aagus wrote:Salam kenal suhu suhu..
Maaf newbie nih.. Mau nanya-nanya mobkas buat bawa keluarga bujet 60-80..
Kriteria prioritas nya :
- maintenance nya gak rewel (gak gampang masuk bengkel)
- lumayan enak buat luar kota
Baru kepikiran :
- taruna FGZ
- kuda grandia
- apv X
Boleh di share dong.. Mengenai mobil tsb.. Atau kendaraan lain yg masuk bujet..

Saya baru mendalami yg Kuda. Khasnya Kuda Diesel. Beberapa hal yg perlu dipahami:
1. JANGAN pernah sekali pun tergiur jual murah Kuda..apalagi Kuda diesel. Misal harga pasaran Kuda Diesel Diamond 2002 80jt, dan ada penawaran mobil yg sejenis, tapi dibilang 70juta NEGO, nah waspada aja.
2. Biaya perbaikan. Salah seorang teman Komunitas mitsu kuda baru saja merestorasi Kuda Dieselnya. Beberapa hal yg kurang perlu diganti karena masih sehat, dia ganti. Mobil masuk detailing juga. Bisa dibilang, diremajakan.. Habisnya 20juta. Kalau dia ngga lebay, habisnya sekira 15juta or even less a bit. Itu diluar BBN ya.
Jadi kalau bujet mentok harga mati 80juta, cari Kuda yang harga maksimal 60-65 juta aja. Ini ada. Kuda generasi pertama, GLS, 1.6 bensin.
3. Pembagian kelas, Kuda gen pertama, 1999 - 2000, baru ada tipe GLX dan GLS. Baik itu bensin dan Diesel.
Untuk Diesel, 2500cc chassis panjang only. Dan bensin 1600cc mesin lancer jadul, chassis pendek only. Mid 2000, keluar varian tertinggi, yaitu Super Exceed bensin 1600cc dan diesel 2500cc
Kalau era 2001-2002 pertengahan, keluar gen kedua. Deluxe, Diamond dan Grandia. Urutan dari trim terendah ke tertinggi.
Terbagi atas dua jenis, bensin dan diesel. Di gen 2 ini, yang bensin dibagi lagi mesin 1600cc carb dan 2.000cc MPi.
Di gen 2 ini, terbagi 2 chassis. Panjang dan pendek. Chassis panjang hanya dicekoki mesin 2.000cc bensin MPi punya Galant lele dan 2500cc 4D56 punya L300 diesel.
Chassis pendek tetap hanya diisi mesin 1600cc karbu seperti di gen 1.
Oke, enough for model presentation... now step on number...
4. Perbaikan. Bicara mobil bekas, saya ngga akan berbusa busa di depan ngemeng kelebihan. Saya akan bicara paitnya dulu.
Jenis bensin dan diesel, khasnya gen1 karena sesuai bujet TS, sama sama memiliki bbrp penyakit khas, antara lain: Kopling njeblos, karburator dan suspensi.
Kopling njeblos ini karena Kuda menganut sistem hidrolis untuk kopling nya, dan terdiri atas dua master kopling, atas dan bawah. Atas, ada di dalam engine compartment, bawah ada di body girboks. Cirinya, kopling terasa jadi ringan, tapi gigi persneling ngga mau masuk, baik kondisi nyala maupun mati mesin. Gejala makin ketara saat mobil kejebak macet. Kalo pas macet, kopling lantas tiba tiba jadi ringan, segera sein kiri untuk menepi mumpung persneling masih bisa masuk gigi untuk jalan.
Obatnya hanya 1: Ganti daleman master kopling. Biasanya yang kena yg bawah dulu. Murah ini. Barangnya 70-100rb. Belum jasa. Yang penting sediain stok minyak rem selain beli parts ini.
Karburator dan suspensi, biasanya karena faktor usia. Jarum skep aus menyebabkan bensin boros, pembakaran terlalu rich. Suspensi juga gitu, kalau gen1 suspensinya memang keras banget. Tapi handling ciamik, nikung tajam speed 80, masih berani. Ganti suspensi dan perbaiki per daunnya.
5. Ini barang lumayan berumur. Jadi printilan di dalam interior sangat mungkin sudah pada protol dan aus. Paling banyak kena itu penutup dan pembuka kisi ac. Kemudian setir kemudi yang sudah berantakan gripnya.
Jadi kalau dapat unit yang dalemannya udah dibagusin, semisal kisi ac, setir, dasbor terawat, handle dalam pintu sudah diperbarui dan minta harga agak tinggi, berterima kasihlah, banyak dari komponen tersebut sudah agak sulit nyarinya. Ada sih toko yang stok khusus komponen2 Kuda. Tapi anda kan harus hunting juga... korban waktu, tenaga, bbm... Anda cukup bawa montir kepercayaan Anda untuk ngecek master kopling, cooling system, karbu dan kompresi mesin.
6. Satu kelemahan yang kurang terlihat, ngga begitu merugikan hanya agak nyebelin adalah: Lampu nya yang terasa redup...padahal bohlam nya sudah 100w bawaan. Ini salah satu ciri khas Mitsu lawas, derajat sebaran cahaya dan terangnya, terasa seperti lebih baik dari pakai motor laki, tapi masih kurang seterang apanjah sekalipun.
Sisi kelebihan?
Banyak.
Kalau ac sudah dibersihkan dan sehat, dipakai pada temperatur paling dingin saat malam, saya jamin anda masuk angin saking dinginnya..apalagi kalau udah double blower (super exceed).
Kalaupun suspensi terasa keras, ngga sekeras apanjah maupun apv, tapi ngga selimbung seperti mereka.
Tenaga, apabila tangki bersih, filter2 bersih semua, dikasi bensin pertamax/super maupun dex, saya jamin adrenalin anda berpacu sangat cepat. It's a Mitsubishi thing!
Tambahin peredam asphalt sheet di sekujur bodynya, di dalam ruang mesin dan samping ruang mesin sama daleman kap mesin, kasi windows film deoan clear 20-40%, samping maksimal 60% yg bermutu... Dan anda akan melupakan mobil baru.
Oia cek steering rack. Pastikan spooring dahulu dan minta cek steering rack.
Terakhir, kalau cat aslinya ngga parah rusaknya, silakan masuk detailing.