Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
As topic, mengapa SMers tetap pilih mobil bermesin bensin.
Seperti yang kita tahu kebijakan dan pricing strategy BBM di Indonesia kurang lebih memprioritaskan diesel sejak jaman dulu. Solar dari jaman saya baru lahir di zaman presiden Soeharto hingga sekarang, biosolar selalu dihargai lebih murah( Wikipedia). Hal ini kurang lebih sama dengan India. Di sana harga BBM diesel juga lebih rendah daripada bensin, walaupun secara nominal lebih tinggi daripada di Indonesia karena di sana BBM tidak disubsidi.
Namun pilihan mobil diesel di Indonesia tidak seragam pilihan mobil diesel di India. Penjualan mobil diesel di Indonesia pun tidak sebaik penjualan mobil bensin. Bahkan belum ada pabrikan yang merilis mobil LCGC mesin diesel. Walaupun diesel sekarang telah terbukti, baik standar saat keluar showroom maupun di drag race tidak kalah dengan mesin bensin.
Hal ini jadi pertanyaan buat saya pribadi, kenapa orang Indonesia masih suka mobil bensin, sehingga saya bikin poling kecil2an ini. Mohon dibantu ya SMers.
Seperti yang kita tahu kebijakan dan pricing strategy BBM di Indonesia kurang lebih memprioritaskan diesel sejak jaman dulu. Solar dari jaman saya baru lahir di zaman presiden Soeharto hingga sekarang, biosolar selalu dihargai lebih murah( Wikipedia). Hal ini kurang lebih sama dengan India. Di sana harga BBM diesel juga lebih rendah daripada bensin, walaupun secara nominal lebih tinggi daripada di Indonesia karena di sana BBM tidak disubsidi.
Namun pilihan mobil diesel di Indonesia tidak seragam pilihan mobil diesel di India. Penjualan mobil diesel di Indonesia pun tidak sebaik penjualan mobil bensin. Bahkan belum ada pabrikan yang merilis mobil LCGC mesin diesel. Walaupun diesel sekarang telah terbukti, baik standar saat keluar showroom maupun di drag race tidak kalah dengan mesin bensin.
Hal ini jadi pertanyaan buat saya pribadi, kenapa orang Indonesia masih suka mobil bensin, sehingga saya bikin poling kecil2an ini. Mohon dibantu ya SMers.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Anki
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Mw vote gmn sih om? Newbie ga ngerti nih
hehehe
Demen sih pas mesin ngerev tinggi suaranya asik hehehe

Demen sih pas mesin ngerev tinggi suaranya asik hehehe

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Kalo nubie sendiri soalnya masih ber2, belum ada momongan, jadi beli mobil kecil, jadi istri bisa bawa jg. Nah kan mobil kecil kan semua bensin tuh, jadi ambil bensin.
Kalo ortu sendiri masih terpengaruh kalo mobil diesel tuh ribut, getar dll. Apalg mobil diesel asosiasinya mobil pekerja, jadi suspensi masih keras dll begitu.
Cuma koko ane aja yg ada mobil diesel, secara emang orangnya suka mobil gagah begitu, terus suka liatin offroad begitu, jadi akhirnya kemaren ambil Dokar.
Kalo nanti pas mau ganti mobil boleh dah ganti mobil Diesel, buat nyoba.
Kalo ortu sendiri masih terpengaruh kalo mobil diesel tuh ribut, getar dll. Apalg mobil diesel asosiasinya mobil pekerja, jadi suspensi masih keras dll begitu.
Cuma koko ane aja yg ada mobil diesel, secara emang orangnya suka mobil gagah begitu, terus suka liatin offroad begitu, jadi akhirnya kemaren ambil Dokar.
Kalo nanti pas mau ganti mobil boleh dah ganti mobil Diesel, buat nyoba.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Kelemahan diesel yg belum bisa di atasi...
Ga bisa rev setinggi bensin mentok 4-5k saja....
Selain perawatan dan harga dex jg
Prefer gasoline direct injection turbo, sayang mblnya jarang

Ga bisa rev setinggi bensin mentok 4-5k saja....
Selain perawatan dan harga dex jg
Prefer gasoline direct injection turbo, sayang mblnya jarang

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
saya baru tau kelebihan mesin diesel setelah baca2 di SM,
waktu bawa mobil diesel rakyat (kisul, innova, panther) tidak ada kesan apa2. cuman torsi yang nampol aja, tapi napas cepet habis.
mungkin buat kebanyakan orang2 usia di bawah 35 tahun mesin diesel itu dianggap kuno ya, kesan mobil truk, berisik, asap cumi2, dsb2,ya gak bisa disalahkan juga karena mobil2 diesel yg beredar jg kayak gitu disesuaikan dengan kondisi BBM di Indo.
waktu bawa mobil diesel rakyat (kisul, innova, panther) tidak ada kesan apa2. cuman torsi yang nampol aja, tapi napas cepet habis.
mungkin buat kebanyakan orang2 usia di bawah 35 tahun mesin diesel itu dianggap kuno ya, kesan mobil truk, berisik, asap cumi2, dsb2,ya gak bisa disalahkan juga karena mobil2 diesel yg beredar jg kayak gitu disesuaikan dengan kondisi BBM di Indo.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
kalo menurut gw pribadi sih org gamau ambil disel krn suara mesin disel yg bising dan bergeter, asap mobil disel yg baunya menyengat dan perawatan mobil yg mahal (FYI ipah diesel sbg mbl diesel moderen yg cukup mainstream sekali ganti oli bisa nenggak smpe 7 literan oli) cukup memberatkan kantong, apalagi klo ganti oli bagus
Gw pribadi sih demen disel, krn torsinya yg gede...

Gw pribadi sih demen disel, krn torsinya yg gede...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Simple karena : petrolhead dan solarhead
Lebih enak didengar mana? Dan lebih konyol mana? [emoji14]
Sent from my HTC One using Tapatalk
Lebih enak didengar mana? Dan lebih konyol mana? [emoji14]
Sent from my HTC One using Tapatalk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Simpel saja sebenarnya, masalah kesenyapan dan kualitas biosolar
sering naik Fortuner VNT, Dakkar, Innova D4D, Captiva, sebagian besar masih terdengar suara khas mesin dieselnya, terutama ketika idle di lampu merah dan terkena macet masih lebih senyap L15 GK5, 1NZFE Yaris Lele yang berasa mesin masih mati (nb:kalau engine mounting sehat). Apalagi suara dari luar lebih ribut, ga enak kalau malam-malam abis dugem balik rumah trus tetangga dengar suara mesinnya, bandingkan dengan L15 & 1NZFE yang sangat halus (tidak termasuk suara fan AC).
Kualitas Biosolar? Tau sendiri lah ya,, Pertadex? ga semua SPBU ada
sering naik Fortuner VNT, Dakkar, Innova D4D, Captiva, sebagian besar masih terdengar suara khas mesin dieselnya, terutama ketika idle di lampu merah dan terkena macet masih lebih senyap L15 GK5, 1NZFE Yaris Lele yang berasa mesin masih mati (nb:kalau engine mounting sehat). Apalagi suara dari luar lebih ribut, ga enak kalau malam-malam abis dugem balik rumah trus tetangga dengar suara mesinnya, bandingkan dengan L15 & 1NZFE yang sangat halus (tidak termasuk suara fan AC).

Kualitas Biosolar? Tau sendiri lah ya,, Pertadex? ga semua SPBU ada
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Hmm... interesting...
Klo sy pribadi sih gini:
Klo waktu ngurusi kendaraan (diy maupun mbengkel) sedikit dan/atau ga (mau) tau ttg ngerawat mobil, mending petrol NA non direct injection (ipah vvti cthnya.. (dan kebanyakan mobil lain di indo) kbetulan sy ada di rmh... mobil bokap.. rawatan beres... pke oli magnatec gnti tiap 10k km, cm pernah mesin mati ndadak gara" aki tekor... di traffic light yg macet panjaang dg 1 lane 1 arah
untung dket s n d... tepiin mobil, datengi snd, dicek voltase, diganti akinya, jalan lagi...)
Oiya, ttg oli ipah... vvti di rmh klo gnti oli dapet 6 botol @1L (5 kosong, 1 sisa stengah)
Krn mesinnya 2.0
Klo sy pribadi sih gini:
Klo waktu ngurusi kendaraan (diy maupun mbengkel) sedikit dan/atau ga (mau) tau ttg ngerawat mobil, mending petrol NA non direct injection (ipah vvti cthnya.. (dan kebanyakan mobil lain di indo) kbetulan sy ada di rmh... mobil bokap.. rawatan beres... pke oli magnatec gnti tiap 10k km, cm pernah mesin mati ndadak gara" aki tekor... di traffic light yg macet panjaang dg 1 lane 1 arah

Oiya, ttg oli ipah... vvti di rmh klo gnti oli dapet 6 botol @1L (5 kosong, 1 sisa stengah)
Krn mesinnya 2.0
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Hehehehe in fact i'm a fan of both... tergantung mobilnya.
Tapi setuju dengan billy... kelemahan terbesar diesel menurut saya adalah revnya gak bisa setinggi bensin.
Ada yang bilang buat apa dan kapan kita mau rev tinggi tinggi, wong macet terus? Mau ngebut dimana sih?
Ya bwat orang normal ini terkesan konyol... tpi buat petrolhead kadang ada sensasi tersendiri bejek mobil sampe di atas 7k sampe limiternya udah teriak teriak...
Dan saya termasuk golongan "orang bodoh" itu... Jadi buat tarik tarikan saya lebih suka bensin.
Di sisi lain saya gak menutup diri untuk mobil diesel.... Saya akui untuk kegunaan sehari - hari diesel itu sangat sensibel. Irit, torsi besar, bbmnya murah. Di jaman sekarang diesel commonrail juga gak usah kuatir masuk angin kayak diesel jadul... Saya pribadi malah prefer MPV atau SUV bermesin diesel dibanding bensin. MPV atau SUV 2 ton dikasih mesin bensin mau 3000cc juga gak kerasa narik... tambah boros pula. mending dikasih diesel.
Tapi kalau hatch atau sedan... ya sudah pasti petrol lebih enak
Tapi setuju dengan billy... kelemahan terbesar diesel menurut saya adalah revnya gak bisa setinggi bensin.
Ada yang bilang buat apa dan kapan kita mau rev tinggi tinggi, wong macet terus? Mau ngebut dimana sih?
Ya bwat orang normal ini terkesan konyol... tpi buat petrolhead kadang ada sensasi tersendiri bejek mobil sampe di atas 7k sampe limiternya udah teriak teriak...

Dan saya termasuk golongan "orang bodoh" itu... Jadi buat tarik tarikan saya lebih suka bensin.
Di sisi lain saya gak menutup diri untuk mobil diesel.... Saya akui untuk kegunaan sehari - hari diesel itu sangat sensibel. Irit, torsi besar, bbmnya murah. Di jaman sekarang diesel commonrail juga gak usah kuatir masuk angin kayak diesel jadul... Saya pribadi malah prefer MPV atau SUV bermesin diesel dibanding bensin. MPV atau SUV 2 ton dikasih mesin bensin mau 3000cc juga gak kerasa narik... tambah boros pula. mending dikasih diesel.
Tapi kalau hatch atau sedan... ya sudah pasti petrol lebih enak
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Soal brisik.... saat idle ditempat sepi mungkin masih kedenger yg diesel modern.... tapi coba deh gas pol... sampai puncak horsepowernya..... wkwkwk gw yakin sebangsa 3A92 L15 jauh lebih berisik di rpm atasnya... atau banding suara di rentang peak torque sampai peak hp
Gw gaspol sampai 160 di captiva rev tengah atas terus, nyokap ga sadar, giliran pke L15 rev bru mw masuk peak torque speed 80 aja uda brisik ga karuan langsung ngambek deh.., wkwkw mending klw merdu, ini peresan tebu
Toh diesel peak torque sdh dri 1500-2000an g perlu rev ke 4000 utk dptin torque....
Kec petrol turbo peak dri 1500an jg... tp bisa rev sampe 6.5k jika diperlukan wkwkw

Gw gaspol sampai 160 di captiva rev tengah atas terus, nyokap ga sadar, giliran pke L15 rev bru mw masuk peak torque speed 80 aja uda brisik ga karuan langsung ngambek deh.., wkwkw mending klw merdu, ini peresan tebu
Toh diesel peak torque sdh dri 1500-2000an g perlu rev ke 4000 utk dptin torque....
Kec petrol turbo peak dri 1500an jg... tp bisa rev sampe 6.5k jika diperlukan wkwkw


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
ngomong2 soal suara mesin diesel.
saya sampe sekarang masih susah ngebedain kalo ada yang lewat depan rumah : itu suara fortuner tetangga atau truk sampah...
serius ini mah, bukan sentimen...

saya sampe sekarang masih susah ngebedain kalo ada yang lewat depan rumah : itu suara fortuner tetangga atau truk sampah...
serius ini mah, bukan sentimen...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Kalo saya sebaliknya...
Pecinta diesel, tp bukan berarti benci petrol...ane ada 2-2nya di rumah...
Cinta diesel karna jambakan bencongnya...kalo petrol, abis rawat diesel ya kerasa murahnya rawat petrol...hahahaha...
Pecinta diesel, tp bukan berarti benci petrol...ane ada 2-2nya di rumah...
Cinta diesel karna jambakan bencongnya...kalo petrol, abis rawat diesel ya kerasa murahnya rawat petrol...hahahaha...
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
mau bensin atau diesel yg penting : must have TURBO
I love turbo
no turbo no fun

I love turbo

no turbo no fun

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Iya ya.. diesel tidak lengkap tanpa turbo & intercooler.. harusnya ane spesifik pollingnya.. common rail diesel with intercooled variable geometry turbo/ twin turbo, intercooled turbo common rail diesel, intercooled turbo direct injected diesel (old fuel injection pump), ato N/A diesel. Sayang ga bisa diedit tritnya.htannis wrote:mau bensin atau diesel yg penting : must have TURBO![]()
I love turbo![]()
no turbo no fun
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 201
- Joined: Wed Dec 30, 2015 7:54
Re: RE: Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Hahahhaah ipah ane apa mirip suara truk juga ya om.bfront wrote:ngomong2 soal suara mesin diesel.
saya sampe sekarang masih susah ngebedain kalo ada yang lewat depan rumah : itu suara fortuner tetangga atau truk sampah...
serius ini mah, bukan sentimen...
Sebenarnya saya dah jadi pecinta diesel sekarang om, emang sih suara ama bau asepnya buat kurang nyaman, tapi kek nya berasa hemat di bbm om, soalnya dari awal punya mobil selalu petrol mulu, pas tahun 2015 minang ipah dono nambah 2016 minang ANKI, semua nya diesel.
Sent from my GT-I9500 using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
karena BAU nya aja sih..
pas mubil mao keluar masuk garasi, kalok yang ga tahan baunya langsung dah ngoceh...
sama yg ga tahan bau solar rata2 ngoceh pas duduk di row 3 dan posisi mubil dipecut / digeber.
pas mubil mao keluar masuk garasi, kalok yang ga tahan baunya langsung dah ngoceh...
sama yg ga tahan bau solar rata2 ngoceh pas duduk di row 3 dan posisi mubil dipecut / digeber.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Suka solar kok, cuman blomada aja mpv kelas 300-400jutaan yg solar
Dan medium suv kelas cx5 yg pake solar.
Dan medium suv kelas cx5 yg pake solar.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
ini comment kocak of the daybfront wrote:ngomong2 soal suara mesin diesel.
saya sampe sekarang masih susah ngebedain kalo ada yang lewat depan rumah : itu suara fortuner tetangga atau truk sampah...
serius ini mah, bukan sentimen...

sama nih pengalaman nya, cuma ini tamu tetangga yang dateng pake panther, udah sempat bawa2 tempat sampah ambil di dapur belakang, kirain truk sampah lewat

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: RE: Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
kalau gak bs bedain suara fortuner sama truk sampah brarti bukan pecinta otomotif ituery1973 wrote:Hahahhaah ipah ane apa mirip suara truk juga ya om.bfront wrote:ngomong2 soal suara mesin diesel.
saya sampe sekarang masih susah ngebedain kalo ada yang lewat depan rumah : itu suara fortuner tetangga atau truk sampah...
serius ini mah, bukan sentimen...
Sebenarnya saya dah jadi pecinta diesel sekarang om, emang sih suara ama bau asepnya buat kurang nyaman, tapi kek nya berasa hemat di bbm om, soalnya dari awal punya mobil selalu petrol mulu, pas tahun 2015 minang ipah dono nambah 2016 minang ANKI, semua nya diesel.
Sent from my GT-I9500 using Tapatalk

ane aja bs bedain suara gerobak diesel ane sama gerobak diesel orang lain yg jenis nya sama

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Saya fans mesin diesel sdh lama, sjk blm bisa beli mobil tapi baru sekarang punya mobil disel. Kenapa? Karena selama ini mobil disel yg nyaman n performance nya bagus kurang bersahabat sm kantong ane. Inceran ane dr dulu adalah pasport ato fortie vnt tp harganya naik terus sedangkan ipah lama ane kurang suka exterior n performance standarnya. Untungnya mesin ANKI disel ga disunat sm atoyot, jdnya bbrp kekurangan di exterior n fiturnya ane toleransi.
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Kalo ane punya 2 2 nya
Jujur ngomong si......supaya bak bosen aja......kalo naek salah 1 jenis mesin terus2-an lama2 bosen juga
Juga gimanapun di Indo perlu punya 2 2 nya, tahu sendiri kan kadang salah 1 jenis BBM suka langka
Jujur ngomong si......supaya bak bosen aja......kalo naek salah 1 jenis mesin terus2-an lama2 bosen juga
Juga gimanapun di Indo perlu punya 2 2 nya, tahu sendiri kan kadang salah 1 jenis BBM suka langka
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
sy malah terbalik ... kalo ada diesel u apa beli petrol version
diesel terbukti mudah dirawat ... cukup make sure filters bersih ... injector berfungsi sempurna n dia bisa berjalan baik ... lbh lama dr idup manusia
diesel pertama yg sy liat dlm idup itu 1955 benz ponton 180d punya alm.ayah ... hadiah dia lulus sma n masuk fkui thn itu ... cara matikan engine cukup unik ... pd dash panel ada in-dash bar yg ada tulisan "motor aus" dorong ke depan n mesin mati ... cara idup cukup arahkan key ke posisi "glühkerze" sampai red indicator idup n tekan (dgn kaki) floor knob diantara gas n brake pedals
diesel kedua (kejadian th 1978).yg ada dlm garasi rumah alm.ayah malah mobil bekas ... sy ingat saat pertama x datang ke rumah nopol F-747-AX atas nama pt seameo-biotrop / dr r.a. syed ... 1975 benz w114/115 solid mimosa yellow 220d 3speed matic columnshift trus (1980).ganti nopol B-1873-FE
diesel ketiga (juga 1978) benz w123 (solid avocado green).240d manual CKD brandnew ... sy tdk hafal nopol krn plaat percobaan (temporary license plate) yg ganti tiap bln dari 1978 - 1995 (dijual diganti brandnew bmw e36 320i matic CKD)
diesel diesel lain menyusul trmsk daihatsu taft f50 (toyota DG engine) ... ssangyong korando k9-mil (mobil dinas, 5.9L cummins bt engine ... ini sy kadang pakai illegal roadrace di menteng n sering menang taruhan) dan juga toyota bj40... citroën bx19dtr dan beberapa lain
diesel terbukti mudah dirawat ... cukup make sure filters bersih ... injector berfungsi sempurna n dia bisa berjalan baik ... lbh lama dr idup manusia
diesel pertama yg sy liat dlm idup itu 1955 benz ponton 180d punya alm.ayah ... hadiah dia lulus sma n masuk fkui thn itu ... cara matikan engine cukup unik ... pd dash panel ada in-dash bar yg ada tulisan "motor aus" dorong ke depan n mesin mati ... cara idup cukup arahkan key ke posisi "glühkerze" sampai red indicator idup n tekan (dgn kaki) floor knob diantara gas n brake pedals
diesel kedua (kejadian th 1978).yg ada dlm garasi rumah alm.ayah malah mobil bekas ... sy ingat saat pertama x datang ke rumah nopol F-747-AX atas nama pt seameo-biotrop / dr r.a. syed ... 1975 benz w114/115 solid mimosa yellow 220d 3speed matic columnshift trus (1980).ganti nopol B-1873-FE
diesel ketiga (juga 1978) benz w123 (solid avocado green).240d manual CKD brandnew ... sy tdk hafal nopol krn plaat percobaan (temporary license plate) yg ganti tiap bln dari 1978 - 1995 (dijual diganti brandnew bmw e36 320i matic CKD)
diesel diesel lain menyusul trmsk daihatsu taft f50 (toyota DG engine) ... ssangyong korando k9-mil (mobil dinas, 5.9L cummins bt engine ... ini sy kadang pakai illegal roadrace di menteng n sering menang taruhan) dan juga toyota bj40... citroën bx19dtr dan beberapa lain
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
Suara Diesel kasar ?
Coba ukur idle mobil bensin anda brp dB dari dalam kabin.......(mobil yg harga barunya under 400 jt OTR)
Coba ukur idle mobil bensin anda brp dB dari dalam kabin.......(mobil yg harga barunya under 400 jt OTR)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20
Re: RE: Re: Mengapa anda tetap pilih petrol engine daripada diesel pada mobil anda?
ipah tetangga yang lain sih entah ya, kok masih rada beda suaranya. everest tetangga yang lain juga masih beda...htannis wrote:kalau gak bs bedain suara fortuner sama truk sampah brarti bukan pecinta otomotif ituery1973 wrote:Hahahhaah ipah ane apa mirip suara truk juga ya om.bfront wrote:ngomong2 soal suara mesin diesel.
saya sampe sekarang masih susah ngebedain kalo ada yang lewat depan rumah : itu suara fortuner tetangga atau truk sampah...
serius ini mah, bukan sentimen...
Sebenarnya saya dah jadi pecinta diesel sekarang om, emang sih suara ama bau asepnya buat kurang nyaman, tapi kek nya berasa hemat di bbm om, soalnya dari awal punya mobil selalu petrol mulu, pas tahun 2015 minang ipah dono nambah 2016 minang ANKI, semua nya diesel.
Sent from my GT-I9500 using Tapatalk![]()
ane aja bs bedain suara gerobak diesel ane sama gerobak diesel orang lain yg jenis nya sama
tapi gak tau fortuner yang satu itu kejadian beberapa kali suaranya persis truk sampah komplek...
gak apa2 lah dibilang bukan pecinta otomotif, yang penting tetep cinta istri.
no offense yah buat pemilik fortuner... hehehe
