Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by adityawei »

Oke om2 sekalian, newbie ijin bikin review setelah selama ini cuma nanya2 di SF yg lain..
Yg direview kali ini adalah penghuni garasi ane selama 10 tahun lebih dan memiliki odo 190 ribu km++

Eksterior - Interior

Tampak depan

Image

Tampak samping

Image

Image

Mesin
Image

Interior

Image

Image

Image

Performa

Ya namanya juga panther, performa boyo seperti terkenalnya, gigi 1 ya 15 20 aja udah berisik, gigi 2 30an, gigi 3 60an, gigi 4 sampai 90 masih bisa,gigi 5 mentok2 110+ dikit..
Performa masih enak kaya pertama kali beli, mesin badak ga pernah rusak..
Selama 10 tahun lebih pakai cuma ganti radiator (pernah bocor karena lupa nutup), kampas kopling, kampas rem, filter2..

Kaki2 ga pernah rusak, cuma shock belakang pernah ganti 1x..

Ganti oli cuma kalau kilometernya udah minta ganti aja, oli2 standart dari beres semua.. 1x servis normal + tune up dulu abis sekitar 700an kalau ga salah..

Konsumsi bahan bakar 1:10-11 kurang lebih..

Mobil ini cukup badak, mengingat servis cuma setiap kali ganti oli doang.. Sering diajak bawa barang berat2 ke toko juga..


Handling

Oke kalau menurut ane handling dari panther ini cukup menyenangkan.. Driving impression cukip enak kalau buat ane, meskipun kalau jalan kosong diajak kenceng suspensi super mentul2 dan limbung, tetep enak dikendaliin dengan tangan 1..

Posisi duduk cukup nyaman tingginya, walaupun jok kurang supportive..
Ngomong2 jok,ini mobil termasuk enak karena sampai row ke 3 masih ada head restnya, dan adjustable..

Mungkin segitu aja sih.. Ga tau mau bahas apa lagi..
Kalau ada masukan mgkn bisa comment di bawah om..

Sori kurang rapi,ane posting pakai tapatalk.. [emoji3] [emoji3]

Sent from my LG-D802 using Tapatalk
Last edited by adityawei on Fri Jan 08, 2016 10:39, edited 1 time in total.
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by sintoni »

Nais ripiu om.

Ini mobil emang terkenal badak, seperti kisul.

Avanza atau ipah nya jaman dulu lah.

Pokoknya isi solar tinggal jalan. Perawatan seadanya aja juga oke.

:ngacir:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by adityawei »

Oiya ada yg lupa, interior rattle di bagian dashboard atas, penyakit normal sih..
Peredaman better lah daripada city car atai lcgc umumnya, waktu hujan ga seberisik mobil2 itu atapnya.. Kalau berisik dari kaca karena hujan ya sama aja sih..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by adityawei »

sintoni wrote:Nais ripiu om.

Ini mobil emang terkenal badak, seperti kisul.

Avanza atau ipah nya jaman dulu lah.

Pokoknya isi solar tinggal jalan. Perawatan seadanya aja juga oke.

:ngacir:
Thanks om.. :mky_01:
Mgkn kalau ada yg kurang bisa ditambahin om.. Hehehe..

Emang bandel banget ini.. Isi solar abal2 aja mesin ga pernah masalah, masih enak banget sampai sekarang..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by Xous »

Tmn ane baru aj lepas taun 01. 93. Plat L. Km sktr 150k.
GriffinMelet
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Thu Jun 11, 2015 5:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Venturer_Yaris Cross_Vario 125

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by GriffinMelet »

Nice ripiu om :big_exellent:
Ane dulu juga pernah melihara panther ( black panther LS turbo tahun 2001 ) ini mobil badak bener :big_smoking: meski perawatan ala kadarnya :upss: yang paling sering minta jajan biasanya lagher roda depan , soalnya untuk ukuran panther laghernya agak kekecilan :e-wall: yang lainya sih ane rasa cuma perawatan standar mobil diesel ( ganti filter2,bersihin nozzle injector , ganti oli, dll ) :big_peace:

Cmiiw
Share the driving pleasure :ngacir:

'10 HR15DE A/T
'21 2GD A/T
'24 XP120 Hybrid
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: RE: Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by adityawei »

Xous wrote:Tmn ane baru aj lepas taun 01. 93. Plat L. Km sktr 150k.
Kalo ini sih kayanya ga bakal dijual om sampai rusak bener..
Masih enak sih soalnya, kalo mau ganti ke si kembar aja masih nombok, mau ganti ke ipah jauh selisihnya..
Buat mobil operasional sehari2 doang, dan masih terhitung cukup nyaman dan ga pernah minta jajan..
GriffinMelet wrote:Nice ripiu om :big_exellent:
Ane dulu juga pernah melihara panther ( black panther LS turbo tahun 2001 ) ini mobil badak bener :big_smoking: meski perawatan ala kadarnya :upss: yang paling sering minta jajan biasanya lagher roda depan , soalnya untuk ukuran panther laghernya agak kekecilan :e-wall: yang lainya sih ane rasa cuma perawatan standar mobil diesel ( ganti filter2,bersihin nozzle injector , ganti oli, dll ) :big_peace:

Cmiiw
Iya om, cuma perawatan standar aja..
Kalo ane sendiri sih lagher depan belom pernah ganti om malahan.. Masih aman banget sampai sekarang.. Kaki belom pernah kena selain shock belakang karena sering angkat barang aja..

Sent from my LG-D802 using Tapatalk
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by DOHC »

pd sopan2 yahh odo panty nya... ane pake kurleb 10 taon lebi dkit, odo uda tembus 300an rebu, ga perna turun mesin... yg ad turun kaki2 doank skali... pas dijual, harga lumayan tinggi pula...

makanya pas mau beli mobil niaga, lgs milih panty lg... so far ud jalan 6 taon, odo... kayanya ud tembus 100an rebu lebih... lupa pasti nya... still running smooth... emang mantep ini 4JA-1...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: RE: Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by alamsandiwijaya »

DOHC wrote:pd sopan2 yahh odo panty nya... ane pake kurleb 10 taon lebi dkit, odo uda tembus 300an rebu, ga perna turun mesin... yg ad turun kaki2 doank skali... pas dijual, harga lumayan tinggi pula...

makanya pas mau beli mobil niaga, lgs milih panty lg... so far ud jalan 6 taon, odo... kayanya ud tembus 100an rebu lebih... lupa pasti nya... still running smooth... emang mantep ini 4JA-1...
Mobil super awet kayak ipah :mky_01:

Tapi panther naik harga,tanpa major kayak kijang yang sampai ANKI. Tapi ANKI seri G Diesel VNT M/T aja nembus 302.100.000 alias lebih mahal 8.600.000 drpada Grand Touring M/Tyang nembus 293.600.000. Tapi jauh lebih moderen terutama engine dan keamanan lebih ok drpada panther.

Tapi mesin 4JA-1 lebih kebal solar busuk dan oli merit drpada 2L sama 2KD dan 2GD

Tapi nih mobil.emang top dah buat "rodi"

Bukan sales "T"

Kapan nih panther mau major.



Sent from my D5322 using Tapatalk
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: RE: Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by adityawei »

DOHC wrote:pd sopan2 yahh odo panty nya... ane pake kurleb 10 taon lebi dkit, odo uda tembus 300an rebu, ga perna turun mesin... yg ad turun kaki2 doank skali... pas dijual, harga lumayan tinggi pula...

makanya pas mau beli mobil niaga, lgs milih panty lg... so far ud jalan 6 taon, odo... kayanya ud tembus 100an rebu lebih... lupa pasti nya... still running smooth... emang mantep ini 4JA-1...
Gile sampai 300 ribu.. Kaya mobil operasional kantor tmn gw pakai avanza baru 5 taun dah tembus 200k..
alamsandiwijaya wrote:
DOHC wrote:pd sopan2 yahh odo panty nya... ane pake kurleb 10 taon lebi dkit, odo uda tembus 300an rebu, ga perna turun mesin... yg ad turun kaki2 doank skali... pas dijual, harga lumayan tinggi pula...

makanya pas mau beli mobil niaga, lgs milih panty lg... so far ud jalan 6 taon, odo... kayanya ud tembus 100an rebu lebih... lupa pasti nya... still running smooth... emang mantep ini 4JA-1...
Mobil super awet kayak ipah :mky_01:

Tapi panther naik harga,tanpa major kayak kijang yang sampai ANKI. Tapi ANKI seri G Diesel VNT M/T aja nembus 302.100.000 alias lebih mahal 8.600.000 drpada Grand Touring M/Tyang nembus 293.600.000. Tapi jauh lebih moderen terutama engine dan keamanan lebih ok drpada panther.

Tapi mesin 4JA-1 lebih kebal solar busuk dan oli merit drpada 2L sama 2KD dan 2GD

Tapi nih mobil.emang top dah buat "rodi"

Bukan sales "T"

Kapan nih panther mau major.



Sent from my D5322 using Tapatalk
Iya om.. Bahkan air bag ga ada, seat belt tengah jg ga ada, tilt steer ga ada, audio single din, ga tau sih kalo yg grand touring.. Hahahaha..

Tapi kalo sama ipah yg sekarang selisih nya terlalu jauhh.. Di tempat ane grand touring belum tembus 300jt sih..
Kabarnya malah panther mau di suntik gak sih ? Diganti apa gitu lupa gw namanya apa..

Sent from my LG-D802 using Tapatalk
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by KodokPushUp »

Nice long term review om..
Ane masi pelihara 1 biji di rumah, tipe, tahun, dan warnanya persis punya om.
Terakhir liat odo juga mirip2 (terakhir merhatiin odo tahun 2008) :ngacir: :ngacir:
Oli entah berapa tahun sekali baru ganti, belinya juga oli yg paling murah.
Terakhir service entah kapan, yg sering jajan paling kaki2, entah per belakang patah berapa kali (buat bawa barang trus, kursi tinggal 2 biji)

Still running, performa ga beda jauh sama pas baru.
Sumber rattling dari doortrim, dashboard, kursi tengah (hilang pas kursi dicopot)
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: RE: Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by adityawei »

KodokPushUp wrote:Nice long term review om..
Ane masi pelihara 1 biji di rumah, tipe, tahun, dan warnanya persis punya om.
Terakhir liat odo juga mirip2 (terakhir merhatiin odo tahun 2008) :ngacir: :ngacir:
Oli entah berapa tahun sekali baru ganti, belinya juga oli yg paling murah.
Terakhir service entah kapan, yg sering jajan paling kaki2, entah per belakang patah berapa kali (buat bawa barang trus, kursi tinggal 2 biji)

Still running, performa ga beda jauh sama pas baru.
Sumber rattling dari doortrim, dashboard, kursi tengah (hilang pas kursi dicopot)
Kalo taun 2010 udah segitu berarti sekarang udah 300k++ mgkn ya om ? Hahaha..

Kalo ini sih setaun bisa 2x atau 3x palingan.. Oli mesin rutin tiap 5k diganti sekalian kontrol kaki2 di beres..
Servis di beres terus.. Hehehe...
Ini sih paling barang dijejel2in di sela2 jok, jok belakang ditekuk gitu2 doang sih.. Kaki untungnya ga pernah kena aneh2 om.. Per belakang pernah ditarik ulang 1x karena mendadak jadi ceper, curiganya gara2 sering dipake bawa barang sih, tapi belom pernah patah sih..

Kalo rattle dari pintu sih kebetulan belom om, cuma yg dashboard tengah deket ac itu sama bawah laci palingan..

Sent from my LG-D802 using Tapatalk
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1377
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by kenop »

Panther emang badaaaak haha..
Punya kakek ane, LS 2001 uda 450rb km on going..
Ganti oli klo inget, tune up klo inget, cuci mobil kl inget, ganti spareparts apapun kl inget ato kl uda rusak pake banget.. :wkkk:

Sampe skarang tiap hari dipake tuh, dan ga pernah mogok.. Cm skali aja abis nerjang banjir, check engine nyala.. Begitu kering ya normal lagi :mky_08:
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by dieselman228 »

Nais ripiu om :big_exellent:
Anyway 10 taon panty odo masih 190k sih dikit..mungkin masih bisa dikatakan garage queen biarpun dipake terus..

Jadi inget di bandung taon 2014 sering charter mobil panther buat ke jakarta meeting. Ngeliat odonya 400rban km dan taon 08..nnya ke supirnya "udah oernah overhaul total ga pak mesinnya?" Dengan enteng dia cuma jawab " ga pernah pak cuma ganti oli" rutin, filter" ganti rutin..panther mah bingung saya juga pak ga rusak"...sy cuma bilang "buset"..

:wkkk: :wkkk:
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by adityawei »

kenop wrote:Panther emang badaaaak haha..
Punya kakek ane, LS 2001 uda 450rb km on going..
Ganti oli klo inget, tune up klo inget, cuci mobil kl inget, ganti spareparts apapun kl inget ato kl uda rusak pake banget.. :wkkk:

Sampe skarang tiap hari dipake tuh, dan ga pernah mogok.. Cm skali aja abis nerjang banjir, check engine nyala.. Begitu kering ya normal lagi :mky_08:
well, this is a truck anyway.. :mky_03:
punya ane sih mogok cuma pas aki abis.. udah 3 kali sampe bener2 mogok gara2 aki.. :mky_05:
dieselman228 wrote:Nais ripiu om :big_exellent:
Anyway 10 taon panty odo masih 190k sih dikit..mungkin masih bisa dikatakan garage queen biarpun dipake terus..

Jadi inget di bandung taon 2014 sering charter mobil panther buat ke jakarta meeting. Ngeliat odonya 400rban km dan taon 08..nnya ke supirnya "udah oernah overhaul total ga pak mesinnya?" Dengan enteng dia cuma jawab " ga pernah pak cuma ganti oli" rutin, filter" ganti rutin..panther mah bingung saya juga pak ga rusak"...sy cuma bilang "buset"..

:wkkk: :wkkk:
iya om, jaman dulu sering pake luar kota emang, cuma sejak 2008an karena ganti pekerjaan, ni mobil jadi passenger car di rumah, walaupun mgkn panther lebih identik dengan "truk" atau mobil niaga.. 6 taun 400 ribu odo bener2 disiksa itu mah..
panther kalo rusak mesinnya malah pada bingung om.. mgkn ini penyebab panther kurang laku, gara2 ownernya pada ga tau caranya ngerusakin ini mobil, jadi ya kaga ganti2, panther kapsul gen 1 s/d skr aja beda2 tipis doang.. :mky_03:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
fariezal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by fariezal »

beli panther bukan beli model nya, tpi beli mesinnya, body nya kalah dulu ama karat.....xiixix

penyakit nya panther biasanya rpm mati, spedo n ODO Meter mati, minim fitur itu yang bikin awet, gag gampang rusak2,,,,

yang salah biasanya itu ngisi oli trans pake sae 90, seharus nya pake sae 40 atau sama pake oli mesin.....
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by adityawei »

fariezal wrote:beli panther bukan beli model nya, tpi beli mesinnya, body nya kalah dulu ama karat.....xiixix

penyakit nya panther biasanya rpm mati, spedo n ODO Meter mati, minim fitur itu yang bikin awet, gag gampang rusak2,,,,

yang salah biasanya itu ngisi oli trans pake sae 90, seharus nya pake sae 40 atau sama pake oli mesin.....
untung rpm, ODO, speedo masih waras semua..
AC servis 2 taun sekali ( kalo inget / berasa mulai ga dingin ), abis di servis balik ke awal lagi dimana ini AC dinginnya gak manusiawi..
blower dibikin kecil, fan speed 1 aja AC didepan harus ditutup yg di sebelah setir, kalo ga abis tuh tangan linu kena AC..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1377
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by kenop »

adityawei wrote:
well, this is a truck anyway.. :mky_03:
punya ane sih mogok cuma pas aki abis.. udah 3 kali sampe bener2 mogok gara2 aki.. :mky_05:
hahahaha bunyi mesin nya emang lebih mirip truk sih dari pada mobil penumpang :wkkk:

tapi ni panther harga 2nd nya masih lumayan nahan sih,, paling kalah nya sama kijang lgx yg 2nd nya bisa ngalahin harga innova bensin :big_slap:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by ak4ng »

bukannya bisa start ga pake aki yah? start dorong tapi :mky_02: :mky_02: :mky_02:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by adityawei »

kenop wrote:
hahahaha bunyi mesin nya emang lebih mirip truk sih dari pada mobil penumpang :wkkk:

tapi ni panther harga 2nd nya masih lumayan nahan sih,, paling kalah nya sama kijang lgx yg 2nd nya bisa ngalahin harga innova bensin :big_slap:
iya om.. untung dari dalem ga seberisik di luar.. peredamnya cukup oke lah.. :mky_08:
kalo yg dari luar mah ga tau gimana suaranya :wkkk:

seken 110an di kota ane om, tahun 2003an gini.. lumayan lah.. apalagi sekarang solar tambah murah lagi, pasti harga sekennya bakal nahan banget..
ak4ng wrote:bukannya bisa start ga pake aki yah? start dorong tapi :mky_02: :mky_02: :mky_02:
harus start dorong om.. masalahnya berapa kali mogok di parkiran mall, parkiran kantor, mana ada yg mau dorong, tempat sempit gitu.. :mky_05:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by Andrian »

phanteeerrr... :mky_02:

mobil diesel pertama yang ane bawa. Ane pake touring yg ac nya masih single blower (mobil kantor). Mesin badak, perawatan cuma ganti olie dg filter olie doang. yang sering jajan cuma di bearing sama karet bushing doang. Soalnya sebulan sekali ane pake buat ambil material proyek (kursi belakang dicopot. muatan full). Perjalanan PP Lampung - Jakarta. :mky_03:

Mesin getar? yup. sensasi getar sampe ke bokong. itung2 buat indikator kalo mesin udah nyala. :big_biglaugh:

Btw, top speed yang pernah ane capai pake tu turing, 140 kpj.
Image
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by ween »

Ikutan sharing, oom....
Ane ada kucing tipe LV thn 2001 punya mertua ane (beliau pake/beli sejak 2004)......
Skrg ada d tangan ane u/ restorasi, ane hobi ngebengkel kecil2an gitulah :)
Sambil sekalian juga kucing ini ane pake sehari2.....(abisnya lebih irit drpd xeli ane & solarnya skrg makin murah)
:upss:
Kesan ane, Mobil ini sangat ajib2 awetnya kalo liat dr thn dan odometernya yg udah 195rb km......

Sampe saat ini, yg udah ane kerjain (diluar yg rutin2 seperti oli & filter2):
+ ganti kopling set, tepat pada waktunya, plat kopling lama sudah hampir kemakan paku kelingnya
+ ganti tutup radiator yg udah grebes2 karetnya & udah gak mau nyedot aer dr reservoar
+ ganti kumparan tachometer, kumparannya macet, membuat jarum tacho "nyangkut", gak bisa gerak, sekalian ganti bohlam2 speedometer yg sudah item2 & putus
+ setel ulang engsel2 pintu yg udah mulai turun, mungkin krn getaran dlm jangka waktu lama
+ ganti kampas rem & kuras
+ ganti shock breaker depan
+ bersiin ac & ganti motor fan kondensor ac yg udah tewas
+ ganti lampu kiri blkg yg pecah dihajar motor yang tabrak :ngacir:

Yang masih on going:
- Sepertinya ball joint kiri udah oblak walaupun masih sedikit sekali oblaknya
- Kisi2 ac patah semua (4pcs) barangnya blm ready stock
- bunyi kreot2 dari suspensi depan kiri, blm ketawan dr part apa yg bunyi
- Masih gatel pengen kalibrasi pompa solar nih, walaupun smp skrg keliatannya masih oke2 aja.....

Oya, hebatnya lagi, parts panther ini relatif murah....dari begitu banyak perbaikan yg ane kerjain, abisnya gak banyak lho.....bahkan kalo dibandingkan dgn xeniavanza dgn item2 yg sama....sementara selama restorasi ini, satu2nya keluhan ane: banyak sekali baut2 yg keras bgt untuk dibuka, biasanya krn kotor, karat plus belasan tahun masih perawan dr pabrik.....kalo gak sabar2 & hati2 sangat beresiko "slek" atau patah bautnya

Foto menyusul, soalnya ol pake hp nih, ribet
Last edited by ween on Sat Jan 09, 2016 5:55, edited 5 times in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by DOHC »

mau bkin suara panther setara ama metromini ?? copotin smua selang filter udara beserta kepala rumah manifold (yg ada tulisan direct injection nya).... muanteppp... apalagi di blayer2... mungkin metromini aj kalah kenceng suaranya....

ahh jd kangen ama panther... pengen piara lg satu buat minibus harian...

btw kl peredam ga ad yg ngalahin royalnya panther dehh... ampe trim level paling rendah aj dikasi peredam aspal bawaan ckup banyak lohh... nyaris menutupi smua lantai dek... ipah type V aj cuman secuil2, itu pun jg cuman di dek bagian kaki doank...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by adityawei »

Andrian wrote:phanteeerrr... :mky_02:

mobil diesel pertama yang ane bawa. Ane pake touring yg ac nya masih single blower (mobil kantor). Mesin badak, perawatan cuma ganti olie dg filter olie doang. yang sering jajan cuma di bearing sama karet bushing doang. Soalnya sebulan sekali ane pake buat ambil material proyek (kursi belakang dicopot. muatan full). Perjalanan PP Lampung - Jakarta. :mky_03:

Mesin getar? yup. sensasi getar sampe ke bokong. itung2 buat indikator kalo mesin udah nyala. :big_biglaugh:

Btw, top speed yang pernah ane capai pake tu turing, 140 kpj.
punya ane masih belom bergetar parah om.. stationer sekitar 800an RPM ga terlalu keder2 kok.. :mky_03:
top speed ane 120an om, susah, naiknya lama, ga pake turbo :mky_05:
ween wrote:Ikutan sharing, oom....
Ane ada kucing tipe LV thn 2001 punya mertua ane (beliau pake/beli sejak 2004)......
Skrg ada d tangan ane u/ restorasi, ane hobi ngebengkel kecil2an gitulah :)
Sambil sekalian juga kucing ini ane pake sehari2.....(abisnya lebih irit drpd xeli ane & solarnya skrg makin murah)
:upss:
Kesan ane, Mobil ini sangat ajib2 awetnya kalo liat dr thn dan odometernya yg udah 195rb km......

Sampe saat ini, yg udah ane kerjain (diluar yg rutin2 seperti oli & filter2):
+ ganti kopling set, tepat pada waktunya, plat kopling lama sudah hampir kemakan paku kelingnya
+ ganti tutup radiator yg udah grebes2 karetnya & udah gak mau nyedot aer dr reservoar
+ ganti kumparan tachometer, kumparannya macet, membuat jarum tacho "nyangkut", gak bisa gerak, sekalian ganti bohlam2 speedometer yg sudah item2 & putus
+ setel ulang engsel2 pintu yg udah mulai turun, mungkin krn getaran dlm jangka waktu lama
+ ganti kampas rem & kuras
+ ganti shock breaker depan
+ bersiin ac & ganti motor fan ac yg udah tewas

Yang masih on going:
- Sepertinya ball joint kiri udah oblak walaupun masih sedikit sekali oblaknya
- Kisi2 ac patah semua (4pcs) barangnya blm ready stock
- bunyi kreot2 dari suspensi depan kiri, blm ketawan dr part apa yg bunyi
- Masih gatel pengen kalibrasi pompa solar nih, walaupun smp skrg keliatan masih oke2 aja.....

Oya, hebatnya lagi, parts panther ini relatif murah....dari begitu banyak perbaikan yg ane kerjain, abisnya gak banyak lho.....bahkan kalo dibandingkan dgn xeniavanza dgn item2 yg sama....sementara selama restorasi ini, satu2nya keluhan ane: banyak sekali baut2 yg keras bgt untuk dibuka, biasanya krn kotor, karat plus belasan tahun masih perawan dr pabrik.....kalo gak sabar2 hati2 sangat beresiko "slek" atau patah bautnya

Foto menyusul, soalnya ol pake hp nih, ribet
masukan nih om, kisi2 AC bisa dibenerin di bengkel AC biasa kok, gw benerin 3 biji yg patah, tengah sama yg kanan doang, bayar 50 ribu.. baru kapan hari gw servis AC gara2 ga tau kenapa kalo disetel 1 kaga mau nyala, diset 2 baru nyala, ternyata saringannya kotorrr banget, lucunya diset 2 dinginnya masih ga masuk akal sebenernya..
harga sparepart masih manusiawi banget, apalagi kalo ga beli di beres, lebih murah lagi.. :mky_03:
DOHC wrote:mau bkin suara panther setara ama metromini ?? copotin smua selang filter udara beserta kepala rumah manifold (yg ada tulisan direct injection nya).... muanteppp... apalagi di blayer2... mungkin metromini aj kalah kenceng suaranya....

ahh jd kangen ama panther... pengen piara lg satu buat minibus harian...

btw kl peredam ga ad yg ngalahin royalnya panther dehh... ampe trim level paling rendah aj dikasi peredam aspal bawaan ckup banyak lohh... nyaris menutupi smua lantai dek... ipah type V aj cuman secuil2, itu pun jg cuman di dek bagian kaki doank...
ah gini aja om, kenceng2 dimarahin tetangga ntar :mky_03: hampir tiap hari ane pulang malem soalnya :mky_01:
iya om, peredam bawah + kap cukup bagus.. ini ga nambah2 lagi sih, kalau nyalain audio udah ga kedengeran suara mesinnya kalo masih dibawah 2ribu RPM, diatas itu ya gitu deh..
suara ban hampir ga masuk sama sekali.. btw ane pakai BS Turanza bannya..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Long term Review - Isuzu Panther LS 2003 Non Turbo

Post by DOHC »

panty by default sebenernya suara mesin nya enak koq om.... garing2 renyah gt (opo toh ini)... apalagi kl baru abis ganti oli... suara idle nya enak.. mirip2 2KD malah....

kl ud mulai brisik, apalagi pas idle nya agak2 brisik berlebih, coba di stel klep nya lg aj...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: