Spek Mobilio

Overall ini mobil paling memuaskan diantara semua mobil yg pernah masuk garasi ane, memuaskan dalam arti value for money, khususnya punya saya yg tipe S.
Dg 160-170jt waktu awal peluncuran menang banyak lah. Entah untuk untuk yg prestige dan tipe teratas. Namun dg kualitas dan kinerja (dlm semua aspek) seperti ini, sampai di angka 180-190jt pun masih value for moneynya.
Pertama, Performa ga malu2in apalagi ditambah dg oli encer, BBM sesuai rasio kompresi dan air filter pakai free flow (bukan open air). Dg mesin yg jiga disematkan pada ANJ dan ANC, dan kini disematkan pula pada HRV 1.5 dan BRV. Mesin dg kualitas ga malu2in ini harus dibayar dg dashboard yg malu2in sekelas Brio punya. Buat sayabyg beli tipe S dg harga 160-170 jt, ga berharap banyak untuk interior.
setelah saya lihat dan saya coba td mobilio fl, saya harus bersyukur beli Mobilio pre fl. Dashboard fl yg copas dr BRV terlalu tinggi, ketinggian dashboard tidak diikuti dg penambahan tinggi kursi.
Klo pun kursi ditinggikan, saya yakin akan berimplikasi pada hilangnya kesan mengemudi sebuah mini hatchback yg selama ini dirasakan saat membawa Mobilio. Mungkin bisa diakali dg menyematkan fitur height adjustment kursi.
Oke lanjut ke Efisiensi BBM, di sektor ini pun bikin kantong ga sesak nafas. Dalkot bisa 1:13-1:14 lurkot 1:18-1:20. Klo emang mau irit2 banget (khusus cvt) bisa sampai 1:27 lurkot, dg kompensasi kepanasan karena AC mati. Yg jelas untuk lurkot CVT bisa lebih hemat ketimbang manual, RPM yg sama pada CVT bisa mencapai speed yg lebih tinggi.
Efisiensi ini didapat mungkin dr mesin yg memang di desain untuk efisiensi ditambah bobot mobil yg terbilang ringan, bahkan lebih ringan dr beberapa hatchback
Eksterior juga ga malu2in tongkrongannya. Walaupun depannya khusus non RS pasti brio banget. Di Mobilio RS buat saya udah jauh lebih ganteng, terkecuali roofrailny yg bikin mobilio RS ini terlihat aneh dr beberapa sudut.
Kapasitas? Jangan ditanya, hando paling pinter untuk urusan ini, begitupula di mobilio depan sampai paling belakang (bagasi) semua luar, tanpa menambah ukuran mobil secara signifikan. Walaupun harus mengorbankan jok, sehingga jok jadi tipis. Tp buat saya ga masalah, ketipisan jok selama nyaman, ketimbang tebal tp ga nyaman? Bersyukur di FL dan RS jok mobilio bertambah empuk.
Nah yang jadi PR tingggal interiornya. Banyak pembenahan sana sini agar mata bisa sedikit adem ngeliatnya.
Durabilitas juga oke, terbukti 85k ga ada masalah berarti.
Nah buat detail2 lainnya, mulai dr pengendalian, durabilitas dan lain2ya sudah saya jelaskan pada review saya di
viewtopic.php?f=19&t=23708
Sedikit penampakan Mobilio saya





Sent from my LG-D838 using Tapatalk