Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Wed Apr 11, 2007 1:30
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Dari thread livina users dah banyak yang indent nih tunggu bung wardana n bung sithlord aja yang berjuang mati2an untuk membela. Daftar dong.
Bung fusion gw dah cek di website china bulan 9 lalu n gw dah suka banget. Memang gw udah ada hatchback "RENAULT CLIO", sedan "CHEVY OPTRA", Lagi cari MPV dan SUV. mpv "NISSAN LIVINA" dan SUV "CHEVROLET CAPTIVA" Tinggal kumpul duit lagi beli Mobil PREMIUM tapi 10 taon lagi kali hehehe
Bung fusion gw dah cek di website china bulan 9 lalu n gw dah suka banget. Memang gw udah ada hatchback "RENAULT CLIO", sedan "CHEVY OPTRA", Lagi cari MPV dan SUV. mpv "NISSAN LIVINA" dan SUV "CHEVROLET CAPTIVA" Tinggal kumpul duit lagi beli Mobil PREMIUM tapi 10 taon lagi kali hehehe
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Wed Apr 11, 2007 1:30
All, mau tanya nih kalo mobil gonta-ganti BBM boleh tidak tanpa harus ada penyetelan ulang, contoh 3 bulan lalu pertamax hanya Rp4.750/liter so kan banyak orang yang berpindah dengan mengisi pertamax, but sekarang dimana pertamax sudah Rp5.600/liter orang ada yang balik lagi pake premium, nah kondisi seperti itu sebenarnya diperbolehkan tidak untuk mesin mobil itu sendiri?
Soalnya denger2 dari orang bengkel beda2 semua ada yang bilang mesin harus distel ulang, ada yang bilang tidak masalah tapi tangki harus dikuras dulu, malah ada yang bilang harus dicampur dulu 1/2 premium dan 1/2 pertamax untuk beralih ke jenis BBM yang diinginkandan ada juga yang bilang tidak perlu tindakan apa2 boleh langsung isi sesuka kita kapan saja? sorry agak OOT tapi saya bingung sekali, PLZ Help!!!
Soalnya denger2 dari orang bengkel beda2 semua ada yang bilang mesin harus distel ulang, ada yang bilang tidak masalah tapi tangki harus dikuras dulu, malah ada yang bilang harus dicampur dulu 1/2 premium dan 1/2 pertamax untuk beralih ke jenis BBM yang diinginkandan ada juga yang bilang tidak perlu tindakan apa2 boleh langsung isi sesuka kita kapan saja? sorry agak OOT tapi saya bingung sekali, PLZ Help!!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Bung Newcomers jika anda pingin mobil yang "FUN TO DRIVE", "FUN TO RIDE", "FUEL CONSUMTION", "COMFORT", "STABILITIY" AND "DESIGN" pilih LIVINA
Jika anda ingin mobil "EXTRA SPACE", "BIGGER SIZE", "EXTRA COST" pilih INNOVA
Jika anda ingin mobil "EXTRA SPACE", "BIGGER SIZE", "EXTRA COST" pilih INNOVA
Selagi memang mobilnya masih bisa menerima premium TT itu tidak problem, Kalo anda sangsi beli aja FUEL ADDITIVE kaya HOT PILLS, STP OCTANE BOOSTER, DYNOTABS yang gunanya menambah octane dan membersihkan ruang bakar.All, mau tanya nih kalo mobil gonta-ganti BBM boleh tidak tanpa harus ada penyetelan ulang, contoh 3 bulan lalu pertamax hanya Rp4.750/liter so kan banyak orang yang berpindah dengan mengisi pertamax, but sekarang dimana pertamax sudah Rp5.600/liter orang ada yang balik lagi pake premium, nah kondisi seperti itu sebenarnya diperbolehkan tidak untuk mesin mobil itu sendiri?
Soalnya denger2 dari orang bengkel beda2 semua ada yang bilang mesin harus distel ulang, ada yang bilang tidak masalah tapi tangki harus dikuras dulu, malah ada yang bilang harus dicampur dulu 1/2 premium dan 1/2 pertamax untuk beralih ke jenis BBM yang diinginkandan ada juga yang bilang tidak perlu tindakan apa2 boleh langsung isi sesuka kita kapan saja? sorry agak OOT tapi saya bingung sekali, PLZ Help!!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Thu Apr 12, 2007 6:14
iya sama dgn newcomer, mau nanya soal gonta ganti bensin. Kalo soal oktan kurang kan bisa ditambah aditif dan itungannya tetep lebih murah daripada pake pertamax (kalo pertamax ama premium beda jauh harganya). Perasaan pernah baca kalo ECU udah otomatis ngatur waktu pengapian, tapi pernah juga baca kalo musti diatur. Atau tergantung ECUnya canggih atau kuno? PLS, yg bisa kasih tau. BTW, GL (Grand Livina) udah pake CC blon? Harusnya sih udah yah, tapi gua blon sempet ke showroom ambil brosur ama test drive.
edit: soal CC ternyata udah dijawab di thread lain. Thx.
edit: soal CC ternyata udah dijawab di thread lain. Thx.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Wed Apr 11, 2007 1:30
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Dari harga sekarang sih lebih prever pake pertamax daripada zat additive. Misalnya livina premium full tank 52.6 x 4500 = 236700 kalo pertaman 52.6 x 5600 = 294560 selisih 57860. Zat additive stp octane booster 31500
Berarti premium + zat additive = 268200 sedangkan pertamax 294560 berarti beda 26360. Gw sih pilih pertamax tapi tergantung orang ya. Apalagi isi setengah2 mendingan pertamax toh ga jauh beda.
Karena livina standar euro3 maka CC pasti dah terpasang. Kalo CC dah terpasang minimal Premium tanpa timbal. Kalo premium timbal itu bakal merusak ccnya. Tapi tenang seluruh Indo dah dipasok premium TT kok.
Mengenai pengunduran waktu pengapian, selagi mesin tidak ngelitik waktu isi premium aja ga usa mundirin pengapian, kalo mundirian akibatnya boros dan kurang tenaga
Berarti premium + zat additive = 268200 sedangkan pertamax 294560 berarti beda 26360. Gw sih pilih pertamax tapi tergantung orang ya. Apalagi isi setengah2 mendingan pertamax toh ga jauh beda.
Karena livina standar euro3 maka CC pasti dah terpasang. Kalo CC dah terpasang minimal Premium tanpa timbal. Kalo premium timbal itu bakal merusak ccnya. Tapi tenang seluruh Indo dah dipasok premium TT kok.
Mengenai pengunduran waktu pengapian, selagi mesin tidak ngelitik waktu isi premium aja ga usa mundirin pengapian, kalo mundirian akibatnya boros dan kurang tenaga
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Mmg benar GL termasuk jenis sedan wagon (station wagon) shg perhitungan daya angkutnya lebih terbatas dibandingkan van (spt Serena misalnya).diosk wrote: Saya sih nggak perlu performance mesin yang hebat, yang penting mobil yang nyaman buat bawa keluarga, handal, merawatnya mudah. Karena saya sudah punya sedan, jadi Innova kayaknya lebih cocok. Kalau ambil Livina, jadinya nanti seperti punya dua sedan...
Coba simak di website Nissan-Japan yg diinfokan oleh bung Sith Lord ini http://www2.nissan.co.jp/TIIDA/C11/0612 ... main3.html ternyata perhitungan Nissan-Japan atas perkiraan berat 1 (satu) penumpang sedannya adalah +/- 50 kg [{=(1385 kg - 1100 kg) : 5} - berat bawaan 5 kg/penumpang].
Makanya ketika perihal pemilihan ban 185/65/15 (kecil) di GL dipertanyakan, pihak NMI memberi jawaban klu ban tsb memenuhi std utk daya angkut GL (7 seater) dibawah 1650 kg !!

Coba bandingkan dgn sedan lainnya spt contohnya Suzuki SWIFT M/T yg berbobot kosong 1000 kg & daya angkut max 1485 kg shg berat 5 (lima) penumpang + barang bawaan diperhitungkan oleh Suzuki sbg 485 kg (= 1485 kg-1000 kg) ato +/- 90 kg/penumpang.
Btw GL masih pilihan mumer terbaik utk jenis sedan wagon dgn daya angkut 350-400 kg.
Last edited by Smatic on Sat Apr 14, 2007 5:21, edited 2 times in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36
hehe... pilih mobil... gw sih yang penting suka, pertimbangan rasionalnya, setuju seperti Bung Winata, tapi kalau nggak masuk... lagi2 yg penting suka.. karena suka itu relatif.
Gw biasa pake suv 4x4, vitara dan sportage, kl pake u/ macet ya..boros... ajrut2an dan mengurangi ngantuk..hehe, cuma enak buat yg didepan.. lagi2 karena gw suka...
Mau cari mobil keluarga... ya cari yang suspensinya dan chasisnya nggak seperti suv 4x4 (yg rigid axle) biar nyaman dan stabil, ground clearance agak tinggi biar survive lewat barisan polisi tidur, nggak gede dan panjang biar muat dikandang... pertimbangan yg terbalik dengan daya muat yah... yg penting sesuai dengan kebutuhan dan tentunya affordable.
Setelah tahu Nissan mau keluarin MPV budget, browsing geniss di China ok juga...iden deh.. dan setelah test drive mantap ....
Gw biasa pake suv 4x4, vitara dan sportage, kl pake u/ macet ya..boros... ajrut2an dan mengurangi ngantuk..hehe, cuma enak buat yg didepan.. lagi2 karena gw suka...
Mau cari mobil keluarga... ya cari yang suspensinya dan chasisnya nggak seperti suv 4x4 (yg rigid axle) biar nyaman dan stabil, ground clearance agak tinggi biar survive lewat barisan polisi tidur, nggak gede dan panjang biar muat dikandang... pertimbangan yg terbalik dengan daya muat yah... yg penting sesuai dengan kebutuhan dan tentunya affordable.
Setelah tahu Nissan mau keluarin MPV budget, browsing geniss di China ok juga...iden deh.. dan setelah test drive mantap ....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Wed Apr 11, 2007 1:30
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48
Iya nih, karena forum ini juga gue jadi semakin positif utk ambil GL.
Btw, barusan abis TD 1.5XV MT lagi di Nissan Kelapa Gading, abis kemaren pas di Senayan City TD cuma sebentar..
Tadi trek lumayan asik, berasa tarikan dan suspensinya yg ok banget.. dibawa ngebut dijalan rusak, bahkan gue hajar abis pas ngelewatin polisi tidur.. suspensi jauh banget kalau dibandingin ama AVZ.. isi 5 orang, posisi 2+2+1 semua orang dewasa.. tarikan lumayan responsif dan yg paling asik, keadaan kabin hening walau rpm sudah tinggi karena memang tadi gue tarik abis sampe rpm 6000, pengen tau aja..
jadi pengen buruan pake nih mobil.. cuma masih mesti tunggu apling cept bulan depan.. cuma td ngobrol sama salesgirl-nya katanya akhir bulan ini sudah ada pengiriman mobil.. cuma kalau yg indent sekarang barang baru terima agustus - september untuk yg 1.5 ..
untungnya gue udah indent dari minggu lalu, gilee.. beda seminggu udah beda antiran 2 bulan.. alamak..!
Btw, barusan abis TD 1.5XV MT lagi di Nissan Kelapa Gading, abis kemaren pas di Senayan City TD cuma sebentar..
Tadi trek lumayan asik, berasa tarikan dan suspensinya yg ok banget.. dibawa ngebut dijalan rusak, bahkan gue hajar abis pas ngelewatin polisi tidur.. suspensi jauh banget kalau dibandingin ama AVZ.. isi 5 orang, posisi 2+2+1 semua orang dewasa.. tarikan lumayan responsif dan yg paling asik, keadaan kabin hening walau rpm sudah tinggi karena memang tadi gue tarik abis sampe rpm 6000, pengen tau aja..
jadi pengen buruan pake nih mobil.. cuma masih mesti tunggu apling cept bulan depan.. cuma td ngobrol sama salesgirl-nya katanya akhir bulan ini sudah ada pengiriman mobil.. cuma kalau yg indent sekarang barang baru terima agustus - september untuk yg 1.5 ..

untungnya gue udah indent dari minggu lalu, gilee.. beda seminggu udah beda antiran 2 bulan.. alamak..!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Thu Apr 12, 2007 6:14
walah, kmrn malem bela2in ke bsm buat liat, eh taunya pamerannya udah lewat. Nanti baru ada di ip tgl 18. Kalo gini bisa2 pas gua mau inden kebagiannya udah keburu bosen nunggunya.
Pls tolong dong yg di bdg yg udah dp, minta no telp salesnya. Siapa tau bisa anterin brosurnya ke gua. Senen-Sabtu terus ngantor nine to five. Kaga bisa ke showroom di veteran buat liat langsung.
Pls tolong dong yg di bdg yg udah dp, minta no telp salesnya. Siapa tau bisa anterin brosurnya ke gua. Senen-Sabtu terus ngantor nine to five. Kaga bisa ke showroom di veteran buat liat langsung.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
setaw gw semua mobil juga bisa kyk gitu bos.. tapi kalo jangka panjang n kalo maw enak...newcomers wrote:Thx, bung Winata, saya sih udah indent Grand Livina dan saya sudah mantap dengan pilihan saya.
Ohh jadi Grand Livina bisa gonta-ganti BBM pertamax maupun Premium kapan aja kita mau ya... tanpa ada penyetelan ulang atau perlakuan khusus.
misalnya mstinya minum pertamax tapi lo maw minum premium, timing apanya gitu msti di setting ulang.. jadi tenaga yg dihasilkan maksimum..
setau saya bgitu..hehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
itu udah maksimal bro bwat innova,, coss innova tuh truck base.. jadinya ruang untuk baris ke tiga dilipetnya ke atas,, pajero yg lama diilipetnya ke atas juga, kalo jeep2 yg laen gak tau deh.. gara2 gak ada ruang bwat bawahnya kali yah..hunter wrote:masa sih bung lord? setahu gua baris ke 3 innova itu sama lebarnya sama baris 2. jadi innova itu 2-3-3.Sithlord wrote:Kalau baris 2 OK lah, Innova unggul, meskipun ngak gitu beda jauh banget, especially untuk jalan jauh, sama pegalnya nanti untuk 3 dewasa.
Tapi dalam hal baris 3, lebih dekat lagi iya. Baris 3 Innova mana enak sih di dudukin 3 dewasa ? 2 orang pas, SAMA dengan Livina. Posisi duduknya juga mirip.
nah ini yg gua paling gak suka dr innova. bangku baris 3 kalo dilipat kayak gitu. payah banget. pdhal kalo innova mau kreatif dikit, gua yakin tuh bangku2 bisa diakalin spy efisien penataannya baik waktu terbuka atau tertutup.Pula Innova kalau baris 3nya di lipat, ribet dan makan tempat untuk bagasi.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Tue Jul 13, 2004 18:53
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 312
- Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55
Info dari Kompas nih, gile inden udah 3600 unit.
Pesanan Grand Livina di Yogyakarta Membludak
Baru diluncurkan sekitar satu minggu, pesanan mobil Grand Livina yang masuk ke diler Nissan Yogyakarta sudah mencapai 75 unit. Selama setahun ini pihak diler mentargetkan penjualan Grand Livina sebanyak 180 unit. Rendahnya suku bunga kredit perbankan akan menjadi stimulus bagi pasar mobil keluaran terbaru Nissan tersebut.
Operation Manager Nissan Yogyakarta Johan Cahaya, di sela-sela pameran Grand Livina di Plaza Ambarrukmo, Jumat (13/4) siang mengatakan harga penawaran yang lebih terjangkau serta model elegan menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih Grand Livina. "Apalagi kami juga menawarkan sistem inden dengan harga mengikat," katanya.
Menurut Johan, kuota Livina yang diterimanya hanya 30 unit per bulan. Karenanya sejumlah pembeli terpaksa harus inden. Secara nasional total inden yang sudah masuk mencapai 3.600 unit . Sebelumnya Nissan banyak memproduksi mobil jenis jeep. "Sekarang kami coba masuk ke kelas APV karena pasar mobil jenis ini tengah membengkak," imbuhnya.
Pesanan Grand Livina di Yogyakarta Membludak
Baru diluncurkan sekitar satu minggu, pesanan mobil Grand Livina yang masuk ke diler Nissan Yogyakarta sudah mencapai 75 unit. Selama setahun ini pihak diler mentargetkan penjualan Grand Livina sebanyak 180 unit. Rendahnya suku bunga kredit perbankan akan menjadi stimulus bagi pasar mobil keluaran terbaru Nissan tersebut.
Operation Manager Nissan Yogyakarta Johan Cahaya, di sela-sela pameran Grand Livina di Plaza Ambarrukmo, Jumat (13/4) siang mengatakan harga penawaran yang lebih terjangkau serta model elegan menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih Grand Livina. "Apalagi kami juga menawarkan sistem inden dengan harga mengikat," katanya.
Menurut Johan, kuota Livina yang diterimanya hanya 30 unit per bulan. Karenanya sejumlah pembeli terpaksa harus inden. Secara nasional total inden yang sudah masuk mencapai 3.600 unit . Sebelumnya Nissan banyak memproduksi mobil jenis jeep. "Sekarang kami coba masuk ke kelas APV karena pasar mobil jenis ini tengah membengkak," imbuhnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 312
- Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55
Di website http://www.nissan.co.id > vehicles udah ada lho info Livina lengkap.
Pantesan kemarin website issan down melulu, rupanya lagi update website ya.
Pantesan kemarin website issan down melulu, rupanya lagi update website ya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13
Bung Smatic, kalo gitu ban apa yang lebih cocok buat GL ini? trus kalo ganti ban velg nya perlu diganti juga ga?Smatic wrote: Mmg benar GL termasuk jenis sedan wagon (station wagon) shg perhitungan daya angkutnya lebih terbatas dibandingkan van (spt Serena misalnya).
Coba simak di website Nissan-Japan yg diinfokan oleh bung Sith Lord ini http://www2.nissan.co.jp/TIIDA/C11/0612 ... main3.html ternyata perhitungan Nissan-Japan atas perkiraan berat 1 (satu) penumpang sedannya adalah +/- 50 kg [{=(1385 kg - 1100 kg) : 5} - berat bawaan 5 kg/penumpang].
Makanya ketika perihal pemilihan ban 185/65/15 (kecil) di GL dipertanyakan, pihak NMI memberi jawaban klu ban tsb memenuhi std utk daya angkut GL (7 seater) dibawah 1650 kg !!Mungkin beban 7 penumpang tsb hanya diperhitungkan setara dgn total daya angkut 350-400 kg saja.
Coba bandingkan dgn sedan lainnya spt contohnya Suzuki SWIFT M/T yg berbobot kosong 1000 kg & daya angkut max 1485 kg shg berat 5 (lima) penumpang + barang bawaan diperhitungkan oleh Suzuki sbg 485 kg (= 1485 kg-1000 kg) ato +/- 90 kg/penumpang.
Btw GL masih pilihan mumer terbaik utk jenis sedan wagon dgn daya angkut 350-400 kg.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13
Setau saya sih ga perlu stel apa2 kalo dah ada anti-knocking sensor?skullkid wrote:setaw gw semua mobil juga bisa kyk gitu bos.. tapi kalo jangka panjang n kalo maw enak...newcomers wrote:Thx, bung Winata, saya sih udah indent Grand Livina dan saya sudah mantap dengan pilihan saya.
Ohh jadi Grand Livina bisa gonta-ganti BBM pertamax maupun Premium kapan aja kita mau ya... tanpa ada penyetelan ulang atau perlakuan khusus.
misalnya mstinya minum pertamax tapi lo maw minum premium, timing apanya gitu msti di setting ulang.. jadi tenaga yg dihasilkan maksimum..
setau saya bgitu..hehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Pake ban tipe "H" (kec max s/d 210 km/jam) & load index 90 keatas spt : ban ukuran 195/65/15 91H ato 205/60/15 91H (velg 15 inci yg lama bisa dipake dgn catt lebarnya 5,5 inch ke atas) utk GVW (Gross Vehicle Weight) s/d 1800 kg (beban +/- 500 kg).andihp wrote: Bung Smatic, kalo gitu ban apa yang lebih cocok buat GL ini? trus kalo ganti ban velg nya perlu diganti juga ga?
Klu mau pake bensin Premium di GL sebaiknya ditambah "acetone" (cairan utk kutek kuku) cukup sekitar 0,2% (100 cc acetone setiap 50 liter premium) ttp jgn berlebihan malah jadi boros agar lebih bersih hasil pembakarannya krn dgn tambahan acetone maka tegangan permukaan bensin Premium akan lebih mudah terbakar/lebih banyak bensin yg terbakar walaupun waktu pengapian dimundurkan oleh ECU krn pemakaian oktan bensin yg lebih rendah dp yg diperlukan oleh mesin ybs.
Harga acetone @ Rp 20-25 rb/liter (mumer).
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
FYI
Ini contoh torsion beam yang dipakai suspensi livina belakang. Suspensi sederhana, mudah perawatan tapi nyaman. Dan livina suspensi belakangnya torsion beam with ripple shock control(Suspensi yang paling enak dan lega dikelas mpv murah indonesia)
Ini contoh torsion beam yang dipakai suspensi livina belakang. Suspensi sederhana, mudah perawatan tapi nyaman. Dan livina suspensi belakangnya torsion beam with ripple shock control(Suspensi yang paling enak dan lega dikelas mpv murah indonesia)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby