Kenapa Power Monoblock mode Protect
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Thu Aug 18, 2011 16:26
Kenapa Power Monoblock mode Protect
Met malam gan.
Ane pengen tanya2 n share pengalaman tentang power amplifier audio ane yang protect. Apa ya penyebabnya.
Speck audio yang ane pasang.
Hu : Pioner 175Dvd
Ampli : 4 ch Venom Diablo v0406
buat angkat : Speaker split Perless 150an watt dan Coaxial Venom Vx603x 100an watt.
Monoblock : Performa 2400D (tertulis 2400watt) buat angkat 2buah subwoofer LM 12DD @400an watt rms max 800 att
yang ane tantakan.
Kenapa pada saat ane geber volume sekitar 50% keatas sekitar 10 detik. Power Monoblock ane. langsung PROTECT. jd harus restart ulang deh.
Padahal ane dah pake kabel 4AWG. n setahu ane semua penyabungan dalam kondisi bagus.
Menurut perhitungan watt monobock n subwoofer kan harusnya kuat !!!?
Thank banyak
Apa karena power gak kuat. Padahal suhu power tidak panas.???
Apa karena power gak normal ???
Atau emang bener kalo dengan spek ini (yg setinger bilang) Aki mobil 40A gak kuat padahal sambil dihidupkan mesin honda Freed nya. (padshal tidak ada gejala lampu drop saat dentuman bass)
Apa solusinya agan Suhu suhu.
ane Newbie nih...
Atutnya ane beliin aki tetep saja githu.
Ane pengen tanya2 n share pengalaman tentang power amplifier audio ane yang protect. Apa ya penyebabnya.
Speck audio yang ane pasang.
Hu : Pioner 175Dvd
Ampli : 4 ch Venom Diablo v0406
buat angkat : Speaker split Perless 150an watt dan Coaxial Venom Vx603x 100an watt.
Monoblock : Performa 2400D (tertulis 2400watt) buat angkat 2buah subwoofer LM 12DD @400an watt rms max 800 att
yang ane tantakan.
Kenapa pada saat ane geber volume sekitar 50% keatas sekitar 10 detik. Power Monoblock ane. langsung PROTECT. jd harus restart ulang deh.
Padahal ane dah pake kabel 4AWG. n setahu ane semua penyabungan dalam kondisi bagus.
Menurut perhitungan watt monobock n subwoofer kan harusnya kuat !!!?
Thank banyak
Apa karena power gak kuat. Padahal suhu power tidak panas.???
Apa karena power gak normal ???
Atau emang bener kalo dengan spek ini (yg setinger bilang) Aki mobil 40A gak kuat padahal sambil dihidupkan mesin honda Freed nya. (padshal tidak ada gejala lampu drop saat dentuman bass)
Apa solusinya agan Suhu suhu.
ane Newbie nih...
Atutnya ane beliin aki tetep saja githu.
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kenapa Power Monoblock mode Protect
Power protect jika :
- Overheat
- Over Current
Om sambung sub nya gimana ?
Power di bridge dan sub di parallel ?
Jika iya maka impedansi akan bisa rendah sekali dan ga heran power protect
Set normal aja dan sub konek sendiri2 ke L dan R
IMHO :
Tulisan sekian ratus / ribu watt di power mobil mah jangan dipercaya lah om
Kalo mau ukur power riilnya bisa ukur sampe brp Ampere output si power before clipping / before output voltage nya drop, pake osiloskop
- Overheat
- Over Current
Om sambung sub nya gimana ?
Power di bridge dan sub di parallel ?
Jika iya maka impedansi akan bisa rendah sekali dan ga heran power protect
Set normal aja dan sub konek sendiri2 ke L dan R
IMHO :
Tulisan sekian ratus / ribu watt di power mobil mah jangan dipercaya lah om
Kalo mau ukur power riilnya bisa ukur sampe brp Ampere output si power before clipping / before output voltage nya drop, pake osiloskop
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Thu Aug 18, 2011 16:26
Re: Kenapa Power Monoblock mode Protect
iya sih om turbo. ni dah dicari cari seting pengkabelan sub.
sekarang yang paling lama protectnya di sub kiri kanan pake 2ohm. jd dual koilnya di bride. trus di power masuk kanan kiri.
power blum panas.
sebenernya volume 50% dah kenceng juga.
Tapi kalo buat lagu2 regae rasanya masih kurang di telinga ku... hehehe...
Kalo daya arus dari aki kurang. apa emang bisa protect ya... Karna ane juga agak curiga dengan kurang aki yg msh standart 35A. cuma masalahnya di freed kan posisi aki sempit. so lo mau gede in harus tambah diposisi lain... Lah ntar alternator.
sekarang yang paling lama protectnya di sub kiri kanan pake 2ohm. jd dual koilnya di bride. trus di power masuk kanan kiri.
power blum panas.
sebenernya volume 50% dah kenceng juga.
Tapi kalo buat lagu2 regae rasanya masih kurang di telinga ku... hehehe...
Kalo daya arus dari aki kurang. apa emang bisa protect ya... Karna ane juga agak curiga dengan kurang aki yg msh standart 35A. cuma masalahnya di freed kan posisi aki sempit. so lo mau gede in harus tambah diposisi lain... Lah ntar alternator.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Kenapa Power Monoblock mode Protect
Nubie coba bantu jawab. saat mesin hidup, daya dipasok oleh alternator jadi ini bukan masalah aki. kemungkinan besar penyebabnya ampli ga kuat handle beban 2 ohm (entah produk palsu atau asli tapi kurang bagus. biasanya ampli bagus cantumin power dlm w rms, bukan peak). karena dual coil, amannya bridge dilepas lalu masing-masing coil dipasok oleh 1 chanel output ampli. dgn kondisi begini resistansinya jd 4 ohm. kalo ampli si om cuma 2 channel, cobain di 1 sub dulu. kalo kuat, berarti om punya 2 opsi: pensiunin 1 sub ato beli ampli 4 channelkartikakarya wrote:iya sih om turbo. ni dah dicari cari seting pengkabelan sub.
sekarang yang paling lama protectnya di sub kiri kanan pake 2ohm. jd dual koilnya di bride. trus di power masuk kanan kiri.
power blum panas.
sebenernya volume 50% dah kenceng juga.
Tapi kalo buat lagu2 regae rasanya masih kurang di telinga ku... hehehe...
Kalo daya arus dari aki kurang. apa emang bisa protect ya... Karna ane juga agak curiga dengan kurang aki yg msh standart 35A. cuma masalahnya di freed kan posisi aki sempit. so lo mau gede in harus tambah diposisi lain... Lah ntar alternator.
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kenapa Power Monoblock mode Protect
Kalo saya boleh kasih masukkan (Per Liner)
1. Power jangan di bridge, konfigurasi normal aja, 2 sub drive L & R
Sub di parallel membuat impedansi turun
Dan sangat perlu kita ingat bahwa dalam bekerjanya sebuah speaker, impedansi itu sangat dinamis dan bukan di angka tetap, impendansi akan berlainan di frekuensi yg berbeda
Jadi kalo anda udah set patokan impedansi 2 ohm krn sub di parallel, nanti pada freq tertentu impendansi jatuh di bawah 1 ohm dan ini akan sangat memberatkan si power aamplifier, apalagi jika kapasitas arusnya kecil (data spec Watt pada brosur seringkali bohong dan sering tidak mencerminkan kemampuan current capacity si power Amp)
2. Box subwoofer arahkan ke belakang
Utk no. 2 :
Panjang gelombang freq rendah itu lebih panjang daripada kabin mobil
Contoh freq 50 Hz itu panjang gelombangnya sekitar 6,8 - 7 M
Maka itu kita akalinnya dgn sub hadap belakang agar jarak travel gelombang cukup panjang utk mencapai kuping kita
Jika Freq rendah kita dengar sgt dekat dgn sumbernya (sub), maka yg terasa hanyalah angin gerakan sub dan freq2 di atasnya, semntara freq rendah baru dapat kita dengar setelah berada cukup jauh dari Sub
3. Apakah disain box sub anda sudah tepat ?
4. Bagaimana dengan tingkat efisiensi Sub anda ?
Utk no. 4 :
Efisiensi dgn satuan dB/W/m
Semakin tinggi efisiensi sebuah speaker maka semakin mudah di drive / gak butuh power yg besar2
Efisiensi sebuah speaker konus juga sgt dipengaruhi sekali oleh disain box-nya
4. DC resistance voice coil si subwoofer
Pilih speaker yg DC resistance nya kecil, agar si speaker mudah di drive oleh Power amp
5. Utk menghasilkan bass yg gesit, jangan gunakan sub yg kelewat besar, semakin besar diameter subwoofer umumnya transient makin lambat dan sebaliknya (apalagi jika disain speaker driver-nya kurang oke)
Ukuran yang pas sebetulnya sekitar 10"
IMHO
1. Power jangan di bridge, konfigurasi normal aja, 2 sub drive L & R
Sub di parallel membuat impedansi turun
Dan sangat perlu kita ingat bahwa dalam bekerjanya sebuah speaker, impedansi itu sangat dinamis dan bukan di angka tetap, impendansi akan berlainan di frekuensi yg berbeda
Jadi kalo anda udah set patokan impedansi 2 ohm krn sub di parallel, nanti pada freq tertentu impendansi jatuh di bawah 1 ohm dan ini akan sangat memberatkan si power aamplifier, apalagi jika kapasitas arusnya kecil (data spec Watt pada brosur seringkali bohong dan sering tidak mencerminkan kemampuan current capacity si power Amp)
2. Box subwoofer arahkan ke belakang
Utk no. 2 :
Panjang gelombang freq rendah itu lebih panjang daripada kabin mobil
Contoh freq 50 Hz itu panjang gelombangnya sekitar 6,8 - 7 M
Maka itu kita akalinnya dgn sub hadap belakang agar jarak travel gelombang cukup panjang utk mencapai kuping kita
Jika Freq rendah kita dengar sgt dekat dgn sumbernya (sub), maka yg terasa hanyalah angin gerakan sub dan freq2 di atasnya, semntara freq rendah baru dapat kita dengar setelah berada cukup jauh dari Sub
3. Apakah disain box sub anda sudah tepat ?
4. Bagaimana dengan tingkat efisiensi Sub anda ?
Utk no. 4 :
Efisiensi dgn satuan dB/W/m
Semakin tinggi efisiensi sebuah speaker maka semakin mudah di drive / gak butuh power yg besar2
Efisiensi sebuah speaker konus juga sgt dipengaruhi sekali oleh disain box-nya
4. DC resistance voice coil si subwoofer
Pilih speaker yg DC resistance nya kecil, agar si speaker mudah di drive oleh Power amp
5. Utk menghasilkan bass yg gesit, jangan gunakan sub yg kelewat besar, semakin besar diameter subwoofer umumnya transient makin lambat dan sebaliknya (apalagi jika disain speaker driver-nya kurang oke)
Ukuran yang pas sebetulnya sekitar 10"
IMHO
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Thu Aug 18, 2011 16:26
Re: Kenapa Power Monoblock mode Protect
Sorry om om.sub ane posisi paralel bukan bridge(maaf). 4ohm paralel jadi 2ohm. trus di power ada 2 chanel. jadi ane kasih perchanel 1sub 2ohm. Power ane ditulisan 2400watt rms pada 1ohm. dn 1700watt rms pada 2ohm. dan 1000watt rms pada 1ohm.
box saat ini pake sealed sekitar 120an liter buat 2 sub.
Logikanya betul ya om turbo. kalo mesin nyala altnator hidup. padahal ni kasus di mesin hidup or mati sama. n gak ada gejala lampu ngedrop saat bass.
Apa pengaruh kabel ground ya om turbo. Saat ini kabel groun cuma ane sambung ke body. gak ane sambung langsung ke Aki.
Ato emang nih power PALSU.
Cirinya apa ya om.....
mengingat merk Performa kan terkenal n banyak yg pake SPL. so ane pilih.
box saat ini pake sealed sekitar 120an liter buat 2 sub.
Logikanya betul ya om turbo. kalo mesin nyala altnator hidup. padahal ni kasus di mesin hidup or mati sama. n gak ada gejala lampu ngedrop saat bass.
Apa pengaruh kabel ground ya om turbo. Saat ini kabel groun cuma ane sambung ke body. gak ane sambung langsung ke Aki.
Ato emang nih power PALSU.
Cirinya apa ya om.....
mengingat merk Performa kan terkenal n banyak yg pake SPL. so ane pilih.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Thu Aug 18, 2011 16:26
Re: Kenapa Power Monoblock mode Protect
Sementara blum ada pencerahan. masih bertahan dengan volume 25 dari 40di HU Piooner. Emang sih. Kanjeng Mami dah marah2 pake vol 25 pas ane dengerin lagu Anak Pantai nya Imanez sambil nyuci mobil. tapi tetep belum PUAS...!!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Thu Aug 18, 2011 16:26
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Kenapa Power Monoblock mode Protect
kalo protec ya gak kuat ganti aja...power cina tulisan aja watnya gede..
seingat saya kawan dekat ganti power yang lebih bagus buat angkat 4 sub 12 inci krn yg sebelumnya protec...tulisan watnya gak bombastis...
seingat saya kawan dekat ganti power yang lebih bagus buat angkat 4 sub 12 inci krn yg sebelumnya protec...tulisan watnya gak bombastis...
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kenapa Power Monoblock mode Protect
Kalo gitu coba, si power konek ke salah 1 sub aja, satu sub nya matikan dulu aja.kartikakarya wrote:Sorry om om.sub ane posisi paralel bukan bridge(maaf). 4ohm paralel jadi 2ohm. trus di power ada 2 chanel. jadi ane kasih perchanel 1sub 2ohm. Power ane ditulisan 2400watt rms pada 1ohm. dn 1700watt rms pada 2ohm. dan 1000watt rms pada 1ohm.
box saat ini pake sealed sekitar 120an liter buat 2 sub.
Logikanya betul ya om turbo. kalo mesin nyala altnator hidup. padahal ni kasus di mesin hidup or mati sama. n gak ada gejala lampu ngedrop saat bass.
Apa pengaruh kabel ground ya om turbo. Saat ini kabel groun cuma ane sambung ke body. gak ane sambung langsung ke Aki.
Ato emang nih power PALSU.
Cirinya apa ya om.....
mengingat merk Performa kan terkenal n banyak yg pake SPL. so ane pilih.
mengenai overcurrent trus protect itu itu gak ada hubungan dgn aki / alternator dan segala jaringan listrik 12 V di luar power,
overcurrent murni jika impedansi speaker turun sampe rendah sekali sehingga power harus ngejar dgn mensupply arus yg sgt besar......kan rumus elektronik bahwa impendansi berbanding terbalik dgn arus
Sistem proteksi power akan shutdown power jika dia mendeteksi arus yg dipompa udah sampai batas kemampuan current capacity si power tsb.
maka itu buatlah set up dimana impedansi speaker engga rendah2 amat krn impedansi speaker itu bersifat dinamis, dia enggak konstant 4 ohm di seluruh frequency
Tulisan watt gede2 itu sih jangan dipercaya, kalo mau ukur kemampuan suatu power ukurlah kemampuan arus max yg keluar sejauh output voltage stabil / nggak drop (dgn catatan sumber daya listriknya mumpuni)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Thu Aug 18, 2011 16:26
Re: Kenapa Power Monoblock mode Protect
Ok deh.
Nice Info.
Buat tambah pengalaman.
Kayaknya dari pada nambah aki. Lebih cenderung ke ganti power.
Nabung dulu ah.... Thanks
Nice Info.
Buat tambah pengalaman.
Kayaknya dari pada nambah aki. Lebih cenderung ke ganti power.
Nabung dulu ah.... Thanks
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Thu Aug 18, 2011 16:26
Re: Kenapa Power Monoblock mode Protect
Berhubung ane penasaran....
Akhirnya siang tadi ane dateng ke installer audio nya gan. Alhasil.
Disana dicek kembali gan. N emang bener. Di jumper pake charger aki yang gedhe. Hasilnya.... Ajib.. TOP.
power audio digeber sampe volume HU 99% nggak protect. tapi suara subwoofer. emang pecah sich.(mungkin emang batasnya dah terlampaui)
Sementara diminimalkan kasus ane dgn menambah kabel ground aki.
Karena jd ada PR ganti aki or alternator.
Buat ane yang nubie ini. Jadi dilema... dilema.... buat dompet ane.
So... ane pingin info dari para suhu dengan pilihan ganti aki atau alternator.
Tapi biar gak kebablasan. Ane bikin tread baru aja ya om momod. Biar sapa tau bisa dijadikan reff para SMers.
tq
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 328
- Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18
Re: Kenapa Power Monoblock mode Protect
kayaknya audionya WOW banget nih... sharing2 dong, lebih asik lagi kalau dalam bentuk video, jadi bisa denger dikit suara audionya.. contoh sharingan audio di freed...kartikakarya wrote:
Berhubung ane penasaran....
Akhirnya siang tadi ane dateng ke installer audio nya gan. Alhasil.
Disana dicek kembali gan. N emang bener. Di jumper pake charger aki yang gedhe. Hasilnya.... Ajib.. TOP.
power audio digeber sampe volume HU 99% nggak protect. tapi suara subwoofer. emang pecah sich.(mungkin emang batasnya dah terlampaui)
Sementara diminimalkan kasus ane dgn menambah kabel ground aki.
Karena jd ada PR ganti aki or alternator.
Buat ane yang nubie ini. Jadi dilema... dilema.... buat dompet ane.
So... ane pingin info dari para suhu dengan pilihan ganti aki atau alternator.
Tapi biar gak kebablasan. Ane bikin tread baru aja ya om momod. Biar sapa tau bisa dijadikan reff para SMers.
tq