Silahkan Om... Justru ogud makasih uda ngeramein Trit...paidjho wrote:Matur nuwun Om Marmut...marmut wrote:@ paidjho,
untuk petrol sekitar 10-12 bar.
Om TS, maaf udah nebeng di trit nya...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Silahkan Om... Justru ogud makasih uda ngeramein Trit...paidjho wrote:Matur nuwun Om Marmut...marmut wrote:@ paidjho,
untuk petrol sekitar 10-12 bar.
Om TS, maaf udah nebeng di trit nya...
Nah ini menarik... terima kasih banget Om... Barusan sourcing2, testimoninya sih menarik. Apakah Om sudah pernah nyobain di TUSS ini? hasilnya bagaimana kah? Atas masukannya terima kasih Om...lemonadelovers wrote:Klo mau simple knp ga coba TUSS d pr*vis aja liat2 testinya bagus2 tp saya blm pernah tau hasil dyno nya
huss... master opo tohh ane ini...cuman nubie yg perna disakiti oleh GL dan masi memendam rasa cinta hingga skrg... master GL tuh si master kodokpushup... konon kabar gosip yg beredar di jalanan, GL 6 speed nya doi muterin sentul 50 detik doank... atau master marmut yg diatas tuh, yg merem aj bsa bongkar mesin...Betty wrote:Wah Master GL uda bersabda *Menjura Hormat Dulu*DOHC wrote:kl HR15DE mahh ud ga usa pusing... tinggal buka website nismo nya malon... pesen supercharger kit nya impul.... tinggal plug and play ama HR15DE... tenaga jaminan naek...
atau kl mau pahe, pakein dastek aj... dl jaman OGL aj ud ad yg GL nya naek dastek... lmayan nambah 10an hp kira2..
atau port and polish head nya aj... sebenernya default pabrikan jg ud lumayan rapi bkinan nya(apalagi compared to buatan toyota lokal, jauhh banget), tp bagian intake nya masi agak kasar... coba di alusin dikit...
![]()
Nambah Dastek itu HP nambah... kalau "sekolahin kaki", FC bisa lebih baik daripada standar ga om? anggap situasi jalan raya normal dalam kota ya Om...
Port and Polish head itu berarti mesin langsung berubah jadi Ga standar ya? (Ini sama dengan mapas head gitu ga sih Om? CMIIW) Nah ngalusin bagian intake yang kasar itu ada bengkel recommended ga ya Om? Resiko terbesar Port and Polish head sama ngalusin intake itu apa ya kira2?
Nubitol mohon petunjuknya ya Om.... Sebelum dan Sesudahnya beribu terima kasih.
![]()
*menjura hormat*
*Catet..... Catet..... Catet..... *DOHC wrote:huss... master opo tohh ane ini...cuman nubie yg perna disakiti oleh GL dan masi memendam rasa cinta hingga skrg... master GL tuh si master kodokpushup... konon kabar gosip yg beredar di jalanan, GL 6 speed nya doi muterin sentul 50 detik doank... atau master marmut yg diatas tuh, yg merem aj bsa bongkar mesin...Betty wrote:Wah Master GL uda bersabda *Menjura Hormat Dulu*DOHC wrote:kl HR15DE mahh ud ga usa pusing... tinggal buka website nismo nya malon... pesen supercharger kit nya impul.... tinggal plug and play ama HR15DE... tenaga jaminan naek...
atau kl mau pahe, pakein dastek aj... dl jaman OGL aj ud ad yg GL nya naek dastek... lmayan nambah 10an hp kira2..
atau port and polish head nya aj... sebenernya default pabrikan jg ud lumayan rapi bkinan nya(apalagi compared to buatan toyota lokal, jauhh banget), tp bagian intake nya masi agak kasar... coba di alusin dikit...
![]()
Nambah Dastek itu HP nambah... kalau "sekolahin kaki", FC bisa lebih baik daripada standar ga om? anggap situasi jalan raya normal dalam kota ya Om...
Port and Polish head itu berarti mesin langsung berubah jadi Ga standar ya? (Ini sama dengan mapas head gitu ga sih Om? CMIIW) Nah ngalusin bagian intake yang kasar itu ada bengkel recommended ga ya Om? Resiko terbesar Port and Polish head sama ngalusin intake itu apa ya kira2?
Nubitol mohon petunjuknya ya Om.... Sebelum dan Sesudahnya beribu terima kasih.
![]()
*menjura hormat*
by default, selama ga rubah injector, seharus nya sehh FCga memburuk, apalagi kl kaki kanan disekolahin.. krn fungsi si daster kan cuman manipulasi, tp debit udara, bensin, pengapian tetep ngandalin parts ori... cuman komposisi nya aj yg dimaenin.. cmiiw ahh...
yup, PnP pasti ga standar, tp ini beda ama papas head om... krn ruang kompresi tetep ga di utak atik... lagian kompresi GL ud 1:10.5, ud tinggi... kcuali kaya salah satu user di tret GL yg head nya melengkung, mau ga mau ya papas itu... btw, kl resiko sehh minim, malah resiko resiko papas head lebi gede lohh... PnP misalnya gagal, at least head masi bsa kepake... tp kl papas gagal, yah bubar, lembiru... bengkel banyak sehh, cari aj yg bonafid, si provis, autodyne, ams setau ane mreka nrima koq PnP...
*Ketika Master sudah bersabda nubitol cuma bisa terkesima*Turboman wrote:Dalam modifikasi sebaiknya tentukan dulu apa yg hendak kita capai dan pahami dahulu apa sebab performa mesin gak sesuai dengan harapan kita
Utk mesin2 Gasoline closed loop sebabnya adalah ECU harus maintain AFR ideal, termasuk saat WOT
Juga modif bisa dimulai dari luar mesin dulu yang mana sifatnya nanti mesin bisa dikembalikan ke std nya lagi saat mobil akan dijual
Rekomendasi saya :
1. Piggyback yg bisa kontrol AFR & Timing api serta kembalikan mesin jadi open loop, spt Unichip atau yg advance = Greedy E Manage
2. Modif exhaust, aplikasi header & babat katalik
aplikasi no 1 & 2 pasti bedanya udah kerasa & mobil dapat dikembalikan ke std saat mau dijual nanti.
3. JIka dirasa masih kurang barulah poles Cyl head, sebaiknya jangan naikkan kompresi dulu karena naik kompresi itu sifatnya irreversible / one way ticket
Just IMHO
DOHC wrote:bertaon2 wara wiri di forum2 otomotif...
yg biasa ane tau WOT malah wide open throttle... ehh skrg malah ad women on top... oalahh...
*catet ahh..
Women -> plural (more than 1)DOHC wrote:bertaon2 wara wiri di forum2 otomotif...
yg biasa ane tau WOT malah wide open throttle... ehh skrg malah ad women on top... oalahh...
*catet ahh..
Amen To That Bro....ChZ wrote:Kalau standar sudah tinggi (di atas 10) rasanya papas head itu kurang diperlukan... Apalagi kalau street use only ya bukan buat racing. Cost dan benefitnya gak sebanding.
Mending optimalkan di sektor lain saja.
WOT = Wide Open ThrottleBetty wrote:
Errr... berarti Ngoprek Kompresi justru alternatif terakhir ya Om... Oke .... Oke ... Oke... * Catet *
Btw ogud mau nanya kalau di forum - forum otomotif WOT itu apa maksudnya ya Om? Soale kalau di forum2 sebelah WOT itu "Woman On....."Kalau AFR itu kan perbandingan bahan bakar dan udara ya kalau ga salah CMIIW.
Satu lagi om... Kalau mesin dari Close Loop diubah jadi Open Loop, bukannya lebih beresiko memperpendek umur mesin ya Om karena analoginya uda ga ada yang ngontrol sama sekali kebutuhan mesin tersebut.... CMIIW....
Sebelum dan sesudahnya terima kasih banget Om Turbo...
Setidaknya ogud tau... ngoprek Kompresi itu not recommended buat ogud yang "Casual user" .... hehehe...
Kalau dikaitkan dengan FC.... Asumsi cara mengemudi sama ya Om... Close Loop VS Open Loop akan lebih baik mana FC nya? Tarikan awal jadi Lemot... YESSSSS!!!! itu dia problem utama HR15DE... Mesin sudah "dimanja" sesuai standar pabrik... jadi menurut judgement ogud, itu murni bawaan orok...Turboman wrote:WOT = Wide Open ThrottleBetty wrote:
Errr... berarti Ngoprek Kompresi justru alternatif terakhir ya Om... Oke .... Oke ... Oke... * Catet *
Btw ogud mau nanya kalau di forum - forum otomotif WOT itu apa maksudnya ya Om? Soale kalau di forum2 sebelah WOT itu "Woman On....."Kalau AFR itu kan perbandingan bahan bakar dan udara ya kalau ga salah CMIIW.
Satu lagi om... Kalau mesin dari Close Loop diubah jadi Open Loop, bukannya lebih beresiko memperpendek umur mesin ya Om karena analoginya uda ga ada yang ngontrol sama sekali kebutuhan mesin tersebut.... CMIIW....
Sebelum dan sesudahnya terima kasih banget Om Turbo...
Setidaknya ogud tau... ngoprek Kompresi itu not recommended buat ogud yang "Casual user" .... hehehe...
Alias bejek dalem2 pedal gas
Mesin open loop justru sebetulnya lebih adem krn pada saat WOT itu bensin nyembur cukup banyak sampe AFR agak rich sesaat, nah yg penting setting timing pengapiannya walau maju tapi jangan sampe ngelitik.....kalo sampe ngelitik ya efeknya lama2 bisa merusak.
Mesin open loop bukan gak ada yg kontrol ya, tapi kontrol-nya gak seketat closed loop yg sgt memperhatikan emisi gas buang
Kenapa mobil2 modern settingan semua closed loop ? ini murni masalah kontrol emisi aja, walau dgn trade off = tarikan awal jadi lemot (krn AFR sgt dijaga / gak bisa rich sesaat maka pengapian juga gak bisa maju jauh2)