Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
mank livina dah ada keyless entrynya?fusionkit wrote:Mau tanya yg dimaksud dgn keyless entry itu apa?
gue tanya ke nissan kelapa gading dan mereka bilang juga ngak ngerti, apa alarm? kayaknya bukan, utk ignition tanpa kunci? waktu TD kayaknya pake kunci.. apaan yah?
ada yg tau?
ya itu mungkin sort of alarm gitu deh.. ato pencetan yg ada di kuncinya.. jadi tinggal dipencet (gak perlu puter kunci)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Apr 02, 2007 22:05
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
emang si innova itu truck based. gua ga gitu tau soal sasis dll. kalo SUV itu basenya apa? koq di baris 3, bisa dibikin rata waktu bangku dilipat. apakah kalo bangku ke-3 innova dibikin model lipat ke depan, akan lebih bagus atau engga?skullkid wrote:itu udah maksimal bro bwat innova,, coss innova tuh truck base.. jadinya ruang untuk baris ke tiga dilipetnya ke atas,, pajero yg lama diilipetnya ke atas juga, kalo jeep2 yg laen gak tau deh.. gara2 gak ada ruang bwat bawahnya kali yah..hunter wrote:nah ini yg gua paling gak suka dr innova. bangku baris 3 kalo dilipat kayak gitu. payah banget. pdhal kalo innova mau kreatif dikit, gua yakin tuh bangku2 bisa diakalin spy efisien penataannya baik waktu terbuka atau tertutup.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
kemarin website nissan down bukan krn lagi diupdate. sebelum down juga kebetulan gua sdh ke websitenya, dan livina sdh ada full informationnya. wak tu down, message yg dibalikin adl karena bandwidth overload.ifmarch wrote:Di website http://www.nissan.co.id > vehicles udah ada lho info Livina lengkap.
Pantesan kemarin website issan down melulu, rupanya lagi update website ya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Sat Jun 18, 2005 2:36
Tadi Malem saya lihat Livina 1.5M/T, dan ada beberapa kekurangan yg sangat vital yg sangat saya sayangkan shg jadi pertimbangan berat bagi saya utk beli mobil ini, yaitu:
1) Dua2nya spionnya manual
gak tau utk yg Tipe 1.5 A/T, Kekurangan yg sanga Fatal tapi mungkin bisa di upgrade, kata sales-nya sih bisa diganti elektrik, tempat & assesorisnya sudah disediakan oleh nissan, tapi harganya blm tau.
2) Dua2nya utk mengatur kemiringan sandaran jok baris ke-2 atau ke-3 caranya-nya menggunakan tarikan di dekat headrest, dan aku coba melakukan hal itu dan ternyata sangat susah sekali (sama sekali gak user friendly), itu yg melakukan saya, laki2, masih muda dan sering utak atik mobil, istriku atau ortu-ku, FATAL!!! dan gak bisa diganti
Dan sepertinya itu terjadi di semua model.
3) Dua2-nya Baris ke 3 gak ada headrest-nya, tapi ini gak begitu fatal sih, tapi kalau sering di muatin penumpang dewasa utk perjalanan jauh jadi penting juga. Utk versi A/T 1.5 gak tau ada headrest-nya apa gak.
Kalo lain2nya sih OK banget! ahh... jadi sedih....
1) Dua2nya spionnya manual

2) Dua2nya utk mengatur kemiringan sandaran jok baris ke-2 atau ke-3 caranya-nya menggunakan tarikan di dekat headrest, dan aku coba melakukan hal itu dan ternyata sangat susah sekali (sama sekali gak user friendly), itu yg melakukan saya, laki2, masih muda dan sering utak atik mobil, istriku atau ortu-ku, FATAL!!! dan gak bisa diganti

Dan sepertinya itu terjadi di semua model.
3) Dua2-nya Baris ke 3 gak ada headrest-nya, tapi ini gak begitu fatal sih, tapi kalau sering di muatin penumpang dewasa utk perjalanan jauh jadi penting juga. Utk versi A/T 1.5 gak tau ada headrest-nya apa gak.
Kalo lain2nya sih OK banget! ahh... jadi sedih....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Mon Apr 02, 2007 6:59
kalo menurut aku sih untuk narik sandaran jok kedua gampang2 aja sih. nggak susah sama sekali.TFK wrote:Tadi Malem saya lihat Livina 1.5M/T, dan ada beberapa kekurangan yg sangat vital yg sangat saya sayangkan shg jadi pertimbangan berat bagi saya utk beli mobil ini, yaitu:
1) Dua2nya spionnya manualgak tau utk yg Tipe 1.5 A/T, Kekurangan yg sanga Fatal tapi mungkin bisa di upgrade, kata sales-nya sih bisa diganti elektrik, tempat & assesorisnya sudah disediakan oleh nissan, tapi harganya blm tau.
2) Dua2nya utk mengatur kemiringan sandaran jok baris ke-2 atau ke-3 caranya-nya menggunakan tarikan di dekat headrest, dan aku coba melakukan hal itu dan ternyata sangat susah sekali (sama sekali gak user friendly), itu yg melakukan saya, laki2, masih muda dan sering utak atik mobil, istriku atau ortu-ku, FATAL!!! dan gak bisa diganti
Dan sepertinya itu terjadi di semua model.
3) Dua2-nya Baris ke 3 gak ada headrest-nya, tapi ini gak begitu fatal sih, tapi kalau sering di muatin penumpang dewasa utk perjalanan jauh jadi penting juga. Utk versi A/T 1.5 gak tau ada headrest-nya apa gak.
Kalo lain2nya sih OK banget! ahh... jadi sedih....
kalo headrest di baris ketiga emang gak ada tapi bisa ditambahin. lobangnya udah ada tapi ketutup sama cover jok.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Guys, memang saya dulu miliki saham ASII itu. Sebab kan jaman dulu kijang / Avanza etc. tiada 2nya. Kompetitor juga belum keluarkan alternative yang lebih menarik.
Tapi saya makin lama pakai mobil dan makin sering pelajari mobil, saya makin pikir " Wah ! Itu mobil TAM yang laris manis apakah bagus DAN MURAH atau BAGUS dan harga WAJAR, ATAU cuman MURAH doang ? Dan kesimpulan saya setelah dengar banyak masukan, adalah yang terakhir. " Jadi saya mulai pikir, wah, begitu ada sainggan yang masukan model lebih enak dan harga ngak beda jauh, apa yang akan terjadi ? "
Pula saya kalau invest saham, selalu cuman pikir berapa faktor :
1. Manajemen bisa di percaya ? Untuk ASII I think so. Bukan TAM lo, Astra kan conglomerate dengan adanya bisnis agro dan yang lain. TAM malah Astra cuman miliki 5% saham TAM kalau ngak salah. Jadi mayoritas model mobil yang di jual di sini tergantung TAM dan Toyota Motor Jepang, bukan ASII. ASII cuman distributor doang yang ngak ada power...
2. Keuanggan OK ? Untuk ASII sih bolehlah, meskipun ada perusahaan lain yang jauh lebih sehat.
3. Nah, ini yang paling penting selain integritas manajemen. TREND ke depan gimana ?
Nah, saat saya dengar kabar Nissan akan keluarkan senjata untuk mencoba ambil mahkota TAM, saya mulai perhatikan, sebab sebagai pemilik Serena dan dengar komentar pemakai X-Trail, saya sadar Nissan di Indonesia cenderung jual mobil enak dan value for money. Tapi saat itu saya masih pegang saham ASII.
Then, saat saya lihat gambar sketsanya dan lihat website Nissan Livina versi China, langsung saya pikir " Saatnya re-evaluasi ulang dominasi TAM untuk masa depan. " Meskipun manajemen ASII terkenal professional dan bagus, tapi kalau TAM lain urusan. Sudah banyak komentar tentang Avanza / Xenia dan juga Innova. Saya ngak mau lagi cerita, U guys sudah tau lah.... Sebenernya yang lebih berperan adalah TAM atau Toyota Jepang saya tidak tau, dan juga so what ? No difference anyway...
Dan saat itu saya jual mayoritas ASII saya dan tinggal sedikit. Mumpung juga lagi ada peluang invest di bidang lain. Dan setelah test drive Livina di China, saya langsung yakin, peta mobil di Indonesia akan segera berobah... So saya sejak itu sudah jual 100% ASII saya. Jadi saya sudah tidak ada lagi saham ASII... ENOL...
Sejak itu saya yakin dominasi TAM akan segera berakhir, bukan artinya mereka akan jadi kecil, tapi setidaknya mereka tidak akan lagi jadi jagoan gede yang sangat PD, dan dengan mobil macam Livina yang saya sudah rasakan di China, saya sudah prediksi banyak orang Indo akan jatuh cinta ama mobil ini.... Indentnya akan sangat panjang .... Inggat post saya yang lama itu di forum ini jauh jauh hari ?....
Pula dunia mobil tetap tidak stabil banding sector lain. Economy buruk dikit penjualan mobil langsung jatuh, jadi sejak itu saya pikir, ngak mau lagi beli ASII atau saham mobil lainnya, terlalu sulit untuk di prediksi masa depannya. Bangkrut si ngak mungkin, tapi curva penjualannya tidak akan seperti dulu naik terus tajam. Dengan masuknya mobil macam Livina, SX4, Grand Vitara etc yang sangat baik dan value for money, saya sudah yakin ASII dan TAM tidak lagi bisa menikmati status dulu yang nyaris main sendiri tanpa perlawanan kuat....
Sebab sekarang sudah muncul mobil BAGUS DAN MURAH, atau BAGUS dan harga WAJAR tergantung pandang masing masing. Dan saya yakin mereka yang terlalu tergantung sukses mereka cuman mendasarkan ama MURAH doang nasipnya akan berobah.... Konsumen kan ngak bego, bisa rasakan sendiri akhirnya .....
Masa depan mungkin ASII bisa layak lagi di beli menurut saya, tapi FOR NOW, saya hindarkan dulu. Sebab saya sendiri saat ini sangat berasa, di harga 100-200 juta, ngak ada 1 mobil pun di antara line-up mobil yang di jual TAM / ADM etc. yang saya mau miliki meskipun duit saya cukup. Sudah ada berapa alternative yang lebih menarik.
Sorry untuk orang ASII / TAM, jangan marah ama saya. Justru dari pada kesal ama saya, mending berbenah diri dan lawan sainggan baru dengan produk baru yang lebih cengli. Jangan asal MURAH kirain konsumen akan nelan terus dan assumsi kompetitor tidak akan ada reaksi....
Saya di bidang apa ? Pokoknya bukan dunia otomotif. Thats why saya bukan expert dalam hal mesin mechanics. Tapi dalam hal model mana yang lebih enak, value for money, cengli etc. Jangan bilang saya, U guys juga bisa kok menilai....
Iya gak ?....
Tapi saya makin lama pakai mobil dan makin sering pelajari mobil, saya makin pikir " Wah ! Itu mobil TAM yang laris manis apakah bagus DAN MURAH atau BAGUS dan harga WAJAR, ATAU cuman MURAH doang ? Dan kesimpulan saya setelah dengar banyak masukan, adalah yang terakhir. " Jadi saya mulai pikir, wah, begitu ada sainggan yang masukan model lebih enak dan harga ngak beda jauh, apa yang akan terjadi ? "
Pula saya kalau invest saham, selalu cuman pikir berapa faktor :
1. Manajemen bisa di percaya ? Untuk ASII I think so. Bukan TAM lo, Astra kan conglomerate dengan adanya bisnis agro dan yang lain. TAM malah Astra cuman miliki 5% saham TAM kalau ngak salah. Jadi mayoritas model mobil yang di jual di sini tergantung TAM dan Toyota Motor Jepang, bukan ASII. ASII cuman distributor doang yang ngak ada power...
2. Keuanggan OK ? Untuk ASII sih bolehlah, meskipun ada perusahaan lain yang jauh lebih sehat.
3. Nah, ini yang paling penting selain integritas manajemen. TREND ke depan gimana ?
Nah, saat saya dengar kabar Nissan akan keluarkan senjata untuk mencoba ambil mahkota TAM, saya mulai perhatikan, sebab sebagai pemilik Serena dan dengar komentar pemakai X-Trail, saya sadar Nissan di Indonesia cenderung jual mobil enak dan value for money. Tapi saat itu saya masih pegang saham ASII.
Then, saat saya lihat gambar sketsanya dan lihat website Nissan Livina versi China, langsung saya pikir " Saatnya re-evaluasi ulang dominasi TAM untuk masa depan. " Meskipun manajemen ASII terkenal professional dan bagus, tapi kalau TAM lain urusan. Sudah banyak komentar tentang Avanza / Xenia dan juga Innova. Saya ngak mau lagi cerita, U guys sudah tau lah.... Sebenernya yang lebih berperan adalah TAM atau Toyota Jepang saya tidak tau, dan juga so what ? No difference anyway...
Dan saat itu saya jual mayoritas ASII saya dan tinggal sedikit. Mumpung juga lagi ada peluang invest di bidang lain. Dan setelah test drive Livina di China, saya langsung yakin, peta mobil di Indonesia akan segera berobah... So saya sejak itu sudah jual 100% ASII saya. Jadi saya sudah tidak ada lagi saham ASII... ENOL...
Sejak itu saya yakin dominasi TAM akan segera berakhir, bukan artinya mereka akan jadi kecil, tapi setidaknya mereka tidak akan lagi jadi jagoan gede yang sangat PD, dan dengan mobil macam Livina yang saya sudah rasakan di China, saya sudah prediksi banyak orang Indo akan jatuh cinta ama mobil ini.... Indentnya akan sangat panjang .... Inggat post saya yang lama itu di forum ini jauh jauh hari ?....
Pula dunia mobil tetap tidak stabil banding sector lain. Economy buruk dikit penjualan mobil langsung jatuh, jadi sejak itu saya pikir, ngak mau lagi beli ASII atau saham mobil lainnya, terlalu sulit untuk di prediksi masa depannya. Bangkrut si ngak mungkin, tapi curva penjualannya tidak akan seperti dulu naik terus tajam. Dengan masuknya mobil macam Livina, SX4, Grand Vitara etc yang sangat baik dan value for money, saya sudah yakin ASII dan TAM tidak lagi bisa menikmati status dulu yang nyaris main sendiri tanpa perlawanan kuat....
Sebab sekarang sudah muncul mobil BAGUS DAN MURAH, atau BAGUS dan harga WAJAR tergantung pandang masing masing. Dan saya yakin mereka yang terlalu tergantung sukses mereka cuman mendasarkan ama MURAH doang nasipnya akan berobah.... Konsumen kan ngak bego, bisa rasakan sendiri akhirnya .....
Masa depan mungkin ASII bisa layak lagi di beli menurut saya, tapi FOR NOW, saya hindarkan dulu. Sebab saya sendiri saat ini sangat berasa, di harga 100-200 juta, ngak ada 1 mobil pun di antara line-up mobil yang di jual TAM / ADM etc. yang saya mau miliki meskipun duit saya cukup. Sudah ada berapa alternative yang lebih menarik.
Sorry untuk orang ASII / TAM, jangan marah ama saya. Justru dari pada kesal ama saya, mending berbenah diri dan lawan sainggan baru dengan produk baru yang lebih cengli. Jangan asal MURAH kirain konsumen akan nelan terus dan assumsi kompetitor tidak akan ada reaksi....
Saya di bidang apa ? Pokoknya bukan dunia otomotif. Thats why saya bukan expert dalam hal mesin mechanics. Tapi dalam hal model mana yang lebih enak, value for money, cengli etc. Jangan bilang saya, U guys juga bisa kok menilai....
Iya gak ?....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Bung TFK, sebenernya its not a big problem.
Anda beli 1.5 XV M/T, mau SEMUA bangku ada headrest bisa kok. Tinggal tambah duit. Juga saudara saya bilang nanti mau pasang sendiri electric mirror gampang kok. Tinggal beli dan suruh bengkel pasang.
Jadi mau dapat Livina 1.5 M/T SEMUA kursi ada headrest + electric mirror itu MISSION POSSIBLE !
Juga tarik tuas itu untuk merebahkan kursi gampang kok. Mana susah ? Cuman belum biasa saja posisinya di atas dan bukan di bawah...
Anda beli 1.5 XV M/T, mau SEMUA bangku ada headrest bisa kok. Tinggal tambah duit. Juga saudara saya bilang nanti mau pasang sendiri electric mirror gampang kok. Tinggal beli dan suruh bengkel pasang.
Jadi mau dapat Livina 1.5 M/T SEMUA kursi ada headrest + electric mirror itu MISSION POSSIBLE !
Juga tarik tuas itu untuk merebahkan kursi gampang kok. Mana susah ? Cuman belum biasa saja posisinya di atas dan bukan di bawah...
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Mar 17, 2007 1:19
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
maksudnya?apa tuasnya seperti tuas reclining jok tengah x-trail?kalo mekanisme seperti x-trail memang merepotkan, bro......penumpang harus turun dulu, set kemiringan sandaran jok, baru bisa duduk.Sithlord wrote:Bung TFK, sebenernya its not a big problem.
Anda beli 1.5 XV M/T, mau SEMUA bangku ada headrest bisa kok. Tinggal tambah duit. Juga saudara saya bilang nanti mau pasang sendiri electric mirror gampang kok. Tinggal beli dan suruh bengkel pasang.
Jadi mau dapat Livina 1.5 M/T SEMUA kursi ada headrest + electric mirror itu MISSION POSSIBLE !
Juga tarik tuas itu untuk merebahkan kursi gampang kok. Mana susah ? Cuman belum biasa saja posisinya di atas dan bukan di bawah...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Mungkin bung TFK seperti bung Hunter dan saya dulu, pikirnya tetap mau mesin 1500 cc supaya irit di dalam kota dan yakin jarang keluar kota, jarang naik puncak.
Kalau gitu, suggestion saya adalah, belilah 1.5 XV M/T misalnya. Terus nambah duit supaya semua bangku ada headrest. Terus beli electric spion, banyak bengkel yang bisa kerjakan kok pasang electric mirror.
Terus ganti grill ke versi Murano 1.8 XV itu atau jika boleh (ngak yakin( ganti yang grill Ultimate 1.8 juga cakep. Terus ganti panel cockpit dengan kayu ala Teana itu. Elegant sekali.
Also pasang jok kulit dan side body mould. Wah ! Jadi cantik, dan mirip ama Ultimate. Cuman bedanya ngak ada ABS, EBD, BA dan airbag.
Tapi itu dia, biayanya di totalkan takutnya sudah dekat ama 1.8. Thats why NMI ngak mau gitu bikin versi 1.5 terlalu lengkap. Harganya bisa tanggung nanti malah orang pada lari ke 1.8.
Cuman jika bung TFK TETAP mau mesin 1.5, ini salah satu jalur untuk conversi versi 1.5 jadi lumayan lengkap.
Estimasi harga modifikasi 1.5 ini akan dekat atau mungkin lebih dikit banding 1.8 XV ? Somebody do the maths coba....
Memang versi 1.5 dalam kota akan lebih irit, meskipun tidak akan beda amat jauh, sebab mesin 1.8 itu juga OK dan ngak boros kok...
Kalau gitu, suggestion saya adalah, belilah 1.5 XV M/T misalnya. Terus nambah duit supaya semua bangku ada headrest. Terus beli electric spion, banyak bengkel yang bisa kerjakan kok pasang electric mirror.
Terus ganti grill ke versi Murano 1.8 XV itu atau jika boleh (ngak yakin( ganti yang grill Ultimate 1.8 juga cakep. Terus ganti panel cockpit dengan kayu ala Teana itu. Elegant sekali.
Also pasang jok kulit dan side body mould. Wah ! Jadi cantik, dan mirip ama Ultimate. Cuman bedanya ngak ada ABS, EBD, BA dan airbag.
Tapi itu dia, biayanya di totalkan takutnya sudah dekat ama 1.8. Thats why NMI ngak mau gitu bikin versi 1.5 terlalu lengkap. Harganya bisa tanggung nanti malah orang pada lari ke 1.8.
Cuman jika bung TFK TETAP mau mesin 1.5, ini salah satu jalur untuk conversi versi 1.5 jadi lumayan lengkap.
Estimasi harga modifikasi 1.5 ini akan dekat atau mungkin lebih dikit banding 1.8 XV ? Somebody do the maths coba....
Memang versi 1.5 dalam kota akan lebih irit, meskipun tidak akan beda amat jauh, sebab mesin 1.8 itu juga OK dan ngak boros kok...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 312
- Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55
Itu namanya KOMPROMI bung TFK, sebenarnya pada awalnya saya juga KESAL dgn lineup yang dikeluarkan oleh NMI kok gak membela yang versi 1.5L. 2 hal yg menurut saya penting untuk versi 1.5L adalah ELEKTRIK MIRROR dan FOG LAMP.emondelas wrote:Saya rasa kalo hanya Spion electric, head rest etc. itu bukan hal yang fatal&vital bung TFK. kalo mau yang lengkap ambil aja yang 1.8.ultimate.
Maklum saya dulu pemakai AVANZA G (walau sekarang udah saya jual) dan tetap pake Jazz, di Avanza G aja yg harga sekarang pada level < 130jt, semua udah cukup lengkap terutama yang menjadi beda dgn Livina 1.5L adalah ELEKTRIK MIRROR dan FOG LAMP.
Tapi itu dia, asesoris lengkap tapi seperti apa yg bung Sith bilang FUNDAMENTAL nih mobil tidak SIP. Awalnya saya pikir suspensi bisa dicarikan jalan keluar dgn mengisi angin ban dgn NITROGEN supaya lebih empuk, tapi nyatanya tetap aja gak mensolusikan, tetap bantingan keras dan kasian keluarga yg duduk dibelakang.
Akhirnya udah deh daripada gak dapet nyaman, suspensi depan dan belakang terpaksa diganti dgn yg lebih empuk. Berapa besar yang harus dikorbankan untuk mendapatkan kenyamanan ???
So, jika saya hitung dgn menambah ELEKTRIK MIRROR dan FOG LAMP, masih jauh lebih besar dari kenyamanan yang Livina dapat berikan. Itulah makanya saya kembali KOMPROMI, dapet 1.5L yang lebih irit bbm, harga dah pasti beda 20jtan dgn tipe 1.8L, speed gak penting, so nanti jika akan modif pasti yang akan saya lakukan adalah tambah jok kulit, ELEKTRIK MIRROR, tambah Fog Lamp dan jika udah bosen dgn grill sekarang maka akan saya ganti dgn grill Ultimate.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Bung Ween, bisa kok tanpa keluar dari mobil. Coba deh sendiri. Kecuali Mr. Bean pasti masuk / keluar terus dan ngak dapat posisi benar....
Pula cuman perlu cari posisi sekali saja. Habis itu kan sudah ngak perlu kotak atik bagian itu... Not a big deal...
Pula saya sudah coba, Livina ngak gitu besar, dari kursi driver, bisa kok adjust posisi manual spion kiri tanpa harus pindah ke kursi kiri. Kalau jarang di rumah mobilnya pindah tangan dan anda yang sering pakai, juga jarang lah perlu ganti posisi kaca spion...
Pula 1.5 XV baris 2 juga sudah ada headrest. Cuman tinggal nambah headrest untuk baris 3.
Teman coba kalau ada yang punya info lengkap, iseng total biaya konversi versi 1.5 ini jadi lumayan lengkap. Harganya naik berapa duit ?
Memang Avanza 1.5 ada electric mirror / ABS, tapi yaitu puas ngak ama tu mobil performanya dan comfortnya....
Pula cuman perlu cari posisi sekali saja. Habis itu kan sudah ngak perlu kotak atik bagian itu... Not a big deal...
Pula saya sudah coba, Livina ngak gitu besar, dari kursi driver, bisa kok adjust posisi manual spion kiri tanpa harus pindah ke kursi kiri. Kalau jarang di rumah mobilnya pindah tangan dan anda yang sering pakai, juga jarang lah perlu ganti posisi kaca spion...
Pula 1.5 XV baris 2 juga sudah ada headrest. Cuman tinggal nambah headrest untuk baris 3.
Teman coba kalau ada yang punya info lengkap, iseng total biaya konversi versi 1.5 ini jadi lumayan lengkap. Harganya naik berapa duit ?
Memang Avanza 1.5 ada electric mirror / ABS, tapi yaitu puas ngak ama tu mobil performanya dan comfortnya....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
Bung TFK,TFK wrote:Tadi Malem saya lihat Livina 1.5M/T, dan ada beberapa kekurangan yg sangat vital yg sangat saya sayangkan shg jadi pertimbangan berat bagi saya utk beli mobil ini, yaitu:
1) Dua2nya spionnya manualgak tau utk yg Tipe 1.5 A/T, Kekurangan yg sanga Fatal tapi mungkin bisa di upgrade, kata sales-nya sih bisa diganti elektrik, tempat & assesorisnya sudah disediakan oleh nissan, tapi harganya blm tau.
2) Dua2nya utk mengatur kemiringan sandaran jok baris ke-2 atau ke-3 caranya-nya menggunakan tarikan di dekat headrest, dan aku coba melakukan hal itu dan ternyata sangat susah sekali (sama sekali gak user friendly), itu yg melakukan saya, laki2, masih muda dan sering utak atik mobil, istriku atau ortu-ku, FATAL!!! dan gak bisa diganti
Dan sepertinya itu terjadi di semua model.
3) Dua2-nya Baris ke 3 gak ada headrest-nya, tapi ini gak begitu fatal sih, tapi kalau sering di muatin penumpang dewasa utk perjalanan jauh jadi penting juga. Utk versi A/T 1.5 gak tau ada headrest-nya apa gak.
Kalo lain2nya sih OK banget! ahh... jadi sedih....
spt yg bung Lord bilang, pd awalnya saya juga kecewa dengan fitur Livina. tp lebih disebabkan krn budget saya pas2an BANGET...hik hik hik.
1. Saya juga maunya electric. tp okay lah dpt manual. beside, I don't like Avanza at all. dan anda bisa tambah electric mirror kalo mau.
2. nurut saya ga masalah.
3. Maksud anda 1.5 SV atau XV ? di XV, baris 2 sdh ada head rest. kalo SV, baris 2 dan 3 tdk dpt head rest. Dan head rest bisa ditambah. head rest baris2 1nya 550rb, head rest baris 3, 1nya 575rb. semua harga blon termasuk pajak.
kalo saya dulu dibeginiin ama bung LORD (dengan kata2 saya). 'sekarang balik lagi, dengan budget anda, pilihan anda sekarang apa, selain Livina?'.
nah itu yg saya mau tanyakan juga, bung TFK, mempertimbangkan mobil apa selain Livina ? tinggal di test drive, dicoba, dan kompromi saja, soalnya emang dengan budget segitu, saya ga bisa dapet mobil yg bagus, nyaman dan full feature. tapi kt bisa pilih yg nurut kita utama. kalo bagi anda, fiture2 spt electric mirror, dll lebih utama. boleh ambil yg lain. kalo engga, ya balik2 ke Livina doank.

kalo saya sdh membandingkan dngn Avanza, justru Livina ini PLUS dalam banyak hal. sdh banyak dibahas di thread ini atau yg lain di SM. silahkan membacanya...
tambahan: jujur saya msh belum test drive. tapi soal mesin, kenyamanan suspensi, kesenyapan kabin saya percaya dengan cerita teman2 disini yg sudah test drive. dalam hal ini saya gak terlalu kuatir.
tapi saya sdh liat interior Livina, dalam hal ini lumayan jauh diatas Avanza. dalam hal efisiensi layout dan fungsi, saya juga jauh lebih suka Livina.
CATATAN: 1.5SV dengan 1.5XV beda dalam bahan bangku jok loh. nah anda tertarik 1.5SV atau 1.5XV ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Fri Apr 13, 2007 10:15
Salam kenal Bung... new comer in forum nih...Sithlord wrote: Terus ganti grill ke versi Murano 1.8 XV itu atau jika boleh (ngak yakin( ganti yang grill Ultimate 1.8 juga cakep.
Estimasi harga modifikasi 1.5 ini akan dekat atau mungkin lebih dikit banding 1.8 XV ? Somebody do the maths coba....
FYI Untuk grill yang 1.8 Ultimate tidak applicable untuk 1.5 SV/XV & 1.8 XV, karena grill ultimate sedikit mencoak bemper depan, kecuali mungkin mau ganti bempernya sekalian..he..he...
Untuk hitungan upgrade dari 1.5XV ke 1.8 XV, saya pernah hitung tuh bersarkan Sales_Guide (selisih keduanya +/- Rp. 20jt diluar cc mesin tentunya) sbb:
- Fog lamp Rp. 2.236.400 --- koq mahal banget sih perasaan?
Chrome Door Handle Rp. 1.084.000 -- juga lumayan yah
Wooden Panel Rp. 671.000 -- looking good?
Hood Insulator Rp. 168.000 -- high functionality, recommended
3rd Row Head Rest Rp. 575.000 -- quite functional
Murano Chrome Grill Rp. 1.578.000 -- estetic power
Parking Sensor Rp. 510.000 (kurang yakin.. waktu TD 1.8 nggak ada)
Harga belum termasuk PPN & biaya instalasi
Lain-lain yg belum tahu pricelist-nya / howto apply, don't know..is it applicable or not?:
- Electric Mirror
Tutup Console box
ada lagi? monggo ditambahkan...

Semoga bermanfaat.. terutama buat yg belum tahu accessories pricenya
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Apr 13, 2007 6:53
Bung Ifmarch, anda kan punya rencana mau kalo mau modif salah satunya mau tambah jok kulit, bisa kasih saran kalo saya mau tambah jok kulit juga, lebih baik di dealer Nissan atau di luar, sekalian nama tempat yang anda bisa rekomendasikan. thanksifmarch wrote:Itu namanya KOMPROMI bung TFK, sebenarnya pada awalnya saya juga KESAL dgn lineup yang dikeluarkan oleh NMI kok gak membela yang versi 1.5L. 2 hal yg menurut saya penting untuk versi 1.5L adalah ELEKTRIK MIRROR dan FOG LAMP.emondelas wrote:Saya rasa kalo hanya Spion electric, head rest etc. itu bukan hal yang fatal&vital bung TFK. kalo mau yang lengkap ambil aja yang 1.8.ultimate.
Maklum saya dulu pemakai AVANZA G (walau sekarang udah saya jual) dan tetap pake Jazz, di Avanza G aja yg harga sekarang pada level < 130jt, semua udah cukup lengkap terutama yang menjadi beda dgn Livina 1.5L adalah ELEKTRIK MIRROR dan FOG LAMP.
Tapi itu dia, asesoris lengkap tapi seperti apa yg bung Sith bilang FUNDAMENTAL nih mobil tidak SIP. Awalnya saya pikir suspensi bisa dicarikan jalan keluar dgn mengisi angin ban dgn NITROGEN supaya lebih empuk, tapi nyatanya tetap aja gak mensolusikan, tetap bantingan keras dan kasian keluarga yg duduk dibelakang.
Akhirnya udah deh daripada gak dapet nyaman, suspensi depan dan belakang terpaksa diganti dgn yg lebih empuk. Berapa besar yang harus dikorbankan untuk mendapatkan kenyamanan ???
So, jika saya hitung dgn menambah ELEKTRIK MIRROR dan FOG LAMP, masih jauh lebih besar dari kenyamanan yang Livina dapat berikan. Itulah makanya saya kembali KOMPROMI, dapet 1.5L yang lebih irit bbm, harga dah pasti beda 20jtan dgn tipe 1.8L, speed gak penting, so nanti jika akan modif pasti yang akan saya lakukan adalah tambah jok kulit, ELEKTRIK MIRROR, tambah Fog Lamp dan jika udah bosen dgn grill sekarang maka akan saya ganti dgn grill Ultimate.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 312
- Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55
kondu wrote: Bung Ifmarch, anda kan punya rencana mau kalo mau modif salah satunya mau tambah jok kulit, bisa kasih saran kalo saya mau tambah jok kulit juga, lebih baik di dealer Nissan atau di luar, sekalian nama tempat yang anda bisa rekomendasikan. thanks
Bung Kondu, kalau kita ganti dgn jok leather original Livina di dealer nissan kalau gak salah harganya 5.5jt, tetapi bagi saya harus kita bandingkan dulu dgn jok leather lain aftermarket, baik dari kualitas kulit ataupun juga harganya.
Banyak kok kualitas kulit yg bagus-bagus dipasaran (MB-tech dll), dari mulai bahan asli kulit, semi kulit ataupun juga bahan sintetis. Saya sendiri belum survey nanti mau gantinya dimana, tapi kalau liat dari harganya, jelas harga dibawah 5.5jt masih banyak kok yang affordable, manalagi bisa kita pilih warna kulitnya spt apa (warna, tektur dan model ssi dgn keinginan kita).
Mungkin teman-teman SM-er yang punya tempat yang preferable bisa kasih tahu ke bung kondu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Sekalian tambah aja dual airbag jadi perfect deh. Soalnya semua varian didashboardnya sudah disedikan tempat untuk taruh airbag dan lampu2 dashboard semua varian ada yang airbagnya. Kurasa ECU juga semua sudah bisa mengatur airbag. Airbag itu menurut gw fitur mobil kelas atas. So sekalian aja.Fog lamp Rp. 2.236.400 --- koq mahal banget sih perasaan?
Chrome Door Handle Rp. 1.084.000 -- juga lumayan yah
Wooden Panel Rp. 671.000 -- looking good?
Hood Insulator Rp. 168.000 -- high functionality, recommended
3rd Row Head Rest Rp. 575.000 -- quite functional
Murano Chrome Grill Rp. 1.578.000 -- estetic power
Parking Sensor Rp. 510.000 (kurang yakin.. waktu TD 1.8 nggak ada)
Kalo mbtech paling 1jtaan soalnya semi kulit atau biasanya disebut sitentic. Mbtech ada 2 macam yang bahan biasa dan bahan yang secara kasat mata kelihatan seperti kulit. Kalo kulit asli boleh coba AUTO LEATHER kaya mercedes pny harganya diatas yang NISSAN tapi lebih lembut.Banyak kok kualitas kulit yg bagus-bagus dipasaran (MB-tech dll), dari mulai bahan asli kulit, semi kulit ataupun juga bahan sintetis. Saya sendiri belum survey nanti mau gantinya dimana, tapi kalau liat dari harganya, jelas harga dibawah 5.5jt masih banyak kok yang affordable, manalagi bisa kita pilih warna kulitnya spt apa (warna, tektur dan model ssi dgn keinginan kita).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Apr 13, 2007 6:53
FYI harga original leather seat di dealer Nissan 5.6jt belum termasuk pemasangan, btw thanks atas sarannyaifmarch wrote:kondu wrote: Bung Ifmarch, anda kan punya rencana mau kalo mau modif salah satunya mau tambah jok kulit, bisa kasih saran kalo saya mau tambah jok kulit juga, lebih baik di dealer Nissan atau di luar, sekalian nama tempat yang anda bisa rekomendasikan. thanks
Bung Kondu, kalau kita ganti dgn jok leather original Livina di dealer nissan kalau gak salah harganya 5.5jt, tetapi bagi saya harus kita bandingkan dulu dgn jok leather lain aftermarket, baik dari kualitas kulit ataupun juga harganya.
Banyak kok kualitas kulit yg bagus-bagus dipasaran (MB-tech dll), dari mulai bahan asli kulit, semi kulit ataupun juga bahan sintetis. Saya sendiri belum survey nanti mau gantinya dimana, tapi kalau liat dari harganya, jelas harga dibawah 5.5jt masih banyak kok yang affordable, manalagi bisa kita pilih warna kulitnya spt apa (warna, tektur dan model ssi dgn keinginan kita).
Mungkin teman-teman SM-er yang punya tempat yang preferable bisa kasih tahu ke bung kondu.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Mar 30, 2007 4:44
- Location: Pontianak
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Fri Apr 13, 2007 10:15
Wah idenya orisinil banget tuh!kien wrote:saya ada ide membuat cooling storage di livina...laci depan livina kan gede dan dalam banget, bisa gak dimodif sehingga tiupan AC dimasukkan ke dalam laci box jadi seperti kulkas mini gitu, kabarnya acnya kan dingin tuh...gimana cara modifnya ya?
Kayak cooling storagenya di Mazda E2000 kali yah, cuman bedanya Livina ini di depan & lebih enak lagi kalo bisa di partisi... pake gypsum

Betul bung setuju tuh, meskipun Livina sebenarnya sudah nyediain cup holder belakang persis di atas kisinya ac console box tengah belakang...
Tapi hati-hati kalo ngerjainnya gak rapih bisa amburadul kali ye...
Gimana bung Kien siap Livinanya jadi prototipe?
kalo berhasil sharing yah....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
Harga leather seatnya: 5,116,000kondu wrote: FYI harga original leather seat di dealer Nissan 5.6jt belum termasuk pemasangan, btw thanks atas sarannya
Total harga (setelah pajak): 5,627,600
itu harga, saya dapat dr milis nissan-livina, dikirim oleh orang NMI.
oh ya, waktu saya ke dealer nissan waktu inden dulu. dikasih liat bahan yg dipakai utk jok kulit mobil nissan (waktu itu sih Livina blon keluar). ada beberapa warna yg bisa dipilih.
kalo saya sih maunya bahan yg bukan cuman bagus, tapi kalo didudukin gak panas...ada gak ya...
