Kalau busi udh lama dipakai dan temannya ber-corona stain, yg ngga ada stain-nya justru ada kemungkinan sdh kurang bagus nilai tahanannya jadi aliran listriknya tidak mampu membuat corona stain. Gitu kira2 meneer, meski tentunya ada kemungkinan penyebab lainnya jugaHansen wrote:Ngomong2 corona stain nih, kemarin pas ane ganti busi si 1TR yg udah jalan di atas 20rb km dengan kondisi lumayan babak belur mengingat ini hanya busi std biasa. Nah pas dibuka tuh busi lama, hanya ada 1 busi yg ada corona stainnya (tepatnya di silinder no.3), sisanya ga ada corona stain meski kondisi udah sama2 mengenaskan, kira2 kenapa yah apa ada yg salah dengan silinder no.3 ane?
Serba Serbi Busi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Serba Serbi Busi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Serba Serbi Busi
I see...imsus2c wrote:Kalau busi udh lama dipakai dan temannya ber-corona stain, yg ngga ada stain-nya justru ada kemungkinan sdh kurang bagus nilai tahanannya jadi aliran listriknya tidak mampu membuat corona stain. Gitu kira2 meneer, meski tentunya ada kemungkinan penyebab lainnya jugaHansen wrote:Ngomong2 corona stain nih, kemarin pas ane ganti busi si 1TR yg udah jalan di atas 20rb km dengan kondisi lumayan babak belur mengingat ini hanya busi std biasa. Nah pas dibuka tuh busi lama, hanya ada 1 busi yg ada corona stainnya (tepatnya di silinder no.3), sisanya ga ada corona stain meski kondisi udah sama2 mengenaskan, kira2 kenapa yah apa ada yg salah dengan silinder no.3 ane?


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58
Re: Serba Serbi Busi
Buat dai ayla om, makasih omimsus2c wrote:Busi untuk apa ya?herp wrote:Om mau tanya, apa busi denso yg pas buat gantiin busi ngk, tipenya NGK LKR6C, makasih om.
Kalau dari katalog cross refernce nya Denso, yg heat range-nya 6, kode depannya LFR
http://www.globaldenso.com/en/products/ ... 37_11.html

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Tue Aug 18, 2015 3:06
Re: Serba Serbi Busi
Mau tanya dong, busi yang bagus untuk gantiin busi mobilio cvt apa ya? ngeliat codenya dmn ya agar penggantiannya mengikuti spek bawaan... thanks for advice...
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..
Mitsubishi Kuda GL 2000
Mobilio CVT 2014

Mitsubishi Kuda GL 2000
Mobilio CVT 2014
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58
Re: Serba Serbi Busi
Liat di manual book aja coba om, semoga membantuArteezy wrote:Mau tanya dong, busi yang bagus untuk gantiin busi mobilio cvt apa ya? ngeliat codenya dmn ya agar penggantiannya mengikuti spek bawaan... thanks for advice...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Serba Serbi Busi
Honda biasanya pakai/oem NGKArteezy wrote:Mau tanya dong, busi yang bagus untuk gantiin busi mobilio cvt apa ya? ngeliat codenya dmn ya agar penggantiannya mengikuti spek bawaan... thanks for advice...
http://www.ngkbusi.com/index.php/pfsp/4w
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4631
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Serba Serbi Busi
Sudah berapa KM mau diganti busi ?Arteezy wrote:Mau tanya dong, busi yang bagus untuk gantiin busi mobilio cvt apa ya? ngeliat codenya dmn ya agar penggantiannya mengikuti spek bawaan... thanks for advice...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
busi iridium di enjin L15 emg kayanya kurang awet om.... ge8 ane aj tiap 40-50 rebu pasti musti ganti tuh busi...Profith83 wrote:Sudah berapa KM mau diganti busi ?Arteezy wrote:Mau tanya dong, busi yang bagus untuk gantiin busi mobilio cvt apa ya? ngeliat codenya dmn ya agar penggantiannya mengikuti spek bawaan... thanks for advice...
bahkan HR enjin nya batu makam aj masi lebi friendly ama busi iridium... bsa d hajar ampe 70an rebu
2 2 nya sama2 peminum setia premium thok...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Tanya busi irridium
maaf baru iseng baca baca post ada yang belum kejawab
)dan anehnya terakhir saya pakai before dan after ganti busi standar lagi hampir gak ada beda.... *mungkin* ada sedikit peak power tambahan..tapi *mungkin* kesamarkan sama shift point CVTnya
dulu sebelum brebet sih memang ownernya minta settingan paling "kenceng" ke si bengkelnya...semenjak brebet itu dibalikin ke "normal"...entahlah apakah memang ada mapping presets seperti itu atau placebo nya si bengkel...tapi memang di mode "normal" tersebut...brebetnya gak begitu ketara..
oh iya om om...sekalian tanya juga... Apanjah untuk next oil change nya bakal dibarengi ganti busi...ada rekomendasi yang bagus dan (syukur syukur) murah? Apakah worth untuk invest di busi iridium? Penggunaan untuk skg sekitar 500 km sebulan (max)...60% hwy cruising..thanks in advance



umm...entah untuk tipe nya apa oom...mereknya kalo gak salah bosch (?) (mobilnya sudah ditendangimsus2c wrote:Apa ada kemungkinan salah tipe/heat range?imingwahyudi wrote:Saya malah kepikiran busi hi performance non iridium (twin tips, octa tips, u name it) daripada iridium![]()
kejadian kerabat saya, miara GD3 VTEC 2007, isi iridium, koil standar, eeh kenapa berebet berebet. Balikin lagi ke busi biasa, normal lagi![]()
Diagnosa sementara mekanik bengkel, jangan pake iridium di mobil dengan umur lumayan tua, koilnya terkadang ga kuat ngangkat
Saya pakai iridium di santi tua, thn 2001 odo 230.000++km ngga masalah kok. Koil standard, dan sdh berumur juga...
Malah socket kabelnya sdh pada getas dan akhirnya cuma di solder ulang+sealant


L15 GE8 aslinya iridium??DOHC wrote:
utk mesin yg sama, L15 d GE8 malah make iridium lohh bawaan nya... jadi musti nya sehh bsa2 aj... mungkin blom d setting ulang oleh bengkel nya...
mengenai mobil tua... itu pemakai lipina yg uda taonan pd pake busi iridium bawaan gapapa... lebi ke faktor settingan sehh kayanya om...



dulu sebelum brebet sih memang ownernya minta settingan paling "kenceng" ke si bengkelnya...semenjak brebet itu dibalikin ke "normal"...entahlah apakah memang ada mapping presets seperti itu atau placebo nya si bengkel...tapi memang di mode "normal" tersebut...brebetnya gak begitu ketara..
oh iya om om...sekalian tanya juga... Apanjah untuk next oil change nya bakal dibarengi ganti busi...ada rekomendasi yang bagus dan (syukur syukur) murah? Apakah worth untuk invest di busi iridium? Penggunaan untuk skg sekitar 500 km sebulan (max)...60% hwy cruising..thanks in advance

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Tanya busi irridium
Butt-o-meter saya rasakan juga ngga ada perbedaan antara busi iridium vs. busi biasa/cooper.imingwahyudi wrote:maaf baru iseng baca baca post ada yang belum kejawab![]()
![]()
umm...entah untuk tipe nya apa oom...mereknya kalo gak salah bosch (?) (mobilnya sudah ditendangimsus2c wrote:Apa ada kemungkinan salah tipe/heat range?imingwahyudi wrote:Saya malah kepikiran busi hi performance non iridium (twin tips, octa tips, u name it) daripada iridium![]()
kejadian kerabat saya, miara GD3 VTEC 2007, isi iridium, koil standar, eeh kenapa berebet berebet. Balikin lagi ke busi biasa, normal lagi![]()
Diagnosa sementara mekanik bengkel, jangan pake iridium di mobil dengan umur lumayan tua, koilnya terkadang ga kuat ngangkat
Saya pakai iridium di santi tua, thn 2001 odo 230.000++km ngga masalah kok. Koil standard, dan sdh berumur juga...
Malah socket kabelnya sdh pada getas dan akhirnya cuma di solder ulang+sealant)dan anehnya terakhir saya pakai before dan after ganti busi standar lagi hampir gak ada beda.... *mungkin* ada sedikit peak power tambahan..tapi *mungkin* kesamarkan sama shift point CVTnya
![]()
Enaknya kalau busi iridium, dia relatif low maintenance dan konsisten. Terutama gap-nya

Kerasa sekali manfaatnya buat mobil yg ritual bongkar-pasang busi-nya ribet
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Tanya busi irridium
I see omimsus2c wrote:Butt-o-meter saya rasakan juga ngga ada perbedaan antara busi iridium vs. busi biasa/cooper.imingwahyudi wrote:maaf baru iseng baca baca post ada yang belum kejawab![]()
![]()
umm...entah untuk tipe nya apa oom...mereknya kalo gak salah bosch (?) (mobilnya sudah ditendangimsus2c wrote:
Apa ada kemungkinan salah tipe/heat range?
Saya pakai iridium di santi tua, thn 2001 odo 230.000++km ngga masalah kok. Koil standard, dan sdh berumur juga...
Malah socket kabelnya sdh pada getas dan akhirnya cuma di solder ulang+sealant)dan anehnya terakhir saya pakai before dan after ganti busi standar lagi hampir gak ada beda.... *mungkin* ada sedikit peak power tambahan..tapi *mungkin* kesamarkan sama shift point CVTnya
![]()
Enaknya kalau busi iridium, dia relatif low maintenance dan konsisten. Terutama gap-nya
Kerasa sekali manfaatnya buat mobil yg ritual bongkar-pasang busi-nya ribet

jadi lebih sarankan iridium untuk prolonged usage ya om?
oh iya om sekalian tanya...memang bakal ada perbedaan yang terasa di FC antara busi standar pabrikan dengan single tip/twin tips sampe berapa biji tips?
beberapa review di forum komunitas kendaraan sepertinya sangat efektif dengan merubah busi standar ke tipe twin/more tips

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
ane pemakai twin tip lohh ming...
diracunin ama si han(siong)sen tuh...
diracunin ama si han(siong)sen tuh...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Serba Serbi Busi
ane juga pemakai twintip..DOHC wrote:ane pemakai twin tip lohh ming...
diracunin ama si han(siong)sen tuh...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Serba Serbi Busi
Hansen wrote:ane juga pemakai twintip..DOHC wrote:ane pemakai twin tip lohh ming...
diracunin ama si han(siong)sen tuh...
Menarik



-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Serba Serbi Busi
mendorongimingwahyudi wrote:Hansen wrote:ane juga pemakai twintip..DOHC wrote:ane pemakai twin tip lohh ming...
diracunin ama si han(siong)sen tuh...
Menarik![]()
![]()



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Serba Serbi Busi
meniupHansen wrote:mendorongimingwahyudi wrote:Hansen wrote: ane juga pemakai twintip..
Menarik![]()
![]()
![]()
![]()



-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
drpd niup2, kocok2, narik2...
mending cepet beralih ke twintip ming...
atau kl perlu quad tip kl ad...
mending cepet beralih ke twintip ming...
atau kl perlu quad tip kl ad...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Serba Serbi Busi
DOHC wrote:drpd niup2, kocok2, narik2...
mending cepet beralih ke twintip ming...
atau kl perlu quad tip kl ad...
biar meniup kocokan di livina nya makin narik ya om klep?

-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Feb 10, 2016 3:41
Re: [ask] Gap busi mobil?
antara 0.8 - 1mm kalau feeler gaugenya pake inc tinggal conversikan ajayab wrote:guys semua, mau nanya donk gap busi mobil rata rata berapa ya??
kebetulan pake Honda Jazz, kemaren abis beli busi + beli feeler gauge.![]()
Thanks yaks
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Sat Feb 07, 2015 11:35
Re: Serba Serbi Busi
Jadi intinya kalo mobil mulai brebet saat mau di gas pol akselerasinya... Itu kan ganti dulu busi nya ya. Kalo buat mercedes baiknya pakai apa ya? Sedan biasa. Not performance car.. Apakah yg gold / cooper / silver lebih baik drpd iron / iridium?? Dan beli nya dimana ya? Mau sekalian pasang pas tune up.. Kalo di beres pasti kan mereka adanya cuma busi standart
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11861
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
@Skymotor,
nggak usah repot/bingung milih, pake busi sesuai anjuran manual book. mau merk lain juga nggak dilarang, asalkan nilai panasnya sama.
nggak usah repot/bingung milih, pake busi sesuai anjuran manual book. mau merk lain juga nggak dilarang, asalkan nilai panasnya sama.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Tue Sep 22, 2015 3:39
Re: Serba Serbi Busi
Om,usia pakai busi twin tip brp ribu km ya? Br mau coba pasang nh bsk,skalian setvis rutin.. slama ini pake busi std aja soalnya.. hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Busi
Om", kalo ganti busi biasa ke iridium apa menguntungkan? ane ada rencana buat ganti busi ertiga ane ke iridium (tarikannya lemot) biar tarikannya lebih enak (busi bawaan NGK biasa yang so so). Mohon pencerahannya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11861
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: RE: Re: Serba Serbi Busi
saya pake ertiga, kondisi masih standar semua, akselerasi enak kok nggak lemot.erwinign wrote:Om", kalo ganti busi biasa ke iridium apa menguntungkan? ane ada rencana buat ganti busi ertiga ane ke iridium (tarikannya lemot) biar tarikannya lebih enak (busi bawaan NGK biasa yang so so). Mohon pencerahannya
daripada ganti2 busi mending isi bensin sesuai dgn permintaan mesin.