Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
saya setuju dengan pak jeremyray. plus mau nambahin, penyebab macet juga krn aturan lalu lintas ga jelas n ga diterapkan dengan disiplin. contohnya, jalur2 di jalanan ga jelas, dari satu badan jalan ketika belok ke badan jalan lain, banyak yg menyempit dan tidak jelas jalurnya. akibatnya jadi macet. budaya di sini kalo belok itu, selalu memakan jalur yg di dalam. entah kenapa. maunya singkat... padahal seharusnya yg jalur luar, mengikuti jalurnya saja.
lalu di perempatan, seharusnya tidak boleh ada mobil yg masih berhenti di tengah2 jalan. dll deh..banyak.
lalu soal transportasi umum. jakarta sdh bagus ada busway. tp itu kopaja, mikrolet dan metromini, patas koq masih ada ya..di jalur yg sama. alasannya itu feeder. kalo feeder, kenapa di sepanjang jl sudirman? mustinya feeder itu hanya sampai titik stasiun busway.
juga masalah disini, yg namanya pembangunan yg berkualitas dan pemeliharaan itu sangat payah. membangun dengan bagus selalu sukses pd awalnya. tp ga lama kemudian sdh hancur. sudah hitu, prasarana tidak dipelihara dengan baik oleh yg berwenang..jadinya kusam, jelek, debu, kotor, dll.
lalu di perempatan, seharusnya tidak boleh ada mobil yg masih berhenti di tengah2 jalan. dll deh..banyak.
lalu soal transportasi umum. jakarta sdh bagus ada busway. tp itu kopaja, mikrolet dan metromini, patas koq masih ada ya..di jalur yg sama. alasannya itu feeder. kalo feeder, kenapa di sepanjang jl sudirman? mustinya feeder itu hanya sampai titik stasiun busway.
juga masalah disini, yg namanya pembangunan yg berkualitas dan pemeliharaan itu sangat payah. membangun dengan bagus selalu sukses pd awalnya. tp ga lama kemudian sdh hancur. sudah hitu, prasarana tidak dipelihara dengan baik oleh yg berwenang..jadinya kusam, jelek, debu, kotor, dll.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
- Location: Look at your rear view mirror
Gimana kl bus Trans Jakarta distop aja ( Bus2 yg laen juga masih beroperasi dng arah yg sama ) terus jalurnya buat jalur spd motor. Drpd mesti bikin jalur lagi. Kan ktnya tgl 4 dec ini semua spd motor hrs di jalur kiri.jeremyray wrote:Yah saya juga bingung apa yg ada dipikiran Bang Yos, saya pernah dengar dari kenalan saya kebetulan seorang polisi, dia bilang kalau proyek bus way ada unsur politiknya, selain untuk jalur Trans Jakarta jalur tersebut juga dipakai sewaktu waktu untuk para pejabat yang ada urusan penting tapi terjebak macet, selain itu juga misalnya terjadi sesuatu seperti kerusuhan dll maka pihak berwajib polisi atau tentara atau mungkin pemadam kebakaran akan melalui jalur tersebut agar dapat merespon cepat (katanya sih)edward wrote:Keliatan sekali kalo Pemda DKI kewalahan mengatur arus lalin di sepanjang arus 3in1.
Kayak gitu kok masih maksain jalur Bus-Way pula?![]()
Tanpa Busway aja udah macet apalgi dipotong lagi dari 2jalur menjadi cuma satu jalur?
Yang pasti untuk proyek ERP ini Bang Yos memberi date line sebelum akhir December 2006 karena mengingat beliau akan pensiun sebentar lagi (duh takut gak kebagian jatah ya Bang)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
http://megapolitan.kompas.com/read/2016 ... bagi.Mobil.Menanggapi hal itu, Ahok (sapaan Basuki) menyatakan penghapusan three in one sebenarnya tidak berhubungan dengan perluasan pelarangan sepeda motor.
Sebab, penghapusan three in one lebih berhubungan dengan upaya persiapan sebelum penerapan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) yang justru akan dikenakan terhadap pemilik mobil.
"Jadi, kita justru mau malakin mobil. Tetapi, nanti ke depan pun, motor ini tetap dilarang karena ERP tidak kena di motor," kata Ahok di Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa
2017 ERP
entah gimana kalau mobil2 masih nekat lewatin ERP tanpa beli alatnya
kemungkinan besar kalau 1x lewat ERP sampai bayar 100k
bisa aja terjadi subsidi silang
nantinya harga alat yg perlu dipasang setiap mobil yg melewati ERP dibawah 1jt
menurut ane ga mungkin 2017,
sekedar wacana oke, ujicoba oke
tapi maksa tiap mobil yg lewat beli alat ERP / bayar denda yg sangat mahal?
apalagi pas pilkada nanti? ga mungkin

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
Yang saya baca, per senin 18/4/16 kemarin, sdh ada 122 bus transjakarta di koridor blok m-kota, ini meningkat hampir 3x dr biasanya dengan janji headway per 30detik (penasaran terbukti g yah). kayaknya sdh tdk ada alasan lagi transportasi umum kurang mendukung ya, tinggal kita aja mau tidak pindah naik angkutan umum.
Dan ada wacana perpanjangan larangan motor hingga sudirman.
Dan ada wacana perpanjangan larangan motor hingga sudirman.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
ribet ribet banget.... cukup nopol ganjil genap.... nomor ganjil plat hitam tulisan putih, nomor genap plat hitam tulisan kuning

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
Pisahin pusat pemwrintahan dgn pusat bisnis, ibukota dipindah aja karena kalau bisnis dipindah gak feasible tdk ada rantai komando. Selama pemerintahan dan bisnis tumpek blek di jakarta nggak mungkin nggak macet.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Thu Jul 12, 2007 6:34
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
Indash buat ERP bakalan sama dengan yg e-toll nggak ya? Kalo beda kan nggak lucu juga ada 2 alat nempel di kaca.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
jakarta ya sudah kronis, ane rasa 10 tahun lagi cuma ketahan gini2 aja kecuali ya itu ada cara buat bikin MRT/LRT yang bisa dibangung 1 km per bulan siap pake dan tentu tanpa ada alasan HAM, gusur sana gusur sini. itu aja kalau bener bisa jalan lancar, lah model KRL dari KAI aja delay terus.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
beda ERP spore ... london (congestion charge zone)... stockholm (congestion tax) ... toronto(automatic toll collection) ... milan(ecopass)
vs
ERP jakarta
yg pertama di paling atas u traffic jam control (kalo udah penuh tapi blm macet ... ERP zone is closed to newly incoming traffic)... kalo dianggap gagal (HK: 1983-85 public opposition) pasti di cabut
yg jakarta dianggap source of income pemda ... yg penting wang masuk ... mau macet mau lancar selama punya funding cukup dlm card tiap user ya silakan masuk ... n kalo gagal? tdk mungkin gagal n tdk mgkn di cabut
ini pohon wang yg baru ... knp hrs dicabut
nah disitu bahaya nya
krn sy sebut akan gagal krn di tempat lain ERP atau apapun naming ... adalah satu component dari overal car / vehicle population control ... krn ada mandatory tax hike for older vehicle dan mandatory scrap for non-roadworthy vehicle
diluar indo ... tax collection from pay-per-ride zoning hanya dipakai u system improvement di situ
di indo likely to be use for multi purpose pemda favour. mgkn akan ada yg bilang jgn pessimistic ... bole sj bilang bgt ... tapi sy percaya system yg stand alone tdk akan effective n hanya bikin high cost living n main (sole) beneficiary system ini pasti bkn public tapi pemda
vs
ERP jakarta
yg pertama di paling atas u traffic jam control (kalo udah penuh tapi blm macet ... ERP zone is closed to newly incoming traffic)... kalo dianggap gagal (HK: 1983-85 public opposition) pasti di cabut
yg jakarta dianggap source of income pemda ... yg penting wang masuk ... mau macet mau lancar selama punya funding cukup dlm card tiap user ya silakan masuk ... n kalo gagal? tdk mungkin gagal n tdk mgkn di cabut
ini pohon wang yg baru ... knp hrs dicabut
nah disitu bahaya nya
krn sy sebut akan gagal krn di tempat lain ERP atau apapun naming ... adalah satu component dari overal car / vehicle population control ... krn ada mandatory tax hike for older vehicle dan mandatory scrap for non-roadworthy vehicle
diluar indo ... tax collection from pay-per-ride zoning hanya dipakai u system improvement di situ
di indo likely to be use for multi purpose pemda favour. mgkn akan ada yg bilang jgn pessimistic ... bole sj bilang bgt ... tapi sy percaya system yg stand alone tdk akan effective n hanya bikin high cost living n main (sole) beneficiary system ini pasti bkn public tapi pemda
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
^^^
Mirip pelaksanaan cukai (excise) disini ya pak....
Tujuan cukai kan memberikan beban biaya buat menekan peredaran komoditas tertentu (misal miras/liquor/alkohol atau rokok/tembakau).
Berhubung pemasukan cukai besar, ya akhirnya dianggap pohon uang juga
Perkara akhirnya komoditas objek cukai yang tidak berhasil ditekan peredarannya, ya urusan nanti...kalau perlu malah digenjot supaya pemasukan dari cukai juga nambah
Mirip pelaksanaan cukai (excise) disini ya pak....
Tujuan cukai kan memberikan beban biaya buat menekan peredaran komoditas tertentu (misal miras/liquor/alkohol atau rokok/tembakau).
Berhubung pemasukan cukai besar, ya akhirnya dianggap pohon uang juga

Perkara akhirnya komoditas objek cukai yang tidak berhasil ditekan peredarannya, ya urusan nanti...kalau perlu malah digenjot supaya pemasukan dari cukai juga nambah

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
eh iya bener juga ya tapi kalau ERP jkt si saya rasa gubernur sekarang emang niatannya bikin org makin ilfil punya mobil, biar makin sengsara, karena dihajar pajak sana sini, jadi ga ada cerita rumah dalam gang lebar 2 meter di pinggir kali bisa beli innova dan taro di jalanan = bikin macet. pajak banyak, tar buat bangun mass transport. niatnya si begitu tapi ya ini Indo jadi gitu dnewrubble wrote:beda ERP spore ... london (congestion charge zone)... stockholm (congestion tax) ... toronto(automatic toll collection) ... milan(ecopass)
vs
ERP jakarta
yg pertama di paling atas u traffic jam control (kalo udah penuh tapi blm macet ... ERP zone is closed to newly incoming traffic)... kalo dianggap gagal (HK: 1983-85 public opposition) pasti di cabut
yg jakarta dianggap source of income pemda ... yg penting wang masuk ... mau macet mau lancar selama punya funding cukup dlm card tiap user ya silakan masuk ... n kalo gagal? tdk mungkin gagal n tdk mgkn di cabut
ini pohon wang yg baru ... knp hrs dicabut
nah disitu bahaya nya
krn sy sebut akan gagal krn di tempat lain ERP atau apapun naming ... adalah satu component dari overal car / vehicle population control ... krn ada mandatory tax hike for older vehicle dan mandatory scrap for non-roadworthy vehicle
diluar indo ... tax collection from pay-per-ride zoning hanya dipakai u system improvement di situ
di indo likely to be use for multi purpose pemda favour. mgkn akan ada yg bilang jgn pessimistic ... bole sj bilang bgt ... tapi sy percaya system yg stand alone tdk akan effective n hanya bikin high cost living n main (sole) beneficiary system ini pasti bkn public tapi pemda

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
Kalo di sg semua mobil ada alat nya ini dari pabrik nya sana apakah menjadi standar pabrikan indonesia nantinya untuk menambah feature sensor ini kedepan nya
- apple, banana, & grape -
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
Paling nanti pada awal2nya OBU disubsidi pasang gratis seperti tempo dulu pemasangan ring pengendalian BBM (yg hingga sekarang gak jelas kegunaannya). Setelah itu semua dealer mobil akan menyertakan OBU ini sebagai bonus aksesoris tambahan. Bila berjalan lancar, baru produsen mobil ditekan untuk menyertakan OBU ini pada setiap unit yg diproduksinya.
It's a long way to go.
It's a long way to go.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
spore alaat itu bukan factory std ... namanya in-car unit / iubrintanizer wrote:Kalo di sg semua mobil ada alat nya ini dari pabrik nya sana apakah menjadi standar pabrikan indonesia nantinya untuk menambah feature sensor ini kedepan nya
pasang pas first time registration ... provided by land traffic authority / lta
ada yg branded vicom (made in india), G (made in china) , motorolla (biasa u taxi ... n mobil mobil tua yg dpt jatah jalan cuma 250hari per tahun ...made in canada)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
Jumlah unit kendaraan bermotor hingga akhir 2014 di Jakarta sebanyak 17.523.967 unit yang didominasi oleh kendaraan roda dua dengan jumlah 13.084.372 unit. Diikuti dengan mobil pribadi sebanyak 3.226.009 unit, mobil barang 673.661 unit, bus 362.066 unit, dan kendaraan khusus 137.859 unit.
misal harga alatnya 500k, dipasang ke 30% mobil anggaplah 1juta... 500miliar
pasti banyak yg teriak "rakyat kecil didjalimin"
plastik 200 rupiah aja banyak yg teriak apalagi alat seharga 500k++
misal harga alatnya 500k, dipasang ke 30% mobil anggaplah 1juta... 500miliar
pasti banyak yg teriak "rakyat kecil didjalimin"
plastik 200 rupiah aja banyak yg teriak apalagi alat seharga 500k++
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
spore tuh alat sgd.150 plus u motorbike ... bracket sgd.15
kalo in-car unit hrs beli ... keterlaluan ... masak mau kasih wang hrs beli karcis?
indo negara nya org org miskin ... wang susah ... sampah import masih bs jadi mewah ... mau makan fastfood hrs tabung dulu ... mobil brandnew terburuk itu barang mewah ...
ha ha ha
kalo in-car unit hrs beli ... keterlaluan ... masak mau kasih wang hrs beli karcis?
indo negara nya org org miskin ... wang susah ... sampah import masih bs jadi mewah ... mau makan fastfood hrs tabung dulu ... mobil brandnew terburuk itu barang mewah ...
ha ha ha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
nah ini nih yang dimaksud mobil trim paling rendah tapi harga premium, trim premium harga super duper premium, tapi kita semua orang baik bayar kemahalan malah bangga, karena bayar sudah kemahalan , punya mobil jelek saja sudah terasa lebih kaya dari tetangganewrubble wrote:spore tuh alat sgd.150 plus u motorbike ... bracket sgd.15
kalo in-car unit hrs beli ... keterlaluan ... masak mau kasih wang hrs beli karcis?
indo negara nya org org miskin ... wang susah ... sampah import masih bs jadi mewah ... mau makan fastfood hrs tabung dulu ... mobil brandnew terburuk itu barang mewah ...
ha ha ha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
Mendingan tol aja dulu dibikin kayak erp nya singapore, biar gak macet di gerbang tol . masa sistem pembayarannya masih jaman purba gitu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
Kalo gerbang udh di elektik kan otomatis harus nambah modul di mobil nya om biar bisa nglewatin gerbang nya . Nah harga modul nya itu yg lumayan mahal untuk kebanyakan masyarakat indonesia . Hehehevipere wrote:Mendingan tol aja dulu dibikin kayak erp nya singapore, biar gak macet di gerbang tol . masa sistem pembayarannya masih jaman purba gitu.
- apple, banana, & grape -
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Thu Apr 14, 2016 9:35
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
Penerapan ERP silahkan saja,
Transportasi publik harus di modernkan dan dibuat senyaman mungkin.
Transportasi publik harus di modernkan dan dibuat senyaman mungkin.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
hrs dibuat indoor travellator zone .. off ground ... sudirman tamrin ... cctv ... airconditioned
tdk kena ujan n masuk situ suruh bayar per person rp. 15-20,000 supaya gembel tdk ikutan masuk n construction cost cepat balik tanpa hrs invest ERP tools
mobil motor private masuk sudirman tamrin suruh bayar rp. 300,000 tapi sediakan multi stack parking di tiap ujung spy mobil motor taruh situ
bikin strict yg bisa masuk non private cuma policepatrol fire n ambulance n diplomatics
selain itu hrs bayar .. n sy tau ini susah krn hukum di indo biasa ditawar murah n done
tdk kena ujan n masuk situ suruh bayar per person rp. 15-20,000 supaya gembel tdk ikutan masuk n construction cost cepat balik tanpa hrs invest ERP tools
mobil motor private masuk sudirman tamrin suruh bayar rp. 300,000 tapi sediakan multi stack parking di tiap ujung spy mobil motor taruh situ
bikin strict yg bisa masuk non private cuma policepatrol fire n ambulance n diplomatics
selain itu hrs bayar .. n sy tau ini susah krn hukum di indo biasa ditawar murah n done
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Bye Bye 3 in 1, Hello E.R.P
Up thread sepuh
https://www.google.com/amp/s/www.cnnind ... an-erp/amp
Ni Thread mulai 2006, sampe sekarang blm berlaku. Baru 1 hari kemarin mulai lg beritanya muncul. Penasaran apa kali ini bakalan jalan?
Ane pribadi blg ini bukan solusi selain menambah pundi2 pemerintah. Sebagian besar orang akan tetap bawa kendaraan pribadi selama transport umum masih kacau balau n ga terintegrasi full 1 kota. Yg ada hanya akan memindahkan kemacetan aja. Yg kasian kalo yg commuter jkt-tangerang. Brp duit tuh bayar erp sekali jalan kalo dari harmoni sampe masuk tol
https://www.google.com/amp/s/www.cnnind ... an-erp/amp
Ni Thread mulai 2006, sampe sekarang blm berlaku. Baru 1 hari kemarin mulai lg beritanya muncul. Penasaran apa kali ini bakalan jalan?
Ane pribadi blg ini bukan solusi selain menambah pundi2 pemerintah. Sebagian besar orang akan tetap bawa kendaraan pribadi selama transport umum masih kacau balau n ga terintegrasi full 1 kota. Yg ada hanya akan memindahkan kemacetan aja. Yg kasian kalo yg commuter jkt-tangerang. Brp duit tuh bayar erp sekali jalan kalo dari harmoni sampe masuk tol
