vulvy8858 wrote:Turboman wrote:vulvy8858 wrote:
-
pertimbangan saya dari beberapa rekan yang pakek nonopa diesel, boshpump dan injektornya lama kelamaan akan mampet kalo dihajar solar busuk terus. dan benerinnya bisa 1/4 dari nilai bekasan mubilnya.
well, untuk case diatas, maybe dari orangnya yang bener2 ga ngerawat sama sekali.
apakah ini benar ato cuma gosip? ato cuma bener2 ga perna dirawat aja?
jaman dulu orang rumah perna dapet operasional nonopa disel, tapi keburu ditarik digenti yg binsin. sampe 140rb km di 4 tahun aman2 aja sih.
1. satu dari sedikit kasus?
2. karena tidak pakek coolant?
3. penyakit Panther, body n interior kalah tahan dari mesinnya.
4. yaa semua mubil juga begitu lah om, namanya barang dipake

tapi saya akui di kaki2 dan di kolom setir, emang Innova lebih tahan.
5. ho oh. banyak dipakek di tambang juga kan?
6. okay om, nice share.
*ex user C223 M/T, 1TR-FE A/T, 2KD-FTV A/T*
Ha ha haaa
Perawatan 2KD dgn Panther 4JA1 nyaris gak ada bedanya, cuman filter solarnya aja yg jauh lebih mahal, tapi toh skg Sakura dah bikin OE class F 11112 yg affirdable
2KD kalo rutin solar jelek cukup purging aja 25 rb km sekali
Sistem injeksi jika bermasalah bisa start cek dr :
- SCV valve , kalo rusak / lemah harga cuman 1,8 jt (biasa terjadi above 200 rb km)
- Injector juga ada repair kit nya, dah lama, total ganti repair kit en ongkos kalibrasi paling 3 jt an / injector ( kalo sampe suwek ada yg rusak palingan 1 injector)
- Pompa injeksi rembes ? seal kit sekitar 500 rebuan (ini sih jarang2 bgt)
- komponen jeroan pompa injeksinya si Dizzo ada jual
Tapi saya ngasuh byk pengguna 2KD termasuk orang2 yg angkat seken 2KD 2005 sih gak ada yg ngalamin rusak berat, rata2 dgn penyehatan mesin spt purging / kuras tangki dah oke lagi
Hati2 dengan bengkel yg maen suruh ganti2 (terutama BeRes) byk konsumen kejebak di situ.
2KD seken yg perlu diwaspadai sebetulnya yg mobil2 capek ex modif berat mesin, nah itu agak berisiko ya
Btw soal radiator panther rembes mah penyakit klasik lah itu, mo pake coolant sebagus apapun suatu hari rembes juga pipa nya, jadi jangan kaget
Isuzu ya gitu sebelnya, di luar mesin , trans en gardan, komponen lainnya yah gitu deh......kalo TBR541 sih body lebih tebal dr Ipah, AC nya juga kuat, tapi material interior yahhhhh memble
Dulu LS AT sy th 2001, beli dr baru
Moga2 yg baru2 radiatornya udah engga penyakitan