perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272, y_anjasrana

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 15 May 2015, 00:27

Untuk mengembalikan kapasitas, aki bisa di rejuvenate /dihidupkan kembali dengan radiant, namun hasil jarang bisa 100%.

mohon maaf ane ga ngarti kata rejuvenate dan radiant.....apa bisa pakai bahasa indonesia...thanks....

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sucahyo » 15 May 2015, 08:19

sjamsul wrote:Untuk mengembalikan kapasitas, aki bisa di rejuvenate /dihidupkan kembali dengan radiant, namun hasil jarang bisa 100%.

mohon maaf ane ga ngarti kata rejuvenate dan radiant.....apa bisa pakai bahasa indonesia...thanks....
Rejuvenate adalah teknik untuk bisa mengembalikan kapasitas batre. Biasanya dikuras, di tuang air panas, dibersihkan dari kerak, lalu diisi lagi dengan air aki.

Batre itu lebih cocok dicharge dengan listrik putus putus. Kalau pakai listrik DC jadi lebih cepat panas yang bisa merusak.

Teknologi radiant itu mengecharge batre dengan kejutan listrik voltase tinggi, namun harus diselingi dengan listrik normal juga. Batre baru sekalipun kapasitasnya bisa meningkat. Namun tetap ada keterbatasan, kalau sel akinya sudah berkarat, tidak akan bisa normal. Contoh rangkaian adalah: joule thief, joule ringer, atau kreasi saya stingo.

Yang saya pakai bisa dilihat di:
http://freeenergyindonesia.proboards.com/thread/13

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 881
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ecco » 15 May 2015, 09:29

para master Aki sekalian, tanya dong:
Kalo mobil saya tinggak 4 hari gak dipakai jadi sulit idup, harus starter beberapa kali (2-5x) baru bisa idup, itu artinya udah minta di "lembiru" bukan? Setelah saya pakai sebentar, normal lagi.
Kalo aki mulai lemah, apakah akan ada pengaruh ke kinerja mesin?

Makasih sebelumnya
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sucahyo » 15 May 2015, 10:41

ecco wrote:para master Aki sekalian, tanya dong:
Kalo mobil saya tinggak 4 hari gak dipakai jadi sulit idup, harus starter beberapa kali (2-5x) baru bisa idup, itu artinya udah minta di "lembiru" bukan? Setelah saya pakai sebentar, normal lagi.
Kalo aki mulai lemah, apakah akan ada pengaruh ke kinerja mesin?

Makasih sebelumnya
Yang perlu di cek adalah apakah ada peralatan yang menyala saat kunci kontak mati. Seharusnya ditinggal cuma 4 hari tidak bikin masalah seperti itu. Bisa juga karena setelan saat mesin dingin tidak benar.

Kalau akinya soak sekali, maka voltase dari alternator bisa terlalu tinggi dan merusak komponen yang sensitif sama kenaikan voltase. contohnya tape dan lampu depan.

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14255
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by maskopat » 15 May 2015, 10:41

ecco wrote:para master Aki sekalian, tanya dong:
Kalo mobil saya tinggak 4 hari gak dipakai jadi sulit idup, harus starter beberapa kali (2-5x) baru bisa idup, itu artinya udah minta di "lembiru" bukan? Setelah saya pakai sebentar, normal lagi.
Kalo aki mulai lemah, apakah akan ada pengaruh ke kinerja mesin?

Makasih sebelumnya
mobilnya apa om?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 881
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ecco » 15 May 2015, 12:34

Yaris Om maskopat, udah umur ampir 3 taon itu aki...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Profith83 » 15 May 2015, 12:50

ecco wrote:Yaris Om maskopat, udah umur ampir 3 taon itu aki...
Mau ikut sharing siapa tahu bias membantu.
Saya juga pernah pakai mobil Panther dulu sekitar 4 thn an. Pada waktu masuk bengkel selama 5 hari, maka otomatis mobil tidak pernah dinyalakan.
Nah waktu mengambil mobil tersebut start nya susah ngek ngek gak bisa ... coba lagi ngek ngek ngek greeng .... akhirnya bisa

Besoknya begitu lagi sampai sekitar 1 bulanan setelah itu tewas.

Biasanya aki kalau sudah berumur sekitar 3 thn atau keatas, maka mobil tiap 2-3 hari sekali harus dipanasin atau dipakai, kalau tidak akinya bisa cepat rusak karena memang sudah pemakaian yang cukup lama yaitu 3 thn an.

smferragamo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 30 Apr 2015, 16:42

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by smferragamo » 29 May 2015, 14:39

Siang suhu2 & master2 semua,

Mohon bantuannya utk menjawab pertanyaan newbie :

1. Mbl sy Nissan Grand Livina 2010, kondisi full standard, cm ganti klakson Denso doang.
Accu saat ini pake Accu kering Delkor, beli baru = 26 Apr 2014 (kira2 13 bulan skrg)
Kondisi skrg kalo start uda kurang Greng gt, jd rencananya sudah mau ganti accu baru lg.
Apakah pemakaian wkt 13 bulan itu termasuk normal ? pemakaian mobil setiap hari. (1 tahun kurang lebih 15rb KM)

2. Apakah ada step2 khusus pada saat akan menstart mesin, supaya accu lebih awet ?
apa perlu sblm di 'on', di posisikan dulu di "acc", sampai bbrp indicator di dashboard hilang, br kita start mesin ?

Thx before suhu2 semua.

novel
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 12 Nov 2013, 17:09

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by novel » 12 Jul 2015, 04:38

sjamsul wrote:Untuk mengembalikan kapasitas, aki bisa di rejuvenate /dihidupkan kembali dengan radiant, namun hasil jarang bisa 100%.

mohon maaf ane ga ngarti kata rejuvenate dan radiant.....apa bisa pakai bahasa indonesia...thanks....
Om sjamsul,bisa minta info/kirim power batt?rencana sblm lebaran sy mau ganti aki.mau sy tambahin power batt sesuai saran om sjamsul agar bisa nambah life time nya,sementara ini hanya bertahan max.1.5thn....cek pm ya om....thx.

novel
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 12 Nov 2013, 17:09

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by novel » 13 Jul 2015, 02:56

novel wrote:
sjamsul wrote:Untuk mengembalikan kapasitas, aki bisa di rejuvenate /dihidupkan kembali dengan radiant, namun hasil jarang bisa 100%.

mohon maaf ane ga ngarti kata rejuvenate dan radiant.....apa bisa pakai bahasa indonesia...thanks....
Om sjamsul,bisa minta info/kirim power batt?rencana sblm lebaran sy mau ganti aki.mau sy tambahin power batt sesuai saran om sjamsul agar bisa nambah life time nya,sementara ini hanya bertahan max.1.5thn....cek pm ya om....thx.
Up...ada yg tau nomer hp om sjamsul?di tgg PM nya ya...urgent mau beli/minta bantuan nya tentang power batt....thx b4...

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9501
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by doq » 29 Jul 2015, 01:12

wah maaf oom novel, ane udah lama ga mampir dimarih hehhehehehe cek pm ya :D
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator

captenmea
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 13 Jul 2015, 23:05

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by captenmea » 10 Nov 2015, 18:29

Mohon maaf sblumnya,ga bs ikutin pembhasannya dr awal,mgkin dah lewat tapi ada yg bs bantu sy,pagi ini yaris sy ga bs di stater,dah 3th seh msh bwaan pabrik,td iseng ke S n D, tanya aki yaris GS MF ASTRA 45A,garansi 1,5 th doang. TRUS ditawarin GS MF ASTRA 55 Ampere garansi 2th,bingung mo beli yg mana? klo ampere bwan 45A diganti 55A efek nya apa ya? lebih bagus atau merusak komponen yg b'hbngan dg kelistrikan.trims utk yg mo membantu :big_peace:

captenmea
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 13 Jul 2015, 23:05

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by captenmea » 10 Nov 2015, 18:34

Btw kalo boleh sy jg minta no hp om sjamsul dong,mo konsultasi neh soal kelistrikan mobil,yg tau tlg PM ke sy dong.trims

captenmea
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 13 Jul 2015, 23:05

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by captenmea » 11 Nov 2015, 18:29

nih om sjamsul kemana ya...ada yang tau garasinya dimana?saya bth pencerahannya nih... :big_think:

saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: 17 Oct 2014, 10:36

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by saridin » 12 Nov 2015, 17:43

sharing dan nanya sama suhu disini...

barusan ertiga saya koit pas di jalan abis makan siang, benar2 diam seribu bahasa, buka pintu pake remote gak bisa, bisanya pake anak kunci. setelah di dalam, start tdk bisa, tdk ada bunti cetek2 sama sekali, didorong gak mau nyala, semua kelistrikan mati, nyalain lampu hazard (krn setelah gagal dorong posisi agak naik di aspal) tdk bisa dan central lock tdk aktif.

telepon teman gak datang2, padahal dia bawa jumper punya saya...

melihat proses KO-nya aki yg begitu tiba2, saya simpulkan akinya udah soak, mungkin memang udah saatnya ganti. ini aki asli bawaan mobil, sampe sekarang umurnya udah 2 tahun 5 bulan posisi odo di 22rb-an. pengalaman saya dulu di mobil yang lain, kalo mau pensiun, itu aki ngasih tanda2, paling tidak ada bbrp kejadian susah start di pagi hari. lha ini semua normal... dan mobil2 saya yg dulu itu, kalo mogok krn aki bisa dengan mudah dinyalakan dg tenaga dorong...

bete nunggu bantuan, akhirnya buku website, cari shop n drive, dan telepon delivery service... dibawain GS MF NS60L seharga 875rb dg garansi 18 bulan ato 30rb, kalo tukar tambah diminta bayar 804rb. saya berencana tukar tambah. ngapain pelihara aki rusak. namun begitu aki baru dipasang, ternyata lampu kota dan lampu kabut posisi nyala, saya lgsg berkesimpulan bahwa akinya masih (cukup) baik, sehingga tidak jadi tukar tambah, mending tak kasihkan teman. td dalam perjalanan memang kena hujan deras dan cuaca gelap, sehingga saya nyalain lampu kota dan lampu kabut, nah pas turun, rupanya lupa matiin, krn saat itu hujannya udah reda dan cuacanya udah terang benderang. padahal acara makan siangnya hampir 2 jam..., ya abis dech baterenya

yang ingin saya tanyakan pada suhu2 disini,
1) 875 untuk GS MF NS60L itu memang harganya, ato kemahalan? saya td beli krn ndak punya pilihan, dan percaya sama astra.
2) didorong tidak bisa itu krn pengaruh immo atau salah dorong?

Demikian suhu..., moga ada yg yg berkenan ngasih pencerahan

User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: 01 May 2013, 11:43
Location: Jakarta

ASK - klaim aki di Beres

Post by ALX7 » 14 Nov 2015, 10:26

dear rekan2 ada yg punya pengalaman klaim aki bawaan nya ke BeRes..?
jadi cerita nya gini, veloz kepunyaan bokap thn 2014 bln 6. ODO di 14.XXXkm.
aki nya udah ga kuat starter lagi,dan klo cek pake AVO meter angka di 12V..
Udah telp ke BeRes A2K sama SA nya bilang sih bawa ke sana aja aki bawaannya dan buku servis..
Nah... si vely nya ini cuma servis di BeRes pas yg 1000km aja, yg 10.000km ga servis berkala, kira2 masih bisa klaim ga yah...?

Terima kasih sesudah dan sebelumnya utk info nya

maaf sebelumnya jika sedikit OOT dari topik :mky_01:
koh momod bisa tolong gabung ke trit yg lebih sesuai mungkin..
I am a Driver... not a Racer...

User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 490
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by didietkeren » 13 Dec 2015, 14:28

captenmea wrote:Mohon maaf sblumnya,ga bs ikutin pembhasannya dr awal,mgkin dah lewat tapi ada yg bs bantu sy,pagi ini yaris sy ga bs di stater,dah 3th seh msh bwaan pabrik,td iseng ke S n D, tanya aki yaris GS MF ASTRA 45A,garansi 1,5 th doang. TRUS ditawarin GS MF ASTRA 55 Ampere garansi 2th,bingung mo beli yg mana? klo ampere bwan 45A diganti 55A efek nya apa ya? lebih bagus atau merusak komponen yg b'hbngan dg kelistrikan.trims utk yg mo membantu :big_peace:
Kalau kebutuhan listrik sudah tercukupi dengan aki 45A gak perlu 55A. Makin besar kapasitas aki.. Makin besar cadangan/buffer daya listrik (jika banyak beban listrik tambahan/aksesoris).

User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 490
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by didietkeren » 13 Dec 2015, 14:32

saridin wrote:sharing dan nanya sama suhu disini...

barusan ertiga saya koit pas di jalan abis makan siang, benar2 diam seribu bahasa, buka pintu pake remote gak bisa, bisanya pake anak kunci. setelah di dalam, start tdk bisa, tdk ada bunti cetek2 sama sekali, didorong gak mau nyala, semua kelistrikan mati, nyalain lampu hazard (krn setelah gagal dorong posisi agak naik di aspal) tdk bisa dan central lock tdk aktif.

telepon teman gak datang2, padahal dia bawa jumper punya saya...

melihat proses KO-nya aki yg begitu tiba2, saya simpulkan akinya udah soak, mungkin memang udah saatnya ganti. ini aki asli bawaan mobil, sampe sekarang umurnya udah 2 tahun 5 bulan posisi odo di 22rb-an. pengalaman saya dulu di mobil yang lain, kalo mau pensiun, itu aki ngasih tanda2, paling tidak ada bbrp kejadian susah start di pagi hari. lha ini semua normal... dan mobil2 saya yg dulu itu, kalo mogok krn aki bisa dengan mudah dinyalakan dg tenaga dorong...

bete nunggu bantuan, akhirnya buku website, cari shop n drive, dan telepon delivery service... dibawain GS MF NS60L seharga 875rb dg garansi 18 bulan ato 30rb, kalo tukar tambah diminta bayar 804rb. saya berencana tukar tambah. ngapain pelihara aki rusak. namun begitu aki baru dipasang, ternyata lampu kota dan lampu kabut posisi nyala, saya lgsg berkesimpulan bahwa akinya masih (cukup) baik, sehingga tidak jadi tukar tambah, mending tak kasihkan teman. td dalam perjalanan memang kena hujan deras dan cuaca gelap, sehingga saya nyalain lampu kota dan lampu kabut, nah pas turun, rupanya lupa matiin, krn saat itu hujannya udah reda dan cuacanya udah terang benderang. padahal acara makan siangnya hampir 2 jam..., ya abis dech baterenya

yang ingin saya tanyakan pada suhu2 disini,
1) 875 untuk GS MF NS60L itu memang harganya, ato kemahalan? saya td beli krn ndak punya pilihan, dan percaya sama astra.
2) didorong tidak bisa itu krn pengaruh immo atau salah dorong?

Demikian suhu..., moga ada yg yg berkenan ngasih pencerahan
Harga aki di s&d umumnya relatif agak lebih tinggi sedikit tapi garansinya ok/lbh lama + layanan free check up +delivery.
Mogok gak bisa didorong? Hmm.. Blom pernah ngalamin.

User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 490
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by didietkeren » 13 Dec 2015, 14:45

smferragamo wrote:Siang suhu2 & master2 semua,

Mohon bantuannya utk menjawab pertanyaan newbie :

1. Mbl sy Nissan Grand Livina 2010, kondisi full standard, cm ganti klakson Denso doang.
Accu saat ini pake Accu kering Delkor, beli baru = 26 Apr 2014 (kira2 13 bulan skrg)
Kondisi skrg kalo start uda kurang Greng gt, jd rencananya sudah mau ganti accu baru lg.
Apakah pemakaian wkt 13 bulan itu termasuk normal ? pemakaian mobil setiap hari. (1 tahun kurang lebih 15rb KM)

2. Apakah ada step2 khusus pada saat akan menstart mesin, supaya accu lebih awet ?
apa perlu sblm di 'on', di posisikan dulu di "acc", sampai bbrp indicator di dashboard hilang, br kita start mesin ?

Thx before suhu2 semua.
Cek alternator Om, apakah kemampuan pengisian listrik nya bagus?

Saya pasang voltmeter di lighter/soket 12V, jadi ketahuan kalau voltase kelistrikan di luar normal (baik overcharge maupun undercharge).

Waktu start pas indikator nyala,voltase turun sedikit & sebentar, lalu naik lagi setelah proses selesai..

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16727
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by DOHC » 13 Dec 2015, 18:00

aki lipina emg ga berumur panjang... setaon lebi normal itu...

malah lebi awet make aki basah ktimbang aki gel... at least bsa ampe setaon setengah...

kl mau aki awet d lipina... wiring ulang tuh aki biar bsa di pindah ke kabin atau deket ban serep, macam di mercy atau biem tua...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

Gigsganix
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: 13 Mar 2015, 03:33

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Gigsganix » 13 Dec 2015, 21:07

mau tanya suhu2 SM
sy dlu punya jazz 2012
pake aki standar dari ahond punya, respon gas nya kadang berat kadang juga enteng
stelah kira2 staonan saya ganti aki kering GS yg kotak nya ijo, respon gas nya jadi enteng

ada yg bisa jelasin kok respon gas jadi enteng ya stelah ganti aki? :big_deal:

saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: 17 Oct 2014, 10:36

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by saridin » 14 Dec 2015, 04:21

didietkeren wrote:
Harga aki di s&d umumnya relatif agak lebih tinggi sedikit tapi garansinya ok/lbh lama + layanan free check up +delivery.
Mogok gak bisa didorong? Hmm.. Blom pernah ngalamin.
saya curiga karena immobilizer Om, sensor immo-nya kan butuh tenaga saat kita mau menyalakan mobil. berhubung batere abis ya sensornya tidak bekerja, mobilnya gak mau nyala.
|ertelu gx 13||miras glx 14|

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 10 Feb 2016, 14:15

sucahyo wrote:
ecco wrote:para master Aki sekalian, tanya dong:
Kalo mobil saya tinggak 4 hari gak dipakai jadi sulit idup, harus starter beberapa kali (2-5x) baru bisa idup, itu artinya udah minta di "lembiru" bukan? Setelah saya pakai sebentar, normal lagi.
Kalo aki mulai lemah, apakah akan ada pengaruh ke kinerja mesin?

Makasih sebelumnya
Yang perlu di cek adalah apakah ada peralatan yang menyala saat kunci kontak mati. Seharusnya ditinggal cuma 4 hari tidak bikin masalah seperti itu. Bisa juga karena setelan saat mesin dingin tidak benar.

Kalau akinya soak sekali, maka voltase dari alternator bisa terlalu tinggi dan merusak komponen yang sensitif sama kenaikan voltase. contohnya tape dan lampu depan.
selama alternator dalam kondisi normal...hal ini ga akan terjadi spt tape rusak atau lampu depan putus....hal spt ini bisa terjadi klo ada kerusakan pada alternator ( ane ga tau nama partnya ) shg voltage bisa mencapai 17 volt...nah dlm kondisi spt ini, aki normalpun akan cepat rusak dan bisa bikin lampu pada putus....

Smoga bermanfaat

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 10 Feb 2016, 14:26

captenmea wrote:Mohon maaf sblumnya,ga bs ikutin pembhasannya dr awal,mgkin dah lewat tapi ada yg bs bantu sy,pagi ini yaris sy ga bs di stater,dah 3th seh msh bwaan pabrik,td iseng ke S n D, tanya aki yaris GS MF ASTRA 45A,garansi 1,5 th doang. TRUS ditawarin GS MF ASTRA 55 Ampere garansi 2th,bingung mo beli yg mana? klo ampere bwan 45A diganti 55A efek nya apa ya? lebih bagus atau merusak komponen yg b'hbngan dg kelistrikan.trims utk yg mo membantu :big_peace:
mohon maaf sebelumnya bro...ane agak jarang buka sm nih....

menurut ane efek yg paling berasa adalah di harganya yg lbh mahal aja....hal2 lain pastinya lbh baik....misalkan tangki bensin dari 45 liter diganti ke 55 liter...tentu jarak tempuh lbh jauh... Pada aki bisa dibilang spt itu..... Yang mesti diperhatikan adalah apakah kabel akinya cukup panjang dan posisinya sama dg aki lamanya misalkan aki lama tipe NS60....maka jangan diganti dg aki yg ada kode L nya...misalkan NS70L.... krn posisi positip dan neg aki terbalik dan jangan lupa ganti tatakan akinya klo ganti dg yg lbh besar akinya......klo hal ini ga masalah, tinggal ganti aja dg yg lbh besar kapasitasnya.....

Smoga bermanfaat....

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sucahyo » 26 Mar 2016, 08:05

sjamsul wrote:selama alternator dalam kondisi normal...hal ini ga akan terjadi spt tape rusak atau lampu depan putus....hal spt ini bisa terjadi klo ada kerusakan pada alternator ( ane ga tau nama partnya ) shg voltage bisa mencapai 17 volt...nah dlm kondisi spt ini, aki normalpun akan cepat rusak dan bisa bikin lampu pada putus....

Smoga bermanfaat
Bagian yang mengatur voltase namanya regulator. Rasanya urutan rusaknya mulai dari aki dulu. aki kapasitas berkurang, keseringan overcharge, lalu air mendidih / aki beruap/ gel jadi kering. lalu start mulai rewel. regulator bisa kena. bila setelah itu cuma akinya saja yang diganti tapi regulatornya tidak di cek, maka problem akan berulang dengan gejala lain.

Post Reply