Review mobil Daihatsu Copen
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Feb 10, 2016 14:30
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Om @yudhisuwandono : Untuk spare part dijamin oleh Astra Daihatsu motor. Karena copen ini kan dirilis resmi oleh mereka.
Om @jar-jit-no : Ane coba yang matic Om. Yang matic sekarang ini memang diperuntukan buat internal saja dikarenakan , menurut analisa mereka. UDara di indonesia lebih polutif dibanding dijepang. Jadi agak ragu. Tapi nanti coba saya tanya lagi ya. Mengenai lampu depannya , saya kurang ngerti proses desainnya..
om @marzoochi : Iya seru om.. mengenai matic, jawabannya SDA ya OM
om @iTyre : Mungkin yang om lihat Gen 1 ya. Itu agak membulet. Dulu untuk copen gen 1 yang dirilis di eropa ada juga yang 1300 cc. Kalo yang gen 2 ini cuma ada yang versi 660 cc + turbocharger.
Kalo standar bahan bakar itu Pertamax. Tapi ga apa-apa kan irit.. Lebih irit dari city car.. Nanti Coba saya tanya lagi ya..
om @brintanizer : he he buset dah.. ibu-ibu mak mereka mainnya keroyokan sih.. jadi ga berdaya kita. Mengenai postur, tenang aja om.. bos saya tinggi 178 berat 90.. fine-fine aja..
om @amfibi : Kayaknya om ngerti banget konsep di keluarkan Daihatsu copen ini.. bener Om.. Selama ini image sportcar itu, selain tidak ramah kantong waktu dibeli, juga tidak ramah buat biaya operasionalnya (apalagi macet). Jadi kalo mao dipakai daily, tidak realistis, bisa bikin jebol kantong. Nah copen ini - menurut saya ya - mempunyai konsep your daily sportcar atau everyday sportcar. Jadi yang make copen ini, setiap harinya, bisa menjadi pusat perhatian dengan hanya mengeluarkan biaya operasional seperti citycar. awesome kan.. cocok buat yang mao bergaya tapi sedikit sensitip dengan pengeluaran :->
Om @Andrian : Iya om GC cukup rendah. Tapi kalo poldur dan lubangnya ga keterlaluan. Masih OK kok Om.. Om liat poto yang diatas deh, itu lubang kabeh... Mengenai spare Part aman.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Om @jar-jit-no : Ane coba yang matic Om. Yang matic sekarang ini memang diperuntukan buat internal saja dikarenakan , menurut analisa mereka. UDara di indonesia lebih polutif dibanding dijepang. Jadi agak ragu. Tapi nanti coba saya tanya lagi ya. Mengenai lampu depannya , saya kurang ngerti proses desainnya..
om @marzoochi : Iya seru om.. mengenai matic, jawabannya SDA ya OM
om @iTyre : Mungkin yang om lihat Gen 1 ya. Itu agak membulet. Dulu untuk copen gen 1 yang dirilis di eropa ada juga yang 1300 cc. Kalo yang gen 2 ini cuma ada yang versi 660 cc + turbocharger.
Kalo standar bahan bakar itu Pertamax. Tapi ga apa-apa kan irit.. Lebih irit dari city car.. Nanti Coba saya tanya lagi ya..
om @brintanizer : he he buset dah.. ibu-ibu mak mereka mainnya keroyokan sih.. jadi ga berdaya kita. Mengenai postur, tenang aja om.. bos saya tinggi 178 berat 90.. fine-fine aja..
om @amfibi : Kayaknya om ngerti banget konsep di keluarkan Daihatsu copen ini.. bener Om.. Selama ini image sportcar itu, selain tidak ramah kantong waktu dibeli, juga tidak ramah buat biaya operasionalnya (apalagi macet). Jadi kalo mao dipakai daily, tidak realistis, bisa bikin jebol kantong. Nah copen ini - menurut saya ya - mempunyai konsep your daily sportcar atau everyday sportcar. Jadi yang make copen ini, setiap harinya, bisa menjadi pusat perhatian dengan hanya mengeluarkan biaya operasional seperti citycar. awesome kan.. cocok buat yang mao bergaya tapi sedikit sensitip dengan pengeluaran :->
Om @Andrian : Iya om GC cukup rendah. Tapi kalo poldur dan lubangnya ga keterlaluan. Masih OK kok Om.. Om liat poto yang diatas deh, itu lubang kabeh... Mengenai spare Part aman.
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review mobil Daihatsu Copen
@om bhayangkara :
Hehehe kebetulan aja om seneng sama jepang punya konsep kei - car gini2, yang menurut ane konsepnya keren2 karna mereka bisa bikin mobil dengan spesifikasi yg dilimit super unyu gitu tapi bisa jadi :
-Citycar (tentu saja)

-MPV (ane pernah naik daihatsu tanto, luasnya amit2 bener2 luas pake banget)


-Pikap (kalo di indo dulu ada suzuki carry truntung yg 2 tak)

-Dumptruck lho

-Van

-Sportcar yang setelah ane baca reviewnya d topgear bener2 like a Type-R honda series

-Jeep


Dan walaupun semuanya mini2 tapi bukan berarti fungsinya jg cuma separoh2, semuanya bekerja layaknya mobil berjenis sama yg seukuran fullsize. MPV nya luas banget, Sportcar nya fun to drive banget, Trucks nya reliable banget, Citycar nya irit banget, Jeep nya bener2 bisa nyemplung2, mantab lah pokoknya
Hehehe kebetulan aja om seneng sama jepang punya konsep kei - car gini2, yang menurut ane konsepnya keren2 karna mereka bisa bikin mobil dengan spesifikasi yg dilimit super unyu gitu tapi bisa jadi :
-Citycar (tentu saja)

-MPV (ane pernah naik daihatsu tanto, luasnya amit2 bener2 luas pake banget)


-Pikap (kalo di indo dulu ada suzuki carry truntung yg 2 tak)


-Dumptruck lho


-Van

-Sportcar yang setelah ane baca reviewnya d topgear bener2 like a Type-R honda series

-Jeep



Dan walaupun semuanya mini2 tapi bukan berarti fungsinya jg cuma separoh2, semuanya bekerja layaknya mobil berjenis sama yg seukuran fullsize. MPV nya luas banget, Sportcar nya fun to drive banget, Trucks nya reliable banget, Citycar nya irit banget, Jeep nya bener2 bisa nyemplung2, mantab lah pokoknya

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Feb 10, 2016 14:30
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Setuju Om Andrian. Mereka mengedepankan kei car. Karena mereka menyadari punya space terbatas sementara mobilitas tinggi. Jadi jalanan juga dibuat kecil-kecil banget. Semua di desain berdasarkan konsep itu. Tidak hanya mobil. Rumah dibuat mini serbaguna, warung nasi, tempat karaoke, bar. Termasuk di Pabrik juga menggunakan mesin yang mini..
Nah kebetulan Untuk yang Tanto, bos saya juga punya tuh.. cuman saya belum pernah naik.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Nah kebetulan Untuk yang Tanto, bos saya juga punya tuh.. cuman saya belum pernah naik.
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Review mobil Daihatsu Copen
jadi penne studi banding ke jepang yg .. pengen liat yang mini minibhayangkara wrote:Setuju Om Andrian. Mereka mengedepankan kei car. Karena mereka menyadari punya space terbatas sementara mobilitas tinggi. Jadi jalanan juga dibuat kecil-kecil banget. Semua di desain berdasarkan konsep itu. Tidak hanya mobil. Rumah dibuat mini serbaguna, warung nasi, tempat karaoke, bar. Termasuk di Pabrik juga menggunakan mesin yang mini..
Nah kebetulan Untuk yang Tanto, bos saya juga punya tuh.. cuman saya belum pernah naik.
Sent from my iPhone using Tapatalk

- apple, banana, & grape -
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Feb 10, 2016 14:30
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Kalo om @brintanizer suka yang mini-mini. sudah tepat pilihan om. Usahakan datangnya pas musim panas ya Om.. lebih open lagi soalnya :->
Saya empat bulan disana bener-bener kerasan Om. Lingkungannya asik banget dan ngangenin.. orangnya ramah-ramah.
Jadi misalnya ngomong dengan orang jepang satu patah, dua patah kata bahasa Jepang. Mereka pasti respect banget dengan tingkat antusiasme tinggi. Pokoknya nyaman deh.
Lingkungannya bersih, saya waktu kesana belum nemuin sungai yang kotor, kebanyakan malah bening sampe kita bisa ngeliat dasarnya.. Dan mereka suka sama orang Indonesia. Dah pesen tiket om.. Pasti ga mao pulang :->
Sent from my iPhone using Tapatalk
Saya empat bulan disana bener-bener kerasan Om. Lingkungannya asik banget dan ngangenin.. orangnya ramah-ramah.
Jadi misalnya ngomong dengan orang jepang satu patah, dua patah kata bahasa Jepang. Mereka pasti respect banget dengan tingkat antusiasme tinggi. Pokoknya nyaman deh.
Lingkungannya bersih, saya waktu kesana belum nemuin sungai yang kotor, kebanyakan malah bening sampe kita bisa ngeliat dasarnya.. Dan mereka suka sama orang Indonesia. Dah pesen tiket om.. Pasti ga mao pulang :->
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Nice review! Saya sebetulnya sangat penasaran sama mobil yang satu ini karena hanya pernah lihat.. Satu2 nya keicar yg pernah saya coba ya Tanto itupun 2th lalu waktu main ke japon.. Banyak yang bilang suspensi mobil ini cukup keras mungkin kompensasi bodynya yg cukup ringan.. Btw, lucunya mobil ini di pintu bensin nya tertulis 95, artinya RO95 ya.. Menarik
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Kei car kl masuk jadi mahal, emang aslinya mahal (karena riset dll) atau hanya karena CBU? Bukannya CX5 jg CBU ya? So, kira2 harganya harusnya gak ngelewatin Mazda2 khan ya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Feb 10, 2016 14:30
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Om @nyoman : Bener om.. suspensi nya emang keras. Udah saya coba itu. kalo analisa saya, roadster memang tidak boleh terlalu empuk karena kalo buat manuver-manuver bisa kayak naik perahu.. tapi ntar saya tanya ya.... Dan untuk bahan bakar, disarankan pake pertamax.. Mungkin kalo pake premium pengaruh ke performance om.. Mesin cc nya udah kecil, kalo pake premium jadi makin turun performance nya.
om @flamboyan.. Harganya kalo dari jepang 22.000 USD. Karena ini di impor utuh dari Jepang. Jadinya pajaknya mahal. Kalo mao dirakit di Indonesia, bos-bos belum yakin dengan prospek penjualannya. Untuk CX5, kalo saya liat price nya masih lebih tinggi om. Tapi mungkin ga bisa di compare ya, karena beda jenis. Untuk Mazda roadster MX5, kalo saya liat di internet harganya $28.000 , tapi kayaknya belum dikeluarkan resmi oleh PT Mazda Indonesia (Saya liat di webnya belum ada). Bisa juga dibandingin yaitu daihatsu copen dengan Honda S660 , dia juga impor utuh, Cuman harganya 800 juta, dua kali lipat copen.
om @flamboyan.. Harganya kalo dari jepang 22.000 USD. Karena ini di impor utuh dari Jepang. Jadinya pajaknya mahal. Kalo mao dirakit di Indonesia, bos-bos belum yakin dengan prospek penjualannya. Untuk CX5, kalo saya liat price nya masih lebih tinggi om. Tapi mungkin ga bisa di compare ya, karena beda jenis. Untuk Mazda roadster MX5, kalo saya liat di internet harganya $28.000 , tapi kayaknya belum dikeluarkan resmi oleh PT Mazda Indonesia (Saya liat di webnya belum ada). Bisa juga dibandingin yaitu daihatsu copen dengan Honda S660 , dia juga impor utuh, Cuman harganya 800 juta, dua kali lipat copen.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Feb 10, 2016 14:30
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Tanya Jawab dengan PIC Daihatsu Copen
Question 1
Untuk fitur eco idle. Kalo sekiranya kena macet padat sehingga start stop start stop mulu. Apa fitur ini tidak membuat aki menjadi cepet soak Pa ? Berapa kali start- stop maximal, supaya aki tetap awet.
Jawab :
Mengenai Teknologi Eco Idle pada Daihatsu Copen, pada prinsipnya Eco Idle atau Idle stop system, bekerjanya berbeda dengan start stop pada engine konvensional. Pada Eco Idle, saat mesin berhenti dan menyala kembali setelah berhenti sejenak dikarenakan macet, energy yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin tersebut tidak sebesar saat melakukan stater pertama kali. FYI umur aki di mobil yang berteknologi Eco Idle, sama dengan umur pada penggunaan aki di mobil konvensional. Teknologi eco idle di Copen memang ada life limitnya, namun semuanya sudah di kontrol oleh ECU CVT yang ada. Di Copen terdapat sensor yang mengontrol life limit starter dan life limit battery. Untuk life limit starter kurang lebih bisa sampai 274.000 kali, sedangkan untuk life limit battery, tergantung dengan penggunaan voltage selama berkendara. Namun ga usah kuatir sebab semua sensor tersebut dapat memberikan informasi kepada penggunanya melalui indicator yang ada di dashboard (indicator CVT dan indicator ECU) untuk mengantisipasi hal tersebut. Dan untuk pengecekannya dilakukan dengan alat diagnosis pada ECUnya.
Question 2
Kalo seandanya copen pakai BBM Premium. Efek sampingnya apakah membahayakan bagi mesin, atau Cuma turun performancenya aja Pa?
Jawab:
Pemakaian Premium memang sangat tidak disarankan, hal ini terkait dengan technology yang ada pada mesinnya, dan bukan hanya performa saja yang turun, namun juga efisiensi BBM dan komponen lain di ruang mesin
Question 3
Untuk yang versi matic cvt, kan dijualnya hanya untuk kalangan terbatas , ini maksudnya orang ADM aja atau bagaimana Pa? Terus kenapa seperti itu. Apakah ini berkaitan dengan kondisi udara Indonesia yang kurang kondusif, seperti dibahas reviewer di youtube, atau kenapa tuh Pa
Jawab:
Versi CVT memang dijual terbatas untuk kalangan Astra dan atau rekomendasi dari top manajemen ADM/Astra, Copen CVT ini dibatasi karena adanya regulasi ADM & DMC terhadap aftersales service CVT di Indonesia dan juga terkait dengan kondisi Iklim.
Question 4
Untuk harga kei car kan mahal ya Pa. Padahal setau saya di Jepangnya Cuma sekitar Rp 200.000.000, Itu karena factor apa ya Pa?
Jawab:
Pastinya faktor harga di Jepangnya (CBU), pajak, transportasi dan ijinnya.
Question 5
Mengenai desain body, lampu depan belakang. Itu sejarahnya gimana ya Pa? Apakah terinspirasi dari sesuatu atau apa tuh Pa?
Jawab:
Desain Copen murni dari Jepang, namun memang dengan konsep Fun Styling, body dengan konsep convertible roof (sport coupe), body dengan technology D Frame, berbahan resin (kokoh dan ringan), lampu depan dan belakang menggunakan LED sehingga lebih stylish.
Question 6
Untuk copen versi 2 ini. Ada edisi yang CC nya lebih besar dari 660 ga Pa?
Jawab:
Tidak ada selain 660cc dengan Turbo Intercooler..
Demikian tanya jawab saya dengan PIC Daihatsu Copen nya.
Salah satu yang gaya dari daihatsu copen ini, adalah open close atap nya (hard / soft top opening). Futuristic.
Berikut saya kompilasikan hard / soft top opening dari 11 roadster terkenal dari youtube
Question 1
Untuk fitur eco idle. Kalo sekiranya kena macet padat sehingga start stop start stop mulu. Apa fitur ini tidak membuat aki menjadi cepet soak Pa ? Berapa kali start- stop maximal, supaya aki tetap awet.
Jawab :
Mengenai Teknologi Eco Idle pada Daihatsu Copen, pada prinsipnya Eco Idle atau Idle stop system, bekerjanya berbeda dengan start stop pada engine konvensional. Pada Eco Idle, saat mesin berhenti dan menyala kembali setelah berhenti sejenak dikarenakan macet, energy yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin tersebut tidak sebesar saat melakukan stater pertama kali. FYI umur aki di mobil yang berteknologi Eco Idle, sama dengan umur pada penggunaan aki di mobil konvensional. Teknologi eco idle di Copen memang ada life limitnya, namun semuanya sudah di kontrol oleh ECU CVT yang ada. Di Copen terdapat sensor yang mengontrol life limit starter dan life limit battery. Untuk life limit starter kurang lebih bisa sampai 274.000 kali, sedangkan untuk life limit battery, tergantung dengan penggunaan voltage selama berkendara. Namun ga usah kuatir sebab semua sensor tersebut dapat memberikan informasi kepada penggunanya melalui indicator yang ada di dashboard (indicator CVT dan indicator ECU) untuk mengantisipasi hal tersebut. Dan untuk pengecekannya dilakukan dengan alat diagnosis pada ECUnya.
Question 2
Kalo seandanya copen pakai BBM Premium. Efek sampingnya apakah membahayakan bagi mesin, atau Cuma turun performancenya aja Pa?
Jawab:
Pemakaian Premium memang sangat tidak disarankan, hal ini terkait dengan technology yang ada pada mesinnya, dan bukan hanya performa saja yang turun, namun juga efisiensi BBM dan komponen lain di ruang mesin
Question 3
Untuk yang versi matic cvt, kan dijualnya hanya untuk kalangan terbatas , ini maksudnya orang ADM aja atau bagaimana Pa? Terus kenapa seperti itu. Apakah ini berkaitan dengan kondisi udara Indonesia yang kurang kondusif, seperti dibahas reviewer di youtube, atau kenapa tuh Pa
Jawab:
Versi CVT memang dijual terbatas untuk kalangan Astra dan atau rekomendasi dari top manajemen ADM/Astra, Copen CVT ini dibatasi karena adanya regulasi ADM & DMC terhadap aftersales service CVT di Indonesia dan juga terkait dengan kondisi Iklim.
Question 4
Untuk harga kei car kan mahal ya Pa. Padahal setau saya di Jepangnya Cuma sekitar Rp 200.000.000, Itu karena factor apa ya Pa?
Jawab:
Pastinya faktor harga di Jepangnya (CBU), pajak, transportasi dan ijinnya.
Question 5
Mengenai desain body, lampu depan belakang. Itu sejarahnya gimana ya Pa? Apakah terinspirasi dari sesuatu atau apa tuh Pa?
Jawab:
Desain Copen murni dari Jepang, namun memang dengan konsep Fun Styling, body dengan konsep convertible roof (sport coupe), body dengan technology D Frame, berbahan resin (kokoh dan ringan), lampu depan dan belakang menggunakan LED sehingga lebih stylish.
Question 6
Untuk copen versi 2 ini. Ada edisi yang CC nya lebih besar dari 660 ga Pa?
Jawab:
Tidak ada selain 660cc dengan Turbo Intercooler..
Demikian tanya jawab saya dengan PIC Daihatsu Copen nya.
Salah satu yang gaya dari daihatsu copen ini, adalah open close atap nya (hard / soft top opening). Futuristic.
Berikut saya kompilasikan hard / soft top opening dari 11 roadster terkenal dari youtube
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Tue Dec 31, 2013 13:57
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Sepertinya krn faktor pajak dan margin atpmflamboyan wrote:Kei car kl masuk jadi mahal, emang aslinya mahal (karena riset dll) atau hanya karena CBU? Bukannya CX5 jg CBU ya? So, kira2 harganya harusnya gak ngelewatin Mazda2 khan ya
Aneh banget mobil eco friendly kayak prius,crz, camry hybrid kok malah dimahalin.
Heran juga harga camry hybrid bisa mepet f30 320i

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Feb 10, 2016 14:30
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Selain pajak dan margin. Juga masalah teknologi Gan. Mobil hybrid kan menggunakan dual teknologi, Engine konvensional dan elektrik. Jadi jauh lebih rumit dan menuntut skill manufactur yang tinggi. kalo dibandingin dengan mobil konvensional, kondisi sekarang, masih lebih tinggi. Jadi kalo mao dibandingin, ya dengan mobil yang sama-sama hybrid gan. Misalnya BMW i8 gan, harganya jauh.isucknewton wrote:Sepertinya krn faktor pajak dan margin atpmflamboyan wrote:Kei car kl masuk jadi mahal, emang aslinya mahal (karena riset dll) atau hanya karena CBU? Bukannya CX5 jg CBU ya? So, kira2 harganya harusnya gak ngelewatin Mazda2 khan ya
Aneh banget mobil eco friendly kayak prius,crz, camry hybrid kok malah dimahalin.
Heran juga harga camry hybrid bisa mepet f30 320i
Tapi kedepannya pasaran hybrid akan meningkat, karena permintaan banyak, nah nanti biaya produksinya menjadi lebih murah gan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Feb 10, 2016 14:30
Re: Review mobil Daihatsu Copen
he he.. maonya sih gitu om... tapi apa daya belum mampu ... Itu mobil punya marketing Daihatsu Om... Kita cuma disuruh muter-muter agak jauhibar78 wrote:enaknya review mobil......sendiri....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Fri Oct 23, 2015 11:16
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Ini klo masuk+dirakit di ina bakalan ada yg bilang "600cc gak kuat nanjak nih" 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Feb 10, 2016 14:30
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Iya om @uyhawkilabid .. masih banyak masyarakat kita yang percaya dengan mitos harus mesin harus cc besar buat nanjak. Padahal ga harus cc besar kalo cuma buat nanjak. Mesin 660 cc + turbo, punya tenaga 64 PS dan torque 9.4 Kg.m , sudah lebih dari cukup kalo untuk tanjakan. Sebagai gambaran aja dulu ane 8 tahun pake Daihatsu Ceria (pernah liat mobil kecil ini kan), dibawa ke tanjakan puncak fine-fine aja tuh, padahal cc nya cuma 850cc (tenaga cuma 37PS, torque cuma 6.4 Kg.m). Dan kalo bro perhatikan, mesin-mesin sekarang udah canggih-canggih, cc kecil tenaga gede. Lihat aja perbandingan daihatsu ceria dan copen tadi.. see.uyhawkilabid wrote:Ini klo masuk+dirakit di ina bakalan ada yg bilang "600cc gak kuat nanjak nih"
Nah Kalo di era awal otomotif dulu, mesinnya cc nya gede-gede.. 5000 cc - 7000 cc sih biasa, cuman tenaganya cupu.. itu karena teknologi manufactur jaman dulu, belum bisa bikin mesin yang effisien plus ditambah lagi harga bensin yang murah meriah. Jadi kalo orang dulu mah prinsipnya ngapain juga mikirin ngecilin cc, wong cc gede ga ada masalah ko. Tapi sekarang jaman udah berbeda.. sensitip pengeluaran..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Fri Oct 23, 2015 11:16
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Iya rmang begitu masyarakat ina om....bhayangkara wrote:Iya om @uyhawkilabid .. masih banyak masyarakat kita yang percaya dengan mitos harus mesin harus cc besar buat nanjak. Padahal ga harus cc besar kalo cuma buat nanjak. Mesin 660 cc + turbo, punya tenaga 64 PS dan torque 9.4 Kg.m , sudah lebih dari cukup kalo untuk tanjakan. Sebagai gambaran aja dulu ane 8 tahun pake Daihatsu Ceria (pernah liat mobil kecil ini kan), dibawa ke tanjakan puncak fine-fine aja tuh, padahal cc nya cuma 850cc (tenaga cuma 37PS, torque cuma 6.4 Kg.m). Dan kalo bro perhatikan, mesin-mesin sekarang udah canggih-canggih, cc kecil tenaga gede. Lihat aja perbandingan daihatsu ceria dan copen tadi.. see.uyhawkilabid wrote:Ini klo masuk+dirakit di ina bakalan ada yg bilang "600cc gak kuat nanjak nih"
Nah Kalo di era awal otomotif dulu, mesinnya cc nya gede-gede.. 5000 cc - 7000 cc sih biasa, cuman tenaganya cupu.. itu karena teknologi manufactur jaman dulu, belum bisa bikin mesin yang effisien plus ditambah lagi harga bensin yang murah meriah. Jadi kalo orang dulu mah prinsipnya ngapain juga mikirin ngecilin cc, wong cc gede ga ada masalah ko. Tapi sekarang jaman udah berbeda.. sensitip pengeluaran..
Kalo ceria real ina kei car tuh....kei car pertama yg masuk ina karena mumun yg masuk ina bukan mumun tipe kei car
Sayang harganya mahal ya...padahal ini mobil kayanya enak banget buat kommuter rmh-kantor kalo ada varian maticnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Mesin 7000cc gw kagak cupu loh outputnya ...
Last edited by POS VETT on Fri Apr 29, 2016 12:38, edited 1 time in total.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Genset kali om 70.000POS VETT wrote:Mesin 70000cc gw kagak cupu loh outputnya ...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Kelupaan nambah titik ...
Udah diedit.
Udah diedit.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Feb 10, 2016 14:30
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Mesin 7000cc ga cupu ko om POS VETT, itu cuma ane dramatisir ajaPOS VETT wrote:Mesin 7000cc gw kagak cupu loh outputnya ...

Wah om POS VETT punya tunggangan 7000 cc.. wah keren tuh om..

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Sayangnya versi CVT gak bisa di beli, khusus internal si "D"
Padahal mobil sekecil itu enakan CVT
Sent from my D5322 using Tapatalk
Padahal mobil sekecil itu enakan CVT
Sent from my D5322 using Tapatalk
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Feb 10, 2016 14:30
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Iya ya bro alamsandiwijaya. Tapi kalo emang tertarik. Saya bisa coba diskusikan dengan ADM nya..
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19
Re: Review mobil Daihatsu Copen
@bhayangkara Apakah masih dijual ADM untuk copen ini?
Jika sudah engga, apakah bisa order by request?
Jika sudah engga, apakah bisa order by request?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Feb 10, 2016 14:30
Re: Review mobil Daihatsu Copen
Info Dari salesnya. Kemungkinan bisa diusahakan oleh head Office nya ADM. Dan diperlukan tanda jadi 50% dari harga mobil.
Kalo Om berminat. Saya bisa kasih nomor salesnya . Biar langsung kontak kontakan
Kalo Om berminat. Saya bisa kasih nomor salesnya . Biar langsung kontak kontakan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19
Re: Review mobil Daihatsu Copen
@bhayangkara boleh om share nomor sales-nya. Thanks.
Kira-kira di kisaran harga berapa ya untuk barunya saat ini?
4 tahun lalu saja sudah menyentuh 430-an untuk CVT.
Kira-kira di kisaran harga berapa ya untuk barunya saat ini?
4 tahun lalu saja sudah menyentuh 430-an untuk CVT.