Grand Livina Users..! - PART 05

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

vlryandi
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Nov 25, 2014 10:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by vlryandi »

DOHC wrote:@ vlryandi : ud coba ganjel paking ?? siapa tau bsa... atau pemasangan timing chain dan damper2 nya uda kenceng ?
Gak berani ganjel, takut bocor... Ini lagi diperiksa lagi pemasangannya...
wpyh wrote:ibubut karena bengkok / warping om? Timing loncat 1 gigi bisa jadi karena timing chain kendor. Emank nya ga ada chain tensionernya? Palingan ganti timing chain, atau ikut saran om DOHC, pake packing aja diganjel, jadi jaraknya kembali normal.

Kalo lobang2 fender yang mana gitu om? Kalo di ANGL ada yang perlu ditutup?
Rasanya melengkung, karena pas bubut jalan 1, ada sebagian yg gk kena bubut. dibubut 0.7mm baru rata.

Tadi iseng telpon ke nissan, katanya maximal bubut 0.4mm, lebih dari itu, takut mentok antara piston dan klep. Jadi sekarang mau cari cylinder head copotan dulu..

Trims all
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

DOHC wrote:wahh ane ga hapal lineup kayaba om...cuman seinget ane sehh emg si ultra itu agak2 horor damping nya.... cocok utk mobil2 berat...

btw, merek2 kayaba yg ane sbut di postingan2 ane sblom nya itu mostly utk shock blakang doank om... kl shock depan kayaba utk Gl, masi dkit, plg excel g (lokal atau jepun) atau premium (lokal doank)...

btw kl mau yg mantep, bantingan firm (rada keras) tp mantep... bole coba import yg buatan impul nissan dr malon, eh malaysia... d sana berjibun tuh dijual.. perna baca2 dr web nya mreka, pd blg ckup puas...
Kalo import shock dari luar sih saya masih mikir2 dulu om :big_bored:

Saya denger, kalo mau pake shock aftermarket mending sekalian ganti spring nya ya om?


vlryandi wrote:Gak berani ganjel, takut bocor... Ini lagi diperiksa lagi pemasangannya...

Rasanya melengkung, karena pas bubut jalan 1, ada sebagian yg gk kena bubut. dibubut 0.7mm baru rata.

Tadi iseng telpon ke nissan, katanya maximal bubut 0.4mm, lebih dari itu, takut mentok antara piston dan klep. Jadi sekarang mau cari cylinder head copotan dulu..

Trims all
Kalo packing nya bagus sih ga akan bocor om.

Nissan ceritanya 0.4mm dapet dari mana om? Apa om bilang "saya bubut 0.7mm terus koq error" trus dia bilang "ohh kalo cylinder head ga boleh bubut lebih dari 0.4mm pak" -> orang sini mah biasanya asbun (asal bunyi-red) om, termasuk montir2 BeRes, mereka pinter ngeles dan cari alesan, karena dianggapnya kita kan awam / bodoh. Saya sih merasa newbie di sini, tapi kalo di BeRes mah rasanya mereka lebih newbie lagi om :big_dunno: Kalo bisa sih minta SDS (Service Data & Specifications) dari BeRes nya. Jujur aja saya ga percaya kalo clearance antara piston dan valve cuma 0.4mm. Boleh liat2 link ini: http://www.enginelabs.com/engine-tech/e ... clearance/

Cuma skrg saya pikir2 lagi... kalo masalah timing chain loncat, apa mungkin karena udah kemakan aja ya om? Soalnya masa sih cuma selisih 0.7mm aja bisa loncat hehe...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

thx artikel nya om wpyh... lmayan nambah ilmu lg..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
vlryandi
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Nov 25, 2014 10:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by vlryandi »

wpyh wrote:Kalo packing nya bagus sih ga akan bocor om.

Nissan ceritanya 0.4mm dapet dari mana om? Apa om bilang "saya bubut 0.7mm terus koq error" trus dia bilang "ohh kalo cylinder head ga boleh bubut lebih dari 0.4mm pak" -> orang sini mah biasanya asbun (asal bunyi-red) om, termasuk montir2 BeRes, mereka pinter ngeles dan cari alesan, karena dianggapnya kita kan awam / bodoh. Saya sih merasa newbie di sini, tapi kalo di BeRes mah rasanya mereka lebih newbie lagi om :big_dunno: Kalo bisa sih minta SDS (Service Data & Specifications) dari BeRes nya. Jujur aja saya ga percaya kalo clearance antara piston dan valve cuma 0.4mm. Boleh liat2 link ini: http://www.enginelabs.com/engine-tech/e ... clearance/

Cuma skrg saya pikir2 lagi... kalo masalah timing chain loncat, apa mungkin karena udah kemakan aja ya om? Soalnya masa sih cuma selisih 0.7mm aja bisa loncat hehe...
Waktu saya tanya apa cylinder head livina boleh dislip atau tidak, dia bilang boleh, tapi maximal 0.4mm, kalo lebih dari itu, head piston dan klep mentok. Dan ini bener kejadian di saya, piston head mentok dengan klep, untung stang piston tidak sampai bengkok, cuma bertanda ajah di piston headnya.

Ada yang bilang, toyota avanza pun tidak boleh terlalu banyak dislip dan diskir klepnya.

Foto:
Image
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

vlryandi wrote:Waktu saya tanya apa cylinder head livina boleh dislip atau tidak, dia bilang boleh, tapi maximal 0.4mm, kalo lebih dari itu, head piston dan klep mentok. Dan ini bener kejadian di saya, piston head mentok dengan klep, untung stang piston tidak sampai bengkok, cuma bertanda ajah di piston headnya.

Ada yang bilang, toyota avanza pun tidak boleh terlalu banyak dislip dan diskir klepnya.

Foto:
Image
Waduh, itu dalem amat :ungg:
Rasa2nya itu sih lebih dari 0.3mm lho om (0.7-0.4=0.3mm). Apa itu memang udah ada dari aslinya dekok gitu?
Bisa juga gara2 timing geser (gigi timing loncat 1 ? ), jadi klep nonjok piston. Gawat kalo gitu, periksa batang klep nya bengkok ga :big_dunno:

Om DOHC, ada ide? :big_childish:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

coakan d piston head nya kaya nya bener tuh hasil tabrakan klep... dl seinget ane waktu abis carbon clean dan intip pake senter dr lubang busi sehh ga ad coakan kya gt...

btw, kl tabrakan klep dgn piston gt sehh, biasa yg kalah duluan si batang klep... jd yahh mending diganti aj kl skalian klep nya...

tp baca2 lg, kayanya bsa ad kemungkinan sehh, papas head ga bsa banyak2... krn by default aj kompresi asli nya kan ud ckup tinggi...

cmiiw ahh.... saat nya manggil meneer imsus nehh yg ud sering turun mesin mobil2 nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
vlryandi
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Nov 25, 2014 10:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by vlryandi »

wpyh wrote: Waduh, itu dalem amat :ungg:
Rasa2nya itu sih lebih dari 0.3mm lho om (0.7-0.4=0.3mm). Apa itu memang udah ada dari aslinya dekok gitu?
Bisa juga gara2 timing geser (gigi timing loncat 1 ? ), jadi klep nonjok piston. Gawat kalo gitu, periksa batang klep nya bengkok ga :big_dunno:

Om DOHC, ada ide? :big_childish:
Iya, dibubutnya 0.7mm. Aslinya gk ada dekok gitu. Kebetulan udah beli cylinder head copotan, udah dapet berikut isinya.
DOHC wrote: coakan d piston head nya kaya nya bener tuh hasil tabrakan klep... dl seinget ane waktu abis carbon clean dan intip pake senter dr lubang busi sehh ga ad coakan kya gt...

btw, kl tabrakan klep dgn piston gt sehh, biasa yg kalah duluan si batang klep... jd yahh mending diganti aj kl skalian klep nya...

tp baca2 lg, kayanya bsa ad kemungkinan sehh, papas head ga bsa banyak2... krn by default aj kompresi asli nya kan ud ckup tinggi...

cmiiw ahh.... saat nya manggil meneer imsus nehh yg ud sering turun mesin mobil2 nya...
iya, memang aslinya gak ada coakan seperti yang dilingkarin.

barusan udah beli cylinder head copotan, berikut isinya... lagi proses pemasangan.

thanx all :big_smile]
User avatar
Angular
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Mon Nov 02, 2015 2:06

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Angular »

halo, salam kenal semua.. :big_smile]

saya pengguna GL sejak awal 2009, sudah 3 minggu ini ada bunyi dengung lumayan mengganggu, cek ke Beres katanya dari Bearing roda depan kiri. Biayanya lumayan juga.. ada yang sudah pengalaman ganti ? kira-kira solusinya tanpa ke Beres ada gak ya ? mungkin bengkel alternatif ?

Selama ini sih apa-apa selalu di beres,cuman rencana ini mobil bentar lagi mo jadi garage queen, lagi nunggu gantinya datang, yg lebih kuatan buat perang. Jadi sayang aja kalo harus ganti di Beres.

Btw pernah sekali pas ada masalah gear n Link assy dan kawan2nya, coba ke Jasm** bekasi, bukannya bagus malah merembet kemana-mana, sampe bolak balik berkali-kali. Coba sekali tuneup disana juga tarikannya malah jadi lemot. Sejak itu kapok dah ke situ.. :big_dunno:
balik ke Beres, sehari normal semua (yg gak normal cuman bayarnya... hiks..)

Thanks in Advance
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by YaS »

DOHC wrote:wahh ane ga hapal lineup kayaba om...cuman seinget ane sehh emg si ultra itu agak2 horor damping nya.... cocok utk mobil2 berat...

btw, merek2 kayaba yg ane sbut di postingan2 ane sblom nya itu mostly utk shock blakang doank om... kl shock depan kayaba utk Gl, masi dkit, plg excel g (lokal atau jepun) atau premium (lokal doank)...

btw kl mau yg mantep, bantingan firm (rada keras) tp mantep... bole coba import yg buatan impul nissan dr malon, eh malaysia... d sana berjibun tuh dijual.. perna baca2 dr web nya mreka, pd blg ckup puas...
Setuju Om,
Pernah pakai Kayaba Excel untuk shock Belakang VR4, jadinya agak ngayun. Mungkin lebih pasnya pakai yang Ultra kali ya?
ANGL ane Alhamdulillah masih bagus shocknya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

Angular wrote:halo, salam kenal semua.. :big_smile]

saya pengguna GL sejak awal 2009, sudah 3 minggu ini ada bunyi dengung lumayan mengganggu, cek ke Beres katanya dari Bearing roda depan kiri. Biayanya lumayan juga.. ada yang sudah pengalaman ganti ? kira-kira solusinya tanpa ke Beres ada gak ya ? mungkin bengkel alternatif ?

Selama ini sih apa-apa selalu di beres,cuman rencana ini mobil bentar lagi mo jadi garage queen, lagi nunggu gantinya datang, yg lebih kuatan buat perang. Jadi sayang aja kalo harus ganti di Beres.

Btw pernah sekali pas ada masalah gear n Link assy dan kawan2nya, coba ke Jasm** bekasi, bukannya bagus malah merembet kemana-mana, sampe bolak balik berkali-kali. Coba sekali tuneup disana juga tarikannya malah jadi lemot. Sejak itu kapok dah ke situ.. :big_dunno:
balik ke Beres, sehari normal semua (yg gak normal cuman bayarnya... hiks..)

Thanks in Advance
beli aj yg di luaran... harga murah jauh.. kualitas lumayan
viewtopic.php?f=52&t=20265&p=771931&hil ... yo#p771931

j*smin ?? kayanya agak kebelakang, bengkel ybs mulai ga kepegang yahh... baca d forum tetangga jg ad beberapa yg komplen... ampe busi dituker sgala ama yg busi biasa...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

vlryandi wrote:barusan udah beli cylinder head copotan, berikut isinya... lagi proses pemasangan.

thanx all :big_smile]
Gimana om, hasilnya bagus kah?


DOHC wrote:beli aj yg di luaran... harga murah jauh.. kualitas lumayan
viewtopic.php?f=52&t=20265&p=771931&hil ... yo#p771931

j*smin ?? kayanya agak kebelakang, bengkel ybs mulai ga kepegang yahh... baca d forum tetangga jg ad beberapa yg komplen... ampe busi dituker sgala ama yg busi biasa...
Om, kalo bearing roda GL bisa press sendiri ga? Misal rusak nih, trus kita cabut bearing, pasang lagi, bisa ga ya? Soalnya saya di tempat kerja sering bongkar pasang bearing buat mesin, kalo nemu bearing tutup kaleng posisi diluar rasanya gatel pengen ganti pake tutup karet aja supaya debu ga masuk :big_smoking:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

wahh kl soal press2an bearing GL sehh... ane ga tau d om.. blm perna coba, dan kl diliat bagian mana nya yg mau di press om, scara bearing nya berada di dalem casing nya... tp yg ane poto itu, ud pake tutup karet koq...

tp bole dicoba om... scara bearing bawaan lipina konon jg entah buatan mana...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Angular
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Mon Nov 02, 2015 2:06

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Angular »

DOHC wrote:
beli aj yg di luaran... harga murah jauh.. kualitas lumayan
viewtopic.php?f=52&t=20265&p=771931&hil ... yo#p771931

j*smin ?? kayanya agak kebelakang, bengkel ybs mulai ga kepegang yahh... baca d forum tetangga jg ad beberapa yg komplen... ampe busi dituker sgala ama yg busi biasa...
Makasih om DOHC, iya kmrn udah browsing ketemu 1 toko, lumayan jauh bedanya, baca review2nya juga lumayan barangnya, rencana minggu ini kesana..

iya bener, j*smin, pengalaman pribadi sy gak ada yg memuaskan... parahnya lagi beberapa kali ketemu montirnya bersih-bersihin komponen di lantai sambil ngerokok.. ampe deg-degan liatnya.. hadeuhh.. :big_dunno:

gak tau apa bengkel disitu aja atau gmn, yang di tempat lain belum nyoba sih..
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs »

Om numpang tanya.
ANGL HWS CVT 2013 saya bulan agustus ini garansi nya habis.
Kira2 perlu klaim apa yah sebelum masa garansi nya habis?
Sekarang km nya di sekitar 35rb km an.
Bensin pake ron 92 kadang petralite.

Selama ini paling cuman komplain suara decit pas lagi berhenti di D atau R.
Pas servis 30rb dibilang sama beres PIK, per dudukan knalpot nya kurang kencang.
Dibetulkan tapi sekarang bunyi lagi :big_think:

Sama, di page sebelumnya ada yg klaim ganti karet crossmember yah?
Gejala karet crossmember yg rusak apa om kalo boleh tau?

Thanks Before.
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by 3mul »

arfs wrote:Om numpang tanya.
ANGL HWS CVT 2013 saya bulan agustus ini garansi nya habis.
Kira2 perlu klaim apa yah sebelum masa garansi nya habis?
Sekarang km nya di sekitar 35rb km an.
Bensin pake ron 92 kadang petralite.

Selama ini paling cuman komplain suara decit pas lagi berhenti di D atau R.
Pas servis 30rb dibilang sama beres PIK, per dudukan knalpot nya kurang kencang.
Dibetulkan tapi sekarang bunyi lagi :big_think:

Sama, di page sebelumnya ada yg klaim ganti karet crossmember yah?
Gejala karet crossmember yg rusak apa om kalo boleh tau?

Thanks Before.
selain per dudukan knalpot, pastiin disk brake depan rata. kalo disk ga rata, kaki akan kerasa geter waktu ngerem di kecepatan tinggi. kalo geterannya parah, minta ganti aja disk baru. kalo ringan kaya ane cuman dibubut dikit doang. trus juga pintu belakang ga bunyi2 pas nginjek lubang di jalan. ini sih cuman setel kaitan pintu yg deket bemper.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs »

3mul wrote: selain per dudukan knalpot, pastiin disk brake depan rata. kalo disk ga rata, kaki akan kerasa geter waktu ngerem di kecepatan tinggi. kalo geterannya parah, minta ganti aja disk baru. kalo ringan kaya ane cuman dibubut dikit doang. trus juga pintu belakang ga bunyi2 pas nginjek lubang di jalan. ini sih cuman setel kaitan pintu yg deket bemper.
OK, terima kasih om buat advice nya.
Nanti akan di coba rem nya.
Sepertinya memang getar kalo hard braking padahal sesudah service 30rb km sudah spooring dan balancing
Kalau masalah pintu belakang, punya saya gk masalah.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

Angular wrote:
DOHC wrote:
beli aj yg di luaran... harga murah jauh.. kualitas lumayan
viewtopic.php?f=52&t=20265&p=771931&hil ... yo#p771931

j*smin ?? kayanya agak kebelakang, bengkel ybs mulai ga kepegang yahh... baca d forum tetangga jg ad beberapa yg komplen... ampe busi dituker sgala ama yg busi biasa...
Makasih om DOHC, iya kmrn udah browsing ketemu 1 toko, lumayan jauh bedanya, baca review2nya juga lumayan barangnya, rencana minggu ini kesana..

iya bener, j*smin, pengalaman pribadi sy gak ada yg memuaskan... parahnya lagi beberapa kali ketemu montirnya bersih-bersihin komponen di lantai sambil ngerokok.. ampe deg-degan liatnya.. hadeuhh.. :big_dunno:

gak tau apa bengkel disitu aja atau gmn, yang di tempat lain belum nyoba sih..
yg perna ane rasain sendiri waktu bawa GL temen ane servis yg di kmayoran... troubleshooting masalah ndut2an... bukannya bener malah ga karuan... malah waktu itu entah coil atau busi nya di apain ane ga sempet perhatiin... akhirnya ndut2an.. sengaja bawa kesana buat di cek pake consult, malah di kibulin ga di cek samsek... pake dibilang mobil dibawa keatas lah dicek dsana.. padahal nanya ama montir nya dbilang ga ad tuh alat nya d lantai atas... bete aj ane, rekomen bengkel ke temen malah dpt yg caur...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
4900NG
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Mon Apr 20, 2015 13:05

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by 4900NG »

byarfs:
Om numpangtanya.ANGL HWS CVT 2013 saya bulan agustus ini garansi nya habis.Kira2 perlu klaim apa yah sebelum masa garansi nya habis?Sekarangkm nya di sekitar35rb km an.Bensin pake ron 92 kadang petralite.Selama ini palingcuman komplainsuara decit paslagi berhenti di D atau R.Pas servis 30rb dibilang sama beres PIK, per dudukan knalpot nya
kurang kencang.Dibetulkan tapi sekarangbunyi lagi


pengalaman di mobil saya, kl per knalpot saat stasioner ato gigi netral bunyi terus. nanya di beres lumayan juga harga per knalpot

kmrn pas servis 50.000 km per di kasih sealen sembuh. cmn g tau nnt kuat brapa lama.
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

arfs wrote:Om numpang tanya.
ANGL HWS CVT 2013 saya bulan agustus ini garansi nya habis.
Kira2 perlu klaim apa yah sebelum masa garansi nya habis?
Sekarang km nya di sekitar 35rb km an.
Bensin pake ron 92 kadang petralite.

Selama ini paling cuman komplain suara decit pas lagi berhenti di D atau R.
Pas servis 30rb dibilang sama beres PIK, per dudukan knalpot nya kurang kencang.
Dibetulkan tapi sekarang bunyi lagi :big_think:

Sama, di page sebelumnya ada yg klaim ganti karet crossmember yah?
Gejala karet crossmember yg rusak apa om kalo boleh tau?

Thanks Before.
Idem om, saya juga pengen tau mending klaim apa sebelom garansi habis.

Suara decit pas lagi D atau R, itu packing sambungan knalpotnya bermasalah. Mungkin karetnya mati. Minta ganti baru aja om part nya, kan masih garansi. Saya punya juga udah dipesenin part nya tapi udah 2 minggu belom ada kabar nih. Besok telpon susulin ah...

Kalo dipikir2 aneh juga, pasang karet di sana... itu kan suhu tinggi, ya ga akan lama juga karetnya keras lah :big_dunno:

Saya sempet ganti karet crossmember. Gara2nya, mobil ketika direm narik sebelah, dan setir ga lurus. Diperiksa lah kaki2 nya semua, hasilnya ketauan bahwa karet crossmember kemakan. Malah penyakit rem nya itu ternyata bukan dari karet crossmember. Soal gejala2nya saya rasa om DOHC paling ahlinya :big_exellent:


4900NG wrote:pengalaman di mobil saya, kl per knalpot saat stasioner ato gigi netral bunyi terus. nanya di beres lumayan juga harga per knalpot

kmrn pas servis 50.000 km per di kasih sealen sembuh. cmn g tau nnt kuat brapa lama.
Kalo di mobil saya malah gigi netral ga bunyi om. Kalo udah ga garansi sih, saya rasa mending dicopot, kasih gasket / sealant, pasang lagi. Atau ganti karet yang lebih tahan panas kali ya?
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs »

wpyh wrote: Thanks Before.
Idem om, saya juga pengen tau mending klaim apa sebelom garansi habis.

Suara decit pas lagi D atau R, itu packing sambungan knalpotnya bermasalah. Mungkin karetnya mati. Minta ganti baru aja om part nya, kan masih garansi. Saya punya juga udah dipesenin part nya tapi udah 2 minggu belom ada kabar nih. Besok telpon susulin ah...

Kalo dipikir2 aneh juga, pasang karet di sana... itu kan suhu tinggi, ya ga akan lama juga karetnya keras lah :big_dunno:

Saya sempet ganti karet crossmember. Gara2nya, mobil ketika direm narik sebelah, dan setir ga lurus. Diperiksa lah kaki2 nya semua, hasilnya ketauan bahwa karet crossmember kemakan. Malah penyakit rem nya itu ternyata bukan dari karet crossmember. Soal gejala2nya saya rasa om DOHC paling ahlinya :big_exellent:
[/quote]

Punya om wpyh, odometer nya sudah berapa km kalau boleh tau?
BTW shockbreaker belakang apakah masih penyakitan bocor seperti GL Series yg lama tidak yah? :big_think:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

kl karet2 kaki2 apalagi bushing2 gt ga ad patokan pasti sehh jebol nya kapan...

punya om profith lepas 3 taon dikit, dan odo kl ga salah baru 50an aj ud jebol... ad jg yg ane punya dl ampe 70 rebu baru jebol... punya om ki lurah vanzmatic seinget ane d atas 100 rebu baru ganti...

yg penting rasain aj kl pas jalan ga rata, ntuh di dek kaki depan, ad bunyi duk2 kenceng ga, apalagi ampe berasa ad yg getok2 di bawah metal beradu metal... nahh itu alamat karet crossmember jebol... kl mau cek fisik, dongkrak mobil, pake linggis coba cungkil atau ungkit, bsa bermain ga tuh antara crossmember dan dek bawah mobil... kl bsa berarti ud jebol... salah satu bushin ad yg mendem sebelah...

shock gl baru konon beda ama yg OGL... kl mau awet bsa pake kayaba ultra punya.... dijamin bertaon2 ga bocor... ane pake di apanja ama ipah ud tembus 3 taon dan 80 rebu km, masi ga bocor atau ngayun.... tp jgn komplen kl bantingan berasa naek andong...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

arfs wrote:Punya om wpyh, odometer nya sudah berapa km kalau boleh tau?
BTW shockbreaker belakang apakah masih penyakitan bocor seperti GL Series yg lama tidak yah? :big_think:
Saya odo 20rb. Shock belakang sih ga bocor om, at least ga keliatan oli lah ya... cuma itu lembek pisan, gatau olinya udah habis gitu ya :p


DOHC wrote:kl karet2 kaki2 apalagi bushing2 gt ga ad patokan pasti sehh jebol nya kapan...

punya om profith lepas 3 taon dikit, dan odo kl ga salah baru 50an aj ud jebol... ad jg yg ane punya dl ampe 70 rebu baru jebol... punya om ki lurah vanzmatic seinget ane d atas 100 rebu baru ganti...

yg penting rasain aj kl pas jalan ga rata, ntuh di dek kaki depan, ad bunyi duk2 kenceng ga, apalagi ampe berasa ad yg getok2 di bawah metal beradu metal... nahh itu alamat karet crossmember jebol... kl mau cek fisik, dongkrak mobil, pake linggis coba cungkil atau ungkit, bsa bermain ga tuh antara crossmember dan dek bawah mobil... kl bsa berarti ud jebol... salah satu bushin ad yg mendem sebelah...

shock gl baru konon beda ama yg OGL... kl mau awet bsa pake kayaba ultra punya.... dijamin bertaon2 ga bocor... ane pake di apanja ama ipah ud tembus 3 taon dan 80 rebu km, masi ga bocor atau ngayun.... tp jgn komplen kl bantingan berasa naek andong...
Saya punya skrg juga udah seperti naek delman om :p Terutama kalo jalan pelan... kalo jalan cepet malah enak tuh empuk :big_think:
Kalo ganti shock gitu kan mending sekalian ganti coil spring nya ya om?
blackjoker33
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Sep 06, 2014 6:51

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by blackjoker33 »

Misi suhu suhu, mau tanya ada user angl yang mengalami masalah pintu bagasi bunyi bunyi sama indikator pintu kurang rapat sering nyala kalo nutup pintu bagasi ga dibanting keras.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs »

@om wyph, wuih km nya masih dikit tapi sudah kena crossmember nya, sering lewat jalan jelek om?
Shock belakang saya juga rasa nya sekarang empuk empuk lembek nih.

@om DOHC thanks om buat cara pengecekan crossmember nya.
untuk sekarang si ANGL saya kalau lewatin jalan rusak masih senyap alias belum ada bunyi2 :big_blushing: .

BTW tadi pagi saya ke bandara, dalam perjalanan saya coba hard braking dari 100 km/h.
Pedal rem di kaki memang getar, mungkin karena hard braking itu tanda ABS nya berkerja.
Namun kalau di bandingkan mobil saya satunya (sx4), ABS rem livina sepertinya kerja nya lebih awal saat melakukan hard braking.
Apa gara2 disc brake gak rata, jadi kerja ABS nya bisa lebih awal yah? Ada yg juga rasain ini gk? :big_childish:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

anuu...

mengenai shock... dl waktu ane masi make OGL dan beralih ke xr... utk bantingan emg berasa beda sehh... utk shock yg jenis nya sama2 bawaan... bantingan di GL berasa lebi ngayun... beda pas di XR, keras bener... dan yg ane coba di OGL unit2 laen punya kluarga ama temen ane dl sehh rata2 mirip2 kaya ane punya... rada ngayun... kcuali yg ud ganti ke shock aftermarket, nah ini baru agak sembuh ngayun nya...

ganti shock mahh ga perlu ganti coil spring nya... pake dulu aj beberapa taon ampe ud agak mendem baru ganti...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: