Akankah Dealer Livina akal2an?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Akankah Dealer Livina akal2an?
Para member disini yang sudah men DP livina maupun mungkin para dealer ataupun showroom yang mungkin baca. Ada satu hal yang saya takutkan melihat besarnya animo masyarakat terhadap grand livina ini. berkaca dari pengalaman saya waktu meng indent Kijang Innova, saya berharap hal ini jangan.. jangan pernah terjadi lagi untuk Nissan. I love nissan. Begini ceritanya.
Waktu awal Kijang Inova lounching, saya pun indent karena memang waktu itu saya rasa adalah mobil keluarga yang pas secara tradisi. Waktu itu saya indent dikatakan akan memakan waktu sekitar 6 bulan. Namun waktu itu memang sama dengan grand livina yang dikatakan bahwa daftar yang indent juga banyak sehingga menumbuhkan kesan ini adalah benar2 mobil pilihan. Nah, setelah 4 bulan saya dihubungin lagi oleh pihak dealernya (saya tidak disclose disini, maap) dikatakan bahwa mobilnya akan datang dalam 12 bulan!!! jadi 6 bulan lebih lama dari perkiraan. Walhasil karena sudah DP dan memang 12 bulan menurut saya adalah nonsense bila keluarga harus naik ojek setiap hari, maka saya pun menghubungi dealer tersebut. Saya begitu emosi karena saya lihat sendiri pool toyota dekat rumah saya itu bertebaran kijang innova (pool di sumur batu). lalu juga sudah mulai banyak inova yang bersliweran di jalan, kok kenapa saya harus nunggu 12 bulan? karena posisi konsumen disini memang lemah, akhirnya setelah saya sodorkan 10 Juta! dalam 3 hari mobil itu pun diantar!
Saya berharap.. berharap sekali.. jangan pernah melihat begitu besarnya animo terhadap livina ini maka dealer pun berpikiran picik seperti ini. itu sebabnya kenapa saja jual innova dan pindah ke mobil lain. sudah terlanjur sakit hati!
Waktu awal Kijang Inova lounching, saya pun indent karena memang waktu itu saya rasa adalah mobil keluarga yang pas secara tradisi. Waktu itu saya indent dikatakan akan memakan waktu sekitar 6 bulan. Namun waktu itu memang sama dengan grand livina yang dikatakan bahwa daftar yang indent juga banyak sehingga menumbuhkan kesan ini adalah benar2 mobil pilihan. Nah, setelah 4 bulan saya dihubungin lagi oleh pihak dealernya (saya tidak disclose disini, maap) dikatakan bahwa mobilnya akan datang dalam 12 bulan!!! jadi 6 bulan lebih lama dari perkiraan. Walhasil karena sudah DP dan memang 12 bulan menurut saya adalah nonsense bila keluarga harus naik ojek setiap hari, maka saya pun menghubungi dealer tersebut. Saya begitu emosi karena saya lihat sendiri pool toyota dekat rumah saya itu bertebaran kijang innova (pool di sumur batu). lalu juga sudah mulai banyak inova yang bersliweran di jalan, kok kenapa saya harus nunggu 12 bulan? karena posisi konsumen disini memang lemah, akhirnya setelah saya sodorkan 10 Juta! dalam 3 hari mobil itu pun diantar!
Saya berharap.. berharap sekali.. jangan pernah melihat begitu besarnya animo terhadap livina ini maka dealer pun berpikiran picik seperti ini. itu sebabnya kenapa saja jual innova dan pindah ke mobil lain. sudah terlanjur sakit hati!
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13
Re: Akankah Dealer Livina akal2an?
menurut sales gw sih ga bakalan terjadi spt itu, nomor urut diawasi ketat, harga mengikat. kalo ketauan main-main bisa dipecat, tapi itu kan teori, ga tau deh praktiknya gimana 
Ada juga kalo ada yg batal, kita bisa ditawari utk dipindahkan ke nomor yg batal itu dan otomatis membuat kita mendapatkan GL lebih awal. Tapi mekanisme nya spt apa ga tau deh, mungkin based on kebaikan hati sales nya thd kita

Ada juga kalo ada yg batal, kita bisa ditawari utk dipindahkan ke nomor yg batal itu dan otomatis membuat kita mendapatkan GL lebih awal. Tapi mekanisme nya spt apa ga tau deh, mungkin based on kebaikan hati sales nya thd kita

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
kalo NISSAN melakukan hal yg sama. kita tinggal lapor ke NMI!!!
kalo nurut sales saya, mereka gak mungkin begitu.
ini balik2 lagi ke pengawasan/kontrol kualitas pelayanan dealer2 Nissan oleh NMI. jadi semua ada di tangan NMI. gua dijanjiin akhir april/awal mei, pdhal gua indennya sebelum launching, jadi gua liat aja. kalo sampe ntar gua diundur.. berarti ada permainan. gua akan lapor ke NMI. hehehehe
kalo nurut sales saya, mereka gak mungkin begitu.
ini balik2 lagi ke pengawasan/kontrol kualitas pelayanan dealer2 Nissan oleh NMI. jadi semua ada di tangan NMI. gua dijanjiin akhir april/awal mei, pdhal gua indennya sebelum launching, jadi gua liat aja. kalo sampe ntar gua diundur.. berarti ada permainan. gua akan lapor ke NMI. hehehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Apakah mereka akan lebiih pedulu kepada konsumen atau dealer2 mereka? Karena waktu inova pun saya sudah tanya hingga ke TAM bahwa itu adalah kebijakan masing2 dealer. Jadi apesnya milih dealer tersebut.hunter wrote:kalo NISSAN melakukan hal yg sama. kita tinggal lapor ke NMI!!!
kalo nurut sales saya, mereka gak mungkin begitu.
ini balik2 lagi ke pengawasan/kontrol kualitas pelayanan dealer2 Nissan oleh NMI. jadi semua ada di tangan NMI. gua dijanjiin akhir april/awal mei, pdhal gua indennya sebelum launching, jadi gua liat aja. kalo sampe ntar gua diundur.. berarti ada permainan. gua akan lapor ke NMI. hehehehe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Sekitar Marl-may 2005 sepupu gw inden Innova, dapetnya delivery Apr 2006. Nggak lama, ditelp bahwa indent bisa dimajuin ke Dec u/ gantiin yg cancel. Tapi hrs bayar adm Rp 10 jt. Sepupu gw nggak mau, "duitnya baru ada april" jawabnye. Beberapa minggu kemudian ditelp. lagi, cukup RP 7 jt, begitu seterusnya sampe tawaran terakhir rp 3 jt. Tapi sepupu gw keukeuh nggak mau bayar. Akhirnya mobil datang Nov 05 (sebelum lebaran) tanpa bayar sepeserpun buat majuinnya.
Maksud ne, sales nakal atau nggak itu tergantung perilaku konsumen koq...
Maksud ne, sales nakal atau nggak itu tergantung perilaku konsumen koq...
Last edited by uch on Wed Apr 18, 2007 3:43, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
hehhehehe ini perlu dibuktikan siii.ichsan_n wrote:Apakah mereka akan lebiih pedulu kepada konsumen atau dealer2 mereka? Karena waktu inova pun saya sudah tanya hingga ke TAM bahwa itu adalah kebijakan masing2 dealer. Jadi apesnya milih dealer tersebut.
tapi gak perlu capek2 ke YLKI deh. memang kan pengiriman pesanan ga ada hitam di atas putihnya.
justru bagus, biar gmanapun komitmen NMI terhadap konsumen perlu dibuktikan.
kalo gua liat sih dealer2 Nissan lebih seragam. mulai dari penamaan, layout dll. jadi masih ada kemungkinan NMI lebih concern dalam hal customer service ini, dibanding TAM.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
Re: Akankah Dealer Livina akal2an?
Saya adalah pemakai kendaraan merek NISSAN dari tahun 1999.
mulai dari Terrano dan ikut club dengan tujuan mendapatkan teman sebanyak mungkin.
jadi dalam hal ini saya bukanlah orang yang bekerja di NMI, dealernya, atau suppliernya. pendapat saya adalah independent dan netral.
sehubungan dengan daftar antrian, sore ini saya dapet konfirmasi dari pihak yang sangat berkompeten, sebagai berikut;
1. nomor antrian per tanggal 18 April 2007 ini sudah nyaris 5000 unit
2. system antrian akan segera menggunakan metode computerized yang akan ditampilkan secara transparant oleh NMI.
3. data SPK dari dealer akan di pool di NMI untukk kemudian di input kedalam sistem tersebut, dan dapat diakses oleh Pabrik dalam hal ini produksi untuk dibuatkan jalur produksinya.
4. kapasitas produksi makin hari makin bertambah seiiring dengan penambahan jumlah shift, dan material untuk perakitan yang datang tiada henti dari luar negeri maupun dari para supplier
5. kontrol kualitas tetap dijaga dan diperhatikan oleh bagian QC Dept.
so, sepanjang yang saya tahu, daftar indent adalah benar berdasarkan kriteria ;
1. menyerahkan DP / tanda pesanan sebesar 5 juta yang dibayarkan melalui credit card atau debit card (dilakukan dikasir)
2. pemesan mendapat bukti sementara dari dealer untuk uang 5 juta tersebut
3. pemesan mendapat copy-an SPK warna merah lengkap dengan nomor SPK dari dealer ybs
daftar pesanan dari masing2 dealer diberikan ke NMI ke esokan harinya sebelum jam 12 siang.
demikian sharing informasi yang saya ketahui.
mulai dari Terrano dan ikut club dengan tujuan mendapatkan teman sebanyak mungkin.
jadi dalam hal ini saya bukanlah orang yang bekerja di NMI, dealernya, atau suppliernya. pendapat saya adalah independent dan netral.
sehubungan dengan daftar antrian, sore ini saya dapet konfirmasi dari pihak yang sangat berkompeten, sebagai berikut;
1. nomor antrian per tanggal 18 April 2007 ini sudah nyaris 5000 unit
2. system antrian akan segera menggunakan metode computerized yang akan ditampilkan secara transparant oleh NMI.
3. data SPK dari dealer akan di pool di NMI untukk kemudian di input kedalam sistem tersebut, dan dapat diakses oleh Pabrik dalam hal ini produksi untuk dibuatkan jalur produksinya.
4. kapasitas produksi makin hari makin bertambah seiiring dengan penambahan jumlah shift, dan material untuk perakitan yang datang tiada henti dari luar negeri maupun dari para supplier
5. kontrol kualitas tetap dijaga dan diperhatikan oleh bagian QC Dept.
so, sepanjang yang saya tahu, daftar indent adalah benar berdasarkan kriteria ;
1. menyerahkan DP / tanda pesanan sebesar 5 juta yang dibayarkan melalui credit card atau debit card (dilakukan dikasir)
2. pemesan mendapat bukti sementara dari dealer untuk uang 5 juta tersebut
3. pemesan mendapat copy-an SPK warna merah lengkap dengan nomor SPK dari dealer ybs
daftar pesanan dari masing2 dealer diberikan ke NMI ke esokan harinya sebelum jam 12 siang.
demikian sharing informasi yang saya ketahui.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Sat Apr 14, 2007 1:11
Saya malah sebaliknya, kemaren malah dapet telpon kalau mobil sudah siap tapi warna beda .
Ceritanya saya indent 6 Maret dan pengiriman akhir april, dengan spek 1.5 XV manual, warna Black Saphire.
Tapi kemaren ditelpon stock sudah ada dan siap kirim tapi warnanya Yellowish, karena saya gak tertarik dgn warnanya jadi saya tetep pada pilihan awal black saphire, yg mudah-2 bisa terima delivery akhir april/awal mei.
salam
ZQ
Ceritanya saya indent 6 Maret dan pengiriman akhir april, dengan spek 1.5 XV manual, warna Black Saphire.
Tapi kemaren ditelpon stock sudah ada dan siap kirim tapi warnanya Yellowish, karena saya gak tertarik dgn warnanya jadi saya tetep pada pilihan awal black saphire, yg mudah-2 bisa terima delivery akhir april/awal mei.
salam
ZQ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Wuihhh.. cepet banget?! lahhh gw indent beda seminggu dari sampean tapi tetep aje juli-agustus... hik.. hik.. kalo boleh tau sampean dealernya mana?fusionkit wrote:kayaknya NMI retailer professional deh.. gue indent tgl 6/4/07 dijanjiin datang sekitar pertengahan mei-juni, tadi gue udah dihubungi kalau GL sudah ready dan akan diantar minggu depan.. huhehehe.. sampe kaget pas terima telp, gue kira dia becanda.. eh, ngak taunya serius..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48
Liat di thread yg lain kayaknya saya tulis deh, amibil dimana.. huheheheichsan_n wrote:Wuihhh.. cepet banget?! lahhh gw indent beda seminggu dari sampean tapi tetep aje juli-agustus... hik.. hik.. kalo boleh tau sampean dealernya mana?fusionkit wrote:kayaknya NMI retailer professional deh.. gue indent tgl 6/4/07 dijanjiin datang sekitar pertengahan mei-juni, tadi gue udah dihubungi kalau GL sudah ready dan akan diantar minggu depan.. huhehehe.. sampe kaget pas terima telp, gue kira dia becanda.. eh, ngak taunya serius..
Kayaknya beda seminggu juga udah lumayan jauh deh.. terus memang GL-ku diluar dugaan, cepat juga. cuma selama blom sampai rumah, blom bisa dibilang datang. walaupun sudah dikonfirm ada.. huhehehe.. ntar kalau sudah datang saya kabarin deh..
sorry, OOT.. ada yg tau ngak kalau mau beli nopol tapi 4 nomor beserta huruf belakang harganya berapa ya? utk daerah Jakarta?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Thu Apr 05, 2007 10:57
Glnya tipe apa tu?? gile cepet amat padahal br 2 minggu indennya... blh tau ga di dealer mana??fusionkit wrote:Liat di thread yg lain kayaknya saya tulis deh, amibil dimana.. huheheheichsan_n wrote:Wuihhh.. cepet banget?! lahhh gw indent beda seminggu dari sampean tapi tetep aje juli-agustus... hik.. hik.. kalo boleh tau sampean dealernya mana?fusionkit wrote:kayaknya NMI retailer professional deh.. gue indent tgl 6/4/07 dijanjiin datang sekitar pertengahan mei-juni, tadi gue udah dihubungi kalau GL sudah ready dan akan diantar minggu depan.. huhehehe.. sampe kaget pas terima telp, gue kira dia becanda.. eh, ngak taunya serius..
Kayaknya beda seminggu juga udah lumayan jauh deh.. terus memang GL-ku diluar dugaan, cepat juga. cuma selama blom sampai rumah, blom bisa dibilang datang. walaupun sudah dikonfirm ada.. huhehehe.. ntar kalau sudah datang saya kabarin deh..
sorry, OOT.. ada yg tau ngak kalau mau beli nopol tapi 4 nomor beserta huruf belakang harganya berapa ya? utk daerah Jakarta?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Waktu gw indent grand livina di senayan city, org salesnya bilang ke gw apabila mobilnya akan digunakan atas nama perusahaan, biasanya delivery unitnya akan diprioritaskan oleh pihak ATPM, jadi dapat unitnya juga lebih cepat daripada consumer perorangan krn para ATPM ingin menjalin hubungan yg baik dgn perusahaan-perusahaan soalnya biasanya perusahaan-perusahaan suka membeli secara rutin unit unit baru utk digunakan sbg armada perusahaan, apalagi kalo para perusahaan tsb tlh percaya terhadap merek mobil tertentu dan after sales servicesnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
pilih kasih nih jadi ceritanya? weleh...TiongBahru_Ahbeng wrote:Waktu gw indent grand livina di senayan city, org salesnya bilang ke gw apabila mobilnya akan digunakan atas nama perusahaan, biasanya delivery unitnya akan diprioritaskan oleh pihak ATPM, jadi dapat unitnya juga lebih cepat daripada consumer perorangan krn para ATPM ingin menjalin hubungan yg baik dgn perusahaan-perusahaan soalnya biasanya perusahaan-perusahaan suka membeli secara rutin unit unit baru utk digunakan sbg armada perusahaan, apalagi kalo para perusahaan tsb tlh percaya terhadap merek mobil tertentu dan after sales servicesnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Sptnya praktek 'memprioritaskan' para pemesan yg berasal dari perusahaan perusahaan sdh menjadi budaya semua ATPM di Indonesia (ato mungkin dunia), krn biasanya para perusahaan suka ngambil unitnya banyak utk dijadikan sbg armada perusahaan, ya u know lah, para ATPM jg pasti berharap utk bs jd supplier tetap armada para perusahaan itu.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Fri Apr 13, 2007 10:15
Ane ikutan bales OOT buat komparasi... (sorry kalo beda / tidak menjawab bung punya pertanyaan)fusionkit wrote: sorry, OOT.. ada yg tau ngak kalau mau beli nopol tapi 4 nomor beserta huruf belakang harganya berapa ya? utk daerah Jakarta?
Kalo di Bandung, secara lisan sih sales leasing (maklum para sales leasing kelihatannya ngobjek juga) bilang kalo mau tambahan sesuatu bisa order ke dia, biar dia yg ngurus...
Nah untuk pesen nomor Bandung yang 1 digit = 3 jeti; 2 Digit = 2,5 jeti; 3 Digit = 2 jeti dan 4 digit = 1 jetian... ane dah pesen juga sih...
Kalo anti karat body untuk GL ada rekomendasi nggak nih? walaupun sudah ada dari pabrikan, tapi biar sreg bisa nambah dari TKD mungkin? ups OOT lagi nih...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Fri Apr 13, 2007 10:15
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Setau gw, mobil Nissan bodynya belum dianti karat, cuma sebatas chassisnya (framenya) saja yg dianti karat, melalui proses dicelupin, tapi bodynya belum, makanya hrs kita anti karat sendiri. Gw sempat dikasih tau olh org salesnya kalo Nissan ada kerja sama dgn Ziebart utk jasa anti karat, dan utk grand livina, biaya anti karat dari Ziebart kena sekitar Rp. 2 jutaan.sutanmudonankayo wrote: Kalo anti karat body untuk GL ada rekomendasi nggak nih? walaupun sudah ada dari pabrikan, tapi biar sreg bisa nambah dari TKD mungkin? ups OOT lagi nih...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Mengenai akal2an deelar itu mungkin saja. Soalnya dealer NISSAN itu ada yang bukan milik PT..NMI punya tetapi franchise atau showroom pribadi yang membeli merk NISSAN untuk mendapatkan hak untuk menjual merk2 NISSAN.
Sayangnnya NISSAN belum membuat dealer dengan manajemn yang bagus. Tidak seperti TOYOTA yang dealernya hanya dipegang oleh AUTO2000, TUNAS TOYOTA, ASTRIDO. Sedangkan NISSAN masih banyak dealer yang masih2 berdiri sendiri. Jika saya punya duit 20milyar(Sudah termasuk gedung, renovasi gedung, bengkel) gw bisa beli tuh showroom NISSAN.
Sayangnnya NISSAN belum membuat dealer dengan manajemn yang bagus. Tidak seperti TOYOTA yang dealernya hanya dipegang oleh AUTO2000, TUNAS TOYOTA, ASTRIDO. Sedangkan NISSAN masih banyak dealer yang masih2 berdiri sendiri. Jika saya punya duit 20milyar(Sudah termasuk gedung, renovasi gedung, bengkel) gw bisa beli tuh showroom NISSAN.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
hihi.. mahal.. 4 nomor di jakarta 1,1 juta, 3 nomor 1,6 juta, 2 nomer dan 1 nomer gak tau krn belom pernah.. :psutanmudonankayo wrote:Ane ikutan bales OOT buat komparasi... (sorry kalo beda / tidak menjawab bung punya pertanyaan)fusionkit wrote: sorry, OOT.. ada yg tau ngak kalau mau beli nopol tapi 4 nomor beserta huruf belakang harganya berapa ya? utk daerah Jakarta?
Kalo di Bandung, secara lisan sih sales leasing (maklum para sales leasing kelihatannya ngobjek juga) bilang kalo mau tambahan sesuatu bisa order ke dia, biar dia yg ngurus...
Nah untuk pesen nomor Bandung yang 1 digit = 3 jeti; 2 Digit = 2,5 jeti; 3 Digit = 2 jeti dan 4 digit = 1 jetian... ane dah pesen juga sih...
Kalo anti karat body untuk GL ada rekomendasi nggak nih? walaupun sudah ada dari pabrikan, tapi biar sreg bisa nambah dari TKD mungkin? ups OOT lagi nih...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A