remedusakti wrote:Permisi Om2 Smers.. Setelah bimbang beberapa saat lalu mau pinang All New Pajero Sport atau All New Fortuner, bbrp kali bolak balik dealer Mitsu & Atoyot , test Drive, dilakukan Scoring ala2 sendiri akhirnya hasil Akhir All New Pajero Sport jadi pilihan dengan unggul hanya 2 point dannn Akhirnya 2 hari yang lalu ANPS sampailah digarasi... berikut saya coba review ala kadarnya :
1. Dari penampilan depan hampir semua orang bilang ini mobil Guanteng , Tekan tombol remote lampu DRL langsung nyala disertai dengan spion yang awalnya posisi terlipat jadi terbuka.. saya rasa luamyan berguna dengan adanya DRL jadi penerangan saat akan menuju ke mobil.. Dan juga jika tanpa pencet remote saat kita mendekat ( bawa kunci ya ) tekan tombol di gagang pintu DRL akan menyala dan spion akan terbuka..
20160302_121121.jpg
20160302_171000.jpg
20160302_190424.jpg
2. Lalu masuk ke dalam duduk dan ternyata bisa saya pastikan ini JOK EMPUK, jauh lebih empuk daripda Pajero Sport lama atau Fortuner Lama, posisi mendekap badan secara mantap, lalu posisi duduk bisa diatur dengan tuas elektrik.. untuk menghidupkan mesin cukup Injak Rem lalu tekan Tombol Start Stop, mesin menyala menderu halus. tatap sekeliling DashBoard dan saya coba sentuh2 materialnya, bisa saya pastikan ini tidak ada soft pad atau lapisan kulit didash tapi coba sentuh material plastiknya walaupun tidak soft touch tapi saya yakin ini material berkualitas, lebih berkualitas dibanding pajero sport dan fortuner lama, dipegang terasa lembut tidak kasar. Seingat saya kl untuk material plastiknya dibanding All new fortuner perasaan ANPS better ( bukan soft lapisan kulitnya ya ) ...liat tengah dashboard terdapat panel kayu yang menurut saya dan istri terkesan baik dan memang saya dan istri suka panel kayu, dibanding piano balck kl saya pribadi lebih suka ini...nyalakan AC dan ternyata sudah dualzone, kiri dan kanan sudah bisa diatur sendiri2. Pegang setir terasa mantaf jauh lebih baik ketimbang PS lama, ukuran pas dan yang pasti tidak licin, bentuk setir terasa mewah dengan kombinasi warna hitam dan silver.. berlih ke doortrim , saya rasa lebih terasa mewah ini ketimbang ANF karna ada kombinasi panel kayu dan juga ada lapisan kulit / kulit sintetis kali ya ( skali lagi karna saya suka panel kayu ) .. tengok keatas ada sunroof dan ternyata lumayan menolong kesan mewah saat pagi2 akan jalan cukup dibukacover plafonnya saja dan cahaya bisa masuk dan suasana kabin terasa lebih wah.. Kesan Secara Umum ==> Mewahnya Dapet . ( tapi ini dash tidak fotogenik , kl difoto keliatan biasa tp aslinya jauh lebih mewah ).
20160303_133433.jpg
3. Coba fitur dan kelengkapan kabin : pertama nyalakan Tape daouble din merek clarion, menurut saya menu cukup ada dvd , usb, bluetth, navi.. untuk suara terus terang bisa saya bilang biasa banget tidak banyak beda dengan PS lama, bahkan saat disetel Sub active suara sember .. Lihat setir , kiri ada tombol untuk naik turunkan volume , ganti track dan kanan ada tombol untuk kontrol MID. MID saya rasa cukuplah lengkap belum sempat explore lebih dalam. dash kanan bawah ada sensor parkir dan tombol VSC bisa dinonaktifkan dengan cara diditekan agak lama, dikonsol box ada colokan buat charger HP, cupholder rada kurang yah dibanding ANF.. oh ya sdh ada kamera parkir berikut garis2nya, jadi sangat membantu kl sedang mundur mengingat ini mobil bongsor..
20160304_075929.jpg
20160304_075914.jpg
4. Driving Experience : setelah mantaf posisi duduk saya tekan kebawah rem parkir elektrik lalu mulai mundur keluar garasi dan depan garasi saya langsung jalan berbatuan pertama suspensi bekerja saya sdh mersa senang, wuih lembut trus coba jalan lewati jalan2 jelek, polisi tidur bisa saya simpulkn ini suspensi Lembut dan Nyaman ( teringat lembutnya suspensi Xtrail T30 waktu masih baru, mirip2 )) ==> Dapet yang saya mau ( coz didaerah saya Lampung Timur , Jalanan aduhai jelek skali ). Terus coba tekan gas perlahan kesanya akselerasi lembut dan tidak meledak2 begitu mau overtaking mobil saya coba tekan pedal agak dalam dan barulah torsi 430NM terasa membenamkan badan saya diJok Empuknya , skali lagi saya tersenyum ==> Hal yang saya inginkan tercapai, nyaman dibawa kalem tidak ndut2an dan tidak meledak2 tapi begitu dibutuhkan tenaga mesinnya merespon dengan sangat kuat.. sebagai perbandingan kickdown T30 dibanding ANPS jauh terasa lebih nonjok ANPS.. Transmisi perpindahan cukup halus, perlu momen dan timing kapanpun transmisi sigap ( mungkin karna 8 speed ) dan bisa dioperasikan secara manual by paddle shift atau tuas.
dispeed sekitar 80 kpj saya coba goyangkan setir kekiri dan kanan terasa mobil tidak begitu bergoyang, sangat beda dengan fortuner 2009 saya dikec sama kl digoyang body dah ikutan goyang.. Coba Rem ==> Lembut dan Pakem.. adalagi fitur HSA lumayan membantu ditanjakan mencegah mobil tidak mundur saat akan start diposisi menanjak.. Dengarkan dengkuran dieselnya merdu , dikickdown jeritannya merdu tidak gemratakan seperti diesel umumnya, dann 1 yang pasti Kabin Senyap, Ortu saya setju dan bilang iya suara mesin tidak terdengar..
5. Kabin Penumpang : Row 2 dan 3 yah ini SUV trahnya bukan kabin yang luas ala roti tawar, kesimpulannya saya cukuplah imbang2 dengan PS lama dan Forti, ANKI saja yang trahnya MPV juga Row 3 menurut saya sempit..
6. saat akan turun dari mobil, cukup tekan tombol start stop mesin mati, ada lagi fitur seandainya kita masuk kegarasi posisi gelap sebelum turun DIM kan Lampu dan Lampu pun akan menyala beberapa saat walaupun kita sudah mengunci mobil.. lumayan membantu memberi penerangan..
Kesimpulan : OTR Lampung 510 juta sangat sesuai sekali dengan uang yang saya keluarkan, expektasi saya dapat semua dengan apa yang ingin saya dapatkan, Improvment sangat banyak sekali, kl yang pernah pakai PS Lama trus Coba ANPS seperti dua mobil yang benar2 beda, semua yang menjadi kekurangan di PS lama dijawab di ANPS, Good Job untuk Mitsu..
Kesimpulan Akhir ==> Semoga Kualitas dan Daya Tahan jangka panjang membaik dibanding PS lama, semoga penyakit2 PS lama sudah tidak ada lagi disini....