Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Vietnam emang lagi2 bagusnya om turbo tahun2 ini....
Jangankan sektor industri motorny, wisata, dan kerjasama ekonominya terutama sama EU lebih kuat dari kita CMIWW....
sekarang makin banyak orang2 liburan ke negara satu ini, terutama sering liat org jpn cewek di sosmed...
btw, dulu vietnam ini tujuan ekspor besar grup atoyot ya?... pernah liat mobil opras polisinya pke innova
Boil berisik?.... Kencengin aja lagunya - My Honda Car's
setahun ssdh doi.moi (economic reform) kang guntje (gunaevy djajasasmita, prabu motors) tepatnya 1987 jadi foreign investor pertama di vietnam dgn saigon diamond motor (sadaco) ... jaman itu sampai 2010 bgt byk L300 karyalogam LHD dijual di sono ... mrk jualan di tiga propinsi n thn lalu jualan mitsy disono skitar 4,800 units multi lineup
hanoi traffic police bureau (hà nôi cành sát giao thông) 2015.03 trima dari JICA brupa 44 units camry hybrid u event 132nd inter parliamentary union summit ... gantikan nissan cedric y31 yang mulai busuk serta lada-1500 hybrid (kadang petrol kadang human-push powered) ... skrg ada 150 camry hybrid ... all russian spec LHD
Dengan data yang ada seperti ini, bisa juga terlihat gaya masyarakat membeli mobil ga sih? Maksudnya terlihat sifat konsumtifnya ga sih?
Artinya penggantian mobil yang terlalu sering gitu..selain dari segi ekonomi dan kebijakan" setiap negara..
Secara raw, penjualan mobil di indo termasuk paling banyak di asean, namun konsumen indonesia justru mendapat pilihan model yg lebih sedikit dibanding tetangganya
Di negara tetangga, orang bisa menikmati merk & model yg lebih beragam spt vauxhall dll, dan line up yg lebih beragam spt hyundai genesis dkk..
Apakah krn pajak / birokrasi yg rumit & rampok..atau krn sudah jiper bersaing dgn sang maha "T" yg merajai pasar kita...?
lha dikasih yang spek rendah harga mahal dan tiap tahun naik naik naik naik aja masih laris napa juga dikasih spek tinggi
lha masih mikir ass dan rv makanya produsennya kenakan
namanya juga jualan bukan dinas sosial
masyarakatnya juga seh yg terlalu...
lantas..
dah berani make brand antimainstream lha ATPM nya cabut
artinya..
hmm.. Vietnam? menarik juga. dulu waktu ke sana tahun 2013, di Ho Chi Minh City motor masih jadi raja jalanan. kalo Singapore nanjak karena siklus 10-tahunan COE kan? mobil2 tua discrap, jadi pada beli mobil baru.
soal dominasi merek tiga ellips, i suppose mereka uda menang waktu ya.. sudah bangun infrastruktur pendukung. Indo negara kepulauan, akses antar daerah masih menantang. kalo ada brand baru muncul, selain harus bergulat memasarkan produknya, harus siap invest juga untuk bangun network bengkel/aftersales. kecuali kalo cuma narget drivers yg keliling2 dalkot doang ya. mobil2 di Indo kan sering dipake buat 'bertualang', at least tiap Lebaran..
dan mayoritas pembeli mobil di Indo masih middle class yg mengutamakan kapasitas besar, harga murah, spare part gampang. soal safety dan modern features belakangan. ya ndak heran.. hahaha. yg beli Nissan dan Mazda ada aja kok sebenernya, cuma ya itu.. mereka bukan mayoritas.
Last edited by zeifel on Wed Apr 27, 2016 6:53, edited 1 time in total.
sy sering liat di skitar sini mobil mobil yg scandinavian spec tdk laku dibawa ke russian n ex soviet domestic markets
ada juga yg diangkut ke central european market (ex comecon states)
population di tempat sy tdk sampai empat ratus ribu orang ... bgt juga tiap scandinavian state tdk sampai setengah jawa
sy juga suka liat mobil mobil yg tdk laku di ostrali rerouted to nz ... spore n pacific states (fiji et.al.) ... sama spt yg tdk laku USDM bawa canada n mexico
mrk lepas dari sedikit / banyak unit terjual dibanding indo ... punya banyak pilihan lineups maupun trim level
knp bisa bgt?
krn brand holders tdk di beri beban u bayar import duty apalagi hrs jadi tax collector ... mrk cukup bikin / sediakan n sesuaikan dgn domestic market compliance
unlike indo yg jadikan barang dagangan itu ... immobilized
krn govt.behaviour yg mirip spt arabic human traffickers (yg biasa angkut asylumseekers ke EU dgn bayaran besar) ... apa apa maunya dibayar upfront (urusan tax collection)
... apa apa maunya final (urusan tax charging)
hanya autobrand dgn real domestic (bukan regional) industrial focus yg sanggup tombokin / bridging cara bgtu
selama blm laku ... mobil mobil itu sdh jadi wang mati. mau re exporting tdk qualified u tax restitution ... dijual @ discount pun import duty yg sdh 100% terbayar @ b/l stated value tdk reimbursable in part at real sale n purchase proportion
akibatnya u anticipate high risk of value loss ... tiap autobrand yg jualan (n or CKD) di indo ambil margin besar (u ukuran jualan di tempat normal) 30 - 45%
mrk hrs balapan juga dgn rupiah value yg longterm downhill
Secara raw, penjualan mobil di indo termasuk paling banyak di asean, namun konsumen indonesia justru mendapat pilihan model yg lebih sedikit dibanding tetangganya
Di negara tetangga, orang bisa menikmati merk & model yg lebih beragam spt vauxhall dll, dan line up yg lebih beragam spt hyundai genesis dkk..
Apakah krn pajak / birokrasi yg rumit & rampok..atau krn sudah jiper bersaing dgn sang maha "T" yg merajai pasar kita...?
kalo soal merk, jd inget india dmna maruti (sijuki) jd andalan. ampe maruti omni yg bentuknya begitu2 aja masi dijual dsna.
Haagendasz wrote:Ngomong2 klo di Vietnam atau India apakah fitur mobilnya juga sunatan kaya di Indo ?
Sent from my iPhone using Tapatalk
sama tapi itu krn purchasing power n market appetite factors
sy pernah naik taxi di hanoi ... kijang 2009 dg manual rotation window opening dan ... tanpa SC ... tapi ada heater ...sementara foglamp ada n rear defogger n rear wiper smua ada
di india u hotel shuttle ada kijang 2013 yg cuma two row seatings ...single blower AC ... manual window opening ... ada rear defogger n wiper ... roda roda itu steel without plastic full cap ... non color coded bumper set (itam saja ... mobil putih)