
Toyota Avanza 1.5 S A/T. Avanza termewah di jamannya, penggantinya adalah veloz sekarang. sebelum juga diacak2 varian 1.5G

Exterior.
Exterior Avanza yang menurut saya paling ganteng, hanya veloz terbaru yg bisa ngalahin, kenapa? Karena ini design aslinya konon emang bukan buat market Indo tapi export. Imbuhan body kit ga norak2 amat sampe bikin kaya ricer tapi paslah. sayang exterior hanya ini saja beda utamanya sisanya nyaris ga beda. tetep pake antena tarik ala belalang


Interior
Pembeda utama seingat saya hanya di: tweeter, rear defogger, audio double din CD + MP3 (tentu belum ada usb port karena jaman ini toyota masih jumawa), speedometer sudah orange color semua pake led backlight dan full digital, bangku warna coklat muda dan serba coklat bikin kesan lapang tapi tetep murah karena bahan busa tipis, aksen silver painted di beberapa titik. Speedometer sudah dilengkapi gear position indicator lengkap dengan rear parking sensor 2 titik yang responnya memang tidak terlalu cepat untuk ukuran oem tapi sangat menolong terutama karena spion luar yang ukurannya kecil luar binasa. Central lock untuk pintu sisi driver sudah mulai bermasalah =- common problem untuk avanza, cukup ganti "pistol" central lock jadi normal, hanya lock/unlock pintu saja yang bikin sebel karena kadang ga kebuka sendiri

surprisingly, interior relatif minim rattle, karet2 pintu pun masih bagus, suara dari luar ga terlalu tembus, jok2 pun tidak ada yg amblas dll, ya inilah kekuatan utama toyota tampilan jelek tapi relatif tahan banting. pintu2 sudah dipasang peredam satu lembar jadi suara buka tutup pintu sudah rada gantengan ga bunyi besi lagi.
untuk audio karena sudah ada tweeter jadi suara lumayanlah setidaknya terasa suara datang dari dashboard/selevel kuping bukan dari kaki, dan penerimaan FM Radio termasuk bagus.
ac masih dingin walau tetep ancient dengan puter2an kompor AC tanpa setelan arah blower atau fresh/recirculate. sudah dilengkapi dengan double blower yang saya pribadi jarang nyalakan kecuali ada penumpang di belakang atau cuaca siang hari panas terik macet2an, sebab well this is still daitoyo yang mana ac dinginnya ga keru2an dan itu setelan suhu ga berguna sama sekali karena suhu terendah pun tetep dingin gila

sok pintu belakang sudah mati, jadi hanya bisa nahan tapi tidak bisa naik, tidak terlalu masalah, walau rada aneh karena beban ringan dari pintu tipis seperti itu dan penggunaan moulding dari papan hdf dilapis vinyl.
kelegaan kabin buat saya tidak luar biasa, ya setidaknya berbonus baris ketiga yang saya yakin akan jrg dinaiki sebab sempit walau headroom agak lumayan. sayang metode pelipatan bangku tidak ada yg flat floor atau split folding. bangku kedua pun tidak sliding, hanya folding.
Engine
Ditenagai mesin paling unik di keluarnya: 3SZ-VE. 1500cc VVT-i. Keluaran daihatsu. dengan transmisi matik 4 speed jebolan era 70an yang masih pake sling untuk kick down, tapi untungnya segi kosmetiknya agak lumayan karena penggunaan gate shift type + ada L position = toyota banget karena daihatsu ga ada yang kaya gini. Respon mesin sebetulnya lumayan, dengan desingan dan dengunan flywheel yg tidak separah varian 1300cc tapi dinodai oleh transmisi jebolan 70an yang slip banget jadi ketika dibejek terasa lonjakan torsi mesin tidak tersalurkan sempurna oleh transmisi ditambah powerloss gardan, respon dalkot masih enak buat sruntulan khas avanza, tapi ketika di toll kecepatan 100 kph rpm sudah tembus 3000 agak lebih baik daripada 1300cc matik yang nyaris 4000 rpm = meraung = tapi berasa tambah kenceng karena torsi dan hp max disini.
untuk dalkot sehari2 rekor terbaik hanya 9 kpl tapi tebakan saya ini selain lalin juga perawatan sekedarnya, curiga oli ATF, dan gardan sudah lama ga diganti. belum bicara yang lain yang hanya asal jalan. tapi di toll agak mendingan bisa dapet 11 kpl, bbm selalu non subsidi.
untuk akselerasi 0-100 saya rasa bisa 3-4 detik lebih cepat dari varian 1300cc. untuk keiritan pun saya rasa tidak beda jauh sekali dari 1300cc.
Ride Quality
Sok depan belakang kayanya sudah mati semua jadi ga bisa komen, tapi ya ciri khas avanza masih berasa, ajrut2an empuk2 ga jelas, di toll ga bisa diem, di dalkot ketemu poldur malah bantingan keras. stabilitas pun sekenanya, polda komennya: enak juga avanza ya, lari 40 kph berasa lari 100 kph...


hal yang nyebelin itu karena masih hydraulic PS jaman purba jadi ketika manuver pas parkir kadang steer berasa berat banget dan tiba2 rpm mesin ngelonjak untuk isi vacuum booster ditambah matik sambil injek rem maka akan terjadi ndut2an yang kadang bikin kaget dan kagok, ngeri tiba2 nyelonong. apalagi remnya pas2an hanya dipersenjatai solid front rotor + rear drum + ABS yang untungnya full 4 channel. Sektor kaki2 sempet saya suruh pasang rear underbrace dan front underbrace yg seingatnya kalau itu sok ga mati semua akan jauh lebih ga berasa avanza. sempat bikin jantungan pas hujan2 di toll kok ini mobil bawaannya berat ke kiri terus, kaya ada ban kempes bawa jalan d santai2, pas iseng cek ternyata ban depan modelnya beda kiri kanan


handling pas2an pun diperparah dengan jumlah putaran steer yang ga mau kalah dari truk gardan 6, lock to lock tidak cukup 7/8 tapi sampe 9... jadi bayangkan untuk muterin steer pas parkir butuh effort lumayan besar dan lama. mungkin karena jumlah putaran steer seheboh ini maka radius putar avanza bisa nyaris setara hatchback di 4,7 meter.

Overall.
Avanza yang harga pasarannya sekarang makin parah karena org indo masih kemakan omongan cc gede lebih boros dan tentu seperti lainnya kepukul sodara jauh LCGC-nya sendiri jadi makin parah, kata temen pedege ini paling 90 jutaan pasarannya. tapi terus terang bagi anda yang cari kendaraan perang dalkot buat saya jauh lebih layak ini daripada varian 1.3 G AT. Memang tetap minim fitur tapi dipikir2 lagi toh mobilio yg harga barunya paling tidak 2x lipat tidak menawarkan sesuatu yg lebih baik selain airbag? sektor keamanan saya suruh upgrade dengan pasang modul sensor bayangan, pasang horn sirine terpisah (yg sekarang mati), dan ganti klakson dengan wiring pisah agar ga gampang dijebol maling karena ini adalah brg paling liquid di indonesia setelah emas
