Mengapa Kei Car populasi "langka" di Indonesia
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 116
- Joined: Sat Jul 18, 2015 5:22
Re: Mengapa Kei Car populasi
Alasannya cuma satu : Mahal..
Jadi saat di jepang termasuk mobil harga terjangkau, disini malah termasuk mobil eksotik
Favorit ane nih, honda s660

Sempet liat di showroom mobkas di daerah jatibening.
Harga baru-nya disini nembus 800 jt
Jadi saat di jepang termasuk mobil harga terjangkau, disini malah termasuk mobil eksotik

Favorit ane nih, honda s660

Sempet liat di showroom mobkas di daerah jatibening.
Harga baru-nya disini nembus 800 jt

-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Fri Jan 01, 2016 3:28
Re: Mengapa Kei Car populasi
Ntahh, kalau ngomongin kei car jadi keinget sama suzuki cappuccino,honda beat & mazda az-1
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mengapa Kei Car populasi
kei car iconic ya omTom31 wrote:Ntahh, kalau ngomongin kei car jadi keinget sama suzuki cappuccino,honda beat & mazda az-1

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 152
- Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52
Re: Mengapa Kei Car populasi
loh, daihatsu ceria itu wujud modernnya astra gay alay kok om...hariy wrote:Makanya, itu ceria mbokya di reborn aja...tapi casing diubah atau caplok aila punya.....
daihatsu ceria disini ambil dari perodua kancil yang aslinya rebadge dari daihatsu mira jdm, nah gay alay sendiri basisnya dari daihatsu mira e:s jdm juga ~ cuma kalo kualitas sih merem aja.
karimun wagon R juga basisnya dari wagon R jdm sasis mh23/s, cuma bagian moncong dibuat panjang sama indehoi-indehoi di negara tuan takur sana.... yang minim ubahan persis sesuai kondisi sasis asli jdm di sana cuma maruti zen estilo 1.1 (f10d) yang aslinya suzuki MR Wagon.
begitu rubah nama jadi maruti estilo + ganti mesin pake k10b udah bukan dimensi keijidosha lagi karena moncong mobil lebih panjang.
saya pernah nulis soal lcgc vs keijidosha di blog sendiri soalnya hehehe

https://karfans.wordpress.com/2015/12/0 ... sha-k-car/
kei car lain yang pernah masuk sini ya ada sebangsa carry st20, st30, fronte, life, tn360 & tn550, subaru sambar 550, daihatsu midget 1 550cc, subaru r2, etc...

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 192
- Joined: Sat May 25, 2013 0:49
Re: Mengapa Kei Car populasi
Kei car yg skrg cuman ada copen, mahal. Pd waktu 2008 masih ada subaru r1 n r2, harganya masing2 155jt n 145jt klo ga salah, masih lbh murah dr jazz waktu itu, cuman kayaknya kurang promosi n jaringan penjualan subaru masih dikit bgt...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21
Re: Mengapa Kei Car populasi
Gila yahhh yg paling kaget selama di jepang itu liat kei car, tapi led drl nya besar dan terang banget.... Semacam xtrail t32 lah drl nya...
Coba disini, mobil murah itu kayanya haram banget dikasih tampang keren dan fitur ciamik...
Baru tau skrg nama mobil yg saya liat itu daihatsu move.. Biar bodynya kotak kaya wagon r tapi tampangnya gak dibikin culun... Led drl nya lebih keren drpd hrv, sportage, accord, altis/ipah/forti yg cuma titik2 sebaris doang..
Coba disini, mobil murah itu kayanya haram banget dikasih tampang keren dan fitur ciamik...
Baru tau skrg nama mobil yg saya liat itu daihatsu move.. Biar bodynya kotak kaya wagon r tapi tampangnya gak dibikin culun... Led drl nya lebih keren drpd hrv, sportage, accord, altis/ipah/forti yg cuma titik2 sebaris doang..
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 904
- Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38
Re: Mengapa Kei Car populasi
Coba kei car yg diberi intensif pajak.gak malah lcgc mobil jadi2an yang ngaku ramah lingkungan tapi nyatanya GAK BLAS
Lcgc justru jadi penyumbang pertambahan polusi yg ada,penghabis stok bbm,penyumbang angka kecelakaan yg tragis
Org2 skg ya pada mikir 2 kali,450jt cuma dapat copen,sdangkan nambah dikit sudah dpt mini yg prestisnya antara langit dan bumi
Coba copen diset diangka 200jt.pasti laris
Lcgc justru jadi penyumbang pertambahan polusi yg ada,penghabis stok bbm,penyumbang angka kecelakaan yg tragis
Org2 skg ya pada mikir 2 kali,450jt cuma dapat copen,sdangkan nambah dikit sudah dpt mini yg prestisnya antara langit dan bumi
Coba copen diset diangka 200jt.pasti laris
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 149
- Joined: Tue Dec 22, 2015 11:57
Re: Mengapa Kei Car populasi
Kayaknya mindset mayoritas orang Indonesia yang menilai engine dari besaran cc nya juga pengaruh kok om.
Pernah baca statement orang Daihatsu kalo mau murah harus dirakit di lokal namun sampai saat ini belum feasible tampaknya dari sisi investasi.
:big_childish::big_childish:
Pernah baca statement orang Daihatsu kalo mau murah harus dirakit di lokal namun sampai saat ini belum feasible tampaknya dari sisi investasi.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Mengapa Kei Car populasi
sebenernya konsepnya LCGC itu = Kei Carternakblog wrote:Coba kei car yg diberi intensif pajak.gak malah lcgc mobil jadi2an yang ngaku ramah lingkungan tapi nyatanya GAK BLAS
Lcgc justru jadi penyumbang pertambahan polusi yg ada,penghabis stok bbm,penyumbang angka kecelakaan yg tragis
Org2 skg ya pada mikir 2 kali,450jt cuma dapat copen,sdangkan nambah dikit sudah dpt mini yg prestisnya antara langit dan bumi
Coba copen diset diangka 200jt.pasti laris
cumaaa yaa...kualitasnya LCGC di Jepang ama di sini ya beda jauh...pas saya tinggal disana, bbrp kali main ke showroom mobil, sempet liat LCGC nya Honda ama Toyota..beda banget kualitasnya, pas buka tutup pintu mobilnya saja beda bener feelingnya, keliatan banget disana kualitas pembuatannya jauh lebih baik..
mungkin bisa aja Kei Car di sono modelnya dimasukin ke sini dan dirakit di sini dengan mesin 1000cc, atau kalo mau ya tetep 660cc biar gak bisa minum premium (kalo gak salah ada perangkat semacam Force Induction)..
setuju sih di sini harga Kei Car kemahalan, Copen mahal karena selain CBU Jepang dia juga 2 doors convertible, bayar pajaknya mahal, harga jadi makin mahal

#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Moderator
- Posts: 310
- Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23
Re: Mengapa Kei Car populasi
Langka karena permainan pajak negara kita...
Mesin 660cc yang pasti bakal dianggap nggak kuat nanjak, dan pastinya mindset nggak bisa bawa orang banyak serta bensin harus yg "PREMIUM RON" bakal jadi blunder di Indonesia...
Mesin 660cc yang pasti bakal dianggap nggak kuat nanjak, dan pastinya mindset nggak bisa bawa orang banyak serta bensin harus yg "PREMIUM RON" bakal jadi blunder di Indonesia...
DoctorJDM
Human that can humanize human is the best human.
Human that can humanize human is the best human.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 152
- Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52
Re: Mengapa Kei Car populasi
akbarfit wrote:Langka karena permainan pajak negara kita...
Mesin 660cc yang pasti bakal dianggap nggak kuat nanjak, dan pastinya mindset nggak bisa bawa orang banyak serta bensin harus yg "PREMIUM RON" bakal jadi blunder di Indonesia...
pada gak tau sejarah mungkin kalo dulu jepang mulai jualan mobil di endonesah mesin mobilnya yang mainstream rata-rata cuma 360cc, 550cc & 800cc


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mengapa Kei Car populasi
bicara kei cars presence in indo (japan origination)
bukan cuma exporting to indo tapi JDM dominated by small cc cars ... paling besar hanya 2600 cc n terbesar hanya tyt century n (nissan datsun) prince royal
ini krn dua perkara
-most jap industries under govt.incentives from imf, ibrd funds (alm.mr soemarno yg tdtgn.krn bpknya rini dulu executive director ibrd)
-economic impact of technical provisions of us-jap anpo 1952 accord yg memberikan strict quota terhadap imported metal material use for each industrial sector (ini berlaku sampai 1972) ... rubber material juga under strict quota n hrs punya us dod cat.number (hrs natural rubber tdk bole chemical/artificials)
-tiap jap product hrs ada us component ... either by manufacturing or patent licensing (and incapable for massive armed mobilization) jadinya ya para kurcaci bermesin n ini jawap knp japs dulu lbh byk rodatiga drpd rodaempat n knp dulu px cars lbh byk ban kecil ban kecil drpd ban besar ban besar
to sum up ... small vehicles produced as the industry was set in lowest cost lowest price as possible ...
sorry beyond topic
bukan cuma exporting to indo tapi JDM dominated by small cc cars ... paling besar hanya 2600 cc n terbesar hanya tyt century n (nissan datsun) prince royal
ini krn dua perkara
-most jap industries under govt.incentives from imf, ibrd funds (alm.mr soemarno yg tdtgn.krn bpknya rini dulu executive director ibrd)
-economic impact of technical provisions of us-jap anpo 1952 accord yg memberikan strict quota terhadap imported metal material use for each industrial sector (ini berlaku sampai 1972) ... rubber material juga under strict quota n hrs punya us dod cat.number (hrs natural rubber tdk bole chemical/artificials)
-tiap jap product hrs ada us component ... either by manufacturing or patent licensing (and incapable for massive armed mobilization) jadinya ya para kurcaci bermesin n ini jawap knp japs dulu lbh byk rodatiga drpd rodaempat n knp dulu px cars lbh byk ban kecil ban kecil drpd ban besar ban besar
to sum up ... small vehicles produced as the industry was set in lowest cost lowest price as possible ...
sorry beyond topic
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Mengapa Kei Car populasi
Ikutan ah...
1. Size: kei car aja 5 orang kayaknya gak muat.... apalagi di Indo yang menyembah 7 seater
2. Engin size: mungkin jual mobil 660cc jaman sekarang diketawain sama average customer Indo, LCGC aja dpt 1200cc (padahal kei car berTurbo)... Di kota sih no prob ni mesin, tapi kalo dibawa mudik, ceritanya mungkin beda...
3. Reliability: Engine turbo kecil, kaki kaki yng belum tentu kuat jalan rusak... Apalagi kalo diisi premium, meledak tu mesin
Ada lagi? cuma sekedar opini dari mikir 1 menit...
1. Size: kei car aja 5 orang kayaknya gak muat.... apalagi di Indo yang menyembah 7 seater
2. Engin size: mungkin jual mobil 660cc jaman sekarang diketawain sama average customer Indo, LCGC aja dpt 1200cc (padahal kei car berTurbo)... Di kota sih no prob ni mesin, tapi kalo dibawa mudik, ceritanya mungkin beda...
3. Reliability: Engine turbo kecil, kaki kaki yng belum tentu kuat jalan rusak... Apalagi kalo diisi premium, meledak tu mesin
Ada lagi? cuma sekedar opini dari mikir 1 menit...
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- SM Moderator
- Posts: 310
- Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23
Re: Mengapa Kei Car populasi
ya om purr, bukan karena tanpa sebab juga...purrfect wrote:akbarfit wrote:Langka karena permainan pajak negara kita...
Mesin 660cc yang pasti bakal dianggap nggak kuat nanjak, dan pastinya mindset nggak bisa bawa orang banyak serta bensin harus yg "PREMIUM RON" bakal jadi blunder di Indonesia...
pada gak tau sejarah mungkin kalo dulu jepang mulai jualan mobil di endonesah mesin mobilnya yang mainstream rata-rata cuma 360cc, 550cc & 800cc
karena memang yang bisa beli mobil zaman dahulu adalah orang-orang sugih saja dimana zaman itu sepertinya kebutuhan akan itu masih primitif sekali dan dianggap tertiary or quartenary needs. IMHO
DoctorJDM
Human that can humanize human is the best human.
Human that can humanize human is the best human.