Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
kalo dapat rejeki nomplok pengen juga punya Tesla
Spt nya sgt menarik
Cuman tanda tanya besar gimana soal batere / servis & ketersediaan parts in long term yah
Namanya barang elektronik semua ada umurnya
Spt nya sgt menarik
Cuman tanda tanya besar gimana soal batere / servis & ketersediaan parts in long term yah
Namanya barang elektronik semua ada umurnya
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Iya saya bilang jarang, bukan ngga ada.Turboman wrote:Juara Le Mans bertahun2 dari Audi itu mesin apa yaaaadogar wrote:Saya juga ada pertanyaan: kenapa mobil balap di sirkuit (F1 dan F-F lainnya, le-mans, nascar, dsb.) juga sprint rally jarang yg pake mesin diesel?
Trus yg sering merajai rally Dakar........VW Touareg......itu mesin opo
Untuk rally saya tulis eksplisit "sprint" rally.
Juara WRC blm denger ada yg pake diesel.
Untuk balap formula ada ngga yg pake mesin diesel?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Pilih Turbocharge Direct Injection Gasoline Engine..Torsi kuat putaran rendah dapet, Putaran RPM tinggi dapet, Suara merdu dapet, Efisiensi juga dapet, mesin bensin lebih dominan sering dapet engine award (belum tau kenapa sampe sekarang??).. 

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Cepat / lambat, propulsi full motor bakar akan menjadi "cerita masa lalu" (CMIIW)dogar wrote:Iya saya bilang jarang, bukan ngga ada.Turboman wrote:Juara Le Mans bertahun2 dari Audi itu mesin apa yaaaadogar wrote:Saya juga ada pertanyaan: kenapa mobil balap di sirkuit (F1 dan F-F lainnya, le-mans, nascar, dsb.) juga sprint rally jarang yg pake mesin diesel?
Trus yg sering merajai rally Dakar........VW Touareg......itu mesin opo
Untuk rally saya tulis eksplisit "sprint" rally.
Juara WRC blm denger ada yg pake diesel.
Untuk balap formula ada ngga yg pake mesin diesel?
Ke depannya spt nya arena balap2 spt-nya akan memberi porsi utk propulsi non motor bakar lebih besar
Audi Le-Mans dulu full mesin Diesel en sejak R 18 E-Tron jadi hybrid
Toyota juga dengan Hybrid Electric Gasoline
KERS jadi populer dari arena F1
Dan mudah2-an trend hybrid electric propulsion juga akan populer di dunia rally
Spt nya sistem hybrid dengan Capacitor (non battery) adalah hal menarik, krn capacitor udah mass producton sejak lama & usia pakai-nya sgt panjang (kalo batere di atas 2 tahun aja kinerja udah mulai turun)
Kalau di dunia balap, krn menyangkut bobot, dimana battery bobot cukup lumayan beratt.
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
kayaknya masih lama deh kalo era kendaraan listrik, apalagi di indonesia, bisa2 keburu mati tua duluan sebelum semuanya pake mobil listrik.wekekekek.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Turboman wrote:
Cepat / lambat, propulsi full motor bakar akan menjadi "cerita masa lalu" (CMIIW)
Saya setuju.
Motor bakar bukan hanya tidak efisien (plus segala efek negatif lainnya spt polusi dsb.), tapi akan menjadi terlalu mahal untuk diproduksi.
Bahkan saya berpikir kendaraan ber bbm itu akan makin ditinggalkan orang bukan karena minyak makin habis, tapi karena biaya eksplorasi
minyak yg makin mahal dibanding cost bikin batre+motor elektrik.
Tapi kayaknya era ini masih lama banget, produsen minyak ngga mungkin 'tinggal diam'.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
kalo anak dah gede gpp lah, atau belon punya anak....asepnya itu ga nahan....bau.....

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Mengenai mobil listrik, juga ada tantangan tersendiri
Semakin populernya mobil listrik membuat harga komoditas :
- Lithium
- Neodymium (bahan baku magnet)
melambung
Khusus Neodymium ini, tergolong Rare Earth Metal dan depositnya hanya di negara2 tertentu saja
Lithium juga di negara2 tertentu saja
Semakin populernya mobil listrik membuat harga komoditas :
- Lithium
- Neodymium (bahan baku magnet)
melambung
Khusus Neodymium ini, tergolong Rare Earth Metal dan depositnya hanya di negara2 tertentu saja
Lithium juga di negara2 tertentu saja
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Kalo matic, suka turbo diesel, buat jalan santai enak, dan gampang burnout dengan torsi kingkongnya.
Sayangnya cx-5/crv diesel ga masuk indo.
Buat manual, tetep lebih suka n/a high rev petrol engine.
Sayangnya cx-5/crv diesel ga masuk indo.
Buat manual, tetep lebih suka n/a high rev petrol engine.
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Anki
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
@om dogar
Itu org" sana aja dimanja makanya cpet mati krena polusi udara.
D indo aja malah kenek kopaja ga mati". Sama kayak perut d kasih makan pinggiran terus, makan yg busuk pun istilahnya bisa tahan. Bgtu perut kebiasaan makan yg higinis trus, bgtu makan warteg lgsg mencret. Wkwkwkwkwk
Bcanda ya om. Take it easy
Itu org" sana aja dimanja makanya cpet mati krena polusi udara.


D indo aja malah kenek kopaja ga mati". Sama kayak perut d kasih makan pinggiran terus, makan yg busuk pun istilahnya bisa tahan. Bgtu perut kebiasaan makan yg higinis trus, bgtu makan warteg lgsg mencret. Wkwkwkwkwk


Bcanda ya om. Take it easy

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Anki
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Betul om. Kayaknya masih lama. D luar aja minimun rata" uda pada euro IV.. D kita aja max 2. Kita teknologi apapun kayaknya agak telat dehvipere wrote:kayaknya masih lama deh kalo era kendaraan listrik, apalagi di indonesia, bisa2 keburu mati tua duluan sebelum semuanya pake mobil listrik.wekekekek.

Dan semoga pada saat saya idup saya masih bisa melihat mobil" uda elektrik smua. Untung saya masih umur 13, tergolong muda

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Wed Oct 08, 2014 6:13
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
opsinya ditambah. kadar polusi. baunya ga pernah nemu yg ga nyengat pake shell sekalipun.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Mau aku tambah om opsinya.. tapi ga ada button / link editnya. Mods, little help here?lend3 wrote:opsinya ditambah. kadar polusi. baunya ga pernah nemu yg ga nyengat pake shell sekalipun.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Mobil petrol yg asik yg pernah ane bawa nissan terrano.. Itu walo jadul tapi tenaganya mantap xixixi
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Liat tesla d natgeo udah kayak mobil masa depan ad layar integrated d tengah buat gantiin tombol2 buka sunroof tinggal klik n swipe
Tp disini klo punya tesla susah chargingnya butuh listrik sampe 3500w buat ngecharge. Klo segitu langganan listrik rmh yg brp watt yaa
Tp disini klo punya tesla susah chargingnya butuh listrik sampe 3500w buat ngecharge. Klo segitu langganan listrik rmh yg brp watt yaa
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 245
- Joined: Sat Aug 23, 2014 18:24
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Yang asik nanti pas jaman mobil elektrik,
Di dalam kabin bebas bisa milih2 suara engine sound nya mau bunyi kek apa,
Spt bmw i8 hybrid yang pake fake engine sound, krn engine nya 3 cyl.
Bagusnya kalau mobil pake battery, acceleration bisa kaya mobil rc gitu ya.
Di dalam kabin bebas bisa milih2 suara engine sound nya mau bunyi kek apa,

Spt bmw i8 hybrid yang pake fake engine sound, krn engine nya 3 cyl.
Bagusnya kalau mobil pake battery, acceleration bisa kaya mobil rc gitu ya.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Diesel?
oh c'mon,
liat aja diesel gate vw,
sama index pencemaran udara NOX disana,
sejak dulu kalo cium asep cumi berasa gk enak.
emang indera gk selamanya bohong meski hasil uji emisi bisa dibohongi,
oh c'mon,
liat aja diesel gate vw,
sama index pencemaran udara NOX disana,
sejak dulu kalo cium asep cumi berasa gk enak.
emang indera gk selamanya bohong meski hasil uji emisi bisa dibohongi,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
bensin atau solar sama saja nonsense , yg penting fun to drive
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Pernah punya 2 2 nya. Saat ini sih pake gerobag yg bbm nya bensin. Selang kuning pula.
Saya pribadi merasa awam / biasa (atau sudah mati rasa) dg opsi diesel - bensin. Yang penting itu gerobag ngga rewel / demen mbengkel, ngga nyusahin diri pribadi maupun orang lain.
imo banget.

Saya pribadi merasa awam / biasa (atau sudah mati rasa) dg opsi diesel - bensin. Yang penting itu gerobag ngga rewel / demen mbengkel, ngga nyusahin diri pribadi maupun orang lain.
imo banget.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Kalau masalah "diesel gate", gw malah berpihak dengan VW; screw EPA.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
buka front hood n rear trunk juga code insert ... buka pintu pakai smart phone interfacinglemonadelovers wrote:Liat tesla d natgeo udah kayak mobil masa depan ad layar integrated d tengah buat gantiin tombol2 buka sunroof tinggal klik n swipe
Tp disini klo punya tesla susah chargingnya butuh listrik sampe 3500w buat ngecharge. Klo segitu langganan listrik rmh yg brp watt yaa
3,500w utk recharging? yg sy tau numerical tiap lineup menandakan wattage recharging requirement ...
sy sering liat tesla taxi recharging di bandar udara dan stesyen kereta api (n liat wattmeter yg di pakai) tesla 90d ya pakai 9,000w ... 85d pakai 8,500w ... 70d pakai 7,000w
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 618
- Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
biaya pake listriknya cuma 3 euro / 100 km ... much cheaper than diesel or gasoline ...
cuma saya masih mikir apakah charging socket untuk semua EV itu sama untuk semua merk ? baru liat Nissan Leaf doang yang charging di pinggir jalan soalnya ...
cuma saya masih mikir apakah charging socket untuk semua EV itu sama untuk semua merk ? baru liat Nissan Leaf doang yang charging di pinggir jalan soalnya ...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
sama smua EU EEA std recharging jack
smua tesla disediakan recharging set di taruh dibelakang ... ada cabling assy 5meter lengkap dg cable warna itam n jack oranje
kalo beli yg 70d atau 85d bisa power up ke 90d (body look mereka sama) tinggal pergi ke tesla center n mrk ganti klaar dlm wkt 3 jam (sy dikirimin video wkt itu) n mrk bisa trima power plant trade in
... yg sy kuatir kalo tesla operated in indo ... dia tdk ada feature voltage stabilizer ... cuma ada inlet regulator dari 120 ke 220 / 240 ... di jakarta ampir smua electronic appliances punya volt.stabi. meski tolerance tdk sama antara device satu ke yg lain .... jadi kalo 220 drop ke 180 atau 170 ... ada yg survive n ada yg ancur
smua tesla disediakan recharging set di taruh dibelakang ... ada cabling assy 5meter lengkap dg cable warna itam n jack oranje
kalo beli yg 70d atau 85d bisa power up ke 90d (body look mereka sama) tinggal pergi ke tesla center n mrk ganti klaar dlm wkt 3 jam (sy dikirimin video wkt itu) n mrk bisa trima power plant trade in
... yg sy kuatir kalo tesla operated in indo ... dia tdk ada feature voltage stabilizer ... cuma ada inlet regulator dari 120 ke 220 / 240 ... di jakarta ampir smua electronic appliances punya volt.stabi. meski tolerance tdk sama antara device satu ke yg lain .... jadi kalo 220 drop ke 180 atau 170 ... ada yg survive n ada yg ancur
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1091
- Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
- Location: JakartaBarat
Re: RE: Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Ini yg fortuner baru msh kyk truk sampah gk nih wkwkwkbfront wrote:ipah tetangga yang lain sih entah ya, kok masih rada beda suaranya. everest tetangga yang lain juga masih beda...htannis wrote:kalau gak bs bedain suara fortuner sama truk sampah brarti bukan pecinta otomotif ituery1973 wrote: Hahahhaah ipah ane apa mirip suara truk juga ya om.
Sebenarnya saya dah jadi pecinta diesel sekarang om, emang sih suara ama bau asepnya buat kurang nyaman, tapi kek nya berasa hemat di bbm om, soalnya dari awal punya mobil selalu petrol mulu, pas tahun 2015 minang ipah dono nambah 2016 minang ANKI, semua nya diesel.
Sent from my GT-I9500 using Tapatalk![]()
ane aja bs bedain suara gerobak diesel ane sama gerobak diesel orang lain yg jenis nya sama
tapi gak tau fortuner yang satu itu kejadian beberapa kali suaranya persis truk sampah komplek...
gak apa2 lah dibilang bukan pecinta otomotif, yang penting tetep cinta istri.
no offense yah buat pemilik fortuner... hehehe
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Itu handlingnya kurang semua..ween wrote: Ada sportage, santa fe, captiva & sorento diesel koq, oom
:
mobil yg siZenya ga terlalu besar, handling bagus, interior kedap, mesin solar
Blom ada kayanya