Mao coba-coba nge review daihatsu copen nih si sportcar for everyday use. Mohon maaf kalo tidak bagus ya.
Kebetulan tanggal 9 april lalu ikut convoy copen ke dusun bambu. Pake 6 copen plus 1 terios


Mungkin ada yang belum tau mengenai copen. Sekilas saya infoin sejarahnya ya.
Generasi pertama (2002-2012)

Copen di desain Daihatsu untuk memenuhi persyaratan kei car di jepang. Dengan mesin 660cc Turbo charger dan dimensi kompak (Panjang 3,3 m. Nama copen sendiri kependekan dari "Compact" dan "Open" disingkat jadi "copen". Untuk masuk pasar eropa, copen juga mengirimkan yang versi 1300 cc untuk tenaga lebih besar. Disana cukup bagus juga penjualannya. Tapi tahun 2011 Copen mundur dari eropa dikarenakn nilai tukar yen yang semakin menguat, menjadikan barang Jepang tidak kompetitip.
Generasi kedua (2014-Sekarang)
Daihatsu memutuskan memproduksi kembali dengan konsep yang di perbaharui.
Copen telah dibenahi menjadi lebih bersudut dari pendahulunya dengan struktur sasis monocoque baru yang disebut D-Frame. Struktur ini memungkinkan pemilik untuk memilih desain interior dan eksterior mobil sesuai dengan preferensi mereka. Bodi mobil terbuat dari 13 komponen resin terpisah, 11 diantaranya bisa dipertukarkan untuk memodifikasi desain dan warna. Copen juga dilengkapi dengan sistem suspensi baru, 660cc turbo mesin tiga silinder baru dengan DVVT, sound yang bagus dan bobot lebih ringan (cuma 840 Kg)... selengkapnya di wikipedia aja ya..
Harga OTR di sini 421 juta manual dan 431 juta matik (bisa berubah jika kurs berubah). Harga asli di Jepang sana sekitar 200 juta. Cuman karena di Indonesia tidak ada insentif buat kei car, jadilah harganya menembus 400 juta. Sebagai gambaran Honda S660 yang merupakan kompetitor langsung dibandrol 800 juta di Indonesia. So Masih terjangkau dibanding sport car yang lain.
Exterior
Manis Bro.. Sampe sekarang masih keingetan. dibanding dengan copen generasi pertama. bentuknya masih membulat. Hanya saja sekarang otot-ototnya udah pada mulai keluar. Jadi makin keker gitu . Seperti yang diterangkan diatas body nya semuanya dari resin, kecuali pintu nya dari baja lembaran dan ini, untuk convertible roof nya dari Alumunium. Pemilihan body dari resin ini bertujuan untuk bisa di gonta-ganti seperti casing HP,

jadi beli 1 mobil serasa beli banyak. Hal ini dimungkinkan dengan tknologi D-frame yang dikembangkan Daihatsu , untuk easy ganti body.
lampunya udah led. yang bagian depan membentuk kaya taring.. lampu belakang juga lebih mirip taring juga.
Nah untuk belakang sudah di sertakan dual mufler, jadi menambah kesan sport car.... Dan suaranya itu lho nge bas tapi lembut... mantep dah..
atapnya electric convertible roof. yang dioperasikan cukup dengan 1 tombol dibagian tengah.. Waktu yang dibutuhkan untuk buka dan tutup sama aja 20 detik. Proses buka tutup, harus dalam kondisi persneling di P ya. Jadi ga bisa kaya di film - film, yang bisa buka atap sambil jalan.
Keren banget deh... jadi kepengen :->
Interior
interiornya mewah..Dashboard menggunakan material plastik yang berkualitas..two tone dan setir kulit. Untuk speedometernya banyak indikatornya, ribet ah.. untuk MID juga keren. Nah disini nih, banyak penempatan tombol-tombol yang tidak biasanya. mungkin untuk menghemat tempat. untuk tombol window, ditaruhnya bukan di pintu, tapi ditengah. Tombol buka bagasi belakang, juga ada ditengah , setelah sebelumnya buka tutupnya dulu.
Stir ada tombol audio nya, dan diatas setir ada mikropon khusus, segede kelingking, untuk nelpon dengan blutut. Audio touch screen 7 inc. Pakai key free sistem. Temen-temen pasti udah tau lah ya. kalo saya baru pertama kali nih cobain key free system, enak juga ya, ga pegel he he,


Driving Experience
Ane tingginya 170 cm berat 88 Kg.. Ngeliat copen kayak kecil banget, kayak mobil maenan gitu. Buka pintu, masuk ke dalem aga susah ya. soalnya pendek banget.
pencet engine start.. dreem. langsung sunyi. muter-muter di pabrik bentar. Eh banyak yang pengen poto-poto..
gas enteng.. Turbonya udah jalan . Displaynya MID nya cukup lengkap..Ada gambar daun segala, yang kalo gaya bawa mobil kita agak liar, dia kedip-kedip.. Karena pake turbo, mesin 660 cc nya jadi responsip banget. fuel consumption belum sempet di test dengan metode tangki penuh ke penuh. Tapi dari MID nya terbaca 1:13.2 . Kurang irit menurut standard saya he he.. Mungkin pengaruh turbo kali.
Ada fasilitas eco idle nya. Jadi ketika macet, kita ngerem sampe berhenti - itungan saya 1 detik - mesin nya otomatis mati. Pas kaki diangkat, mesinnya Idup lagi. Tujuannya untuk tambah irit. Eco idle ini juga bisa dimatikan jika tidak ingin dipakai. Timbul pertanyaan disaya (Kalo masuk jakarta yang macetnya minta ampun. Start-stop start stop nya bisa berapa kali ya, sebelum aki nya tekor??).
Untuk manuver-manuver enak banget. Misalnya pas convoy kemarin, ketika kita berpindah dari jalur macet ke jalur kanan. Terios yang ada di depan langsung ambil posisi nutup jalur kanan, ngasih jalan 6 copen ke kanan.. Copen satu persatu melesat masuk ke jalur kanan, mirip film fast & furious lho... Cuman ga ada yang milemin ajah.. :->.
Karena pengen ngejar sebelum dzhuhur sampe dusun bambu. Pimpinan convoy milih jalur "off road". Ya udah sekalian disiksa aja nih copen. dan dibuka atapnya sambil nikmatin sawah dan keramahan warga sekitar.. beberapa kali mentok (setiap mentok kita sedih, takut di cek bawahnya sama marketing :-).







Pas sampe di dusun bambu.. mobil sengaja di panteng disana, banyak banget yang ngeliatin , senyum-senyum gitu. Pas balik dari dusun bambu. Copennya udah dipake poto-poto, sama ibu-ibu tur dari mana gitu.. Emang tujuan kita promosi. Langsung aja, kita bukain, kita minta mereka nyoba berbagai gaya :-> .



Pulang dari dusun bambu, lampu dinyalain keren. lampu belakang, mirip taring Diego (macan di film ice age), lampu depan mirip taring kobra.. keren dah..


Menurut saya. Nih mobil cocok untuk yang ingin jadi pusat perhatian dijalan. Selain itu, mobil ini bisa dijadiin daily sport car, irit banget. Dan ITungan saya, 10 - 15 tahun kedepan nih copen masih jarang dan masih tetep jadi pusat perhatian dan bisa jadi iconik. Cocok banget buat kolektor, Otomatis harga dipasaran tetap tinggi. Sebagai gambaran aja , yang versi 1 tahun 2003, harganya masih sekitar 250juta an.
Kelebihan
1. bentuk manis, iconik, imut
2. Irit namun cukup cepat
3. Electric convertible roof
4. kompak, lincah
kekurangan
1. Cukup Mahal
Segitu aja dulu reviewnya. Mohon maaf kalo reviewnya kurang bagus. Next time will be better..