MInuman keRAS memang sudah banyak di review di seraya miras ini, tapi perkenankanlah nubi menambah beberapa point tentang mobil kutu ini......
latar belakang:
sebelumnya ane dan bini adalah user swift st matic 2011 dengan medan perang cibubur-kuningan PP setiap hari......swift itu mobil yang menurut nubi enak banget handlingnya, tenaga mesin cukup kenceng, walaupun transmisi maticnya kadang menyekek muntahan tenaga yang harusnya bisa diteruskan lebih sempurna......keluhan utama ane dari swift ini adalah boros bbm kalau kondisi jalan macet atau padat merayap (agan bisa lacak di trit ane soal masalah ini)......sebetulnya ane sayang dengan sewip ini, bener2 gak tega kalo harus dijual.....
pada suatu hari di medio 2015 ibu mertua ane bilang kalo panther yang dia pake udah uzur dan dia pengen mobil yang kecil aja, krn dia cuma pake mobil buat anter jemput cucu sekolah aja.....maka gayungpun bersambut.....ane tawarkan supaya ibu mertua ane pake sewip kami aja......dan dia setuju.....jadi proposalnya: panther dijual; swift hijrah ke tangan mertua; dan ane bisa beli mobil baru yang kriteria utamanya: irit
ane cukup lega, karena bisa ganti mobil tanpa jual si swifty kesayangan ane......dan anytime kalo lagi kangen, ane masih bisa joging pake si swifty.......
oke, sekarang waktunya mencari mobil baru untuk perang......dan kandidatpun mengerucut antara brio e a/t vs miras exceed cvt......cukup berat memilih di antara pilihan sulit ini....akhirnya pilihan jatuh ke miras.....dengan pertimbangan miras menang di built quality & dan "katanya" lebih irit........walaupun tenaga mesin gak senikmat brio, toh kalo mau enjoy joging, ane masih bisa pake sewip yang jelas2 masih lebih enak buat joging daripada seterikaan cap honda.....
AND THIS IS IT

miras 2015 ini terdapat beberapa perbaikan dibanding miras gen awal.....diantaranya yang menurut nubi berguna:

antena pindah kebelakang dan mengecil

sekarang bagasi ada lampunya



velg & ban yokohama 15"

indikator tuas transmisi sekarang ada backlightnya

retractable mirror, kalo mobil dikunci/unlock maka spion akan membuka/melipat otomatis......serasa mobil mahal euy.....
good job,MMC.....
ane gak banyak ulas macam2 soal mobil ini karena memang sudah banyak di bahas di sm ini......jadi ane cuma tambah2in impresi yang ane rasakan setelah sekitar 1 minggu mobil ini ane pake sehari2......
plus points:
+ kursi pengemudi bisa di naik-turunkan; tilt steering dimana brio semua tipe gak ada fitur ini....dan untuk tilt steering hanya ada di brio tipe e.

+ irit; selama masa inreyen ini biasanya kons bbm akan sedikit lebih boros....belum mencerminkan figur yang sesungguhnya......rata2 cibubur-kuningan bisa dapet sekitar 1:14km/l
+ suspensi empuk; buat dalam kota lebih nyaman daripada sewip yang keras, tapi sebaliknya kalo lagi joging, rasanya kurang mantab....
+ KOS; membuat mobil ini serasa mobil yang lebih mewah dari kastanya
+ setir ringan, enak banget buat manuver di kemacetan....tapi pada kecepatan tinggi menjadi lebih berat......me like....
+ banyak ruang penyimpanan pernak pernik
negative points
- transmisi cvt terasa ndut2an/jerky pada saat di gas setelah melalui polisi tidur AKA kuburan uler
- dengan bbm premios favorit kita bersama, ada gejala knocking. walaupun masih jauh lebih baik bila dibandingkan mesin hr15de milik grand livina
- seat belt tidak bisa diatur ketinggiannya; ini keluhan utama bini ane yang ukuran badannya cukup mini....lehernya tercekik oleh seatbelt

- headrest yang sudutnya terlalu tajam, dan tidak bisa disetel.....memaksa kepala ane menunduk kalau sandaran kursi ditegakan....jadi ane yang harus menyesuaikan dengan membuat kursi lebih rebah dan sliding dimajukan --> alhasil kaki kurang nyaman karena tertekuk

- road noise yang cukup berisik
- bahan dan motif kursi yang mudah dekil/kotor

- tidak ada tombol untuk KOS di sisi kiri, yang ada hanya lubang kunci biasa untuk darurat

kesimpulan dan saran:
ada beberapa point dari review2 miras di sm sebelumnya yang tidak terbukti/ ane rasakan, dengan kemungkinan karena sudah di revisi oleh mmc atau memang feeling ane yang memang dudul dan masih nubi......
+ ane gak ada masalah dengan pengoperasian tuas lampu sign....gak keras dan seperti mematahkan leher kucing....rasanya biasa saja seperti mobil jaman sekarang pada umumnya
+ handling yang sering di hina2.....menurut ane not bad untuk ukuran city car.....memang ane gak berharap bisa semantap swift ane sebelumnya sih......
+ performa mesin yang kenceng......karena masih dalam masa inreyen, ane belum pacu mobil ini lebih dari 3500rpm/120kpj, jadi belum terbukti.....
+ peredaman mesin buruk.......menurut ane peredaman getaran dan suara mesin sangat baik untuk kelas 3cyl.....jauh lebih baik daripada xenia 1000cc
saran tambahan dari ane untuk MMC di revisi berikutnya:
- lihat point2 negatif ane di atas
- sebetulnya ada ruang kosong dibawah kontrol ac yang bisa disisipkan asbak dan sejenisnya
- versi exceed memang mendapat lampu sign di spion, sebagai gantinya tempat lampu sign di tambal begitu aja pake crom2an....menurut ane kurang cantik & rapi yah....

oya, kelupaan foto dashboardnya

sekian sharing yang bisa nubi berikan......pujian dan caci maki ane terima dengan tangan terbuka
