vendoring system .... toyota tdk mau tau apa yg kirloskar group lakukan ke manual workforce krn siapapun yg manufacturing toyota adalah buruh kirloskar
beda dgn astra di indo meski buruh di bayar budak tapi dgn mrk masukan training cost n allowances akan terliat labour di indo sama welfare level dgn mrk di south africa n brazil
meski dibayar sama dgn indians under kirloskar .... sama pintar kan india vs jpn utk urusan ginian
mrk jadikan mainland fabriek terbesar satu planet ini
masalahnya adalah dgn andalkan cheap labour makin lama makin byk products mrk yg tdk bs masuk high compliance market
sehingga foreign direct investments pd saat harus bayar wajar human resources makin lama makin terliat bhw zhonghuan tdk lg competitive spt sblmnya
ini mirip n sangat mirip situasi indo dari thn 1995 kesini ....products made under slavery no longer accepted in premium market
hanya premium market yg sanggup kaaih significant profit in terms of exim thirdworld vs firstworld .... selebihnya cuma u tutup fixed costs
yg selamatkan zhonghuans selama ini adalah 50:50 jv scheme with locals sedangkan india mostly tdk dengan pattern itu mrk lakukan vendoring system .... toyota tdk mau tau apa yg kirloskar group lakukan ke manual workforce krn siapapun yg manufacturing toyota adalah buruh kirloskar
beda dgn astra di indo meski buruh di bayar budak tapi dgn mrk masukan training cost n allowances akan terliat labour di indo sama welfare level dgn mrk di south africa n brazil
meski dibayar sama dgn indians under kirloskar .... sama pintar kan india vs jpn utk urusan ginian
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
Kita liat aja yg REAL nya gimana, krn kenyataan adalah yg paling jujursiputKW wrote:Profit marginnya si yoyota udah diitung tersendiri? Siapa tau g sengaja ikut terhitung di rate nyungsepnya idr..
IMHO, Intrinsic value dgn harga jual beda kan, trus gmn cara tau intrinsic value kijang vs innova? Tanya akuntan yoyota.. sy bicara value yg bs diitung scr exact biar lbh jelas nyungsepnya rupiah ky gmn.. Apakah bias jd terkesan lebay atau memang bner2 mengkhawatirkan, jd menyimpulkannya g jd asal
Cmiiw, yg paling susah emang ngeliat apa yg tdk keliatan mata
Sorry for my 2 cent
Tahun 96 - 97 itu Kijang kapsul harga 40 - 50 an jt, USD 2300
Skg USD 13.400, scr Currency udah 6X lipat, belum lagi faktor inflasi Indonesia, di samping kenaikan harga2 raw material yg pernah terjadi.
Anggap kapsul 40 jt, kali 6 saja udah 240 jt, ditambah akumulasi inflasi 18 tahun (bunga deposito per yahun selama 18 tahun) dan kita anggap saja jadi 300 jt lah
Padahal kalo masukkan faktor inflasi (tercermin dr bunga deposito) angka nya bisa lebih dahsyat lagi, tapi oke kita tetapkan 300 jt aja
Liat realita penjualan ANKI vs Ipah waktu launch th 2004 dulu gimana ?
Saya kan juga monitor di komunitas Ipah dan pernah iseng survey ttg minat para member thd ANKI, nah skg REALITA nya ANKI malah growing di forum aneka mobil spt seraya en byk new comers di KIOC, ketimbang di komunitas khusus Ipah
Ga usah liat penjualan kapsul dan super, waktu Ipah 2004 dulu aja booming, ANKI mah......udah 6 bulan lewat, liat aja di jalan brp byk yg pake
Jadi mestinya kan kalo pertumbuhan kesejahteraan yg sehat, th 96 orang beli mobil pertama Kijang, harus nya skg itu udah level Prado, tapi skg beli lebel yg sama aja kerasa makin betat, boro2 naik kasta
Lihat deh tu Avanza aja diskonnya waktu Maret udah brp, Mobilio, Ertiga segala gimana nasibnya..........yg lucu malah Alphard / Vellfire diskon cuman 10 jt padahal mobil ampir 1 M
Saya setuju dgn analisa om NR, about slowly sinking Titanic, dan juga selama krisis 2015 - 2016 ini kesenjangan makin melebar, masy kelas menengah byk yg kepukul / bisnisnya slowdown
Selama 2015 sektor riil dalam negeri babak belur, monggo cek laporan keuangan Trikomsel.....apa yg terjadi dgn mereka.....heheh
Salam yg REAL REAL ajah.....he he he
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Penjualan ANKI di India VS Indonesia dan gambaran ekonomi Indonesia VS India
http://money.cnn.com/2016/05/16/investi ... man-sachs/
Goldman Sachs calls end to cheap oil
Nahh kalo harga minyak naik, batubara bisa jalan lagi, dan bisa membantu ekonomi Indonesia
Tapi harusnya ke depannya gak boleh tergantung penuh dgn SDA, harus memajukan industri......sehingga bila suatu hari nanti harga2 komoditas ambruk, ekonomi nggak babak belur spt th 2015 - skg ini
IMHO & CMIIW
Goldman Sachs calls end to cheap oil
Nahh kalo harga minyak naik, batubara bisa jalan lagi, dan bisa membantu ekonomi Indonesia
Tapi harusnya ke depannya gak boleh tergantung penuh dgn SDA, harus memajukan industri......sehingga bila suatu hari nanti harga2 komoditas ambruk, ekonomi nggak babak belur spt th 2015 - skg ini
IMHO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *