Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
@b8099 :
Kalo pake banyak bisa lgs beli dari distronya, beli se dus dikasih diskon lumayan ama mereka
Hub 081901119220 / 083811688699 - Anton
Note :
Ane bukan seles Redline, tapi hanya sharing data aja
@sintoni :
Kalo sy pribadi utk tuang oli 2T ke bensin agak ragu, since oli 2T biar low ash tapi tetep ada ash nya, apa lama2 ga bikin endapan di elektroda busi ya
Pertamina sih ada bikin oli SAE 10 / 20 yg ash free oil (non additized), tapi harus beli 1 drum
Kalo pake banyak bisa lgs beli dari distronya, beli se dus dikasih diskon lumayan ama mereka
Hub 081901119220 / 083811688699 - Anton
Note :
Ane bukan seles Redline, tapi hanya sharing data aja
@sintoni :
Kalo sy pribadi utk tuang oli 2T ke bensin agak ragu, since oli 2T biar low ash tapi tetep ada ash nya, apa lama2 ga bikin endapan di elektroda busi ya
Pertamina sih ada bikin oli SAE 10 / 20 yg ash free oil (non additized), tapi harus beli 1 drum
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
kalo beli banyak kira2 disimpen 6 bulan dan habis dalam 12bulan, masih aman kah om turbo?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Mau Aman simpan di Post Satpam ommontirangin wrote:kalo beli banyak kira2 disimpen 6 bulan dan habis dalam 12bulan, masih aman kah om turbo?



-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Coba ane ajuin dl yak om,... Klo lolos lmyn nihTurboman wrote:@b8099 :
Kalo pake banyak bisa lgs beli dari distronya, beli se dus dikasih diskon lumayan ama mereka
Hub 081901119220 / 083811688699 - Anton
Note :
Ane bukan seles Redline, tapi hanya sharing data aja
@sintoni :
Kalo sy pribadi utk tuang oli 2T ke bensin agak ragu, since oli 2T biar low ash tapi tetep ada ash nya, apa lama2 ga bikin endapan di elektroda busi ya
Pertamina sih ada bikin oli SAE 10 / 20 yg ash free oil (non additized), tapi harus beli 1 drum

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Bagaimana kalau kita menggunakan oli 2t ya pak untuk pelumasan. Sedangkan setelah beberapa pemakaian, baru bensin diberi aditif yg bersifat sebagai deterjen. Menurut teori bisa mungkin ya pak untuk membetsihkan residu2 bekas oli 2t?Turboman wrote:@b8099 :
Kalo pake banyak bisa lgs beli dari distronya, beli se dus dikasih diskon lumayan ama mereka
Hub 081901119220 / 083811688699 - Anton
Note :
Ane bukan seles Redline, tapi hanya sharing data aja
@sintoni :
Kalo sy pribadi utk tuang oli 2T ke bensin agak ragu, since oli 2T biar low ash tapi tetep ada ash nya, apa lama2 ga bikin endapan di elektroda busi ya
Pertamina sih ada bikin oli SAE 10 / 20 yg ash free oil (non additized), tapi harus beli 1 drum
Menurut opini saya, oli dyno 2t kan habis bs habis terbakar ya pak? Kan sifatnya organik. Hehe. Cmiiw pak turbo.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Monggo dicoba ajasintoni wrote:
Bagaimana kalau kita menggunakan oli 2t ya pak untuk pelumasan. Sedangkan setelah beberapa pemakaian, baru bensin diberi aditif yg bersifat sebagai deterjen. Menurut teori bisa mungkin ya pak untuk membetsihkan residu2 bekas oli 2t?
Menurut opini saya, oli dyno 2t kan habis bs habis terbakar ya pak? Kan sifatnya organik. Hehe. Cmiiw pak turbo.
Nanti setelah BBM habis 1 tangki coba di cek warna elektroda busi-nya, kalau misalnya jadi agak menghitam / banyak endapan maka jangan diteruskan
kalau saya sih dulu utk pelumasan Cyl Head mesin Petrol kasih :

* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Wah boleh pak, ini aditif khusus lubrikasi untuk didalam sistem pembakaran ya pak.Turboman wrote:Monggo dicoba ajasintoni wrote:
Bagaimana kalau kita menggunakan oli 2t ya pak untuk pelumasan. Sedangkan setelah beberapa pemakaian, baru bensin diberi aditif yg bersifat sebagai deterjen. Menurut teori bisa mungkin ya pak untuk membetsihkan residu2 bekas oli 2t?
Menurut opini saya, oli dyno 2t kan habis bs habis terbakar ya pak? Kan sifatnya organik. Hehe. Cmiiw pak turbo.
Nanti setelah BBM habis 1 tangki coba di cek warna elektroda busi-nya, kalau misalnya jadi agak menghitam / banyak endapan maka jangan diteruskan
kalau saya sih dulu utk pelumasan Cyl Head mesin Petrol kasih :
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
om turbo,Turboman wrote:Kalo ane skg sementara setop pake Olsam, krn skg pakai additive yg kemampuan nurunin HFRR nya setara Olsam rasio 1:200
@baruhut :
Kalau kita discuss dgn pak Bebin, diskusinya seputar strategi pemasaran produk otomotif..........itu field beliau
heheheheh
bisa tolong di infokan additive apakah gerangan?
thanks
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
mobil bensin (taruna efi) tak cekokin oli 2T (castrol 2T) dg perbandingan 1: 1000 (khusus pemakai premium saja)
# mesin lebih halus tapi tenaga agak ngempos (saat awal pemakaian) .. setelahnya tenaga kembali (alias ngemposnya ngilang)
klo pertamax + oli 2T ada efek negatifnya (tidak disarankan) ..
# mesin lebih halus tapi tenaga agak ngempos (saat awal pemakaian) .. setelahnya tenaga kembali (alias ngemposnya ngilang)
klo pertamax + oli 2T ada efek negatifnya (tidak disarankan) ..
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Sep 13, 2015 10:52
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
Masih new bie ijin minyak... Ya suhu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
d4534mi wrote:Masih new bie ijin minyak... Ya suhu
selamat membaca om.........

2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 618
- Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
misi om2 sekalian ... mau nanya nih klo pake oli 2T yang labelnya masih FB oke ga yah ?
soalnya nyari yang FC susah amat ... klo kodenya JASO FC udah pasti oli 2T yah, bukan oli mesin 2T kan ?
thanks
soalnya nyari yang FC susah amat ... klo kodenya JASO FC udah pasti oli 2T yah, bukan oli mesin 2T kan ?
thanks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: RE: Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
Ngga susah susah amat kok om.. Ada Castrol Activ 2T, ada Evalube 2T, ada pertamina enviro..dll..Haagendasz wrote:misi om2 sekalian ... mau nanya nih klo pake oli 2T yang labelnya masih FB oke ga yah ?
soalnya nyari yang FC susah amat ... klo kodenya JASO FC udah pasti oli 2T yah, bukan oli mesin 2T kan ?
thanks
Iya kalo Fc itu 2T. Kalo 4T itu JASO MA untuk kopling basah, JASO MB untuk kopling kering. CMIIW ya.
Up lagi ah.. secara, ane baru aplikasi oli 2T di 4D56 N/A dgn dosis 100cc untuk 65 liter solar. Takut kebanyakan. Kalo kata teman saya sih, setengah sloki olsam vespa. Dan disarankan selang seling. Tangki skrg pake, besok refuel ngga pake. Begitu selang selingnya.
Pertinyiinyi: Wajarkah di ujung knalpot belakang jadi ada jelaga? Saya colek pakai jari, jadi ada jelaga. Bbm masi pakai solar biasa dan nori diesel. Saat hanya pakai solar+nori diesel saja, ujung knalpot kering ngga basah blas atau jelaga pun nggada.
Kedua, dosis tsb apakah terlalu sedikit?
Ketiga, apakah benar diselang seling? Apa tujuannya?
Trima kasih yg berkenan menjawab..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
Up.. up.. ahh... sundul..
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
Ide menambah oli 2T kedalam bbm solar, karena solar sekarang lebih sedikit mengandung bahan pelumas. Pernah inget pengalaman sebelum tahun 2000, sehabis kutak katik mesin, membersihkan tangan dengan solar, rasanya solar di tangan agak licin seperti bercampur oli.
Solar sekarang lebih tidak "berpelumas" agak mirip dengan minyak tanah bila dipegang. maka di tambahlah oli 2T kedalam bbm, untuk membantu pelumasan injector.
Pengalaman campur racun solar + oli 2T sepanjang 5000 km, tidak ditemui gangguan di injector/nosel bbm, kalau knalpot sih tetap ada jelaganya sebelum dan sesudah campur oli 2T.
Lebih baik pilih oli 2T yang low ash, ane sih prefer yang mineral, dosis oli 2T sedikit lebih baik daripada tidak ada. dosis awal mula 120 cc per 40 liter solar, pemakaian kontinyu, mungkin berikutnya pemakaian akan dicoba selang seling, tapi tetap ditambahkan racun solar macam redline atau crc.
semoga membantu.
Solar sekarang lebih tidak "berpelumas" agak mirip dengan minyak tanah bila dipegang. maka di tambahlah oli 2T kedalam bbm, untuk membantu pelumasan injector.
Pengalaman campur racun solar + oli 2T sepanjang 5000 km, tidak ditemui gangguan di injector/nosel bbm, kalau knalpot sih tetap ada jelaganya sebelum dan sesudah campur oli 2T.
Lebih baik pilih oli 2T yang low ash, ane sih prefer yang mineral, dosis oli 2T sedikit lebih baik daripada tidak ada. dosis awal mula 120 cc per 40 liter solar, pemakaian kontinyu, mungkin berikutnya pemakaian akan dicoba selang seling, tapi tetap ditambahkan racun solar macam redline atau crc.
semoga membantu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
Trima kasih om benteng..
Kenapa perlu diselang seling? Apakah mencegah penimbunan kerak atau jelaga di mesin?
Tentang jelaga, ini sedikit concern saya, karena sebelum pakai oli 2T, knalpot kering kerontang. No jelaga. Saya pakai solar/biosolar (whatsoever, saya tidak menciri setiap refueling) dengan tambahan Norival Diesel (aditif berbahan herbal murni) selama 3 tahun berjalan ini. Apakah "tambahan" hasil jelaga adalah akibat pemakaian oli 2T selama 200an km ini?
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
Kenapa perlu diselang seling? Apakah mencegah penimbunan kerak atau jelaga di mesin?
Tentang jelaga, ini sedikit concern saya, karena sebelum pakai oli 2T, knalpot kering kerontang. No jelaga. Saya pakai solar/biosolar (whatsoever, saya tidak menciri setiap refueling) dengan tambahan Norival Diesel (aditif berbahan herbal murni) selama 3 tahun berjalan ini. Apakah "tambahan" hasil jelaga adalah akibat pemakaian oli 2T selama 200an km ini?
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
1.selama ini pakai aditif langsung dicampur dengan oli 2T, memang tidak dirasa ada sumbatan di nosel,VanzMatic wrote:Trima kasih om benteng..
Kenapa perlu diselang seling? Apakah mencegah penimbunan kerak atau jelaga di mesin?
Tentang jelaga, ini sedikit concern saya, karena sebelum pakai oli 2T, knalpot kering kerontang. No jelaga. Saya pakai solar/biosolar (whatsoever, saya tidak menciri setiap refueling) dengan tambahan Norival Diesel (aditif berbahan herbal murni) selama 3 tahun berjalan ini. Apakah "tambahan" hasil jelaga adalah akibat pemakaian oli 2T selama 200an km ini?
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
lalu next dicoba selang seling, pertama pakai isi full tank + aditif, ke dua + 2 T, maksudnya mau ngetes apakah nosel jadi tersumbat kalau pakai oli 2T, kalau memang nosel agak tersumbat kan pengisian berikutnya tambah aditif.
2.Kekuatiran Penimbunan kerak sih ga ada, karena dosis ini jauuuh lebih sedikit dibanding pemakaian oli 2T dimotor dan kedua luas permukaan piston mesin diesel jauh lebih besar dari piston sepeda motor. Kalau masalah jelaga, coba aja colek knalpot mesin diesel yang tanpa norival dan tanpa oli 2T, pasti ada jelaganya.
3.Coba aja bro, next isi solar jangan pakai norival dan oli 2T, 2x full tank, nanti ketauan masalah ada jelaga atau tidak fi knalpot.
semoga membantu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
Matursuwun om Benteng atas penjelasannya. Saya sdg pakai komposisi biosolar+Nori diesel+oli 2T. Efeknya, tarikan lebih enteng lagi. Bikin kaki tambah nepsong aja bejek gas, dari lampu merah tau tau aja udah 90kpj..
Suara mesin juga jadi tambah haluus lagi.. malah skrg jadi ketauan kalau fanbelt nnya butuh belt dressing karena halusnya... waakakak...
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
Suara mesin juga jadi tambah haluus lagi.. malah skrg jadi ketauan kalau fanbelt nnya butuh belt dressing karena halusnya... waakakak...
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
masihkah ada yang rutin mencampur oli 2T dengan diesel? lagi mau coba ikutan campur oli 2T dengan dexlite
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
Pas liat thread ini naek di front page portal SM, langsung penasaran. Googling sedikit, keluar ini:
http://www.fuelexpert.co.za/2-stroke-oi ... -study.php
Intinya dia mengetes diesel standar eropa, diesel standar Afrika Selatan dicampur oli 2 tak, efek terhadap keausan dan injektor, pake metode HFFR / ASTM D6079 dan SLBOCLE /ASTM D6078, & Sasol Common Rail Injector Fouling test di atas dynamoter.
Langsung liat di paling bawah, kesimpulannya:
1. At a 200:1 volumetric blending ratio, 2-stroke oil has a negligible effect on diesel lubricity.
2. All diesel fuel sold in South Africa has to meet the SANS 342:2014 lubricity specification to ensure the proper protection of diesel fuel pumps and injector systems.
3. The low sulphur diesel products sold by Sasol contain lubricity improver additives which are far more effective than 2-stroke oil.
4. At a 200:1 volumetric blending ratio, 2-stroke oil has a negligible effect on diesel cetane number.
5. No measurable effect on all other regulated diesel properties was measured at a 200:1 dose of 2-stroke oil in diesel.
6. 2-stroke oil can contain around 16ppm zinc, or higher depending on the formulation and batch.
7. Trace amounts of zinc in diesel are known to rapidly accelerate injector nozzle deposits.
8. Engine test results show that a 200:1 blend of 2-stroke oil in diesel results in a 2% loss of engine power in a 16 hour test due to injector fouling, a risk that would apply to any common rail diesel engine, but could also worsen fouling in older engines.
9. Vehicles fitted with a diesel particulate filter (DPF) in the exhaust system could experience reduced DPF life due to the collection of ash and metal based contaminants in the filter over time with the continued use of 2-stroke oil.
http://www.fuelexpert.co.za/2-stroke-oi ... -study.php
Intinya dia mengetes diesel standar eropa, diesel standar Afrika Selatan dicampur oli 2 tak, efek terhadap keausan dan injektor, pake metode HFFR / ASTM D6079 dan SLBOCLE /ASTM D6078, & Sasol Common Rail Injector Fouling test di atas dynamoter.
Langsung liat di paling bawah, kesimpulannya:
1. At a 200:1 volumetric blending ratio, 2-stroke oil has a negligible effect on diesel lubricity.
2. All diesel fuel sold in South Africa has to meet the SANS 342:2014 lubricity specification to ensure the proper protection of diesel fuel pumps and injector systems.
3. The low sulphur diesel products sold by Sasol contain lubricity improver additives which are far more effective than 2-stroke oil.
4. At a 200:1 volumetric blending ratio, 2-stroke oil has a negligible effect on diesel cetane number.
5. No measurable effect on all other regulated diesel properties was measured at a 200:1 dose of 2-stroke oil in diesel.
6. 2-stroke oil can contain around 16ppm zinc, or higher depending on the formulation and batch.
7. Trace amounts of zinc in diesel are known to rapidly accelerate injector nozzle deposits.
8. Engine test results show that a 200:1 blend of 2-stroke oil in diesel results in a 2% loss of engine power in a 16 hour test due to injector fouling, a risk that would apply to any common rail diesel engine, but could also worsen fouling in older engines.
9. Vehicles fitted with a diesel particulate filter (DPF) in the exhaust system could experience reduced DPF life due to the collection of ash and metal based contaminants in the filter over time with the continued use of 2-stroke oil.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Apr 17, 2018 4:44
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Pajero Sport
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
Hari ini saya coba isi full tank 40 liter solar (ditangki masih ada sisa sekitar 25L) kemudian dicampur 100ml PSDK dan sekitar 50ml oli 2T jaso FC merk Castrol.
Siang hari ketika di isi belum seberapa significant untuk tarikannya..
Dan ketika sore menjelang malam ,baru tarikan terasa mantap sekali dan bunyi mesin sangat halus..
Serta stater ceoat sekali hidup mesinnya..
Bahkan menurut saya untuk tarikannya lebih terasa dibandingkan pakai Dex.
Mobil Pajero 2012 exceed.
Ini baru pertama kali nya saya isi dengan oli 2T.
(Sata Bukan sales Castrol maupun PSDK)
Pertanyaan Saya
Apakah di pertengahan tahun 2019 ini masih ada senior2 disini yang masih menggunakan Oli 2T sebagai pelumas Solar nya.. jika ada mohon bimbingannya.. apakah bole dipakai rutin setiap isi Solar..
Siang hari ketika di isi belum seberapa significant untuk tarikannya..
Dan ketika sore menjelang malam ,baru tarikan terasa mantap sekali dan bunyi mesin sangat halus..
Serta stater ceoat sekali hidup mesinnya..
Bahkan menurut saya untuk tarikannya lebih terasa dibandingkan pakai Dex.
Mobil Pajero 2012 exceed.
Ini baru pertama kali nya saya isi dengan oli 2T.
(Sata Bukan sales Castrol maupun PSDK)
Pertanyaan Saya
Apakah di pertengahan tahun 2019 ini masih ada senior2 disini yang masih menggunakan Oli 2T sebagai pelumas Solar nya.. jika ada mohon bimbingannya.. apakah bole dipakai rutin setiap isi Solar..
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sun Aug 08, 2021 14:29
- Location: jkt
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
nyimak, biar naik thrwadnya...
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Dec 15, 2009 9:26
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
sudah ga ada update beneran ya thread ini .... penasaran soalnya