2GD-FTV Performance & Tuning update
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Sun May 01, 2016 7:30
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Om Turbo, sy make pajero DID V78 SHOGUN tiba2 diposisi lansam mesinnya gemetar. Saringan solar udah diganti yg asli trus nozle dan kompressi ok udah dikomputer dan di purging masih tetap gemetar. Kl star pertama pagi rpmnya naik sampe angka 3 br turun ke standar mhn solusinya Om trims
Sent from my SM-A510F using Tapatalk
Sent from my SM-A510F using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Kt kawan yg masukin brg egr biar saja krn 2 gd lebih bagus dr 2 kd...kebetulan saya gak mau tutup...
Klo ganti filter ktnya biar lebih plong tarikan klo sudah dastek..walo emang ktnya klo mesin standar gak ada efeknya..saya tetap percaya filter standar...gak repot n jaminan mutu...
Klo ganti filter ktnya biar lebih plong tarikan klo sudah dastek..walo emang ktnya klo mesin standar gak ada efeknya..saya tetap percaya filter standar...gak repot n jaminan mutu...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
om turbo, mau tanya klo 2GD fortie pake biosolar +additive Sch***er kira2 masih aman ga yah..? dosis 1 botol 50ml utk 1liter biosolar
atau ada rekomendasi sebaik nya pake solar apa...
sebelumnya
atau ada rekomendasi sebaik nya pake solar apa...

I am a Driver... not a Racer...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Kalo mesin std pake filter std gak masalahkompresorz wrote:Kt kawan yg masukin brg egr biar saja krn 2 gd lebih bagus dr 2 kd...kebetulan saya gak mau tutup...
Klo ganti filter ktnya biar lebih plong tarikan klo sudah dastek..walo emang ktnya klo mesin standar gak ada efeknya..saya tetap percaya filter standar...gak repot n jaminan mutu...
Tiap bulan semprot angin kompressor
10 rb km sekali ganti kalo mau enak
Utk EGR, kalau dibiarkan terbuka lama2 intake akan penuh jelaga & endapan, ini pasti terjadi mau di mesin Diesel buatan tahun berapapun jika pakai EGR
banyak - dikitnya endapan di intake itu tergantung kadar sulphur solar, kalo sulphur solar cuman 15 ppm endapan terbentuk lebih lambat, walau akhirnya lama2 akan banyak juga
Solar kita kan kadar sulphur 300 ppm or higher....hehehehhe
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Dengan pressure CRD mencapai 1900 - 2000 bar ya idealnya si 2GD pakai solar yg bagus yahALX7 wrote:om turbo, mau tanya klo 2GD fortie pake biosolar +additive Sch***er kira2 masih aman ga yah..? dosis 1 botol 50ml utk 1liter biosolar
atau ada rekomendasi sebaik nya pake solar apa...
sebelumnya
Tapi bagusnya si Toyota dia pake filter solar yg filtrasi 2 arah, In & Out di rumah filter
Kalau om mau pake full Biosolar maka additip adalah wajib
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Turboman wrote:Kalo mesin std pake filter std gak masalahkompresorz wrote:Kt kawan yg masukin brg egr biar saja krn 2 gd lebih bagus dr 2 kd...kebetulan saya gak mau tutup...
Klo ganti filter ktnya biar lebih plong tarikan klo sudah dastek..walo emang ktnya klo mesin standar gak ada efeknya..saya tetap percaya filter standar...gak repot n jaminan mutu...
Tiap bulan semprot angin kompressor
10 rb km sekali ganti kalo mau enak
Utk EGR, kalau dibiarkan terbuka lama2 intake akan penuh jelaga & endapan, ini pasti terjadi mau di mesin Diesel buatan tahun berapapun jika pakai EGR
banyak - dikitnya endapan di intake itu tergantung kadar sulphur solar, kalo sulphur solar cuman 15 ppm endapan terbentuk lebih lambat, walau akhirnya lama2 akan banyak juga
Solar kita kan kadar sulphur 300 ppm or higher....hehehehhe
wah kalo solar mah bisa 3500ppm sulphur nya

Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 83
- Joined: Mon Nov 02, 2015 2:06
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Gak salah om ? 1 botol 50ml untuk 1 liter ?ALX7 wrote:om turbo, mau tanya klo 2GD fortie pake biosolar +additive Sch***er kira2 masih aman ga yah..? dosis 1 botol 50ml utk 1liter biosolar
atau ada rekomendasi sebaik nya pake solar apa...
sebelumnya
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
zaman skg udah gak ada yg bikin sulphur tinggi begitu omRakean wrote:
wah kalo solar mah bisa 3500ppm sulphur nya

Makanya solar2 import skg banyak yg warna bening2, kadar sulphurnya udah kecil2
Kalo di Indo yg kilang lokal masih agak gede, tapi skg pun warna Biosolar udah gak setua spt 8 tahun yg lalu
Cuman ya namanya EGR, mau sulphur 15 ppm pun lama2 yg akan banyak endapan juga......hanya saja terbentuk lebih lambat drpd sulphur 500 ppm.......mau di mesin Diesel apapun / buatan tahun berapapun
kalau saya jadi desainer mesin diesel = saya akan pasang filter wire mesh di jalur EGR dan kasih tahu user utk rutin dibersihkan
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
kalo liat detail spec nya sih pertamina sih gitu omTurboman wrote:zaman skg udah gak ada yg bikin sulphur tinggi begitu omRakean wrote:
wah kalo solar mah bisa 3500ppm sulphur nya
Makanya solar2 import skg banyak yg warna bening2, kadar sulphurnya udah kecil2
Kalo di Indo yg kilang lokal masih agak gede, tapi skg pun warna Biosolar udah gak setua spt 8 tahun yg lalu
Cuman ya namanya EGR, mau sulphur 15 ppm pun lama2 yg akan banyak endapan juga......hanya saja terbentuk lebih lambat drpd sulphur 500 ppm.......mau di mesin Diesel apapun / buatan tahun berapapun
kalau saya jadi desainer mesin diesel = saya akan pasang filter wire mesh di jalur EGR dan kasih tahu user utk rutin dibersihkan
gak tau udah ada update atau belum
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
kalo liat detail spec nya sih pertamina sih gitu omTurboman wrote:zaman skg udah gak ada yg bikin sulphur tinggi begitu omRakean wrote:
wah kalo solar mah bisa 3500ppm sulphur nya
Makanya solar2 import skg banyak yg warna bening2, kadar sulphurnya udah kecil2
Kalo di Indo yg kilang lokal masih agak gede, tapi skg pun warna Biosolar udah gak setua spt 8 tahun yg lalu
Cuman ya namanya EGR, mau sulphur 15 ppm pun lama2 yg akan banyak endapan juga......hanya saja terbentuk lebih lambat drpd sulphur 500 ppm.......mau di mesin Diesel apapun / buatan tahun berapapun
kalau saya jadi desainer mesin diesel = saya akan pasang filter wire mesh di jalur EGR dan kasih tahu user utk rutin dibersihkan
gak tau udah ada update atau belum
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
limit 3500 ppm itu yg bikin ESDM
supplier HSD bikin spec gitu agar mrk leluasa utk jual spec yg mana aja
kalo mrk bikin spec 500 ppm berarti gak bisa jual yg above 500 ppm
well, harusnya ESDM udah mesti rubah batas ke 500 ppm
wong di Eropa aja MFO zaman skg udah ada yg 1000 ppm sulphurnya, padahal zaman dulu MFO bisa 30.000 ppm
supplier HSD bikin spec gitu agar mrk leluasa utk jual spec yg mana aja
kalo mrk bikin spec 500 ppm berarti gak bisa jual yg above 500 ppm
well, harusnya ESDM udah mesti rubah batas ke 500 ppm
wong di Eropa aja MFO zaman skg udah ada yg 1000 ppm sulphurnya, padahal zaman dulu MFO bisa 30.000 ppm
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Angular wrote:Gak salah om ? 1 botol 50ml untuk 1 liter ?ALX7 wrote:om turbo, mau tanya klo 2GD fortie pake biosolar +additive Sch***er kira2 masih aman ga yah..? dosis 1 botol 50ml utk 1liter biosolar
atau ada rekomendasi sebaik nya pake solar apa...
sebelumnya
eh, maaf salah menyampaikan maksudTurboman wrote:
Dengan pressure CRD mencapai 1900 - 2000 bar ya idealnya si 2GD pakai solar yg bagus yah
Tapi bagusnya si Toyota dia pake filter solar yg filtrasi 2 arah, In & Out di rumah filter
Kalau om mau pake full Biosolar maka additip adalah wajib

maksud nya gini, 1 botol SDT itu kan tertulisnya 50ml utk 50liter, nah dosis yg akan dipakai yah sesuai dgn yg tertulis dibotol itu 1ml utk 1liter biosol...
klo di 2KD kan menurut om turbo 1ml bisa utk 2liter biosol
I am a Driver... not a Racer...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
sharing :
Setting ulang Matic ANKI dan ANF
Matic ANKI dan ANF bisa di set ulang, agar reponse shifting-nya lebih baik
istilah di BeRes T : INITIATE (baca inisiate) Transmisi Matic
ini jika matic ANKI dan ANF anda dirasa ada yg aneh / shifting lambat
yg sudah melakukan : AUTO 2000 - Cilandak - TB Simatupang (bukan Krida)
Telp 021 7652000 (ke bag bengkel)
selama mobil masih garansi katanya Free Of Charge
Konon shifting jadi lebih cepat
Demikian sharing dari riset oleh kawan2 di KFOC
semoga bermanfaat
Setting ulang Matic ANKI dan ANF
Matic ANKI dan ANF bisa di set ulang, agar reponse shifting-nya lebih baik
istilah di BeRes T : INITIATE (baca inisiate) Transmisi Matic
ini jika matic ANKI dan ANF anda dirasa ada yg aneh / shifting lambat
yg sudah melakukan : AUTO 2000 - Cilandak - TB Simatupang (bukan Krida)
Telp 021 7652000 (ke bag bengkel)
selama mobil masih garansi katanya Free Of Charge
Konon shifting jadi lebih cepat
Demikian sharing dari riset oleh kawan2 di KFOC
semoga bermanfaat
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
saya pernah telpon SA auto 2000 langganan tentang transmisi kadang suka bunyi jeduk...n SA nya sudah tau hal ini...n ktnya bawa saja..kalo transmisi lama siftingnya...saya lupa krn 2 minggu gak bawa mobilnya...
mobil lg di cat ulang jd blum mampir..
mobil lg di cat ulang jd blum mampir..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56
Re: RE: Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
kalau dah di set ulang,mode manualnya bakal ada jeda gitu gak? katanya mode manual di matic ANKI sama ANF aneh gitu ya?Turboman wrote:sharing :
Setting ulang Matic ANKI dan ANF
Matic ANKI dan ANF bisa di set ulang, agar reponse shifting-nya lebih baik
istilah di BeRes T : INITIATE (baca inisiate) Transmisi Matic
ini jika matic ANKI dan ANF anda dirasa ada yg aneh / shifting lambat
yg sudah melakukan : AUTO 2000 - Cilandak - TB Simatupang (bukan Krida)
Telp 021 7652000 (ke bag bengkel)
selama mobil masih garansi katanya Free Of Charge
Konon shifting jadi lebih cepat
Demikian sharing dari riset oleh kawan2 di KFOC
semoga bermanfaat
btw, mesin diesel sama bensin juga begitu?
Sent from my D5322 using Tapatalk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Utk ANKI belom ada omv4ldi5 wrote:Maaf agak oot Om turbo punya link download manual reparasi kijang nggak?
Yang saya cari volume 4
Baru ada data Parts catalogue utk mesin GD-FTV dan transmisi, itupun ngintip HiLux Revo punya
*ini tret diskusi 2GD-FTV*
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Mod Turbo, boleh share dong... Hatur nuhun...
send using tapatalk for win mobile 10
send using tapatalk for win mobile 10
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Klo untuk innova (bukan anki) mesi 1tr n 2 kd ada d google play store search aja kijang innova ad d situ sevice manualnya
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: RE: Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Masalahnya anki sama anf gak ada model manual nya om, adanya shift gate diganti + dan -alamsandiwijaya wrote:kalau dah di set ulang,mode manualnya bakal ada jeda gitu gak? katanya mode manual di matic ANKI sama ANF aneh gitu ya?Turboman wrote:sharing :
Setting ulang Matic ANKI dan ANF
Matic ANKI dan ANF bisa di set ulang, agar reponse shifting-nya lebih baik
istilah di BeRes T : INITIATE (baca inisiate) Transmisi Matic
ini jika matic ANKI dan ANF anda dirasa ada yg aneh / shifting lambat
yg sudah melakukan : AUTO 2000 - Cilandak - TB Simatupang (bukan Krida)
Telp 021 7652000 (ke bag bengkel)
selama mobil masih garansi katanya Free Of Charge
Konon shifting jadi lebih cepat
Demikian sharing dari riset oleh kawan2 di KFOC
semoga bermanfaat
btw, mesin diesel sama bensin juga begitu?
Sent from my D5322 using Tapatalk

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
paidjho wrote:Mod Turbo, boleh share dong... Hatur nuhun...
send using tapatalk for win mobile 10
PM aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Tue May 03, 2016 5:28
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Thank you Om Turboman untuk infonya, baru hr ini anki diesel digeber, ampun deh transmisinya gak enak bgt. Jedag jeduk 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Saya baca ada pasang pigi dgn sambung kupas kabel...apa tidak beresiko...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Tidak ada masalah 100 persen sama sekali asal dilakukan di bengkel yg qualified, lc200 diesel sampe c200 cgi juga pasang d*st*k potong kabel gak ada masalah tuh banyak yg pasangkompresorz wrote:Saya baca ada pasang pigi dgn sambung kupas kabel...apa tidak beresiko...
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
gud info...htannis wrote:Tidak ada masalah 100 persen sama sekali asal dilakukan di bengkel yg qualified, lc200 diesel sampe c200 cgi juga pasang d*st*k potong kabel gak ada masalah tuh banyak yg pasangkompresorz wrote:Saya baca ada pasang pigi dgn sambung kupas kabel...apa tidak beresiko...