Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
fariezal wrote:jangan r4x lah,,,, kurang cocok buat mesin CRDI.....
O..begitu ya, dari beberapa artikel yang di baca mesin diesel modern sekarang yang mengadopsi teknologi seperti common rail apalagi di Indonesia spesifikasi API Cl-4 sudah dapat memenuhi standar Euro 2 dan 3, R4 sudah memenuhi spesifikasi yang di sebutkan selain banyak lagi spesifikasi yang dibutuhkan oleh oli untuk mesin diesel modern *CMIIW* .. barangkali ada penjelasan lain untuk oli mesin common rail..? terutama ipah diesel
fariezal wrote:jangan r4x lah,,,, kurang cocok buat mesin CRDI.....
O..begitu ya, dari beberapa artikel yang di baca mesin diesel modern sekarang yang mengadopsi teknologi seperti common rail apalagi di Indonesia spesifikasi API Cl-4 sudah dapat memenuhi standar Euro 2 dan 3, R4 sudah memenuhi spesifikasi yang di sebutkan selain banyak lagi spesifikasi yang dibutuhkan oleh oli untuk mesin diesel modern *CMIIW* .. barangkali ada penjelasan lain untuk oli mesin common rail..? terutama ipah diesel
CMIW.... pada dasarnya r4x sudah sesuai standar minimun mesin d4d, asal gag kena oli palsu, coba di cari thread ranking pemilihan oli, dah dibahas banyak ma master master disini, sampe thread ke 6,ada spesifikasi laennya kok,,,, kalo r4x dulu tak kasih ke mesin 4ja1 gag lebih dari 5000km udah gag enak om,,,, malah r4x nie tak tuangin ke motor supra 125 malah enak,,,,,,
purging + ganti oli ke Delvac1 banyak bantu bikin mesin halus om.
kalau mau enak lagi (dari sisi kabin) di pasang peredam om , kabin jadi lebih senyap dan nyaman.
undertaker2011 wrote:Bagusan mana ya purging langsung yang copot selang solar and tancep ke liquimoly atau
Tuang liquimoly the fuel tank seperti nambahin additif?
Jelas langsung yg copot selang solar om..
Secara ga langsung konsentrasinya lebih pekat dari yg kyk nambahin additif.
minggu kemarin sudah coba purging di BeRes Wijaya Toyota (Dago)...tadinya mau ke gede bage seperti rekomendasi Kang Turboman, cuma kejauhan..kebetelulan Beres nya dekat kantor jadi bisa ditinggalin bentar sore di jemput lagi ..... testimoni dari diagnosa awal mekanik beres .. si Ipah sudah terkontaminasi bioSolar terlalu lama dan mengakibatkan 'Black Smoke'...(sepertinya pengguna awal gak begitu care ama si Ipahnya, di Jejelin BioSolar terus ampe "radang paru-paru" tanpa ada treatment tambahan untuk maintenance mesin) ...akhir nya di purging pake cairan khusus diesel produknya yang digunakan toyota (merknya gak familiar hingga lupa nama nya ..)...dimana selang inlet/outlet di cabut dan di masukan ke dalam botol cairan purging kira2 650ml...berlansung hingga 30 menit sampai cairan tinggal sedikit...kemudian solar dari filter solar di pompa hingga solar di tanki tinggal sedikit...setelah itu di isi dex 3/4 dan belum di beri additive. beres bilang jika masih terjadi black smoke setelah purging maka injektor nya di turunin untuk dibersihin berikut saluran knalpot semua diturunin untuk di bersihkan juga..
dari hasil ini.. bener mesin suara mesin terasa lebih halus dan suara berisik ketukan pompa injektor lumayan teredam walau masih ada (emang karakter diesel CRDI..?)...dan efek black smoke 'belum muncul lagi'. efek bau biosolar yang sangat menyengat sudah tidak di keluhkan lagi..padahal oli belum diganti, dari sisi tenaga dan torsi tidak begitu jauh berubah..masih 'galak' kalau di kick down.... namun apakah harga mati harus selalu menggunakan dex untuk menghindari hal tersebut? (harga per liter tertinggi no.2 setelah pertamax plus...hee..hee). jika suatu saat perjalanan ke pelosok yang gak ada dex di pompa bensin dan terpaksa menggunakan BioSolar berarti harus siap sedia cetane booster atau additive lainnya untuk untuk meningkatkan performa dan menjaga perawatan mesin.? O..ya.. kalau pasang peredam apakah cukup untuk di kap mesin dan dashboard saja..?tau berapa biayanya.? thx