Review Pajero Sport V6 3.0
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 576
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Review Pajero Sport V6 3.0
Berhubung ada nya permintaan untuk review Pajero Sport mesin V6 ini, maka saya coba bikin ya
Karena mobil leasing kantor sebelumnya, Honda CRV RM 2012 sudah habis masa pakai nya, maka PJS V6 ini dipakai sementara dari leasing kantor sembari menunggu mobil definitif selanjutnya yaitu new PJS Dakar 4x2 datang.
1. Eksterior
Dari luar penampakan hampir sama dengan PJS Dakar, semua perlengkapan seperti headlamp washer, sunroof, HID headlamp, foglamp, dan kamera parkir belakang serta sensor parkir.
Yang berbeda adalah cover spion dan handle pintu sewarna body, sedangkan dakar dilapis chrome
serta emblem V6 3.0 di pintu belakang dan emblem V6 MIVEC di samping pintu depan kanan kiri menggantikan logo VGT
Velg dengan motif yang beda dan cakep menurut saya, disertai dengan ukuran tapak ban yang lebih lebar.
Ban sendiri menggunakan Bridgestone HT 245/65-R17
2. Interior
Interior juga sama dengan Dakar, dengan Headunit, paddleshift, layar MID di tengah yang menonjol, informasi yang ditampilkan antara lain konsumsi BBM, altimeter, kompas, kecepatan rata rata.
untuk komsumsi bahan bakar tidak ada data rata rata pemakaian sebelumnya, hanya ditampilkan konsumsi BBM saat kita akan berkendara, yang biasanya dimulai dari 0km/l, naik perlahan 2,5km/l terus sampai pemakaian mulai stabil... agak aneh sih.
Jok dibalut kulit sintetis dengan jahitan putih. cukup sportif nuansanya namun bikin tambah sempit kesannya.
Saat berkendara, jok cukup suportif untuk menopang badan, tapi tidak senyaman jok CRV RM yang lebih "mendekap" tubuh.
posisi kaki baik di pengemudi, penumpang depan dan penumpang belakang agak menggantung, sehingga seperti setengah jongkok, ini dikarenakan lantai bawah kabin cukup tinggi.
peredaman suara cukup bagus, mungkin karena mesin bensin jadi lebih halus ya suaranya.
untuk noise road juga baik diredam, dan ban bridgestone ini kembangannya cukup halus untuk ukuran mobil SUV offroad, groove tidak lebar lebar sehingga tidak menimbulkan suara bising.
Setir cukup ringan untuk ukuran SUV ini, meskipun masih hidrolik ya, tapi putaran setir untuk putar balik cukup banyak sekitar 2,75 putaran. sehingga bisa bikin tangan berotot.
3. Mesin
nah ini bagian menarik nya dari mobil ini,mesin konfigurasi V6 3000cc terlihat memenuhi seluruh kompartemen engine bay, dan cukup tinggi hampir menyentuh kap mesin. cukup mengecewakan dengan harga hampir 500 juta, tidak dilengkapi peredam kap mesin
Yang paling mengasyikkan dari mesin ini adalah deru suara V6 saat kickdown, wah merdu sekali... disertai dengan akselerasi yang cukup cepat.
bahkan deru mesin ini jika di jalanan ramai, beberapa pengendara motor juga aware dan menengok ke belakang, padahal knalpot masih standard.
penggunaan paddle shift lebih cepat dan responsif dibanding posisi D saat kickdown.
kemampuan mesin diatas disertai juga dengan borosnya konsumsi BBM, rata rata sekitar 5km/l untuk perjalanan pp dari sunter ke kantor tb simatupang dengan jarak 31km sekali jalan. jika kondisi tol JORR sedang lancar, bisa dapat 6km/l
penggunaan bensin juga dianjurkan menggunakan V-Power atau Pertamax plus, karena saat menggunakan SHell Super, ada gejala knocking di putaran bawah meskipun tidak sampai tersendat sendat ya.
Karena mobil leasing kantor sebelumnya, Honda CRV RM 2012 sudah habis masa pakai nya, maka PJS V6 ini dipakai sementara dari leasing kantor sembari menunggu mobil definitif selanjutnya yaitu new PJS Dakar 4x2 datang.
1. Eksterior
Dari luar penampakan hampir sama dengan PJS Dakar, semua perlengkapan seperti headlamp washer, sunroof, HID headlamp, foglamp, dan kamera parkir belakang serta sensor parkir.
Yang berbeda adalah cover spion dan handle pintu sewarna body, sedangkan dakar dilapis chrome
serta emblem V6 3.0 di pintu belakang dan emblem V6 MIVEC di samping pintu depan kanan kiri menggantikan logo VGT
Velg dengan motif yang beda dan cakep menurut saya, disertai dengan ukuran tapak ban yang lebih lebar.
Ban sendiri menggunakan Bridgestone HT 245/65-R17
2. Interior
Interior juga sama dengan Dakar, dengan Headunit, paddleshift, layar MID di tengah yang menonjol, informasi yang ditampilkan antara lain konsumsi BBM, altimeter, kompas, kecepatan rata rata.
untuk komsumsi bahan bakar tidak ada data rata rata pemakaian sebelumnya, hanya ditampilkan konsumsi BBM saat kita akan berkendara, yang biasanya dimulai dari 0km/l, naik perlahan 2,5km/l terus sampai pemakaian mulai stabil... agak aneh sih.
Jok dibalut kulit sintetis dengan jahitan putih. cukup sportif nuansanya namun bikin tambah sempit kesannya.
Saat berkendara, jok cukup suportif untuk menopang badan, tapi tidak senyaman jok CRV RM yang lebih "mendekap" tubuh.
posisi kaki baik di pengemudi, penumpang depan dan penumpang belakang agak menggantung, sehingga seperti setengah jongkok, ini dikarenakan lantai bawah kabin cukup tinggi.
peredaman suara cukup bagus, mungkin karena mesin bensin jadi lebih halus ya suaranya.
untuk noise road juga baik diredam, dan ban bridgestone ini kembangannya cukup halus untuk ukuran mobil SUV offroad, groove tidak lebar lebar sehingga tidak menimbulkan suara bising.
Setir cukup ringan untuk ukuran SUV ini, meskipun masih hidrolik ya, tapi putaran setir untuk putar balik cukup banyak sekitar 2,75 putaran. sehingga bisa bikin tangan berotot.
3. Mesin
nah ini bagian menarik nya dari mobil ini,mesin konfigurasi V6 3000cc terlihat memenuhi seluruh kompartemen engine bay, dan cukup tinggi hampir menyentuh kap mesin. cukup mengecewakan dengan harga hampir 500 juta, tidak dilengkapi peredam kap mesin
Yang paling mengasyikkan dari mesin ini adalah deru suara V6 saat kickdown, wah merdu sekali... disertai dengan akselerasi yang cukup cepat.
bahkan deru mesin ini jika di jalanan ramai, beberapa pengendara motor juga aware dan menengok ke belakang, padahal knalpot masih standard.
penggunaan paddle shift lebih cepat dan responsif dibanding posisi D saat kickdown.
kemampuan mesin diatas disertai juga dengan borosnya konsumsi BBM, rata rata sekitar 5km/l untuk perjalanan pp dari sunter ke kantor tb simatupang dengan jarak 31km sekali jalan. jika kondisi tol JORR sedang lancar, bisa dapat 6km/l
penggunaan bensin juga dianjurkan menggunakan V-Power atau Pertamax plus, karena saat menggunakan SHell Super, ada gejala knocking di putaran bawah meskipun tidak sampai tersendat sendat ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Pertamax diamankan akhirnya ada juga PS V6 yah wkwkwk
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Pertaliteeee!!!!
Great review om !!
Makasih sudah mau bikinin reviewnya...
Great review om !!
Makasih sudah mau bikinin reviewnya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5727
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Mantap om..
Jarang2 nih ada yang ambil bensin.
Putaran mesin bawahnya enak atau malah main diatas omm?
Jarang2 nih ada yang ambil bensin.
Putaran mesin bawahnya enak atau malah main diatas omm?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 576
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Tarikan bawah agak lemot oom, kecuali kalo dikickdown ya, langsung narik... kemungkinan karena transmisi 5AT nya yang agak bolot ya.sintoni wrote:Mantap om..
Jarang2 nih ada yang ambil bensin.
Putaran mesin bawahnya enak atau malah main diatas omm?
putaran atas lebih agresif, begitu masuk 100km/jam gak berasa sampe 140km/jam dan napas masih panjang sampe 160km/jam
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5727
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Owalah kalo gt memang tipikal mobil bensin ya om.marzoochi wrote:Tarikan bawah agak lemot oom, kecuali kalo dikickdown ya, langsung narik... kemungkinan karena transmisi 5AT nya yang agak bolot ya.sintoni wrote:Mantap om..
Jarang2 nih ada yang ambil bensin.
Putaran mesin bawahnya enak atau malah main diatas omm?
putaran atas lebih agresif, begitu masuk 100km/jam gak berasa sampe 140km/jam dan napas masih panjang sampe 160km/jam
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
liatin dong 190kmh rpm brp pjs v6 3.0 nya bro
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri Mar 18, 2016 10:45
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Nice review om!
Saya sekalipun belum pernah ketemu PJS V6 di jalan, apakah sebegitu jarangnya ya?
Btw, gearboxnya persis sama yg diesel yah?
Saya sekalipun belum pernah ketemu PJS V6 di jalan, apakah sebegitu jarangnya ya?
Btw, gearboxnya persis sama yg diesel yah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 576
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Makasih oom, ga ah, limbung dah diatas 160km/jam, meskipun ga selimbung Fortuner 2015htannis wrote:liatin dong 190kmh rpm brp pjs v6 3.0 nya bro
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
btw ini mobil ada di eropa ato amrik kaga sih?
kalo ada buat bule2 yg badan nya tinggi gede apa ngga pegel ya nyetir nya..
ane aja tinggi cm 180 cm bawa ini mobil pegel.. gantung paha ny krn high floor low seating nya, posisi pedal nya jg agak aneh
kalo ada buat bule2 yg badan nya tinggi gede apa ngga pegel ya nyetir nya..
ane aja tinggi cm 180 cm bawa ini mobil pegel.. gantung paha ny krn high floor low seating nya, posisi pedal nya jg agak aneh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Bagus bgt om tulisanya . Btw Fuel cons nya ngeri bgt 1:5-6 -____- pajero v6 ini masuk belakangan ya ? ...
- apple, banana, & grape -
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Nice review om..
Anyway torsinya ini yg bengsin brp om? Di rpm brp?
Mobil 3000 cc enak dibawa lukot kyknya yah..apalagi cruising di cipali 120-140 nyaman bener..rentang torsi di kec segitu msh bisa dpt lumayan baik fcnya..
Kalau dibawa dalkot 1:5-6 hahaha lumayan juga bkn lemas dompet
Anyway torsinya ini yg bengsin brp om? Di rpm brp?
Mobil 3000 cc enak dibawa lukot kyknya yah..apalagi cruising di cipali 120-140 nyaman bener..rentang torsi di kec segitu msh bisa dpt lumayan baik fcnya..
Kalau dibawa dalkot 1:5-6 hahaha lumayan juga bkn lemas dompet
gnki diesel kopling jadi kuda harian
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Waah review yg bagus om, ipah bensin matic kalah serem ya fc nya haha
Sayang belum ada yg review Pajero NJ V6 3000cc gen 2, ane lagi tertarik banget sama mbl itu, rencana buat roadtrip2 gitu, tp masih bingung sparepart gampang ato engga
Sayang belum ada yg review Pajero NJ V6 3000cc gen 2, ane lagi tertarik banget sama mbl itu, rencana buat roadtrip2 gitu, tp masih bingung sparepart gampang ato engga
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Thu Jun 11, 2015 5:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Venturer_Yaris Cross_Vario 125
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
FCnya bikin dompet bolong
Share the driving pleasure
'10 HR15DE A/T
'21 2GD A/T
'24 XP120 Hybrid
'10 HR15DE A/T
'21 2GD A/T
'24 XP120 Hybrid
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5727
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Boros banget ya om.
CX9 3.7 V6 AWD kalo buat harian masih bisa dapat 5-6 km/l.
CX9 3.7 V6 AWD kalo buat harian masih bisa dapat 5-6 km/l.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 149
- Joined: Tue Dec 22, 2015 11:57
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
boros juga yah varian yang bensin ini. harus mnum sekelas Vpower juga lagi ya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
tapi lebih ga menyiksa dompet itu CX9... lha ente ngisinya pake pertalitesintoni wrote:Boros banget ya om.
CX9 3.7 V6 AWD kalo buat harian masih bisa dapat 5-6 km/l.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Sat May 10, 2014 13:56
- Location: Surabaya
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Mendingan punya temen malah full premium. Sampai skrg baik2 saja.FRD wrote:tapi lebih ga menyiksa dompet itu CX9... lha ente ngisinya pake pertalitesintoni wrote:Boros banget ya om.
CX9 3.7 V6 AWD kalo buat harian masih bisa dapat 5-6 km/l.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Dijalan prnah sekali ketemu pjs v6,suara tarikanya manteb ngebas2 gimana gitu,sempet ada diskon sampe 100an,apa segitu ga lakunya kok sampe bsr diskonya,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
kurang fun ya dari kesimpulannya mengingat akselerasi dan boros bahan bakarnya cuma menang suara bas doang
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
hanjrit 5kpl dah gitu pake vpower/plus pula,, nyerah masbroo hahaha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5727
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
sprint07 wrote:Mendingan punya temen malah full premium. Sampai skrg baik2 saja.FRD wrote:tapi lebih ga menyiksa dompet itu CX9... lha ente ngisinya pake pertalitesintoni wrote:Boros banget ya om.
CX9 3.7 V6 AWD kalo buat harian masih bisa dapat 5-6 km/l.
Nyesel ane isi pertalite dut, boyo banget, mending isi pertamax aja atau oplos premios.
Oh ya emang ini Pasport kompresi berapa? Atau di buku manual ada minimal octane nya ga?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Sudah terbaca kalo ga bakal laku sih pas launching...lah lawannya aja fortie 2.7 ga laku, ini malah latah kuarin yg bensin...hehehe
Impresi berkendaranya mirip ama yg dakar, cuma beda suara mesin ama tarikan ya...
Nice review om!
Impresi berkendaranya mirip ama yg dakar, cuma beda suara mesin ama tarikan ya...
Nice review om!
Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
Ane ad kolega kebetulan pny, seorg nonik tetangga d perum madcat, perna bw sekilas, buat ane nih varian keluar cm buat penuhin pasar suv luar pulau yg solar antri 1-2 hari. Scr feel berkendara cm enak d 60 ke atas, linear mantap khas bensin, suara ngebass drpd fortie bensin, d putaran bwh or stop n go sptnya girbok linglung klo dia d tenagai oleh gasoline enjin bkn si vgt yg torsi perkasa, slip segaban, bagi ane pribadi enak fortie bensin buat dalkot sby, cmiiw yah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 576
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Review Pajero Sport V6 3.0
dieselman228 wrote:Nice review om..
Anyway torsinya ini yg bengsin brp om? Di rpm brp?
Mobil 3000 cc enak dibawa lukot kyknya yah..apalagi cruising di cipali 120-140 nyaman bener..rentang torsi di kec segitu msh bisa dpt lumayan baik fcnya..
Kalau dibawa dalkot 1:5-6 hahaha lumayan juga bkn lemas dompet
Kalo liat spek nya: Tenaga puncak 216hp/6250 rpm
Torsi di 281Nm/4000 rpm oom