mylandy wrote:DOHC wrote:
sblom nya mohon cmiiw dr master2 yg lebi ahli...
utk mobil apapun justru lebi gampang ngedeteksi gejala mulai nya ilang traksi d ban depan krn ban tersebut terhubung dgn setir, dan kta kan slalu pegang setir pas nyetir... jd pas geol2 dkit atau mendadak setir jd enteng atau rada2 ngebuang kan pasti nyadar.... jd kta bsa counter gerakan setir, atau mulai pelanin mobil.... tp kl ban blakang... nahh ini yg biasa ga berasa, tau2 mobil ud lgs ngebuang aj b0k0ng nya... jd mobil kayanya mau ngeslide blakang nya sperti lg ngedrift...
jd kl ane simpulkan sehh kl ban blakang yg botak, mobil cenderung mudah understeer, apalagi pas jalan basah...
kl ban depan jd oversteer...
CMIIW sangat...
Penjelasannya sudah tepat, Om, tapi istilahnya terbalik antara understeer dan oversteer. Kalo ban belakang botak, mobil cenderung oversteer. Sebaliknya kalo ban depan yang botak, mobil cenderung understeer.
Mohon suhu-suhu koreksi nubie yang lagi belajar...

sudah bener kok istilahnya.
sebenernya alasan utamanya gini: ban baru itu kan belum break in dan kalau sudah break in pasti akan memberikan grip lebih baik. nah ketika di taro di depan maka terjadi kecenderungan oversteer. and we all know, its easier to control understeer karena kan tinggal lepas gas, arahin steer, maka bisa ngembalin grip tersebut. beda dengan oversteer yang butuh skill lebih, karena oversteer itu mirip drifting, bedanya drifting itu controlled oversteer, kenapa sulit karena momentum kendaraan bergantung ke traksi ban tersebut, kalau dilepas gas tiba2 atau langsung direm yang terjadi malah skidding or slide out karena malah makin oversteer akibat grip bertambah di bagian yg overster tsb = celaka, resep terbaik untuk netralin ovesteer adalah dengan digas dan arahin steer = ada ga refleks driver biasa yang gini karena respon utama manusia otomatis ngerem, juga mana ada yang berani injek gas = tambah kecepatan buat netral efek oversteer. nah inilah fungsinya VSC, continously monitoring traction at each tire = traction control.
nah kenapa org indo banyak salah kaprah taro ban baru di depan? karena berharap gain more traction, anggapannya lebih lengket lebih bagus buktinya mobil balap banyak yang gitu

dan alasan paling kocak yg pernah ane denger di toko ban: kan ban depan yang belok2, paling banyak kerja, ban belakang ga ngapa2in jadi ngapain ban baru di belakang, rugi dong
untungnya banyak mobil di indo di setting sangat understeer dari pabrik terutama penggerak depan, belum lagi banyak bengkel spooring yang hobi setel stir jadi enteng jadi makin understeer karena biasa sudut casternya dibikin netral = irit ban juga maunya konsumen stir enteng karena enteng itu mobil bagus

terus penggunaan ban OE jenis eco atau ban eco di harga dan tapak kecil

. jadi efek bahaya oversteer akibat ban baru tereduksi oleh setelan understeer ini. walau tetep bahaya karena ga ada yang tau kapan akan oversteer.
