om ... pake stroker kit berarti nambah cc dong yahTurboman wrote:Internal mesinnya sih kuatongisnade wrote: Om Turbo, apakah ini artinya 2GD lebih ringkih dibanding 2KD ? Sepertinya tenaga sudah diperas dari pabrik, mirip diesel-diesel eropa macam Santa Fe, Captiva, dll.
hanya saja Turbo dan pompa injeksi-nya di set pas2-an
Turbo gak bisa di boost gede2
Pompa injeksi kapasitasnya juga sgt pas2-an
ya kayaknya si T mau cuan gede lah
Jadi kalo mau modip 2GD hingga bisa spt 2KD-VNT lama maka silakan tunggu sampe ada :
- Stroker kit utk pompa injeksi
- Turbo yg high capacity
Biaya modif-nya jadi jauh lebih mahal drpd 2KD-VNT
IMHO - CMIIW
2GD-FTV Performance & Tuning update
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 167
- Joined: Fri Jan 15, 2016 14:56
Re: 2GD-FTV Performance update
jalan kaki ............ SEHAT !
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: 2GD-FTV Performance update
sudah tau waktu ngobrol lgsg dgn soleh...cuma waktu itu obrolan coba tunggu saja..ya sambil lihat mana yg terbaik nanti...htannis wrote:kompresorz wrote:ktnya akan keluar dastek terbaru untuk 2 GD...
msh bnyk sabar yg nunggu racikan soleh sigma...Kan dah ada dasteknya hasilnya 185hp emang gak tau om?kompresorz wrote:tunggu 1 bulan ini...tar datanglah
penasaran
bagus pake yg canggih...jd kerja 1 x...biasanya klo udah terjun gak akan tanggung...Turboman wrote:2GD gak perlu pake piggy canggih2, pake Super 4 aja dah cukup
Kemampuan Turbo dan pompa injeksinya terbatas
Nggak spt 2KD VNT yg dgn mudah bisa ke 260 hp.....bahkan 280 hp hanya dgn piggy dan ganti front pipe
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance update
Konstruksi air filter box 2 GD-FTV
Engineer produk Cyclone skg kerja di R&D Toyota rupanya........
Kisi2 model baling2 itu di saluran yg mengarah ke rongga spakbor
Saluran-nya juga ada spt restrictor.....pipa-nya jadi agak mengecil
Engineer produk Cyclone skg kerja di R&D Toyota rupanya........
Kisi2 model baling2 itu di saluran yg mengarah ke rongga spakbor
Saluran-nya juga ada spt restrictor.....pipa-nya jadi agak mengecil
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance update
Setelah restrictor dibobok
Hasil akan dilaporkan kemudian
Dicoba scr DIY oleh mr Yudi - speedy gonzales (ANF - VRZ)
Hasil akan dilaporkan kemudian
Dicoba scr DIY oleh mr Yudi - speedy gonzales (ANF - VRZ)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Itu yg yg rancang bekas kerja di mitsu tahun 80-an kayaknya 

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Tapi ternyata Landy TD5 juga konon ada kisi2 baling2-nya
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Wed Jan 20, 2016 3:32
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Seru juga nih, dapet ilmu banyak dari om turboman.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Ada merk yg cukup terkenal tuh yg jualan begituan malah bisa pasang 3 biji di satu mobil yg kayak foto di atas.
Temen gua fortie non vnt pernah pasang yg model bisa muter, mentok 140kmh gak bs naik lagi dia tanya ke gua trus pas ditanya dia habis pasang baling2 begituan, kt suruh cabut baru balik normal lagi
Temen gua fortie non vnt pernah pasang yg model bisa muter, mentok 140kmh gak bs naik lagi dia tanya ke gua trus pas ditanya dia habis pasang baling2 begituan, kt suruh cabut baru balik normal lagi
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: 2GD-FTV Performance update
2GD akan lebih dahsyat dr 2KD...new teknologi selalu lebih baik..Turboman wrote:Internal mesinnya sih kuatongisnade wrote: Om Turbo, apakah ini artinya 2GD lebih ringkih dibanding 2KD ? Sepertinya tenaga sudah diperas dari pabrik, mirip diesel-diesel eropa macam Santa Fe, Captiva, dll.
hanya saja Turbo dan pompa injeksi-nya di set pas2-an
Turbo gak bisa di boost gede2
Pompa injeksi kapasitasnya juga sgt pas2-an
ya kayaknya si T mau cuan gede lah
Jadi kalo mau modip 2GD hingga bisa spt 2KD-VNT lama maka silakan tunggu sampe ada :
- Stroker kit utk pompa injeksi
- Turbo yg high capacity
Biaya modif-nya jadi jauh lebih mahal drpd 2KD-VNT
IMHO - CMIIW
time wil tel...
btw tar klo sempat saya copotin jg baling2 udara..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Anki
Re: 2GD-FTV Performance update
kompresorz wrote:2GD akan lebih dahsyat dr 2KD...new teknologi selalu lebih baik..Turboman wrote:Internal mesinnya sih kuatongisnade wrote: Om Turbo, apakah ini artinya 2GD lebih ringkih dibanding 2KD ? Sepertinya tenaga sudah diperas dari pabrik, mirip diesel-diesel eropa macam Santa Fe, Captiva, dll.
hanya saja Turbo dan pompa injeksi-nya di set pas2-an
Turbo gak bisa di boost gede2
Pompa injeksi kapasitasnya juga sgt pas2-an
ya kayaknya si T mau cuan gede lah
Jadi kalo mau modip 2GD hingga bisa spt 2KD-VNT lama maka silakan tunggu sampe ada :
- Stroker kit utk pompa injeksi
- Turbo yg high capacity
Biaya modif-nya jadi jauh lebih mahal drpd 2KD-VNT
IMHO - CMIIW
time wil tel...
btw tar klo sempat saya copotin jg baling2 udara..

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Kalo saya pribadi mendengar report ttg keterbatasan Turbo dan pompa injeksi 2GD, jujur aja ya SEDIH dan JENGKEL juga
Toyota menjual mobil2 baru ini lebih mahal (terutama ANKI), tapi konsumen mendapat trade off pada hal2 tertentu
Pabrik mau cuan ya monggo, tapi jangan mentang2 laku keras trus byk hal2 disunat + harga naek byk
Tapi kalo melihat sejarahnya Diesel Toyota yaa mmg gak heran
Dulu di mesin 2L series juga khan blok gak gitu kuat, boost Turbo gak bisa gede2, byk kasus Cyl head retak rambut
2L digantikan 2KD-FTV yg maha kuat, mungkin Toyota ingin naekkin citra mesin2 Diesel nya
Skg 2GD dibuat agak low cost ya sy gak heran
yg konsisten di 1HD series, dari 1 HD / HD-T / 1 HD-TE / 1 HD-FTE
Sebetulnya yg konsisten bikin mesin2 Diesel kuat ya harus diakui adalah ISUZU
Dari 4JA.....ke 4 JK 1 ........dan skg ke 4 RZE.......ini mesin scr general kuat......komponen2 pendukungnya kuat2......walo 4 JK 1 kalo mau naek above 300 hp mesti ganti baut cyl head, tapi dah itu lancar......dan skg 4 RZE yg 1900 cc nya juga spt nya kuat....di Thai dah modip sampe 230 hp dan mulai turun drag race
IMHO n CMIIW
Toyota menjual mobil2 baru ini lebih mahal (terutama ANKI), tapi konsumen mendapat trade off pada hal2 tertentu
Pabrik mau cuan ya monggo, tapi jangan mentang2 laku keras trus byk hal2 disunat + harga naek byk
Tapi kalo melihat sejarahnya Diesel Toyota yaa mmg gak heran
Dulu di mesin 2L series juga khan blok gak gitu kuat, boost Turbo gak bisa gede2, byk kasus Cyl head retak rambut
2L digantikan 2KD-FTV yg maha kuat, mungkin Toyota ingin naekkin citra mesin2 Diesel nya
Skg 2GD dibuat agak low cost ya sy gak heran
yg konsisten di 1HD series, dari 1 HD / HD-T / 1 HD-TE / 1 HD-FTE
Sebetulnya yg konsisten bikin mesin2 Diesel kuat ya harus diakui adalah ISUZU
Dari 4JA.....ke 4 JK 1 ........dan skg ke 4 RZE.......ini mesin scr general kuat......komponen2 pendukungnya kuat2......walo 4 JK 1 kalo mau naek above 300 hp mesti ganti baut cyl head, tapi dah itu lancar......dan skg 4 RZE yg 1900 cc nya juga spt nya kuat....di Thai dah modip sampe 230 hp dan mulai turun drag race
IMHO n CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Jangan bosan2 sharing Mod.
Setidaknya saya yg awam tahu limit nya sampai di mana.
Turba dan pompa injection masih bisa upgrade, suatu saat juga ketemu.
Yg newbie takutin, head & cyl block nya juga punya keterbatasan yg sama.
CMIIW yaaa...
send using tapatalk for win mobile 10
Setidaknya saya yg awam tahu limit nya sampai di mana.
Turba dan pompa injection masih bisa upgrade, suatu saat juga ketemu.
Yg newbie takutin, head & cyl block nya juga punya keterbatasan yg sama.
CMIIW yaaa...
send using tapatalk for win mobile 10
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Hmmm klo 2GD kesan pertama dah banyak limitnya apa ini kemungkinan T main aman ya? Coz T tau 2KD mesinnya banyak buat modif jdnya presentase klaim garansi jg tinggi. N buat jaga reabilitas mesinnya.
Mungkin itu alasannya hiace n hilux masih dikasih 2kd
IMHo yah
Mungkin itu alasannya hiace n hilux masih dikasih 2kd
IMHo yah
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 720
- Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Hilux di negara produsennya sdh pake 2GD om...lemonadelovers wrote:Hmmm klo 2GD kesan pertama dah banyak limitnya apa ini kemungkinan T main aman ya? Coz T tau 2KD mesinnya banyak buat modif jdnya presentase klaim garansi jg tinggi. N buat jaga reabilitas mesinnya.
Mungkin itu alasannya hiace n hilux masih dikasih 2kd
IMHo yah
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Kalau saya pribadi sh hanya percaya dengan 2 kata
COST & PROFIT
Kalau kita lihat2 challenge development mesin 2 GD ini :
- Emission, makanya ada versi Euro 5 & dia bikin dgn Roller rocker arm (spy comply ke oli low SAPS)
- Emission, makanya jadi low compression (to reduce NOx)
- CO2 emission, cc dikecilin dan combine dgn 6AT
- Performance (faktor persaingan), di set lah 150 hp, valve train DOHC dgn jarak cam lebar, disain piston bowl lebih besar dll
- Performance / Fuel economy & emission, makanya CRD nya skg main di 1900 - 2000 bar
Tapi bagaimana juga agar harga jual tetap bisa ditekan rendah
Maka hal2 yg dirasa nggak perlu ya di reduce.....utk Offset biaya2 bertambah di pengembangan mesin / pengembangan bagian2 lain pada mobil
Positioning sbg mesin mobil MPV keluarga / SUV multi purpose, set up 150 hp & 177 hp (1GD) ya sebetulnya utk Daily drive sudah cukup, apalagi di combine dgn 6 AT, si T asumsi dgn kondisi std aja orang2 udah puas dan yg orientasi modif2 hanya persentasi sgt kecil dr total buyer scr keseluruhan
Pabrik gimanapun bukan "Yayasan Sosial"
IMHO & CMIIW
COST & PROFIT
Kalau kita lihat2 challenge development mesin 2 GD ini :
- Emission, makanya ada versi Euro 5 & dia bikin dgn Roller rocker arm (spy comply ke oli low SAPS)
- Emission, makanya jadi low compression (to reduce NOx)
- CO2 emission, cc dikecilin dan combine dgn 6AT
- Performance (faktor persaingan), di set lah 150 hp, valve train DOHC dgn jarak cam lebar, disain piston bowl lebih besar dll
- Performance / Fuel economy & emission, makanya CRD nya skg main di 1900 - 2000 bar
Tapi bagaimana juga agar harga jual tetap bisa ditekan rendah
Maka hal2 yg dirasa nggak perlu ya di reduce.....utk Offset biaya2 bertambah di pengembangan mesin / pengembangan bagian2 lain pada mobil
Positioning sbg mesin mobil MPV keluarga / SUV multi purpose, set up 150 hp & 177 hp (1GD) ya sebetulnya utk Daily drive sudah cukup, apalagi di combine dgn 6 AT, si T asumsi dgn kondisi std aja orang2 udah puas dan yg orientasi modif2 hanya persentasi sgt kecil dr total buyer scr keseluruhan
Pabrik gimanapun bukan "Yayasan Sosial"
IMHO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1159
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
ya ya ya saya setuju banget! apalagi test drive fortuner baru jg buat saya yg aliran JDM (jgn di modip) udh lebih dari cukup banget mesin standar dan tranny standar.Turboman wrote:Kalau saya pribadi sh hanya percaya dengan 2 kata
COST & PROFIT
Kalau kita lihat2 challenge development mesin 2 GD ini :
- Emission, makanya ada versi Euro 5 & dia bikin dgn Roller rocker arm (spy comply ke oli low SAPS)
- Emission, makanya jadi low compression (to reduce NOx)
- CO2 emission, cc dikecilin dan combine dgn 6AT
- Performance (faktor persaingan), di set lah 150 hp, valve train DOHC dgn jarak cam lebar, disain piston bowl lebih besar dll
- Performance / Fuel economy & emission, makanya CRD nya skg main di 1900 - 2000 bar
Tapi bagaimana juga agar harga jual tetap bisa ditekan rendah
Maka hal2 yg dirasa nggak perlu ya di reduce.....utk Offset biaya2 bertambah di pengembangan mesin / pengembangan bagian2 lain pada mobil
Positioning sbg mesin mobil MPV keluarga / SUV multi purpose, set up 150 hp & 177 hp (1GD) ya sebetulnya utk Daily drive sudah cukup, apalagi di combine dgn 6 AT, si T asumsi dgn kondisi std aja orang2 udah puas dan yg orientasi modif2 hanya persentasi sgt kecil dr total buyer scr keseluruhan
Pabrik gimanapun bukan "Yayasan Sosial"
IMHO & CMIIW
anyway saya jg tetep memantau perkembangan modip2 mesin, semata cuma mau tau aja kemampuuan nya mesin tranny sampe mana sih. karena di 2kd saya sangat amaze mobil rakyat bisa nyimpen potensi sebesar itu.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 201
- Joined: Wed Dec 30, 2015 7:54
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Setuju banget dg om Turbo, dengan kondisi ANKI standar aja untuk pemakaian daily di daerah saya dah kelebihan tenaga om, apalagi kalo cuma dipake buat angkut keluarga. Di posisi saya sebagai user, nyetir ANKI kek nya dah cukup puas dengan kondisi HP dan Torsi standar, soalnya gak ada jalan tol nya om mod, paling kenceng cuma bisa 150 km/jam itu pun cuma beberapa detik aja mantengin di kecepatan segitu, buat selap selip di jalan antar kota disini dah cukup kok. Cuma tar kalo pas ane lagi Road Trip Sumatera - Jawa mungkin baru bisa coba peforma 2GD secara menyeluruh. untuk tambahan saya ganti velg ke ring 18 ori nya Vellfire tenaga gak berubah kok. Gak tau juga kalo felling saya yang kurang ya (IMHO).Turboman wrote:Kalau saya pribadi sh hanya percaya dengan 2 kata
COST & PROFIT
Kalau kita lihat2 challenge development mesin 2 GD ini :
- Emission, makanya ada versi Euro 5 & dia bikin dgn Roller rocker arm (spy comply ke oli low SAPS)
- Emission, makanya jadi low compression (to reduce NOx)
- CO2 emission, cc dikecilin dan combine dgn 6AT
- Performance (faktor persaingan), di set lah 150 hp, valve train DOHC dgn jarak cam lebar, disain piston bowl lebih besar dll
- Performance / Fuel economy & emission, makanya CRD nya skg main di 1900 - 2000 bar
Tapi bagaimana juga agar harga jual tetap bisa ditekan rendah
Maka hal2 yg dirasa nggak perlu ya di reduce.....utk Offset biaya2 bertambah di pengembangan mesin / pengembangan bagian2 lain pada mobil
Positioning sbg mesin mobil MPV keluarga / SUV multi purpose, set up 150 hp & 177 hp (1GD) ya sebetulnya utk Daily drive sudah cukup, apalagi di combine dgn 6 AT, si T asumsi dgn kondisi std aja orang2 udah puas dan yg orientasi modif2 hanya persentasi sgt kecil dr total buyer scr keseluruhan
Pabrik gimanapun bukan "Yayasan Sosial"
IMHO & CMIIW
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Yup yup
Kalo yg saya rasakan di Ipah uzur, walau saya ada MAP yg 165 hp, tapi buat daily drive pake Map yg 120++ hp aja udah cukup
ANKI dgn bobot 150 kg heavier, default 150 hp......buat daily drive sebetulnya sudah lebih dr cukup, asal teknik bawa-nya tepat
Utk 2GD dgn BLT (Basic Light Tune) sebetulnya udah sip, utk sekedar memperlebar kurva HP & Torsi aja
- Down pipe
- Tutup EGR
- Free flow filter
- Bobok restrictor (started by mr Yudi - speedy gonzales)
- Ground cables
- OLi bagus
- additip BBM bagus

Kalo yg saya rasakan di Ipah uzur, walau saya ada MAP yg 165 hp, tapi buat daily drive pake Map yg 120++ hp aja udah cukup
ANKI dgn bobot 150 kg heavier, default 150 hp......buat daily drive sebetulnya sudah lebih dr cukup, asal teknik bawa-nya tepat
Utk 2GD dgn BLT (Basic Light Tune) sebetulnya udah sip, utk sekedar memperlebar kurva HP & Torsi aja
- Down pipe
- Tutup EGR
- Free flow filter
- Bobok restrictor (started by mr Yudi - speedy gonzales)
- Ground cables
- OLi bagus
- additip BBM bagus

* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Report bobok Restrictor air filter box 2GD (by mr Yudi - Speedy gonzales)
Konon response mesin jadi lebih enak
Mode ECO jadi serasa mode normal
Catatan :
Suara Turbo konon jadi agak sedikit lebih terdengar, terutama pas abis bejek trus lepas gas konon terdengar suara Ssshh...sesaat
Well karena ini BLT at "Zero Cost", pengamatan so far dgn Butt O meter
Konon response mesin jadi lebih enak
Mode ECO jadi serasa mode normal
Catatan :
Suara Turbo konon jadi agak sedikit lebih terdengar, terutama pas abis bejek trus lepas gas konon terdengar suara Ssshh...sesaat

Well karena ini BLT at "Zero Cost", pengamatan so far dgn Butt O meter

* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 195
- Joined: Wed Feb 26, 2014 4:32
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
om turbo,
sudah ada yang review / ganti DP dengan 507 ?
sudah ada yang review / ganti DP dengan 507 ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
nah oke. kl soal mesin boleh lah karena emang kebutuhan buat sehari2 udah lebih dari cukup.
tp kl soal transmisi gimana nih pendapat suhu2 di mari. soalnya denger2 bbrp review agak kurang transmisinya ini. contohnya :
1. nahan di rpm tinggi terlalu lama nda pindah2 gigi.
2. menghentak dan bunyi nguungg di rpm tinggi.
3 slip transmisi lumayan.
ini pertanyaan buat kondisi pemakaian sehari2 dalkot+tol cruising 120an gt. bukan buat geber2an.
apa bisa dipakein transgo jg?
tp kl soal transmisi gimana nih pendapat suhu2 di mari. soalnya denger2 bbrp review agak kurang transmisinya ini. contohnya :
1. nahan di rpm tinggi terlalu lama nda pindah2 gigi.
2. menghentak dan bunyi nguungg di rpm tinggi.
3 slip transmisi lumayan.
ini pertanyaan buat kondisi pemakaian sehari2 dalkot+tol cruising 120an gt. bukan buat geber2an.
apa bisa dipakein transgo jg?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Matic AW R6B45 belum ada TG nya
ya ane juga dengar bbrp komplen spt itu
Coba reset ECU dulu dan biarkan TCU nya learn 2 minggu
ya ane juga dengar bbrp komplen spt itu
Coba reset ECU dulu dan biarkan TCU nya learn 2 minggu
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update
Konon improve, tapi saya hany dengar report saja, krn mereka testingnya di Sbytulalit wrote:om turbo,
sudah ada yang review / ganti DP dengan 507 ?
kalo DP ada katalik yg jadi masalah : cepat - lambat itu katalik akan mampet oleh jelaga, kalo udah mampet performa mesin akan menurun
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58