Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Dityyy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Jan 20, 2016 4:09

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by Dityyy »

nubie21 wrote:
ChZ wrote:Dari pengalaman saya, ada beberapa mobil yang memang sangat sensitif kalau pake BBM busuk dan tidak... One of them is Honda.

Makanya banyak yang ngeluh CR-V borosnya gak masuk akal, Jazz borosnya gile kayak 2000cc, Civic kok haus banget ya...dst.

Jangankan premium deh, Pertalite aja kerasa kok lebih borosan dibanding Pertamax. CR-V 2.4 2014 saya minum Pertalite blakangan FCnya mentok juga 7.5 - 8. Pertamax pernah sampai 8.5.

Di mobil lain bedanya gak pernah se ekstrim itu.... Bedanya itungan nol koma.
ane pengguna crv 2.4 jg suhu tp 2007, saya ngerasa mbl saya mbl saya yg udah dr lahir nenggak premium sampe odo 90k premium jd boros sangat ya terakhir 1:5.5 trus saya coba pertalite jg sama fuel coms nya tp lebih enteng, terakhir saya coba pertamax lumayan signifikan antara 1:6/1:7

saran suhu ini perlu carbon clean ga ya ? mohon perunjuknya buat nubie yg super hina ini :big_dunno:
Nahh ini nih om saya jg gt kebetulan crv 2.4 2005 fcnya rata2 cuman 1:5.7-1:6.3 rute padahal dalkot campur tol apa perlu carbon clean ya?selain itu faktor2 yg mempengaruhi apalagi ya? Gaya mengemudi saya santai aja bbm jg pertalite skg
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by sintoni »

Kalo nubie coba pertamax pertalite premium rasanya hampir ga ada beda. Hehe.

Dulu T30 sama RB1 ane oplos Premium sama Plus biar dapat oktan 92, sama sekarang pake full premium. Emang tenaga agak ngeden sedikit tapi kalo konsumsi BBM ga beda, secara lebih pake kuat dalam kota, jadi terbuang di idle aja.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by paidjho »

sintoni wrote:Kalo nubie coba pertamax pertalite premium rasanya hampir ga ada beda. Hehe.

Dulu T30 sama RB1 ane oplos Premium sama Plus biar dapat oktan 92, sama sekarang pake full premium. Emang tenaga agak ngeden sedikit tapi kalo konsumsi BBM ga beda, secara lebih pake kuat dalam kota, jadi terbuang di idle aja.
Kalo super nuwbie udah bosen ngitung2, untuk traffic kayak dijakarta pake selang kuning + vitamin. 1-2 bulan sekali ron 92/95 buat jogging.
Luar kota baru 92, bukan krn mau irit, cuman cari responsivenya aja buat take over truk di pantura sekalian marathon...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by ChZ »

nubie21 wrote:
ane pengguna crv 2.4 jg suhu tp 2007, saya ngerasa mbl saya mbl saya yg udah dr lahir nenggak premium sampe odo 90k premium jd boros sangat ya terakhir 1:5.5 trus saya coba pertalite jg sama fuel coms nya tp lebih enteng, terakhir saya coba pertamax lumayan signifikan antara 1:6/1:7

saran suhu ini perlu carbon clean ga ya ? mohon perunjuknya buat nubie yg super hina ini :big_dunno:
Saya juga sebelumnya pakai CR-V 2.4 2011... dari beli sampe odo 40k isinya premium memang boros sekali... 1:6 - 6.5 itu sudah bagus sekali... pernah sekali 7.5 karena nyetirnya memang diirit-iritin...

Sekarang pakai CR-V 2.4 2014 isi pertalite malah gak usah diirit-irit juga 1 : 7.5 gampang sekali dapetnya :mky_05:
Dityyy wrote:
Nahh ini nih om saya jg gt kebetulan crv 2.4 2005 fcnya rata2 cuman 1:5.7-1:6.3 rute padahal dalkot campur tol apa perlu carbon clean ya?selain itu faktor2 yg mempengaruhi apalagi ya? Gaya mengemudi saya santai aja bbm jg pertalite skg
Penyebab BBM boros itu ada banyak sekali... Saran saya perawatan yang harus dilakukan :
- Pemeriksaan bisa dimulai dari Filter udara... Filter udara pabrikan rata-rata umurnya pendek, 10ribu KM buang. Saran saya pakai replacement model K&N kalau memang mobilnya dipake lama (5 thn keatas)... karena nilai ekonomisnya K&N baru kerasa kalau mobilnya dipake lama soalnya gak perlu ganti-ganti filter tinggal perawatan aja... dicuci dan dikasih oli khusus. Kalo mobilnya cuma dipake maks 2-3 tahun sih gak kerasa nilai ekonomisnya K&N
- Setelah filter udara, busi juga dicek, kapan terakhir ganti busi? Kalau mau pake lama *lagi* sebaiknya coba consider busi Platinum atau Iridium...
- Injector cleaning juga diperlukan biasanya
- Bersihkan throttle body pakai bensin / carb jet...
- Bersihkan ruang bakar pakai carb jet...
- Kalau mau lebih bagus lagi bisa carbon cleaning yang model disedot... kinclong dah itu mesin.
- Ganti oli pakai yang encer... 5W-30 atau 0W-20 full syn...
- Karena mengingat mobilnya thn. 2005... mungkin valve adjustment / setel klep diperlukan.

Sisanya sangat bergantung pada rute yang ditempuh macet/tidak, cara nyetir, dan BBM yang digunakan. Kalo masih boros juga mungkin bisa cabut kutub (-) aki untuk me-reset biar ECU nya learning lagi. Biasa kalau di Bengkel resmi Honda resetnya pakai software... di reset DTC... lalu mobil digas konstan di 3000 RPM ... istilahnya adaptasi.

Biasa tanda-tanda mobil minta di carbon cleaning adalah.... tarikannya jadi berat sekali dan ngelitik meskipun pake BBM bagus.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 307
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by akbarfit »

Kalau saya bilang, sebenarnya gaya hidup lah yg menentukan irit tidaknya suatu kehidupan....

Pakai mobil A yg murah dg Pmax jelas akan lebih banyak keluar wang daripada pakai premium... Karena hitungan bensin tetaplah 1 liter untuk sekian km... Dengan perbedaan per km yg tidak banyak saat diakumulasikan sehingga price to how much we earn lah yg menentukan.

Mungkin bisa cari mobil yg lebih irit per liternya, tapi ternyata harganya lebih mahal atau pajaknya lebih mahal, sehingga cost kepemilikannya dalam 1 tahun bisa jadi mirip-mirip saja atau bahkan lebih boros....

Jadi, back to the topic, pmax dan pleminyum tetaplah secara nilai ekonomis lebih irit pleminyum imho.

Secara nilai sisi power dsbnya yg lain, tetaplah lebih oke pertamax..

Terserah kantong dan kemampuan anda yg menentukan.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
Jupiemx99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by Jupiemx99 »

Saya pakai avanza e mt 2008 selalu isi premium karena isi pertamax gak terlalu pengaruh ke kosumsi dan akselerasi.
Kalau di innova v at 2012 pake premium selalu ngelitik, tarikan berat sedikit lebih boros. Walaupun sudah servis di beres dan bilang mobil ngelitik, tetap aja mobil ngelitik.
Akhirnya isi pertamax atau shell super. Pakai pertamax kadang2 masih ngelitik kalo lagi akselerasi mendadak. Kalau pake shell hampir tidak ada ngelitik dan tarikan lebih enak. Komsumsi sedikit lebih hemat dari premium.
Tapi blm pernah diukur secara pasti, hanya berdasarkan mid.
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by vulvy8858 »

well.. depends on the car..

apansa, punya 2x, yang pertama 1500 S taun 2007, dari beli isi premium, setel tuli. ngelitik kek, belet kek, hajar.
binsin ga perna itung karena biasa pake Kijang kapsul, pas pake apansa berasa irit bener.
masa itu masi itung rupiah / km, masi belom berasa.
jaman primium bermasalah dan makan fuel pump, genti ke pertamax, sampe sekarang.
perna naker konsumsi BBM nya..
oktan 88 : dalkot 1:8-9, lurkot 1:12-13, bonus ngelitik, tarikan boyo dan mesin agak kasar
oktan 90: dalkot 1:9-10, lurkot 1:12-13, mesin agak alus tapi masi ngelitik, aksel entengan
oktan 92: dalkot ga jauh2 dari 1:10, lurkot 1:13-14, mesin alus dan tidak ngelitik, aksel sama aja ama oktan 90
oktan 95: sama aja ama oktan 92

apansa kedua, pelos metik 2012, dari beli isi oktan 92, sejak gw pake taun 2014 alias gw beli 2nd, gw isi binsin seadanya duit.
nah, di ni mubil, ga ada kata ngelitik dan ga ada kata suara mesin lebih kasar, mao diisi binsin apa juga sama aja rasanya.
cuma beda di tenaga doang, itu pun ga sejomplang yang lama. BBM dalkot ga jauh2 dari 1:8-9, lurkot ga jauh2 dari 1:12-13.

T30, selalu pertamax / shell super dari beli baru. kecuali kalo pas gw pake, isi binsin seadanya duit.
pake oktan 92 dalkot rata2 1:7-8, lurkot 1:11
pake premium dalkot rata2 1:6, lurkot 1:9. gapapa, masi setara Innova.
pake pertalite, fuel cons sama aja ama pake pertamax, cuma tenaganya enakan pertamax
oktan 95 jarang kurang dari 1:7, lurkot jarang kurang dari 1:11.
pas buka FP dan genti saringan binsin di 120rb km, masi bersih bener itu FP sama filter. tengkinya pun masi bersih.

Brio, ini mobil ampas bener kalo diisi Premium, boros luar biasa, mobil 1200cc sama apansa 1500cc fuel cons nya sama aja buat dalkot, ga perna bisa sampe 1:10. isi pertalite agak meningan, easily get 1:10, isi pertamax jarang dibawah 1:10, tapi kalo uda kena macet parah tetep aja ke angka 9.
tenaganya kalo isi primium pun luar biasa memilukan, menyebalkan, ngeselin, suara mesin doang gede bener tapi lari mah 80 80 aja, ngelitiknya bikin sakit kuping dan sakit dompet.
isi pertalite meningan dikit, ngelitik berkurang dan tenaga ada la dikit. tapi tetep aja kayak narik trolley
isi oktan 92 baru berasa meningan.
belom perna isi oktan 95, males.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by 3mul »

Pengalaman pribadi 10 taun dgn bbrp mobil injeksi: penggunaan.bensin oktan tinggi sangat terasa di luar kota, tepatnya pegunungan. Efeknya bensin lebih irit n tenaga lebih nampol. Contoh: bintaro-bandung-bintaro 350km dg shell 92 habis sekitar 30 liter. Dg shell 95 (campur 92) sekitar 25 liter aja. Kalo di dlm kota perasaan ga jauh beda.

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by brintanizer »

Honda Jazz GE8 2014 Pertamax lbh enteng drpd premium . Karena mobil ini disayang2 + route rumah - t4 kerja yg cenderung rame lancar tanpa macet fuel cons maksimal bisa nyampe 1 : 13 . Rata2 : 1: 12an lah ..

CRV RM3 2012 dengan rute yg sama cuma bisa 1:9-10 an .

Semua dihitung via mid . Wkwkwkwk
- apple, banana, & grape -
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4359
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by kunaskun »

banyakan konsumen yg salah kaprah dengan oktan tinggi (pertamax/shell/total cs). selain kayanya emang mobil 10 tahun ke belakang pasti oktan minim 90, juga seumur hidup itu mobil sudah pake premium, terus full tank sekali dua kali langsung ngarep improvement, yang ada malah makin boyo karena efek detergent dan cleaner di bbm oktan tinggi itu bekerja dulu untuk bersihkan internal mesin. nah karena makin boyo makin banyak yg komplain dan balik lagi ke premium.

padahal idealnya kalau mau rasain bedanya premium dan oktan tinggi ya, bandingin mesin kendaraan yang sama2 baru seperti yg sering media tes, jadi berasa bedanya. kalau pribadi ya kalau selama ini pake premium ya wajib carbon clean, bersihkan tangki dan filter, ganti busi2, ganti filter udara, kalau perlu ganti oli dan filternya, intinya tune up maksimal d. setelah ini beres, running full tank oktan tinggi sekali dua kali baru d isikan premium dan harusnya langsung instan berasanya kalau premium itu busuk banget. kalau ga berasa sama sekali ya berarti ruang bakar kotor sekali sampe ga ketolong dengan carbon clean atau kendaraan anda emang disetting premium jadi kasih oktan tinggi ga ngaruh.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by iwing »

tentang premium, saya pribadi hanya percaya pada spbu tertentu saja karena berdasarkan pengalaman, pernah suatu ketika mencoba isi bbm di spbu bukan biasanya, tarikan rasanya berat, tidak seperti biasanya. namun setelah isi premium di spbu biasanya, tarikan normal lagi seperti biasanya

pernah iseng bandingin premium yang sempat bikin tarikan berat tersebut dan bbm tersebut saya lihat di botol aqua, warna nya kuning agak pekat/gelap. sedangkan bbm di spbu yang biasa saya beli, warna nya kuning agak bening
nubie21
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Wed Feb 10, 2016 16:11

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by nubie21 »

iwing wrote:tentang premium, saya pribadi hanya percaya pada spbu tertentu saja karena berdasarkan pengalaman, pernah suatu ketika mencoba isi bbm di spbu bukan biasanya, tarikan rasanya berat, tidak seperti biasanya. namun setelah isi premium di spbu biasanya, tarikan normal lagi seperti biasanya

pernah iseng bandingin premium yang sempat bikin tarikan berat tersebut dan bbm tersebut saya lihat di botol aqua, warna nya kuning agak pekat/gelap. sedangkan bbm di spbu yang biasa saya beli, warna nya kuning agak bening
kalo ini setau saya dr sesepuh SM pernah baca kalo spbu yg sepi itu biasanya bensinnya "basi" beda sama sm spbu yg rame krn selalu dpt pasokan bensin baru. ntah masalah teknis nya saya blm bs menjelaskan. barangkali suhu2 disini bisa beri petunjuk
kumbanghitam
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Dec 22, 2015 9:27

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by kumbanghitam »

pendapat aye seh ada 2 hal :
1. boros atau tidaknya tergantung jarak tempuh juga gan
2. tergantung juga sama kondisi jalanan seperti macet gtu
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by tesna »

long term? pasti! kebanyakan mobil modern (terutama sistem injeksi) di dunia ini udah didesain dengan minum ron 91+ anything will below that will kill an engine prematurely. buat orang2 yang mikirnya jauh ke depan ya pasti isi ron91+

short term.. ya msh lebih hemat premium... buat yg mikirnya ngga jauh ke depan.. udah lah premium itu harusnya bensin nggak layak buat mobil jaman sekarang. ibarat kata manusia.. disuruh minum air mentah / air oplosan / air comberan / .. lama2 ya mati.....
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by thestoneroses »

saya juga tidak merasakan bedanya, pengalaman saya:
pake 92 = 1:5 dalkot, 1:6 lukot
pake 95 = 1:5 dalkot, luar kota kayaknya 1:6

pernah isi premium karena ngga ada yg jual pertamax sama aja segitu2 aja bengsinnya. semuanya di mesin m.104

sebelumnya pernah pakai whiteblock s90, sami mawon segitu2 aja

t5 lumayan irit, 1:7/8 cuman kaki saya tdk sekolah kalau bawa ini, kalau istri bilang segitu2 aja bengisnnya
Ron Asheton Forever
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by patrickstar »

trit menarik nih. menurut saya nubi tapi sotoy ini, pengetesan membandingkan preminum vs pertamax ini butuh waktu, ngga bisa dalam hitungan hari/minggu. alias semakin lama waktu pengetesan, akan semakin valid.
saya coba membandingkan sampai berbulan-bulan ( +/- 6 bln untuk premium, +/- 6 bln untuk pertamax, dengan jalur & waktu yg sama ).
kebetulan pakai gerobak lmpv, berdasar mid sbb :
- premium : 14,2 - 14,3 km/liter
- pertamax : 14,7 - 14,8 km/liter
jalur & jam kerja sama, campuran antara macetnya jakarta + lancarnya pinggiran ( pp 60 km ).
kesimpulan pakai lmpv tsb : dari segi konsumsi bbm, emang sedikit lebih irit. tapi kalo dari segi kantong, tetep aja pertamax lebih mahal ... :big_cry:. plusnya tarikan emang lebih enteng.
note : lmpv tsb terkenal mid-nya kegedean 20%-an :big_grin:
Santai dijalan, nikmati hidup.
User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 204
Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by BrianK3 »

Kalau pengalaman saya pake Total 92 biasanya lebih irit dari comparable oktan Shell dan Pertamina walau bedanya paling "cuma" 0.5 km/liter.
VW Tiguan TSI Highline 2014
Honda HR-V SE 2024
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by ChZ »

patrickstar wrote:trit menarik nih. menurut saya nubi tapi sotoy ini, pengetesan membandingkan preminum vs pertamax ini butuh waktu, ngga bisa dalam hitungan hari/minggu. alias semakin lama waktu pengetesan, akan semakin valid.
saya coba membandingkan sampai berbulan-bulan ( +/- 6 bln untuk premium, +/- 6 bln untuk pertamax, dengan jalur & waktu yg sama ).
kebetulan pakai gerobak lmpv, berdasar mid sbb :
- premium : 14,2 - 14,3 km/liter
- pertamax : 14,7 - 14,8 km/liter
jalur & jam kerja sama, campuran antara macetnya jakarta + lancarnya pinggiran ( pp 60 km ).
kesimpulan pakai lmpv tsb : dari segi konsumsi bbm, emang sedikit lebih irit. tapi kalo dari segi kantong, tetep aja pertamax lebih mahal ... :big_cry:. plusnya tarikan emang lebih enteng.
note : lmpv tsb terkenal mid-nya kegedean 20%-an :big_grin:
Hahahaha saya tau LMPV apa nih... yang MID nya ngibul luar biasa... Sampe di versi kawe delapan MID nya disunat karena takut menyesatkan :mky_07: :mky_04:

*ini serius* konon katanya saya pernah denger dari sumber terpercaya yang udah pernah nguji... MID tersebut ngitungnya kapasitas tangki nya lebih dikit dibanding aslinya... Aslinya 50 literan... MID nya kayaknya ngitung full tank 42 atau 45... makanya berasa irit banget padahal ya gak irit - irit amat.

Back to bensin oktan rendah vs oktan tinggi. Kapan hari ane dapat pencerahan setelah diskusi dengan beberapa master.

Mobil yang dari baru sudah dibiasain pake premium, kenapa begitu isi pertamax gak kerasa beda yang signifikan? Sebetulnya bukan gak beda sama sekali, tapi knock sensor nya terlanjur biasa kasih data ke ECU pengapiannya mundur sekian derajat... Pengapiannya sudah terlanjur mundur nih, jadi begitu dikasi oktan tinggi, dengan settingan timing yang sama, ECU akan nganggep itu kondisi normal-nya. Ini ibarat jatah duit makan sehari 20ribu, tapi demi biaya nikah elu berhemat jadi makan 10ribu doang di warteg walaupun gak kenyang kenyang amat. Karena biasanya makan 10ribu, begitu jatah duit makan naik jadi 30ribu, pesen makan nya jadi 15ribu, berasa cukupan karena udah terbiasa makan dengan 10ribu doang. Kecuali ibu ibu warteg nya naikin harga.

Bensin oktan tinggi itu definisinya apa? Bukan lebih sulit terbakar, tapi penundaan pengapiannya lebih baik. Ironisnya ini SALAH KAPRAH yang sering terekam di otak pengguna mobil bahwa isi bensin oktan lebih tinggi OTOMATIS mobil akan lebih kenceng. Gak. Gak blas. Berlaku buat yang suka isi 95 di mobil yang cuma require 92 atau 90, kecuali timing nya di advance via piggyback, mobil anda gak akan tambah kenceng. Kalo ini ibarat kata makan 10ribu udah kenyang di warteg, beli 20ribu pun ya tetep kenyang malah sisa... Wong gak biasa makan banyak, mubazir jadinya.

Tapi semua tergantung ke settingan pabrik... (mungkin) ada yang bisa lebih advance... tapi dari pengalaman sih isi 95 di mobil yang cuma minta 92 juga gak beda beda amat. Baik dari pengalaman maupun penelitian juga... Pakai bensin oktan tinggi angka HP dan torsinya gak beda jauh, gak sampe 1%. Dulu saya pernah baca sebuah hasil penelitian di motor GSX600... Kenaikannya PALING BAGUS itu 1HP... di motor sekelas GSX600 loh. Jadi di mobil atau motor kelas "rakyat"... Gak ada efeknya blas. Wong di motor sport aja gak ngefek.

Bukan berarti kalau udah biasa premium MUTLAK gak bisa maju lagi timingnya... Semua tergantung seberapa cepet si ECU mobil adapt sama tenaganya. Paling kentara kalau mobil dibejek terus-menerus, adapt nya akan lebih cepet, karena dia detect di RPM tinggi knocking, di advance lagi timingnya. Terkadang bisa sampe 1x - 2x fulltank baru kerasa bedanya. Disini orang kadang terlalu buru-buru nge-judge "ah pake premium ama pertamak gak beda, ya pake premium aja deh". Salah kaprah banget.

Coba aja mobil yang dari baru dibiasain pake pertamax atau pertalite deh... Isi premium kenapa langsung gak enak, nglitik, ngeloss tenaganya, dst? Ya karena timingnya terlalu advance... Dia begitu detect knocking langsung mundurin timing. Kalo ini kondisinya dibalik, biasa di warteg habisnya 20ribu, tapi kebetulan lagi tekor cuma punya duit 10ribu mana setoran dari bokap telat... Otomatis ada yang kita kurang - kurangin....

based on pengalaman pribadi dan theory yang ada... gak termasuk soal jajan di warteg nya :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by PRBS »

BrianK3 wrote:Kalau pengalaman saya pake Total 92 biasanya lebih irit dari comparable oktan Shell dan Pertamina walau bedanya paling "cuma" 0.5 km/liter.
saya juga sejak 2016 pakai total 92 nih.. (sebelumnya cap kerang). overall lebih enteng





cuma, pombensin total ditempat saya sepi mulu. takutnya bensinnya basi deh. mungkin ga si?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by ilhami »

Yang jelas pakai bensin premium kalau mesin sudah ngelitik, timing otomatis mundur, hasilnya itu sama aja: tenaga hilang = akselerasi bolot. Nggak pakai angka-angka lagi tuh, bisa mandek kalau di tanjakan.
Oktan tinggi berarti kita bisa mendapat efisiensi thermal lebih baik, sehingga lebih efisien (irit). Tapi syaratnya ya kondisi ideal yaitu rajin pakainya. kalau biasa pakai premium, knalpot berjelaga, agak mampet, busi kotor, injektor mampet, klep kotor, mobil sudah tua, trus isi pertamax berharap tenaga ekstra spontan, ya nanti dulu.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by solar_kerosen »

kalau mobilnya sudah rekomen ron 90, pastinya lebih irit pake pertamax selain mesin gak knocning tenaga juga lebih terasa tarikannya di rpm bawah selisihnya bisa sampe 30 %
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by benteng »

ChZ wrote: Back to bensin oktan rendah vs oktan tinggi. Kapan hari ane dapat pencerahan setelah diskusi dengan beberapa master.

Mobil yang dari baru sudah dibiasain pake premium, kenapa begitu isi pertamax gak kerasa beda yang signifikan? Sebetulnya bukan gak beda sama sekali, tapi knock sensor nya terlanjur biasa kasih data ke ECU pengapiannya mundur sekian derajat... Pengapiannya sudah terlanjur mundur nih, jadi begitu dikasi oktan tinggi, dengan settingan timing yang sama, ECU akan nganggep itu kondisi normal-nya.

Bensin oktan tinggi itu definisinya apa? Bukan lebih sulit terbakar, tapi penundaan pengapiannya lebih baik. Ironisnya ini SALAH KAPRAH yang sering terekam di otak pengguna mobil bahwa isi bensin oktan lebih tinggi OTOMATIS mobil akan lebih kenceng. Gak. Gak blas. Berlaku buat yang suka isi 95 di mobil yang cuma require 92 atau 90, kecuali timing nya di advance via piggyback, mobil anda gak akan tambah kenceng.

Tapi semua tergantung ke settingan pabrik... (mungkin) ada yang bisa lebih advance... tapi dari pengalaman sih isi 95 di mobil yang cuma minta 92 juga gak beda beda amat. Baik dari pengalaman maupun penelitian juga... Pakai bensin oktan tinggi angka HP dan torsinya gak beda jauh, gak sampe 1%. Dulu saya pernah baca sebuah hasil penelitian di motor GSX600... Kenaikannya PALING BAGUS itu 1HP... di motor sekelas GSX600 loh. Jadi di mobil atau motor kelas "rakyat"... Gak ada efeknya blas. Wong di motor sport aja gak ngefek.

Bukan berarti kalau udah biasa premium MUTLAK gak bisa maju lagi timingnya... Semua tergantung seberapa cepet si ECU mobil adapt sama tenaganya. Paling kentara kalau mobil dibejek terus-menerus, adapt nya akan lebih cepet, karena dia detect di RPM tinggi knocking, di advance lagi timingnya. Terkadang bisa sampe 1x - 2x fulltank baru kerasa bedanya. Disini orang kadang terlalu buru-buru nge-judge "ah pake premium ama pertamak gak beda, ya pake premium aja deh". Salah kaprah banget.

Coba aja mobil yang dari baru dibiasain pake pertamax atau pertalite deh... Isi premium kenapa langsung gak enak, nglitik, ngeloss tenaganya, dst? Ya karena timingnya terlalu advance... Dia begitu detect knocking langsung mundurin timing.

based on pengalaman pribadi dan theory yang ada... gak termasuk soal jajan di warteg nya :ngacir:
Saat piston berisi uap bahan bakar dan dikompress full, disebut TMA. busi menyala sesaat atau beberapa derajat ( di gir timing ) sebelum kompress full, salah satunya tergantung bahan bakarnya / RON, dan juga RPM mesin.

Jadi balik ke pertanyaan TS, coba aja mixed dulu 50 % campur pertamax, catat kilometernya.

Kalau saya beda harga 10-15 % pertamax vs premium, mending beli di spbu yang literan dispensernya tepat (S=+ll). Daripada beli premium di spbu yang literannya ga tepat...
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by solar_kerosen »

timor DOHC aka mazda 323 , kalau premium dapatnya 4-5 km/l kalau pertamax 1l / 6-7 km bonus lagi suara mesin turun 40 % ditambah akslerasi lebih baik di putaran bawah semua tergantung teknlogi dan kebutuhan mesin. sama kaya oli mesin minta 10w40 dikasih 20w50 alamat katup gampang jebol dan tarikan loyo
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
memphisraines
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by memphisraines »

ane pakai r3 agustus 2013 - maret 2016 sejak :
[*]km 0 hingga 40rb --> premium --> angka di mid paling tinggi 21 kpl
[*]km 40rb hingga 46rb --> pertamax --> angka di mid paling tinggi 24 kpl

NB : term & condition apply --> belajarlah untuk sabar & memberikan jalan untuk bus ekonomi, bus malam dan truk antar propinsi serta papanjah..maka akan irit dengan sendirinya, apapun bahan bakar tunggangan anda :big_slap:
whatever your flag..we share the same road..
shoepatu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: Wed Sep 24, 2014 15:13

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by shoepatu »

PRBS wrote:
BrianK3 wrote:Kalau pengalaman saya pake Total 92 biasanya lebih irit dari comparable oktan Shell dan Pertamina walau bedanya paling "cuma" 0.5 km/liter.
saya juga sejak 2016 pakai total 92 nih.. (sebelumnya cap kerang). overall lebih enteng

cuma, pombensin total ditempat saya sepi mulu. takutnya bensinnya basi deh. mungkin ga si?
Bisa basi ya? Gw jg pake total 92


Lebih halus and ga jerky perpindahan gigi.

jd ga gampang stall mobil manual, yg belajar manual, pake total 92 aja hahahhaa