anrico17 wrote:Seinget gw dulu bokap beli innova g mt 2.0 taun 2007 tuh 180jt an... Kalo sekarang udh naik hampir 2 kali lipat...
Gak sampe 2x,yang ANKI bensin m/t naik 100 jt.
newrubble wrote:evolusi harga kijang mnrt sy (personal experience)
1986 kf40 truck onroad rp.7,252,000
1988 kf40 bus swb ssx rp.12,400,000(aircond)
1990 kf40 bus swb ssx rp.15,700,000(ac,rt)
1992 kf40 bus swb ssx rp.16,880,000(ac,rt)
1997 kf70 bus-p lwb lgx at rp.56,000,000(ac,rt)
2004 an40 d g at rp. 196,990,000
2006 an40 d v at rp..237,000,000
2009 an40 p g at rp. 258,000,000
Nice info

ternyata masih murah pas era Kapsul dan belum krisis ekonomi 1998
alvin23 wrote:dengan asumsi inflasi 6% per tahun aja, dan jarak 2004 ke 2016 yang 12 tahun, kira2 nilai uang bakal 2 kali lipat dalam waktu segitu (72/12)
jd menurut saya sih wajar2 saja, ini resiko kita hidup di negara rupiah, bukan dollar...
disini , kalau gak pintar ngelola duit, yang terjadi nanti dulu mampu beli Kijang, terus turun ke avanza, trus turun cuma mampu beli agya.
belum lagi, Innova yang sekarang udah gak bisa dibandingkan dengan Kijang dulu, yang benar2 turunan pikap. Era ini sedikit banyak dah dimulai dari munculnya Kijang Innova. So move on.
Ini tantangannya TAM menurut saya, gimana merubah mindset Innova itu bukan lagi sekedar Kijang but a proper MPV.
Setuju, pasti ada inflasi,tapi bukan bearti naikin harga seenak TAM,Nakin boleh tapi sewajarnya aja. BTW, Innova bukaanya turunan pikap juga,Hilux? Xenia juga makin mahal juga kan,Dulu gen 1 yang 1000cc aja 60 jt,itupun seri bawah (Mi),sekarang aja 150 jt paling murah.
mangujo wrote:Selama ini gak pernah tau harga baru innova sampe liat sendiri pricelist anki tembus 400jt oalahhhhh kaget ini kijang yg dulu taun 90an jadi mobil keluarga skrg segini harganya..
Tapi ya mobil kelas2 dibawahnya jg pada naik semua ya innova ga bisa jd kambing hitam jg..
Dulu 2005 ibu saya ambil avanza baru tipe g 100jt doang kalo gak salah, skrg avanza baru nyentuh 200jg kan?
Dengan mindset ibu dan bapa saya yg kurang suka mobil gede, kotak, dan panjang dan berkursi banyak, kayanya ga akan pernah mau kalo beli innova, 400jt dapet scirocco seken taun 2013 tuh... 2 pintu untuk mobil keluarga emang ngaco ya hahaha tapi sblm naik kijang udh biasa naik vw kodok kan 2 pintu juga tuh sekeluarga ber5 padahal... Kalo masuk mobil harus ngantri... Hahaha
Iya Avanza juga nembus 200 jtan untuk seri E
Oh iya,bearti ortu agan pencinta mobil vw kodoj juga?
daftar wrote:udah harga2 naik kena inflasi, kena dollar naik, belum fitur2 mobil juga bertambah jadi wajar2 saja.
yang saya nggak tau gimana harga2 mobil di negara2 lain (maju) yang inflasinya rendah dan nilai tukar stabil, apakah harga2 juga terus naik? karena kan mobil semakin kesini fiturnya juga semakin lebih baik.
kalo dibandingin sama barang elektronik kok nggak gitu ya, 10 tahun lalu beli handphone 5 juta spesifikasi sangat ketinggalan dibanding handphone sekarang dengan harga 1 juta. bahkan laptop 10 tahun lalu harga 7juta dapet paling murah dan spesifikasi juga lebih rendah dari laptop sekarang yang berharga 4juta.
tapi kenapa barang otomotif (motor & mobil) nggak bisa seperti barang elektronik, apakah karena ada kartel?
Benar juga kata agan. Di AS aja mobil seharga ANKI Q aja dapet mobil mewah, Indo? Bisa digit Miliyar tuh, belum lagi orang Indonesia demen bawa banyak,mobil 5 orang di paksa 6-8 orang
Turboman wrote:Inilah Indonesia
Kalo nggak pintar2 cari duit dan kelola dana, kekayaanmu akan habis digerus inflasi dan depresiasi IDR
Reality bites
Setuju,kita harus bisa "sesuaikan" dengan keuangan,jangan maksaiin beli itu tapi gak cukup uang
FRD wrote:taun 1997 eyang beli brand new kijang kapsul lgx 1.8 m/t kena harga ±45jt, 2016 awal dijual cuma laku 70jt..
taun 2013 ortu beli brand new innova diesel v m/t kena harga 301jt... 2014 pertengahan dijual laku 270jt...
taun 2014 ortu beli brand new innova bensin g luxury mt kena harga 290, dijual cuma laku 245jt...
mindset keluarga ane itu beli mobil kalo bisa muat banyak, makanya jatuhnya ya ke mpv lagi, kalopun ke suv juga harus 7 seater...

mobil2 skrg naiknya makin gila, makanya beli seken taun muda ane rasa lebih worth it.. innova udah ga pantas dikasi nama "kijang" karena harganya fantastis gara2 ga ada saingan...
Depersi terasa juga pas agan jual ipahnya,kalau beli second malah gak kuat sama bunga dr leasing. Setuju Kijang di hilangkan aja,toh Innova permulaan kehilangan filisofi Kijang dulu,walaupun durable sama sasis khas Kijang. Toh Innova aja cukup,kan yg penting TOYOTA, gak mungkin di kasih nama"Kijang Avanza"
newrubble wrote:beyond topic ...
1986-1997 sy masih bisa beli kijang cash ... dua bln income sdh tutup itu bolong bank account
...
tapi krn makin lama makin mahal terpaksa fleet lifetime diperpanjang ...
2006 pertama x sy beli avanza cuma 120juta dpt at s-pack ... 2008 trim n trx sama 132juta ... 2010 at g-pack 139juta ....2012 ahir newbody shell g-at 168juta ... 2013 awal g-at 171juta ....
spt wkt nya tam.bikin wheely chocobox a'la kf10-kf40 lg ... tentu dg cosmetical beauty u smart market ini
Mobil makin mahal......... setuju kalau TAM mau "hidupkan" KF10-K40 dengan engine baru,tapi durable seawet dulu. Atau gak "Kijang Kapsul Reborn" pake engine 2KD VNTurbo dah cukup buat reborn macam kapsul. Masa kalah sama Suzuki Indonesia yang mau hidupkan Jimmy di Indonesia tahun ini. Walaupun CBU dr Jepang dan R3,Wagon R jadi tulang punggung SIS
Sent from my D5322 using Tapatalk