Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by dieselman228 »

Siang semua,
Kalau mau cari info yang jual oli literan dari drum gitu dimana ya?
Abis paging kebelakang ada juga yg jualan tapi jaraknya jauh di tangerang..
Kalau ada daerah bekasi , cikarang lebih oke lagipula ini daerah industri jd kemungkinan ada..thx
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
User avatar
mpvfreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by mpvfreak »

Turboman wrote:
dhani26 wrote:Maafin saya newbie nih, Om turbo... Ane bingung, kenapa ya kalau oli-oli buat racing itu buntutnya gede-gede? Misal (Fastron platinum 0w-40, Shell helix ultra 5w-40, castrol edge 5w-40)

bukannya om turbo selalu prefer oli dengan buntut yang kecil misal 0w-20 atau 5w-30... kalau pakai buntut gede kan jadi berat katanya, terus kenapa oli racing tersebut ga pakai buntut kecil saja..

Saya ingin menambah pengetahuan saja om... :big_deal:
Mesin kalo high revving = suhu oli makin panas

jadi butuh yg SAE kental

Tapi tergantung penggunaan juga, misal kayak mesin2 supercar NA, kalo buat daily drive normal boleh aja pake 30 weight Full synth yg antiwear tinggi, tapi kalo track day pakek-nya 10W50 / 10W60
Oh jadi Om turbo, kalo di pemakaian city driving (traffic stop and go) weight 30 masih optimal ya Om?

Trus pernah baca artikel kalo suhu oli tidak maksimal kualitas oli bakal menurun ya? Untuk yg buntut nya gede tapi jalan short trip. Cmiiw

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

mpvfreak wrote: Oh jadi Om turbo,
1. kalo di pemakaian city driving (traffic stop and go) weight 30 masih optimal ya Om?

2. Trus pernah baca artikel kalo suhu oli tidak maksimal kualitas oli bakal menurun ya? Untuk yg buntut nya gede tapi jalan short trip. Cmiiw

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
1. Om pake mobil apa ? Mesin NA or FI ? Kalo mesin NA high revving generasi baru sih kasih 30 weight utk daily drive ya oke lah......kalo mesin FI high revving kasih 40 weight utk daily drive

2. Kualitas oli cepat menurun jika :
- Sering kena suhu sgt tinggi
- Kontaminasi sisa pembakaran
- Fuel dillution

Oli buntut gede tapi jalan short trip ya warming up harus agak lama, kalo enggak ya resiko di mesinnya om

Kalo repeated short trip lebih cocok oli encer, warming up juga cepet
* Bukan ajakan Beli *
nuky
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed May 28, 2008 15:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by nuky »

Om Turbo dan kawan2 lainnya, izin konsultasi
Mobil saya Stream 2000 cc, dipake rutin seminggu sekali PP bandung jakarta kayak mobil travel
lebih baik pilih yang mana Honda E-PRO Blue 5W-30 / Shell Helix HX8 5W-30 / magnatec 5w30 A5 /Castrol Edge 5W-40
pertimbangannya adalah saya oli yang bisa dipake nyampe 10rb km

terimakasih sebelumnya
User avatar
mpvfreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by mpvfreak »

Turboman wrote:
mpvfreak wrote: Oh jadi Om turbo,
1. kalo di pemakaian city driving (traffic stop and go) weight 30 masih optimal ya Om?

2. Trus pernah baca artikel kalo suhu oli tidak maksimal kualitas oli bakal menurun ya? Untuk yg buntut nya gede tapi jalan short trip. Cmiiw

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
1. Om pake mobil apa ? Mesin NA or FI ? Kalo mesin NA high revving generasi baru sih kasih 30 weight utk daily drive ya oke lah......kalo mesin FI high revving kasih 40 weight utk daily drive

2. Kualitas oli cepat menurun jika :
- Sering kena suhu sgt tinggi
- Kontaminasi sisa pembakaran
- Fuel dillution

Oli buntut gede tapi jalan short trip ya warming up harus agak lama, kalo enggak ya resiko di mesinnya om

Kalo repeated short trip lebih cocok oli encer, warming up juga cepet
Malu Om haha.. Just honda mobilio sama toyota agya.
Stock engine
[emoji5]
Buat dalkot 1 trip 5km (sering)
Lukot PP 500km (ga sering)

Kalo sering idling Om?

Dulu untuk dalkot pake 10w30 penganut ganti per 10.000km. Engine sludge.

Skrg menganut aliran 5.000km aja..

Masukan dibutuhkan Om Turbo


Sent from my LG-D855 using Tapatalk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

mpvfreak wrote: Malu Om haha.. Just honda mobilio sama toyota agya.
Stock engine
[emoji5]
Buat dalkot 1 trip 5km (sering)
Lukot PP 500km (ga sering)

Kalo sering idling Om?

Dulu untuk dalkot pake 10w30 penganut ganti per 10.000km. Engine sludge.

Skrg menganut aliran 5.000km aja..

Masukan dibutuhkan Om Turbo


Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Kalo mesin LCGC kasih 5W30 aja

Kemaren ikut borong SHU AB di Graha gak ? Nah itu bisa 10 rb km / max 12 bulan

10W30 timbul sludge ? emang brp bulan ?

Oli apa ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
k0b0chan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Anki

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by k0b0chan »

Wahh.. Tmen saya pernah pake magn*t*c.. Entah palsu atau apa, setiap 6000-7000 dia baru ganti.. Itu nimbulin sludge
User avatar
mpvfreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by mpvfreak »

Turboman wrote:
mpvfreak wrote: Malu Om haha.. Just honda mobilio sama toyota agya.
Stock engine
[emoji5]
Buat dalkot 1 trip 5km (sering)
Lukot PP 500km (ga sering)

Kalo sering idling Om?

Dulu untuk dalkot pake 10w30 penganut ganti per 10.000km. Engine sludge.

Skrg menganut aliran 5.000km aja..

Masukan dibutuhkan Om Turbo


Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Kalo mesin LCGC kasih 5W30 aja

Kemaren ikut borong SHU AB di Graha gak ? Nah itu bisa 10 rb km / max 12 bulan

10W30 timbul sludge ? emang brp bulan ?

Oli apa ?
Saya di medan Om Turbo.. Hehe..
Ga bisa ikut borong deh

Oli nissan Om Turbo.. Sludge semua..
Dipstick uda ga ada oli. Trus ditambahin 1 liter..
Di hidupin ga naik ke dipstick juga..
Kata SA sih mesti turun mesin..
Di "note" sama sa nya di service history nya. "Perlu OH"
Pemakaian oli pada saat sludge di 9000km.
Kilometer aktual 54.000km
Trus dijual dah itu mobil. HR15DE
Uda itu kapok dah sama pake oli lama2
Pemakaian diatas 6 bulanan
Karena saya pakai itu mobil 2 tahun lebih 1 bulan aja..

Apa ada pengaruh sama bahan bakar (fuel system) nya Om Turbo? Soalnya sering ngelitik sih
Pake Ron90. Sebelum Ron 90 keluar, pake Ron88

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Itu mah berarti olinya memang bokbrok aja

2KD saya dari baru ganti oli gak pernah di bawah 7000 KM, seringnya malah 8000 - 9000 an km, malah lately pake Delvac1 ganti ga pernah di bawah 13.000 km.....u know.......daerah sekitar katup masih kinclonggggg......warna dasar aluminium.....

Kalo oli 10W30 OEM sih mmg 6000 Km buang aja......10W30 itu rata2 mineral & kelasnya di bawah yg OEM 5W30.....Cuman Honda punya 10w30 yg konon semi synth (buatan Fastron )

Kalo yg 5W30 beda2....kalo SGO 6000 km buang.....TMO 10 rb boleh

Kalo saya punya kebiasaan scr berkala intip daerah sekitar katup dr lubang pengisian oli, jika warna aluminium cerah means bagus.....tapi kalo misal udah jadi kecoklatan....nah nah nahhhhh

Ada bbrp mesin yg "hobby" bikin sludge spt MZ-FE...well, that's exception


mpvfreak wrote:
Turboman wrote:
mpvfreak wrote: Malu Om haha.. Just honda mobilio sama toyota agya.
Stock engine
[emoji5]
Buat dalkot 1 trip 5km (sering)
Lukot PP 500km (ga sering)

Kalo sering idling Om?

Dulu untuk dalkot pake 10w30 penganut ganti per 10.000km. Engine sludge.

Skrg menganut aliran 5.000km aja..

Masukan dibutuhkan Om Turbo


Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Kalo mesin LCGC kasih 5W30 aja

Kemaren ikut borong SHU AB di Graha gak ? Nah itu bisa 10 rb km / max 12 bulan

10W30 timbul sludge ? emang brp bulan ?

Oli apa ?
Saya di medan Om Turbo.. Hehe..
Ga bisa ikut borong deh

Oli nissan Om Turbo.. Sludge semua..
Dipstick uda ga ada oli. Trus ditambahin 1 liter..
Di hidupin ga naik ke dipstick juga..
Kata SA sih mesti turun mesin..
Di "note" sama sa nya di service history nya. "Perlu OH"
Pemakaian oli pada saat sludge di 9000km.
Kilometer aktual 54.000km
Trus dijual dah itu mobil. HR15DE
Uda itu kapok dah sama pake oli lama2
Pemakaian diatas 6 bulanan
Karena saya pakai itu mobil 2 tahun lebih 1 bulan aja..

Apa ada pengaruh sama bahan bakar (fuel system) nya Om Turbo? Soalnya sering ngelitik sih
Pake Ron90. Sebelum Ron 90 keluar, pake Ron88

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
* Bukan ajakan Beli *
hadiyanfa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by hadiyanfa »

Om TM mohon pendapatnya ttg oli RL ini, bahkan ada yg 0W5. Apakah reliable untuk pemakaian sehari2?

Image

Image

Sent from my ASUS_Z00ED using Tapatalk
User avatar
mpvfreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by mpvfreak »

Turboman wrote:Itu mah berarti olinya memang bokbrok aja

2KD saya dari baru ganti oli gak pernah di bawah 7000 KM, seringnya malah 8000 - 9000 an km, malah lately pake Delvac1 ganti ga pernah di bawah 13.000 km.....u know.......daerah sekitar katup masih kinclonggggg......warna dasar aluminium.....

Kalo oli 10W30 OEM sih mmg 6000 Km buang aja......10W30 itu rata2 mineral & kelasnya di bawah yg OEM 5W30.....Cuman Honda punya 10w30 yg konon semi synth (buatan Fastron )

Kalo yg 5W30 beda2....kalo SGO 6000 km buang.....TMO 10 rb boleh

Kalo saya punya kebiasaan scr berkala intip daerah sekitar katup dr lubang pengisian oli, jika warna aluminium cerah means bagus.....tapi kalo misal udah jadi kecoklatan....nah nah nahhhhh

Ada bbrp mesin yg "hobby" bikin sludge spt MZ-FE...well, that's exception


mpvfreak wrote:
Turboman wrote:
Kalo mesin LCGC kasih 5W30 aja

Kemaren ikut borong SHU AB di Graha gak ? Nah itu bisa 10 rb km / max 12 bulan

10W30 timbul sludge ? emang brp bulan ?

Oli apa ?
Saya di medan Om Turbo.. Hehe..
Ga bisa ikut borong deh

Oli nissan Om Turbo.. Sludge semua..
Dipstick uda ga ada oli. Trus ditambahin 1 liter..
Di hidupin ga naik ke dipstick juga..
Kata SA sih mesti turun mesin..
Di "note" sama sa nya di service history nya. "Perlu OH"
Pemakaian oli pada saat sludge di 9000km.
Kilometer aktual 54.000km
Trus dijual dah itu mobil. HR15DE
Uda itu kapok dah sama pake oli lama2
Pemakaian diatas 6 bulanan
Karena saya pakai itu mobil 2 tahun lebih 1 bulan aja..

Apa ada pengaruh sama bahan bakar (fuel system) nya Om Turbo? Soalnya sering ngelitik sih
Pake Ron90. Sebelum Ron 90 keluar, pake Ron88

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Got it Om Turbo. Ini si Lio lagi make 0w20 nya ahond.
Lcgc pake 5w30 nya mitsu. Ga masalah kan Om Turbo?

Trus Om Turbo. Minta pencerahan dikit tentang warming up mobil ideal nya berapa menit ya untuk lcgc sama lio. Sama2 tahun 2014. Untuk oli 0w20 sama 5w30.
Warming up pagi berapa menitan?
Trus kalo mobil uda parkir lama 2-4 jam perlu warming up kaga? Kayak nge-mall gitu.. Perlu warming up ga?
Kaga oot kan? Hehe.. Kan sama2 tentang sirkulasi oli. Hihihi

Thank you Om Turbo..

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Eliteguard
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Apr 08, 2016 17:52

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Eliteguard »

@mpvfreak, halo bro... sama2 dr medan neh.. :big_deal:

Btw dimedan susah ya nyari toko oli yg lengkap yg sekaligus ada jual oli bagus jg.. misal kyk delvac1 LE gt.. ada pun mesti indent sama pemilik tokonya.. sekali pesan harus angkut min 1dus pulak.. :big_think:
Uda gt harga nya ttep normal aja walaupun ambil se dus.. :mky_04:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Kalo pake 5W30 Full synth warming up 20 detik aja (dari kondisi dingin)

Lalu jalan pelan2 dgn gigi rendah, AC nyala fan aja dulu....after jarum udah naek di atas C baru Komp AC idupin

Kalo parkir 3 - 4 jam mah idup lgs jalan ajah

5W30 Full Synth boleh coba Toyota punya (TMO), itu oke

Atau Motul 5W30 yg meet Ford WSS M912C
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
mpvfreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by mpvfreak »

Eliteguard wrote:@mpvfreak, halo bro... sama2 dr medan neh.. :big_deal:

Btw dimedan susah ya nyari toko oli yg lengkap yg sekaligus ada jual oli bagus jg.. misal kyk delvac1 LE gt.. ada pun mesti indent sama pemilik tokonya.. sekali pesan harus angkut min 1dus pulak.. :big_think:
Uda gt harga nya ttep normal aja walaupun ambil se dus.. :mky_04:
Wow.. Punya temen nih.. Hehe..
Biasa dimana ganti2 oli gitu? Di beres?
Aku rada paranoid sama oli palsu.. Haha
Turboman wrote:Kalo pake 5W30 Full synth warming up 20 detik aja (dari kondisi dingin)

Lalu jalan pelan2 dgn gigi rendah, AC nyala fan aja dulu....after jarum udah naek di atas C baru Komp AC idupin

Kalo parkir 3 - 4 jam mah idup lgs jalan ajah

5W30 Full Synth boleh coba Toyota punya (TMO), itu oke

Atau Motul 5W30 yg meet Ford WSS M912C
Thank you very much Om Turbo.. You are the master of the engine #twothumbsup

Helpful banget

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Eliteguard
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Apr 08, 2016 17:52

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Eliteguard »

mpvfreak wrote:
Eliteguard wrote:@mpvfreak, halo bro... sama2 dr medan neh.. :big_deal:

Btw dimedan susah ya nyari toko oli yg lengkap yg sekaligus ada jual oli bagus jg.. misal kyk delvac1 LE gt.. ada pun mesti indent sama pemilik tokonya.. sekali pesan harus angkut min 1dus pulak.. :big_think:
Uda gt harga nya ttep normal aja walaupun ambil se dus.. :mky_04:
Wow.. Punya temen nih.. Hehe..
Biasa dimana ganti2 oli gitu? Di beres?
Aku rada paranoid sama oli palsu.. Haha

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Ga di beres bro.. ga enak ganti oli di beres.. ga bole berdiri disamping mobil kita sndri.. tp ntah jg ya kalo beres merek lain memperbolehkan..kalo beres merek mobil saya ga bole..
Biasanya aku gnti di toko langganan aja..
indrari
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by indrari »

Om Turbo, 5W30 TMO itu bagus karena keunggulannya apa aja ya?
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by exflowly »

Nimbrung sedikit - TMO 5w30 itu konon isinya Fastron Gold 5w30. Mungkin bisa cari spec Fastron Gold 5w30 di google dgn keyword "fastron gold 5w30 acea"
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Sinclaire »

Permisi..

Mau tanya, ada yg tau toko Sentral Jaya Motor? Lokasinya di atrium senen

Ditawarin M1 0W-40 seliter 85000..kira2 asli gak yah ni oli?

Sama buat 2AZ-FE cocok kan yah oli ini?

Terima Kasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Sinclaire wrote:Permisi..

Mau tanya, ada yg tau toko Sentral Jaya Motor? Lokasinya di atrium senen

Ditawarin M1 0W-40 seliter 85000..kira2 asli gak yah ni oli?

Sama buat 2AZ-FE cocok kan yah oli ini?

Terima Kasih
M1 - 0W40 itu harga miring se miring2-nya biasanya di 110 - 130 rb / L

Mobil bensin NA mah jangan kasih 40 weight oil om, maksimal 30 weight........or kalo produksi 2011 - onwards kasih 0W20
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

indrari wrote:Om Turbo, 5W30 TMO itu bagus karena keunggulannya apa aja ya?
pernah test lab yg jalan 10.500 km / 10 bulan di 1TR-FE

oli dinyatakan masih layak pakai
* Bukan ajakan Beli *
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Sinclaire »

Turboman wrote:
Sinclaire wrote:Permisi..

Mau tanya, ada yg tau toko Sentral Jaya Motor? Lokasinya di atrium senen

Ditawarin M1 0W-40 seliter 85000..kira2 asli gak yah ni oli?

Sama buat 2AZ-FE cocok kan yah oli ini?

Terima Kasih
M1 - 0W40 itu harga miring se miring2-nya biasanya di 110 - 130 rb / L

Mobil bensin NA mah jangan kasih 40 weight oil om, maksimal 30 weight........or kalo produksi 2011 - onwards kasih 0W20
Oh oke.

Kalo gitu saya pakein SHU AB 5W-30 aja deh, saya nemu di tokopedia Rp 100k/L, apakah masih wajar?

Ada juga fastron gold 5W-30 Rp 95k/l

Mending mana yah um turbo?
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Standar oli Jepang

Post by dimasapri »

Pak Turbo,
Sebatas yg saya tahu, undang-undang perdagangan di benua eropa melarang pencantuman kata-kata synthetic di kemasan oli selain dari golongan 4 & 5.
Sedangkan di amerika serikat membolehkan untuk golongan 3, 4, & 5. CMIIW.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Aturan tersebut berlaku untuk semua produk yang dijual di eropa/as atau untuk semua produk dari brand eropa/as tidak peduli dimanapun dipasarkan olinya?
2. Bagaimana dengan aturan di Jepang dan Indonesia.
Yg disebut fully synthetic itu mulai dari golongan 3 atau 4 ya?

Soalnya penasaran dengan oli synthetic eropa yg diproduksi/dijual di asia seperti shell, castrol, liquimoly, q8, total, dll begitu juga dg oli2 buatan as seperti mobil 1, mobil super, pennzoil, redline, royal purple, amsoil, valvoline, kendall, dll apakah base oil nya mmg murni golongan 4 (PAO base) atau golongan 3 (Hydrocracked / VHVI base)?

Begitu juga dengan oli Jepang & Pertamina seperti Idemitsu, Eneos, FK Massimo, & Fastron Gold yang pede klaim fully synthetic.
Apakah base oil nya mmg murni golongan 4 (PAO base) atau golongan 3 (Hydrocracked / VHVI base)?

Terima kasih sebelumnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Benar di bbrp negara oli Grup 3 gak boleh disebut full synth

Makanya kayak FK Mass nulis Super mineral, padahal itu grup 3

Di Indo mah belom ada regulasi spt ini.......wong yg semi synth aja bisa pake istilah aneh2 spt synthetic force dll

:wkkk:
* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by dimasapri »

Turboman wrote:Benar di bbrp negara oli Grup 3 gak boleh disebut full synth

Makanya kayak FK Mass nulis Super mineral, padahal itu grup 3

Di Indo mah belom ada regulasi spt ini.......wong yg semi synth aja bisa pake istilah aneh2 spt synthetic force dll

:wkkk:
Jadi kesimpulannya, Eneos Sustina 5W30, Idemitsu Extreme Eco 5W30, & Fastron Gold 5W30 yang klaim fully synthetic itu oil base golongan 3 atau 4, Pak Turbo? :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote:Benar di bbrp negara oli Grup 3 gak boleh disebut full synth

Makanya kayak FK Mass nulis Super mineral, padahal itu grup 3

Di Indo mah belom ada regulasi spt ini.......wong yg semi synth aja bisa pake istilah aneh2 spt synthetic force dll

:wkkk:
Jadi kesimpulannya, Eneos Sustina 5W30, Idemitsu Extreme Eco 5W30, & Fastron Gold 5W30 yang klaim fully synthetic itu oil base golongan 3 atau 4, Pak Turbo? :mky_01:
Harus liat MSDS yah

Tapi biasanya yg harga 110 rb / under, yg high VI itu umumnya Group III

Gak masalah lah, makin ke sini group III juga makin bagus, teknik de waxing dlm pengolahan oli maju terus

Makin ke sini kinerja group III makin menyamai PAO

http://www.machinerylubrication.com/Rea ... oil-trends
* Bukan ajakan Beli *