Tpi ayla ane bawaan nya champ eco, sidewall nya udh benjol semua mod, pdhl baru 14k km nya, dan jrg hajar lobang ampe rada kencengDOHC wrote:w204 masi di keep nehh om kompre ??
@ meneer imsus :
ban eco yg ane coba sehh ad beberapa, ecopia sehh ga ad crita bunting2an walaupun dl seumur idup nya sering hajar pantura... cuman, d tapak dan sisi deket bibir velg cepet retak rambut meneer... dan cepet botak, 40-50an rebu pasti ud deket kena TWI... harga jg ga murah2 amat... makanya mikir mending champ eco, at least masi lebi murah..
Serba Serbi Ban Part 2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58
Re: Serba Serbi Ban Part 2
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Ban Part 2
justru itu maksud ane om... make si champ eco kl ampe bunting jg gapapa... krn faktor harga murah nya itu...
kl ecopia, biar kata ban eco2an tp harganya plg mahal d kelas eco... jd kl bunting atau sgala rusak laen nya yahh rada ga worth it aj
sayang padahal waktu BS bkin b250 itu ban ckup bagus tuh...
kl ecopia, biar kata ban eco2an tp harganya plg mahal d kelas eco... jd kl bunting atau sgala rusak laen nya yahh rada ga worth it aj
sayang padahal waktu BS bkin b250 itu ban ckup bagus tuh...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Serba Serbi Ban Part 2
turanza ar 20..krn tdk merasa nyaman..gripnya kurang..desain tapak mengerucut ke sisi dalam..tp untuk cari empuk bagus...

adrenalin re 003 ...luar biasa gripnya...desain tapak melebar samping..dinding ban keluar..keras..terlihat jelas sebelum dipasang dinding ban tebal..klo nikung cepat bodi mobil seperti di kunci spy tdk ngebuang..


rencana saya ada pesan lg adrenalin buat gantiin ban standar pabrikan...

adrenalin re 003 ...luar biasa gripnya...desain tapak melebar samping..dinding ban keluar..keras..terlihat jelas sebelum dipasang dinding ban tebal..klo nikung cepat bodi mobil seperti di kunci spy tdk ngebuang..


rencana saya ada pesan lg adrenalin buat gantiin ban standar pabrikan...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 134
- Joined: Wed May 27, 2015 5:07
Re: Serba Serbi Ban Part 2
bulan lalu, ban mobil crv saya sobek kena lubang di exit toll cibubur.
nah kalau mau beli ban tuh bisa satu aja ga? atau perlu beli satu set (4 ban + 1 cadangan). was was juga nih udah sebulan wara wiri ga bawa ban cadangan, kalau ada apa2 di jalan kan repot
nah kalau mau beli ban tuh bisa satu aja ga? atau perlu beli satu set (4 ban + 1 cadangan). was was juga nih udah sebulan wara wiri ga bawa ban cadangan, kalau ada apa2 di jalan kan repot
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10
Re: Serba Serbi Ban Part 2
untuk mayoritas ban sih bisa beli 1, tapi kalo bannya masuk performance/premium tire, toko biasanya kasih minimal 2 biji untuk pembelian.stiffler wrote:bulan lalu, ban mobil crv saya sobek kena lubang di exit toll cibubur.
nah kalau mau beli ban tuh bisa satu aja ga? atau perlu beli satu set (4 ban + 1 cadangan). was was juga nih udah sebulan wara wiri ga bawa ban cadangan, kalau ada apa2 di jalan kan repot
pernah rotasi ban sebelumnya? liat treadwearnya dulu aja kalo baru pertama ganti ban, biasanya sih kalo belum di rotasi sama sekali, ban depan bakal lebih gundul daripada belakang untuk mobil FWD. kalo misalnya beli 2, pasang aja yg baru di depan, 1 paling gundul di bagasi, sisanya di belakang.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Serba Serbi Ban Part 2
SMers, ane mau tanya2, belom lama ini ngangkut Accord CP2 seken, ban bawaan Michelin Energy (oem) sepertinya umurnya tinggal beberapa bulan, rencana cari yang comfort karena yang pake mobilnya ortu sy
Browsing sana sini ukuran 225/50/17 pilihan cukup terbatas, mohon review dan masukannya, sekalian info kisaran harga dan toko di ibukota:
1. Michelin Primacy 3 ST
2. BS Turanza AR-20
3. Dunlop Veuro VE302
Lainnya:
1. Michelin Pilot Sport 3: lebih ke arah performance>comfort
2. BS Potenza RE050: RFT? Sepertinya terlalu keras ya
3. Champiro HPY, Achilles ATR, ATR2, 2233, Accelera Phi-R: Ban dalam negeri rajanya segala ukuran hehe
4. Merek Jepun?
Maaf masih agak bingung untuk ban sekelas ini, maklum cuma pernah pake di mobil ane sendiri 3 jenis Achilles diatas, Accelera Alpha & Zigma, mentok2 sekarang Falken Ziex 912
Michelin sekarang assembly mana ya? Masih agak ragu karena yang sekarang terpasang banyak luka-luka (sering denger karena gak cocok dengan aspal sini)
Thx SM

Browsing sana sini ukuran 225/50/17 pilihan cukup terbatas, mohon review dan masukannya, sekalian info kisaran harga dan toko di ibukota:
1. Michelin Primacy 3 ST
2. BS Turanza AR-20
3. Dunlop Veuro VE302
Lainnya:
1. Michelin Pilot Sport 3: lebih ke arah performance>comfort

2. BS Potenza RE050: RFT? Sepertinya terlalu keras ya

3. Champiro HPY, Achilles ATR, ATR2, 2233, Accelera Phi-R: Ban dalam negeri rajanya segala ukuran hehe
4. Merek Jepun?
Maaf masih agak bingung untuk ban sekelas ini, maklum cuma pernah pake di mobil ane sendiri 3 jenis Achilles diatas, Accelera Alpha & Zigma, mentok2 sekarang Falken Ziex 912
Michelin sekarang assembly mana ya? Masih agak ragu karena yang sekarang terpasang banyak luka-luka (sering denger karena gak cocok dengan aspal sini)
Thx SM
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Serba Serbi Ban Part 2
^^^
Tentukan budget-nya dulu pak.
Soalnya di point pilihan lainnya kok drastis, dari Michelin Pilot Sport3 ke Achilles/Accelera
Michelin yang dijual disini (ukuran populer), rata2 buatan Thailand.
Tentukan budget-nya dulu pak.
Soalnya di point pilihan lainnya kok drastis, dari Michelin Pilot Sport3 ke Achilles/Accelera

Michelin yang dijual disini (ukuran populer), rata2 buatan Thailand.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Thx reply nyaimsus2c wrote:^^^
Tentukan budget-nya dulu pak.
Soalnya di point pilihan lainnya kok drastis, dari Michelin Pilot Sport3 ke Achilles/Accelera
Michelin yang dijual disini (ukuran populer), rata2 buatan Thailand.

Sebenernya soal budget berhubung mobil ortu sertinya gak masalah

Untuk poin lain2 barangkali ada masukan2
Mungkin biar gak bingung saya edit dulu deh, dicoret aja yang opsi2 bikin bingung itu
Setelah ane browsing2 lagi ternyata cukup banyak pilihan untuk ukuran tsb (sebatas liat web2 toko, toko fisik belum tau), salah satunya Hankook bahkan ada 4 jenis buat ukuran CP, dan juga dapet info kalo Michelin Primacy 3 ST udah discontinue

Thailand mirip2 dengan indo kah iklim dan aspalnya? Sejauh ini sy pake Falken 912 buatan sana (prod 2014 awal, beli seken) dan terlihat masih seger sih, apa Michelin juga begitu? Jujur paling naksir ama opsi Michelin tapi masih ragu di bagian ini, dan balik lagi, dapet info kalo Primacy 3 ST udah dis, thx
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Serba Serbi Ban Part 2
ganti ban baru itu untuk jenis mobil apapun wajib di belakang. salah kaprah ban baru di depan, malah sangat bahaya untuk FWD kalau ban baru di depan.fenrir wrote:untuk mayoritas ban sih bisa beli 1, tapi kalo bannya masuk performance/premium tire, toko biasanya kasih minimal 2 biji untuk pembelian.stiffler wrote:bulan lalu, ban mobil crv saya sobek kena lubang di exit toll cibubur.
nah kalau mau beli ban tuh bisa satu aja ga? atau perlu beli satu set (4 ban + 1 cadangan). was was juga nih udah sebulan wara wiri ga bawa ban cadangan, kalau ada apa2 di jalan kan repot
pernah rotasi ban sebelumnya? liat treadwearnya dulu aja kalo baru pertama ganti ban, biasanya sih kalo belum di rotasi sama sekali, ban depan bakal lebih gundul daripada belakang untuk mobil FWD. kalo misalnya beli 2, pasang aja yg baru di depan, 1 paling gundul di bagasi, sisanya di belakang.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Kalau mau ban nyaman, biasanya kembangannya halus dan gurat2annya banyak.aabx wrote:Thx reply nyaimsus2c wrote:^^^
Tentukan budget-nya dulu pak.
Soalnya di point pilihan lainnya kok drastis, dari Michelin Pilot Sport3 ke Achilles/Accelera
Michelin yang dijual disini (ukuran populer), rata2 buatan Thailand.![]()
Sebenernya soal budget berhubung mobil ortu sertinya gak masalah![]()
Untuk poin lain2 barangkali ada masukan2
Mungkin biar gak bingung saya edit dulu deh, dicoret aja yang opsi2 bikin bingung itu
Setelah ane browsing2 lagi ternyata cukup banyak pilihan untuk ukuran tsb (sebatas liat web2 toko, toko fisik belum tau), salah satunya Hankook bahkan ada 4 jenis buat ukuran CP, dan juga dapet info kalo Michelin Primacy 3 ST udah discontinue![]()
Thailand mirip2 dengan indo kah iklim dan aspalnya? Sejauh ini sy pake Falken 912 buatan sana (prod 2014 awal, beli seken) dan terlihat masih seger sih, apa Michelin juga begitu? Jujur paling naksir ama opsi Michelin tapi masih ragu di bagian ini, dan balik lagi, dapet info kalo Primacy 3 ST udah dis, thx
Polanya biasanya simetris atau asimetris, jarang (atau ngga ada) yg pola-nya unidirectional (rotation).
Sidewallnya biasanya membulat (donut)
kunaskun wrote:ganti ban baru itu untuk jenis mobil apapun wajib di belakang. salah kaprah ban baru di depan, malah sangat bahaya untuk FWD kalau ban baru di depan.fenrir wrote:untuk mayoritas ban sih bisa beli 1, tapi kalo bannya masuk performance/premium tire, toko biasanya kasih minimal 2 biji untuk pembelian.stiffler wrote:bulan lalu, ban mobil crv saya sobek kena lubang di exit toll cibubur.
nah kalau mau beli ban tuh bisa satu aja ga? atau perlu beli satu set (4 ban + 1 cadangan). was was juga nih udah sebulan wara wiri ga bawa ban cadangan, kalau ada apa2 di jalan kan repot
pernah rotasi ban sebelumnya? liat treadwearnya dulu aja kalo baru pertama ganti ban, biasanya sih kalo belum di rotasi sama sekali, ban depan bakal lebih gundul daripada belakang untuk mobil FWD. kalo misalnya beli 2, pasang aja yg baru di depan, 1 paling gundul di bagasi, sisanya di belakang.

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Serba Serbi Ban Part 2
kalau ban comfort cari yang tapaknya halus dan rapat jadi minim noise, rajanya silent dan agak gampang dicari indo ya yokohama advan db. tapi konon sidewall agak lemah jadi gampang ketojos = kayanya umum ya untuk ban comfort kaya giniaabx wrote:SMers, ane mau tanya2, belom lama ini ngangkut Accord CP2 seken, ban bawaan Michelin Energy (oem) sepertinya umurnya tinggal beberapa bulan, rencana cari yang comfort karena yang pake mobilnya ortu sy![]()
Browsing sana sini ukuran 225/50/17 pilihan cukup terbatas, mohon review dan masukannya, sekalian info kisaran harga dan toko di ibukota:
1. Michelin Primacy 3 ST
2. BS Turanza AR-20
3. Dunlop Veuro VE302
Lainnya:
1. Michelin Pilot Sport 3: lebih ke arah performance>comfort![]()
2. BS Potenza RE050: RFT? Sepertinya terlalu keras ya![]()
3. Champiro HPY, Achilles ATR, ATR2, 2233, Accelera Phi-R: Ban dalam negeri rajanya segala ukuran hehe
4. Merek Jepun?
Maaf masih agak bingung untuk ban sekelas ini, maklum cuma pernah pake di mobil ane sendiri 3 jenis Achilles diatas, Accelera Alpha & Zigma, mentok2 sekarang Falken Ziex 912
Michelin sekarang assembly mana ya? Masih agak ragu karena yang sekarang terpasang banyak luka-luka (sering denger karena gak cocok dengan aspal sini)
Thx SM

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10
Re: Serba Serbi Ban Part 2
yap berarti saya salah sumber informasi, setelah cek manual dan site-site lain, penggantian 2 ban baru harus di rear axle, untuk mencegah kecelakaan karena hydroplanning/ban meletus, sorry salah informasi sebelumnya..imsus2c wrote:kunaskun wrote:ganti ban baru itu untuk jenis mobil apapun wajib di belakang. salah kaprah ban baru di depan, malah sangat bahaya untuk FWD kalau ban baru di depan.fenrir wrote:
untuk mayoritas ban sih bisa beli 1, tapi kalo bannya masuk performance/premium tire, toko biasanya kasih minimal 2 biji untuk pembelian.
pernah rotasi ban sebelumnya? liat treadwearnya dulu aja kalo baru pertama ganti ban, biasanya sih kalo belum di rotasi sama sekali, ban depan bakal lebih gundul daripada belakang untuk mobil FWD. kalo misalnya beli 2, pasang aja yg baru di depan, 1 paling gundul di bagasi, sisanya di belakang.

dasar tukang ban..

edit: kurang quote
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 618
- Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Ternyata bener apa yg dibilang temen saya dulu. Bokap dia punya toko ban di Sumatera, dia dulu dikasih tour ke pabriknya GT Radial & dikasih liat bahayanya klo pasang ban baru di depan.
Sent from my SM-N900 using Tapatalk
Sent from my SM-N900 using Tapatalk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Dapat satu ilmu baru lagi dari SM.kunaskun wrote: ganti ban baru itu untuk jenis mobil apapun wajib di belakang. salah kaprah ban baru di depan, malah sangat bahaya untuk FWD kalau ban baru di depan.

Apakah ini berlaku juga untuk mobil AWD? Rencana minggu depan mau ganti ban sepasang (2 biji).

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Ban Part 2
+1 setuju ama om kun
lebi gampang koreksi ban depan yg ilang traksi krn itu terhubung ama steering dan lebi gampang jg berasa kl mulai ilang traksi...
ktimbang ban blakang... kcuali driver nya emg biasa pembalap nge drift atau slalom...
lebi gampang koreksi ban depan yg ilang traksi krn itu terhubung ama steering dan lebi gampang jg berasa kl mulai ilang traksi...
ktimbang ban blakang... kcuali driver nya emg biasa pembalap nge drift atau slalom...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Yokohama db kalo gak salah dipakai untuk OEM Juke ya om? Boleh juga nih jadi opsi hehe, thx omkunaskun wrote:kalau ban comfort cari yang tapaknya halus dan rapat jadi minim noise, rajanya silent dan agak gampang dicari indo ya yokohama advan db. tapi konon sidewall agak lemah jadi gampang ketojos = kayanya umum ya untuk ban comfort kaya gini

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Saya pernah pakai Yokohama db, memang hening dan empuk.aabx wrote:Yokohama db kalo gak salah dipakai untuk OEM Juke ya om? Boleh juga nih jadi opsi hehe, thx omkunaskun wrote:kalau ban comfort cari yang tapaknya halus dan rapat jadi minim noise, rajanya silent dan agak gampang dicari indo ya yokohama advan db. tapi konon sidewall agak lemah jadi gampang ketojos = kayanya umum ya untuk ban comfort kaya gini
Tapi begitu ganti Conti CC1, ternyata jadi lebih hening dan empuk, plus bonus lebih awet.
Di mobil lain (beda ukuran ban), dari CC1 ganti CC5, ternyata masih bisa lebih hening lagi

Kalau lari agak kenceng, yg kedengar cuma desir angin dan suara mesin...pakai kuping-o-meter pribadi yah...
Sayang CC5 ini ngga ada yg ukuran r17. Kalau CC1 masih ada, tapi ukurannya 215/55
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Thx masukannya, sepertinya yang masuk budget tipe CMC 5, tapiii..imsus2c wrote:Saya pernah pakai Yokohama db, memang hening dan empuk.aabx wrote:Yokohama db kalo gak salah dipakai untuk OEM Juke ya om? Boleh juga nih jadi opsi hehe, thx omkunaskun wrote:kalau ban comfort cari yang tapaknya halus dan rapat jadi minim noise, rajanya silent dan agak gampang dicari indo ya yokohama advan db. tapi konon sidewall agak lemah jadi gampang ketojos = kayanya umum ya untuk ban comfort kaya gini
Tapi begitu ganti Conti CC1, ternyata jadi lebih hening dan empuk, plus bonus lebih awet.
Di mobil lain (beda ukuran ban), dari CC1 ganti CC5, ternyata masih bisa lebih hening lagi
Kalau lari agak kenceng, yg kedengar cuma desir angin dan suara mesin...pakai kuping-o-meter pribadi yah...
Sayang CC5 ini ngga ada yg ukuran r17. Kalau CC1 masih ada, tapi ukurannya 215/55
Sebenernya masih agak ragu dengan merek ini karena ngeliat temen punya ford fiesta (oemny conti) kondisi bannya terlihat 'capek' setelah bbrp tahun
Kalau champiro HPY ada yang pernah pake? Di luar kok reviewnya bagus2 ya. Sebagian kecil complaint hanya karena ada defect

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Jadi sebenarnya untuk ganti Innova yang penggerak roda belakang, lebih aman diganti yang belakang yah dari pada depan?DOHC wrote:+1 setuju ama om kun
lebi gampang koreksi ban depan yg ilang traksi krn itu terhubung ama steering dan lebi gampang jg berasa kl mulai ilang traksi...
ktimbang ban blakang... kcuali driver nya emg biasa pembalap nge drift atau slalom...
Tetapi kalau depan gundul kan kurang bisa menyengkeram untuk belok. Tolong dijelaskan, sorry kurang ngerti tentang ban
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Saya sekarang juga pake CC5 buat di depan, di belakang masih ban bawaan pabrik Dueler H/P Sport. Imo, masih lebih silent si dueler. Trus, CC5 ini blom setahun dipake udah pada rompal.imsus2c wrote: Saya pernah pakai Yokohama db, memang hening dan empuk.
Tapi begitu ganti Conti CC1, ternyata jadi lebih hening dan empuk, plus bonus lebih awet.
Di mobil lain (beda ukuran ban), dari CC1 ganti CC5, ternyata masih bisa lebih hening lagi
Kalau lari agak kenceng, yg kedengar cuma desir angin dan suara mesin...pakai kuping-o-meter pribadi yah...
Sayang CC5 ini ngga ada yg ukuran r17. Kalau CC1 masih ada, tapi ukurannya 215/55

Makanya mau coba merk lain. Kebetulan minggu kemarin toko ban langganan kirim kabar kalo Michelle latitude sport3 sudah bisa dipesan, minggu depan ready stock. Mudah-mudahan bisa lebih baik dari CC5 dan dueler.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Ban Part 2
sblom nya mohon cmiiw dr master2 yg lebi ahli...Profith83 wrote:Jadi sebenarnya untuk ganti Innova yang penggerak roda belakang, lebih aman diganti yang belakang yah dari pada depan?DOHC wrote:+1 setuju ama om kun
lebi gampang koreksi ban depan yg ilang traksi krn itu terhubung ama steering dan lebi gampang jg berasa kl mulai ilang traksi...
ktimbang ban blakang... kcuali driver nya emg biasa pembalap nge drift atau slalom...
Tetapi kalau depan gundul kan kurang bisa menyengkeram untuk belok. Tolong dijelaskan, sorry kurang ngerti tentang ban
utk mobil apapun justru lebi gampang ngedeteksi gejala mulai nya ilang traksi d ban depan krn ban tersebut terhubung dgn setir, dan kta kan slalu pegang setir pas nyetir... jd pas geol2 dkit atau mendadak setir jd enteng atau rada2 ngebuang kan pasti nyadar.... jd kta bsa counter gerakan setir, atau mulai pelanin mobil.... tp kl ban blakang... nahh ini yg biasa ga berasa, tau2 mobil ud lgs ngebuang aj b0k0ng nya... jd mobil kayanya mau ngeslide blakang nya sperti lg ngedrift...
jd kl ane simpulkan sehh kl ban blakang yg botak, mobil cenderung mudah understeer, apalagi pas jalan basah...
kl ban depan jd oversteer...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Serba Serbi Ban Part 2
oh maksud om, Ban depan kita masih terasa, begitu sadar kita bisa pelanin mobil dan koreksi pelan pelan.DOHC wrote:sblom nya mohon cmiiw dr master2 yg lebi ahli...Profith83 wrote:Jadi sebenarnya untuk ganti Innova yang penggerak roda belakang, lebih aman diganti yang belakang yah dari pada depan?DOHC wrote:+1 setuju ama om kun
lebi gampang koreksi ban depan yg ilang traksi krn itu terhubung ama steering dan lebi gampang jg berasa kl mulai ilang traksi...
ktimbang ban blakang... kcuali driver nya emg biasa pembalap nge drift atau slalom...
Tetapi kalau depan gundul kan kurang bisa menyengkeram untuk belok. Tolong dijelaskan, sorry kurang ngerti tentang ban
utk mobil apapun justru lebi gampang ngedeteksi gejala mulai nya ilang traksi d ban depan krn ban tersebut terhubung dgn setir, dan kta kan slalu pegang setir pas nyetir... jd pas geol2 dkit atau mendadak setir jd enteng atau rada2 ngebuang kan pasti nyadar.... jd kta bsa counter gerakan setir, atau mulai pelanin mobil.... tp kl ban blakang... nahh ini yg biasa ga berasa, tau2 mobil ud lgs ngebuang aj b0k0ng nya... jd mobil kayanya mau ngeslide blakang nya sperti lg ngedrift...
jd kl ane simpulkan sehh kl ban blakang yg botak, mobil cenderung mudah understeer, apalagi pas jalan basah...
kl ban depan jd oversteer...
Kalau belakang gak sadar langsung hilang traksi karena tidak terconnect ke steer.
Thank You penjelasannya panjang lebar
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Serba Serbi Ban Part 2
Super sekali...DOHC wrote:sblom nya mohon cmiiw dr master2 yg lebi ahli...
utk mobil apapun justru lebi gampang ngedeteksi gejala mulai nya ilang traksi d ban depan krn ban tersebut terhubung dgn setir, dan kta kan slalu pegang setir pas nyetir... jd pas geol2 dkit atau mendadak setir jd enteng atau rada2 ngebuang kan pasti nyadar.... jd kta bsa counter gerakan setir, atau mulai pelanin mobil.... tp kl ban blakang... nahh ini yg biasa ga berasa, tau2 mobil ud lgs ngebuang aj b0k0ng nya... jd mobil kayanya mau ngeslide blakang nya sperti lg ngedrift...
jd kl ane simpulkan sehh kl ban blakang yg botak, mobil cenderung mudah understeer, apalagi pas jalan basah...
kl ban depan jd oversteer...

# nubie nyimak dari pojok yg gelap.....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Serba Serbi Ban Part 2
om d beberapa mobil honda kan camber belakang negatif.. klo pake ban yang petunjuk pemasangan inside-outside jadi ga bisa dirotasi kiri kanan dong ya.. klo ga dirotasi makan sebelah
apa sih efeknya pemasangan inside outside terbalik? sedangkan arah putaran rodanya tetep sama
apa sih efeknya pemasangan inside outside terbalik? sedangkan arah putaran rodanya tetep sama
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17
Re: Serba Serbi Ban Part 2
CMIIW sangat...DOHC wrote:
sblom nya mohon cmiiw dr master2 yg lebi ahli...
utk mobil apapun justru lebi gampang ngedeteksi gejala mulai nya ilang traksi d ban depan krn ban tersebut terhubung dgn setir, dan kta kan slalu pegang setir pas nyetir... jd pas geol2 dkit atau mendadak setir jd enteng atau rada2 ngebuang kan pasti nyadar.... jd kta bsa counter gerakan setir, atau mulai pelanin mobil.... tp kl ban blakang... nahh ini yg biasa ga berasa, tau2 mobil ud lgs ngebuang aj b0k0ng nya... jd mobil kayanya mau ngeslide blakang nya sperti lg ngedrift...
jd kl ane simpulkan sehh kl ban blakang yg botak, mobil cenderung mudah understeer, apalagi pas jalan basah...
kl ban depan jd oversteer...
Penjelasannya sudah tepat, Om, tapi istilahnya terbalik antara understeer dan oversteer. Kalo ban belakang botak, mobil cenderung oversteer. Sebaliknya kalo ban depan yang botak, mobil cenderung understeer.
Mohon suhu-suhu koreksi nubie yang lagi belajar...
