Grand Livina Users..! - PART 05

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

arhiday
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Jan 13, 2016 3:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arhiday »

DOHC wrote:
itu kaki2 blakang full set torsion beam ngapain dganti ?? dl ane pake lipina ga perna rusak dan ga perna di kutak katik gapapa...

btw, ntuh crossmember depan, ga usa ganti full set lengkap ama besi2 nya, minta ama beres ganti mounting karet nya aj, suruh pake alat press, jgn males mreka..... kl ga bsa jg, suru telpon ke nissan pluit, dsana mreka blg bsa ganti karet doank...
nah ini dia gan. mereka keknya ga mau ribet maen suruh ganti semua aja tuh cross member. lalu full set torsion beam belakang mending gimana ya gan enaknya?
wpyh wrote:
Kemaren saya baru dari BeRes klaim warranty karet crossmember om, SA nya bilang kalo pertama kali ganti boleh ganti cuma karet aja, sedangkan kalo berikutnya harus ganti sama crossmember nya soalnya takutnya lobangnya bakal kegedean / kendor kalo di press berulang kali. Tapi saya tanya2 montirnya katanya kalo karet crossmember, warranty = ganti karet aja, biaya sendiri = ganti semua :mky_01:

Saran saya sih kayanya kalo udh diluar warranty mending ke bengkel luar aja kali yaaaa... haha
muhahaha emang bener2 dah beres juga kirain bener2 aje ternyata nyari duit gede juga ya gan.
lambokz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Sep 10, 2015 7:32
Daily Vehicle: GL HWS AT 11 - Lio MT13

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by lambokz »

Hi bos, salam kenal,
Baca2 pembicaraan disini jujur ane jadi serem loh.. Nih livina ringkih bangat kayaknya ya.
Kebetulan ane pake gl hws 2011 a/t. Km 45rb... So far gak ada masalah yg aneh2.. Hnya pernah ganti aki doang.
Takut.nya bntar lagi mulai keluar ni masalah2.. Bisa share bengkel yang recomend buat GL seputaran jakpus atau utara...
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

lambokz wrote:Hi bos, salam kenal,
Baca2 pembicaraan disini jujur ane jadi serem loh.. Nih livina ringkih bangat kayaknya ya.
Kebetulan ane pake gl hws 2011 a/t. Km 45rb... So far gak ada masalah yg aneh2.. Hnya pernah ganti aki doang.
Takut.nya bntar lagi mulai keluar ni masalah2.. Bisa share bengkel yang recomend buat GL seputaran jakpus atau utara...
Menurut saya sih ga semua unit bakal ada masalah, cuma memang QC nya Nissan sepertinya kurang bagus. Jadi banyak parts yang umurnya pendek. Kalo punya anda tidak ada masalah sih sebaiknya jangan di oprek... hehe
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

@ wpyh :
kl mobil2 laen jg biasanya ad crossmember, krn ini tempat bersemayam parts kaki2 lain nya, sperti steering rack, enjin, arm... ibaratnya ini backbone nya gt... cuman kl di mobil2 laen, ntuh crossmember di baut kuat ke body, plg banter cuman dipakein karet kaku keras, atau malah lgs di baut ke body ga pake karet2 insulator sgala.... kl di lipina, justru karet bushing nya gede bener... mungkin biar meredam geteran2 dari mesin dan kaki2... tp setback nya yahh jgn harap umur panjang..

@ arhiday

memang bagian blakang ada keluhan apa ?? koq ampe suru diganti... kl ga ad keluhan mending ga usa dl... jrg koq ampe rusak torsion beam, kcuali cacat produksi kaya di ertelu...

mengenai crossmember, justru pas masi warantty, kejar ampe keujung dunia buat dsuru ganti full set... enak aj mreka...

btw pemakai GL skrg mahh ud enak... ongkos repair uda pasti, montir2 jg ud pd gape btulin kaki2.... yg kasian pas angkatan GL tua tuh, mobil jd klinci percobaan... makanya pemakai GL dulu kl servis kaki2 mahh rata2 tembus 10 jutaan keatas... wong beres nya sendiri masi trial and error...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by kunaskun »

lambokz wrote:Hi bos, salam kenal,
Baca2 pembicaraan disini jujur ane jadi serem loh.. Nih livina ringkih bangat kayaknya ya.
Kebetulan ane pake gl hws 2011 a/t. Km 45rb... So far gak ada masalah yg aneh2.. Hnya pernah ganti aki doang.
Takut.nya bntar lagi mulai keluar ni masalah2.. Bisa share bengkel yang recomend buat GL seputaran jakpus atau utara...
menurut saya masih mending ringkih tapi populasi banyak gitu, artinya part kadal2an bisa banyak dan terpenting komunitas juga banyak jadi banyak infonya. dan seperti biasa di indo kalau beli mobil mikirnya ringkih atau ngga ya jgn beli di luar toyota :mky_03:
wpyh wrote:
lambokz wrote:Hi bos, salam kenal,
Baca2 pembicaraan disini jujur ane jadi serem loh.. Nih livina ringkih bangat kayaknya ya.
Kebetulan ane pake gl hws 2011 a/t. Km 45rb... So far gak ada masalah yg aneh2.. Hnya pernah ganti aki doang.
Takut.nya bntar lagi mulai keluar ni masalah2.. Bisa share bengkel yang recomend buat GL seputaran jakpus atau utara...
Menurut saya sih ga semua unit bakal ada masalah, cuma memang QC nya Nissan sepertinya kurang bagus. Jadi banyak parts yang umurnya pendek. Kalo punya anda tidak ada masalah sih sebaiknya jangan di oprek... hehe
bener, problem nissan itu di QC. coba aja perhatiin panel gap ga pernah bisa rata semobil, apalagi dibandingin mobil sejenisnya, itu baru bicara panel gap belum bicara penggunaan part yang campur aduk asal usulnya yang bisa jadi common part dengan negara 4 musim = bisa ga seawet part untuk negara tropis.
lambokz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Sep 10, 2015 7:32
Daily Vehicle: GL HWS AT 11 - Lio MT13

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by lambokz »

wpyh wrote:
lambokz wrote:Hi bos, salam kenal,
Baca2 pembicaraan disini jujur ane jadi serem loh.. Nih livina ringkih bangat kayaknya ya.
Kebetulan ane pake gl hws 2011 a/t. Km 45rb... So far gak ada masalah yg aneh2.. Hnya pernah ganti aki doang.
Takut.nya bntar lagi mulai keluar ni masalah2.. Bisa share bengkel yang recomend buat GL seputaran jakpus atau utara...
Menurut saya sih ga semua unit bakal ada masalah, cuma memang QC nya Nissan sepertinya kurang bagus. Jadi banyak parts yang umurnya pendek. Kalo punya anda tidak ada masalah sih sebaiknya jangan di oprek... hehe

Ohh iya, GL punya gw cacat di sambungan panel plastik bagian belakang, ada gap yang parah. Tapi gw cuekin aja, jarang kebelakang ini. Hahahahahaha
Kalo kenyamanan dan kestabilan ane sangat puas ama ni mobil, katanya renault yg develop ya? Tapi di bangun di cina.
arhiday
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Jan 13, 2016 3:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arhiday »

DOHC wrote: @ arhiday

memang bagian blakang ada keluhan apa ?? koq ampe suru diganti... kl ga ad keluhan mending ga usa dl... jrg koq ampe rusak torsion beam, kcuali cacat produksi kaya di ertelu...

mengenai crossmember, justru pas masi warantty, kejar ampe keujung dunia buat dsuru ganti full set... enak aj mreka...

btw pemakai GL skrg mahh ud enak... ongkos repair uda pasti, montir2 jg ud pd gape btulin kaki2.... yg kasian pas angkatan GL tua tuh, mobil jd klinci percobaan... makanya pemakai GL dulu kl servis kaki2 mahh rata2 tembus 10 jutaan keatas... wong beres nya sendiri masi trial and error...
gan maaf ada kenalan bengkel yg terpercaya (sekitar jakarta bogor gan, ane lokasi bogor) yang bisa ganti karet2 cross membernya? kalo ada boleh dishare? ane baca2 dr postingan agan ada yg diganti teflon itu gimana gan maksudnya? karetnya diganti teflon gitu ya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

betul, jd copotin ntuh bushing, bawa ke glodok, dl ad tukang jualan yg biasa ngerjain gtuan, cuman trakir ybs lg d lp salemba entah knapa, tp coba aj jalan2 skitar jalan blustru, seinget ane ada beberapa yg bsa ngerjin gtuan koq... atau coba bawa ke LTC glodok lt GF2, disitu jg ad yg jualan teflon, siapa tau trima pasang...

kl bengkel, ane ga ad yg spesifik krn emang gonta ganti atau kl bsa pasang sendiri... waktu bongkar2 crossmember, ane perna sekali di akon jalan panjang, cahaya pluit, satu bengkel di mangga besar lupa namanya dan trakir, bengkel di atap proyek senen... kl ongkos plg murah yg di proyek senen tsb... dan dsini jg ampe 3 kali ane bongpas krn emg lebi pewe aj ngebengkel bareng montir2 dsini...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
arhiday
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Jan 13, 2016 3:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arhiday »

DOHC wrote:betul, jd copotin ntuh bushing, bawa ke glodok, dl ad tukang jualan yg biasa ngerjain gtuan, cuman trakir ybs lg d lp salemba entah knapa, tp coba aj jalan2 skitar jalan blustru, seinget ane ada beberapa yg bsa ngerjin gtuan koq... atau coba bawa ke LTC glodok lt GF2, disitu jg ad yg jualan teflon, siapa tau trima pasang...

kl bengkel, ane ga ad yg spesifik krn emang gonta ganti atau kl bsa pasang sendiri... waktu bongkar2 crossmember, ane perna sekali di akon jalan panjang, cahaya pluit, satu bengkel di mangga besar lupa namanya dan trakir, bengkel di atap proyek senen... kl ongkos plg murah yg di proyek senen tsb... dan dsini jg ampe 3 kali ane bongpas krn emg lebi pewe aj ngebengkel bareng montir2 dsini...
diatap proyek senen bengkel yang agan sering kesana apa gan? boleh bagi CP nya? ane cek2 di bukalapak banyak part buatan thai gan kek bushing crossmember,lower arm sama support sok depan, harganya juga lumayan setengah dari harga ori, itu recomended kaga pake yg buatan thai gan??
oia sorry ya klo merepotkan banyak nanya :e-pray:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

yess... yg proyek senen.... bukan yg popa lohh yahh... kl yg popa saran ane hindarin sama sekali...

nomor montir nya ane ilang... tp coba kesana cari yg namanya sonny (dibaca soni)... orang minang doi... doi gerobag (system nya dsini pake gerobag2 yg isi nya tools mreka) deket WC dan tangga buat turun ke bawah...

kl urusan crossmember, lower arm dan support shock kl ga ad niat modif... atau males... saran ane stick wit ori... harga lebi mahal selipet tp kualitas beda jauh... ya beda jauhhh.... ane ud perna cobain tuh parts2 crossmember apalagi support shock yg buatan thai, kw 1, dsb dkk dll.... intinya cuman buang2 duit, tetep yg ori oem ketahanan nya lebi baik...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

kayanya selama pemaen spare parts KW yg ud ckup bonafid macam 555 belum bkin parts kaki2 utk lipina... mending tetep stick wit ori sehh mnurut ane...

krn slama ini yg ane temuin dr berbagai macem merek parts KW utk lipina, entah itu kata yg jual buatan thai lah, jepun lah, KW1 cunkwo lahh... intinya smua sucks... pake ga lama jebol... ga selama umur parts yg oem...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
arhiday
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Jan 13, 2016 3:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arhiday »

DOHC wrote:kayanya selama pemaen spare parts KW yg ud ckup bonafid macam 555 belum bkin parts kaki2 utk lipina... mending tetep stick wit ori sehh mnurut ane...

krn slama ini yg ane temuin dr berbagai macem merek parts KW utk lipina, entah itu kata yg jual buatan thai lah, jepun lah, KW1 cunkwo lahh... intinya smua sucks... pake ga lama jebol... ga selama umur parts yg oem...
Ok gan. Udah dapat pencerahan secerah cerahnya :frm_tumbright: mungkin kalo dirangkum kurang lebih kek gini
1. Cross member ganti bushing aja (karet /teflon) ga usah ganti satu set
2. Lower arm, sokbreaker, support mounting beli unit di beres pasang diluar
3. Bagian belakang klo ga ada keluhan mending ga usah diganti dulu
4. Bisa lumayan save cost ga ampe 8jt di cross member sama biaya jasa (harusnya dibengkel biasa ga semahal beres)
5. Ga ada VAT (10%)
6. Tempat buat bikin/pasang bushing di project senen jangan di popa senen

Terima kasih sensei DOHC :frm_tumbright:
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

DOHC wrote:betul, jd copotin ntuh bushing, bawa ke glodok, dl ad tukang jualan yg biasa ngerjain gtuan, cuman trakir ybs lg d lp salemba entah knapa,
Jangan2 masuk ke LP Salemba gara2 ngerjain yg gituan jadi Nissan nya ngambek om? :big_weee:


DOHC wrote:kl urusan crossmember, lower arm dan support shock kl ga ad niat modif... atau males... saran ane stick wit ori... harga lebi mahal selipet tp kualitas beda jauh... ya beda jauhhh.... ane ud perna cobain tuh parts2 crossmember apalagi support shock yg buatan thai, kw 1, dsb dkk dll.... intinya cuman buang2 duit, tetep yg ori oem ketahanan nya lebi baik...
Kalo bushing/karet crossmember kan bisa di modif teflon/nylon om. Kalo karet lower arm bisa di modif teflon ga ya? Itu lho yang bentuknya seperti bakpau kecil rada monyong ke atas gitu...


arhiday wrote:1. Cross member ganti bushing aja (karet /teflon) ga usah ganti satu set
Crossmember ganti bushing nya ati2 ya. Saya sempet posting di forum sebelah. Intinya, bongkar pake alat / bushing / pipa, pasang harus dikasih stempet dulu, trus di press nya maksimal 100kg aja.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

lurusin dikit...

kl shockbreaker, ga harus beli di beres...

beli luaran punya jg not bad... ad kayaba premium (lokal atau jepun), kayaba ultra (not recommend), kayaba excel g (cari yg jepun punya), atau bahkan bilstein utk shock blakang.... sesuaiin kantong aj...

bengkel jg ga harus yg proyek senen... kl emang ad kenal bengkel yg bonafid bole jg... dan sperti kata om wpyh.... ati2 saat ngepress bushing..
arhiday wrote:
DOHC wrote:kayanya selama pemaen spare parts KW yg ud ckup bonafid macam 555 belum bkin parts kaki2 utk lipina... mending tetep stick wit ori sehh mnurut ane...

krn slama ini yg ane temuin dr berbagai macem merek parts KW utk lipina, entah itu kata yg jual buatan thai lah, jepun lah, KW1 cunkwo lahh... intinya smua sucks... pake ga lama jebol... ga selama umur parts yg oem...
Ok gan. Udah dapat pencerahan secerah cerahnya :frm_tumbright: mungkin kalo dirangkum kurang lebih kek gini
1. Cross member ganti bushing aja (karet /teflon) ga usah ganti satu set
2. Lower arm, sokbreaker, support mounting beli unit di beres pasang diluar
3. Bagian belakang klo ga ada keluhan mending ga usah diganti dulu
4. Bisa lumayan save cost ga ampe 8jt di cross member sama biaya jasa (harusnya dibengkel biasa ga semahal beres)
5. Ga ada VAT (10%)
6. Tempat buat bikin/pasang bushing di project senen jangan di popa senen

Terima kasih sensei DOHC :frm_tumbright:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

@ wpyh

kl mounting lower arm ane rasa sulit yahh.. itu kan justru musti bsa bergerak2 elastis... kl dibikin kaku lah gmana mau gerak tuh arm..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
arhiday
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Jan 13, 2016 3:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arhiday »

DOHC wrote:lurusin dikit...

kl shockbreaker, ga harus beli di beres...

beli luaran punya jg not bad... ad kayaba premium (lokal atau jepun), kayaba ultra (not recommend), kayaba excel g (cari yg jepun punya), atau bahkan bilstein utk shock blakang.... sesuaiin kantong aj...

bengkel jg ga harus yg proyek senen... kl emang ad kenal bengkel yg bonafid bole jg... dan sperti kata om wpyh.... ati2 saat ngepress bushing..
ok gan, ane coba cari perbandingan dulu dari sisi harga vs kenyamanan antara kayaba dan ori punya


wpyh wrote:
Crossmember ganti bushing nya ati2 ya. Saya sempet posting di forum sebelah. Intinya, bongkar pake alat / bushing / pipa, pasang harus dikasih stempet dulu, trus di press nya maksimal 100kg aja.
maaf gan stempet apa ya? hehehe mangap newbie. kalo lebih dari 100kg kemungkinan bisa pecah ya si body cross membernya?
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

DOHC wrote:beli luaran punya jg not bad... ad kayaba premium (lokal atau jepun), kayaba ultra (not recommend), kayaba excel g (cari yg jepun punya), atau bahkan bilstein utk shock blakang.... sesuaiin kantong aj...
Kalo Kayaba Ultra kenapa not recommended om?


DOHC wrote:@ wpyh

kl mounting lower arm ane rasa sulit yahh.. itu kan justru musti bsa bergerak2 elastis... kl dibikin kaku lah gmana mau gerak tuh arm..
Nah itu berarti harus beli di BeRes yah om? Kalo itu mounting lower arm itu gerakannya cuma muter2 aja (seperti pergelangan tangan manusia) atau ada maju mundur dll ya? Saya pikir, kalo gerakannya cuma muter2 aja kan bisa pake semacem ball joint gitu :big_childish:


arhiday wrote:maaf gan stempet apa ya? hehehe mangap newbie. kalo lebih dari 100kg kemungkinan bisa pecah ya si body cross membernya?
Stempet = grease. Pelumas yang bentuknya semisolid, memang tidak mengalir tapi bisa dibentuk, seperti pasta gitu lah. Selengkapnya bisa dibaca disini om: https://en.wikipedia.org/wiki/Grease_(lubricant)

Kalo press nya lebih dari 100kg, resiko pecah teflon nya, atau dekok / kentop crossmember nya. Kalo crossmember nya sampe robah bentuk ya tamat om, beli baru deh :big_dunno:

Kan BeRes nge-press nya sampe 100kg om, jadi saya pikir pokoknya dibawah 100kg sih aman :big_peace: Lagian saya rasa ga perlu 100kg juga cukup koq, asal stempet nya ga terlalu banyak dan ga kurang malah. Cuma pertanyaannya, gimana caranya itu ngukur tekanan 100kg ya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

kyab ultra utk shock blakang justru plg murah dr smua line up kyaba... tp pasang itu berasa ga naek lipina lg... melaenkan apanja... sayang...

mksud ane bukan yg ball joint d arm nya om, justru itu kl masi baru malah keras bgt... tp maxud ane yg nempel ke crossmember bushin nya si arm itu... itu wajib dr bahan elastis sehh.. kl keras takut nya malah ga bermain ntar.. cmiiw..

alat press sbenernya bsa ketauan koq brapa tekanan nya... perhatiin aja bagian "botol hidrolik nya" biasa disitu dtulis brapa ton daya nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

DOHC wrote:kyab ultra utk shock blakang justru plg murah dr smua line up kyaba... tp pasang itu berasa ga naek lipina lg... melaenkan apanja... sayang...

mksud ane bukan yg ball joint d arm nya om, justru itu kl masi baru malah keras bgt... tp maxud ane yg nempel ke crossmember bushin nya si arm itu... itu wajib dr bahan elastis sehh.. kl keras takut nya malah ga bermain ntar.. cmiiw..

alat press sbenernya bsa ketauan koq brapa tekanan nya... perhatiin aja bagian "botol hidrolik nya" biasa disitu dtulis brapa ton daya nya...
Saya nemu ini om, prinsip dasarnya sama dengan cara bongkar pasang karet / bushing crossmember: https://www.youtube.com/watch?v=aPbL9HTHZg0

Kalo gitu berarti KYB Ultra tuh dampening effect nya dikit pisan yah om? Mirip avanza = mantul2, serasa shock breaker ga berfungsi om?

Iya om, maksud saya itu karet yang nempelin crossmember ke lower arm kan? Maksud saya, gimana kalo misal karetnya diganti sama ball joint aja... apa bisa ya? Supaya si lower arm nya bisa maen... eh tapi kalo gitu mah jadi liar yah om? Kalo ganti karet, berarti ganti yang orisinil donk?

Setelah dipikir2 lagi, saya justru agak bingung itu 100kg teh maksudnya apa: 100kg/cm2, atau 100kg beban yang diterima oleh part yang di press. Kalo dongkrak sih biasanya kan 2 ton ke atas om.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

tp kyaba ultra malah ane rasain ckup enak utk mobil2 yg agak berat macam ipah... stelah break in, ini malah bagi ane bantingan nya pas... bawa barang berat jg ga ambles... tp ini berlaku cuman utk shock blakang yahh... kl depan, lupakan si ultra ini ..

soal alat press, ane lupa satuan tekanan daya nya apa... cuman yg ane inget, alat press yg perna ane liat di beberapa bengkel, satuan nya kayanya ton sehh.. cmiiw ahh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by alexdonovan »

Om @DOHC, ane clbk ama GL lagi neh... Nyonya udah kasih izin buat GL lagi... Yang saya mau tanya, kalo mau ambil GL 1.8 A/T generasi pertama kira-kira worth to buy ga?

ada perbedaan spesifik dengan yang 1.5?

*Catatan: Sebelumnya saya pakai 1.5 XV M/T 2010 dari baru selama 5 tahun...

Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
vlryandi
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Nov 25, 2014 10:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by vlryandi »

wpyh wrote:Di kepala piston ada tonjolan itu kan supaya ngepas ke atasnya ya? Itu salah satu tujuannya supaya menambah kompresi, jadi dia ngisi ruang di sekitar valve. Hati2 aja om, kalo saran saya bisa dicobain begini untuk ngukur jarak antara piston dengan cylinder head dan valve:
1. Buka cylinder head, sehingga piston keliatan.
2. Di tiap2 piston, oleskan stempet yang lumayan tebal. Jangan terlalu banyak, jangan terlalu penuh. Cukup di beberapa tempat saja, kalo terlalu banyak bisi kepenuhan / macet nanti valve stem bengkok. Pakai stempet yang tidak lengket supaya ga nempel2 ke valve dan cylinder head.
3. Pasang kembali cylinder head.
4. Putar mesin pelan2 dengan tangan, beberapa putaran cukup.
5. Buka kembali cylinder head.
6. Periksa bentuk dan ketebalan stempet di piston. Itu menunjukkan ruang terkecil antara cylinder head dengan piston, pada posisi TDC.

Intinya kalo bubutan adalah kurang dari ketebalan itu, berarti piston ga akan nabrak cylinder head. CMIIW, suhu2 di sini tolong koreksi yaaa :big_childish:
Akhirnya kemarin sudah dibubut. sudah bisa berhasil nyala, cuma sebentar, lalu mati lagi. Bongkar lagi, timingnya loncat 1 gigi. jadi perkiraan saya karena cylinder head dibubut 0.7mm, jadi timing chain agak kendor... Bisa seperti itu gak ya? Kalo gitu GL tidak bisa bubut cylinder head ya??

trims
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

@ alex : wihhh manteppp.... kl harga nya miring banget mahh sikattt aja om.... MR18DE itu emg sesuatu banget sehh utk ukuran mpv 7 seater kelas light... matic manual sama2 ahoyyy...

kaki2 11 12 ama 1.5 koq... beda plg di interior doank yg wooden panel "fake" nya itu... ama di velg doank... yg 1.8 velg polish mengkilap, kl 1.5 di cat...

gen pertama kl yg matic setau ane sehh ga ad masalah signifikan... sisa nya plg fender ud d tutup2 in lobang nya blm, joint steer, meteran bensin dan sgala penyakit umum di GL 1.5

@ vlryandi : ud coba ganjel paking ?? siapa tau bsa... atau pemasangan timing chain dan damper2 nya uda kenceng ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

DOHC wrote:tp kyaba ultra malah ane rasain ckup enak utk mobil2 yg agak berat macam ipah... stelah break in, ini malah bagi ane bantingan nya pas... bawa barang berat jg ga ambles... tp ini berlaku cuman utk shock blakang yahh... kl depan, lupakan si ultra ini ..

soal alat press, ane lupa satuan tekanan daya nya apa... cuman yg ane inget, alat press yg perna ane liat di beberapa bengkel, satuan nya kayanya ton sehh.. cmiiw ahh...
KYB Ultra mirip sama KYB Ultra SR ga om? Soalnya saya nyari di Google ketemunya KYB Ultra SR. Katanya sih Ultra SR itu yang dampening effectnya paling keras, berarti paling tinggi damping nya ya om.

Kalo maksimal kapasitas nya sih ton kali ya om. Masalahnya, kalo itu tekanan dia ngukur tekanan oli hidrolik nya, kita susah lho mengira2 100kg di alat press manual / DIY.


vlryandi wrote:Akhirnya kemarin sudah dibubut. sudah bisa berhasil nyala, cuma sebentar, lalu mati lagi. Bongkar lagi, timingnya loncat 1 gigi. jadi perkiraan saya karena cylinder head dibubut 0.7mm, jadi timing chain agak kendor... Bisa seperti itu gak ya? Kalo gitu GL tidak bisa bubut cylinder head ya??trims
DOHC wrote:gen pertama kl yg matic setau ane sehh ga ad masalah signifikan... sisa nya plg fender ud d tutup2 in lobang nya blm, joint steer, meteran bensin dan sgala penyakit umum di GL 1.5

@ vlryandi : ud coba ganjel paking ?? siapa tau bsa... atau pemasangan timing chain dan damper2 nya uda kenceng ?
Dibubut karena bengkok / warping om? Timing loncat 1 gigi bisa jadi karena timing chain kendor. Emank nya ga ada chain tensionernya? Palingan ganti timing chain, atau ikut saran om DOHC, pake packing aja diganjel, jadi jaraknya kembali normal.

Kalo lobang2 fender yang mana gitu om? Kalo di ANGL ada yang perlu ditutup?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

wahh ane ga hapal lineup kayaba om...cuman seinget ane sehh emg si ultra itu agak2 horor damping nya.... cocok utk mobil2 berat...

btw, merek2 kayaba yg ane sbut di postingan2 ane sblom nya itu mostly utk shock blakang doank om... kl shock depan kayaba utk Gl, masi dkit, plg excel g (lokal atau jepun) atau premium (lokal doank)...

btw kl mau yg mantep, bantingan firm (rada keras) tp mantep... bole coba import yg buatan impul nissan dr malon, eh malaysia... d sana berjibun tuh dijual.. perna baca2 dr web nya mreka, pd blg ckup puas...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: