Kebetulan pas semingguan kemarin di jkt sempet berapa kali pake uber, gojek dan grabcar. jadi pengamatan saya gini.
1. Uber jauh lebih fleksibel daripada Grab untuk urusan pendapatan karena uber ga narik biaya apapun dari driver, pembagiannya 100% untuk driver, untungnya uber apa? ga tau, yang paling memungkinkan buat saya si: data mining dari user dan location record dari driver + user. Tapi uber jauh lebih kaku dan ketat dari Grab, well karena uber aslinya kan emang dari USA jadi sistemnya masih menganut sistem asli USA yang mana: dalam 5 menit driver harus ambil penumpang ga boleh cancel setelah confirm ambil dan sistem yang akan kasih otomatis ke driver (ga bisa pilih kecuali rame) kalau ga pasti kena penalti dan sistem rating uber itu berpengaruh sekali baik ke driver ataupun user. Uber ada tariff "petir" (peak/busy/rush hour tariff) yang bisa naik 2x bahkan katanya bisa sampe 7x dari tariff biasanya jadi makin nguntungin driver.
paling ga enak dari uber: duit disetor seminggu sekali tiap rabu. karena payment baru belakangan bisa cash, biasanya CC, buat saya sebagai user si enak ya karena kalau komplain (seperti kemarin akibat promo code ga jalan) bisa langsung di refund ke cc jadi bisa free trip.
menariknya dari info yang saya kumpulin: driver uber banyak yang doyan ngalong juga, karena siang mobil bisa buat antar jemput anak, kalau malem buat ngejer setoran.
saya hanya pakai uber satu kali karena uber ini spesialis tengah kota dan serpong, sedangkan saya jarang lewat situ. dan driver yang saya temui masih muda, kendaraan terios 2010 dan baru perpanjang plat yang hokinya bisa lolos scrut uber yang mewajibkan kendaraan dibawah 5 tahun

kenapa narik uber: sekalian jempur istri katanya mayan kan duit bensin ada yang bayarin, juga mobil jrg jalan jadi dipake aja buat nambahin duit.
2. Grabcar (bukan grabtaxi/grabbike) ngambil 20% dari driver, tapi ada bonus sampe bisa diatas 5 juta per week kalau dalam 7 hari bisa >85x trip dan driver selalu terima cash jadi duit ga seminggu sekali selalu ada duit buat isi bensin. Trip system di grabcar ini menarik karena jauh deket dianggap trip. jadi misalkan ada user yang mau naik 5 menit doang sejauh 1 km juga dianggap 1 trip. nah belakangan sistem diganti karean banyak di abuse driver yang milih ngambil trip deket jadi muter2 aja di satu tempat biar diatas 85 trip seminggu, diganti dengan sistem kilometer, makin jauh makin banyak bonus, masalahnya jarak dekat bisa ga dilayani jadinya. dan sistem ini terus berubah2.
ga enaknya grabcar: jadi user ga enak karena banyak driver yang abis ambil langsung cancel walau resiko kena penalti karena banyak driver yang ga liat2 lagi tujuan kemana jadi main accept aja karena rebutan paling deket nah pas liat eh deket jadi di cancel d, penaltinya lumayan diatas 40% reject bisa dipecat not to mention bad rating dll. ini saya alami 3x in a row pas di T3 soetta.
driver grabcar yang ane temuin macem2 yang paling berkesan:
1. Ex taxi driver burung biru. 9 tahun, keluar karena belakangan makin sepi digebuk uber cs masih ditambah saingan dengan seperusahaan belum lagi perusahaan lain. 9 tahun keluar nyaris ga dapet apa2, hanya ada dana buat DP avanza baru, sisanya ya karena driver jadi dah biasa nyetir jadi balik ke jalan lagi narik grabcar. dan menurut beliau: itung aja pak saya baru 3 bulanan kurleb tapi syukurlah cicilan lancar, malah saya ledekin jangan2 cicialn setahun sudah nutup
2. ex taxi cap candi. 11 tahun, keluar juga nyaris ga dapet apa2 tapi masih dapet DP avanza baru, kenapa keluar? sama kaya nomor 1. ini yang paling ngenes ceritanya, baru narik sebulan setengah tapi kayanya belum dapet target apa2, tapi ini menurut saya lebih ke arah personal karena nampaknya masih pengen kaya taxi jadul yang gitu2 aja.
3. ini driver individu paling canggih. minggu ini aja sudah tembus 4 juta buat bonus doang, dan pamer ke saya. malah dia pamer lagi temennya tembus 5 juta. walau abis itu kayanya tepar hahahaha... sudah sekian bulan narik dan katanya syukurlah cicilan ga dipikirin lagi, tinggal mikir stamina aja.
4. ex driver salah satu bank terkemuka. 11 tahun pengalaman, keluar ga dapet apa2. ikutan grab karena diajakin temen. katanya lumayan lah daripada ga sama sekali dan hasilnya mulai kelihatan, tinggal cari celahnya aja ini. Hobinya malah nongkrong di airport nungguin penumpang dari bali karena kebanyakan tripnya jarak jauh. berkebalikan driver nomor 3 yg ngindarin angkut dari airport karena sekalinya masuk airport susah keluar karena banyak juga trip jarak deket dari dan ke airport sekitarnya.
dari kesemuanya rata2 ceritanya mirip: ga ada kendaraan? bisa dibantu oleh koperasi grab?. dan ternyata banyak sales mobil yang sekarang kewalahan nerima pengajuan KKB buat grab cs karena kan tentu ga gampang apply kkb kalau ga meyakinkan finance/bank.
moral of the story:
1. selalu ada celah buat cari duit, jaman lagi susah tapi ngeliat perjuangan diatas ane sampe malu ati kalau ditotal penghasilan tiap driver sebulan diatas ane
2. potensi duitnya gede, tapi entah sampe kapan karena ini kan mirip gojek tahun lalu, sekarang sudah mulai surut dan mulai kelihatan jelek2nya. FYI, ada driver yang cerita sehari dia bisa habisin bensin 200 ribu (katakan isinya premium berarti 30 literan kurleb = 300 km-an), gilanya mobil sebulan setengah udah service 10 ribu km...
3. bisnis yang menarik, tapi sistemnya grab dan uber emang khas corporate yang kesannya grab n go, but who cares, setiap trip ane itung, karena biasanya dulu pake taxi burung biru jadi hapalan tarifnya, ane ngirit sampe 50% lebih malah kalau lagi promo dll bisa sampe 90%. lebih murah naik grabcar daripada ngojek
4. kalau untuk jadi main income saya rasa bisa kalau siap saingan dengan ex taxi driver, sesuatu yg ga saya sangka, karena tau sendiri fisik ex taxi driver itu kan kelas dewa, apalagi spesialis ngalong jarak jauh.
5. ada resiko "digangguin" taxi driver kalau pickup or drop penumpang deket2 pool taxi. juga segala keamanan dan resiko sebagai taxi driver.
6. Avanza gen 2 facelift 2015 tetep rasa avanza

mau diapain juga tetep ga ada enak2nya padahal jadi penumpang
