mumpung bahas E-Toll Pass, saya mau sharing hal yang berkaitan dengan ETP/ETC...
ada 3 ekor peliharaan di rumah, total ada 6 E-Toll Pass. Masing2 mobil ada 2 (1 buat primary usage, 1 buat back up usage,tapi kadang kalo saya sendiri cuma bawa 1, 1 tinggal di rumah). Sekarang saya selalu pake E-Toll Pass karena lebih praktis dan terhindar dari macet nunggu orang bayar manual..rute harian saya sendiri sekitar 10-15km itu melalui tol.
di mobil kakak2 saya juga ada E-Toll Pass walaupun rutenya sangat jarang melalui tol, tapi kalo lewat tol selalu diutamakan lewat gate otomatis..
emang kadang males sih ngisi nya harus ke ATM dulu, tapi gpp "usaha dikit" buat ngisi, daripada ntar kalo di tol lagi buru2, saldo E-Toll habis, dan antrian bayar manual panjang bener..kalo saya sendiri usahakan isi saldo pas udah mau mendekati 2 digit..
saya bayar manual kalo kepepet lagi butuh uang kecil aja..sisanya ETC trus..
notes: ETC = E-Toll Pass
Berdasarkan pengalaman saya
1. kelebihan pake E-Toll
a. praktis
b. jarang kejebak macet
c. menjaga arus kendaraan supaya gak kena macet
d. mengurangi polusi Karbon Dioksida dan Nitrogen Oksida berlebihan di gerbang tol
e. meningkatkan efisiensi berkendara
f. meningkatkan kapasitas (volume) kendaraan yang dapat dilayani oleh gerbang tol dalam 1 jam
2. kekurangan pake E-Toll
a. posisi gate suka gak strategis
b. kadang alatnya suka error atau lama ngebacanya
c. kalo mobil depan saldo habis atau gerbang ETC nya gak mau kebuka...ya wassalam mundur pelan2..
d. gak ada tombol emergency, ini sangat krusial kalo terjadi apa2..daripada harus teriakin petugas dan dijamin gak kedengeran + sibuk sendiri
e. ETC belom tersedia di semua jaringan tol Indonesia
3. saran untuk kedepannya
a. implementasikan penggunaan ETC jangan MONOPOLI dari satu bank, percuma kalo cuma 1 bank doang, banyak temen2 mau pake ETC tapi kendalanya kartunya hanya support dari bank itu aja..saya gak usah sebut banknya..ini namanya kampret
b. masih berhubungan dengan poin diatas (3A), kalo ada teknologinya, ETC lebih baik tidak pake saldo, tapi langsung terhubung ke akun bank yang bersangkutan, jadi uangnya langsung terpotong dari saldo yang ada di bank, ini mencegah kejadian poin 2C.
c. setiap pembelian mobil baru, sudah included OBU (on board unit) atau kartu ETC dengan saldo awal 50rb rupiah, dipake atau gak nanti itu urusan belakangan
d. lokasi ETC harus strategis, jangan diantara titik kemacetan, baca traffic flow di Indonesia ini memang agak ribet karena ulah dan karakter pengemudinya slengean dan gak sabaran..
e, POSISI OBU (Onboard Unit) dipindah dan jadi 1 dengan sistem mobil (tertanam). Posisi yang sekarang itu menjadi Hazard di dalam mobil karena mengurangi visibilitas keluar dan jika terjadi crash, alatnya ada resiko mencederai orang di dalam mobil. Maksud saya tertanam jadi satu dengan mobil, contohnya seperti ini
