Kenapa Japs lebih reliable?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
@imsus: km brp klo harus turun mesin or saat kejadian apa di haruskan turun mesin?bengkel turun mesin yg recomended dmn?
Mngkin hrs turun mesin br bs tau realible nggak nya mobil
XeLi saya wkt jual odo sdh 130rb sempet kepikiran mau turun mesin krn performanya dah turun jauh d banding barunya n gnt mounting krn getaran dah berasa tp akhirnya ya jual aja. Tau deh nasibnya yg beli gmn, dpt brg bosok apa nggak.
Servis ya di BeRes sesuai manual book, ganti SA 1x, timing belt, ban 2x, magnetic clutch krn ac gk dingin, servis ac 2x, ganti rem dpn blkg. Realible bingit gk itu?
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Mngkin hrs turun mesin br bs tau realible nggak nya mobil
XeLi saya wkt jual odo sdh 130rb sempet kepikiran mau turun mesin krn performanya dah turun jauh d banding barunya n gnt mounting krn getaran dah berasa tp akhirnya ya jual aja. Tau deh nasibnya yg beli gmn, dpt brg bosok apa nggak.
Servis ya di BeRes sesuai manual book, ganti SA 1x, timing belt, ban 2x, magnetic clutch krn ac gk dingin, servis ac 2x, ganti rem dpn blkg. Realible bingit gk itu?
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
sempat inget dulu pernah nonton Top Gear Bolivia special...
disitu Toyota Landcruiser yang dipake Hammond malah rontok duluan kaki-kakinya, sampe gardan blkg gk fungsi lagi, jadilah Hardtop FWD..
sedang Range Rover nya Clarkson malah tahan banting sampe nuruni gunung..
eh, tapi kesalahan Hammond juga sih ngebiarin mobilnya lepas hehe..
kalo Suzuki nya James no comment dah hehehe
disitu Toyota Landcruiser yang dipake Hammond malah rontok duluan kaki-kakinya, sampe gardan blkg gk fungsi lagi, jadilah Hardtop FWD..
sedang Range Rover nya Clarkson malah tahan banting sampe nuruni gunung..
eh, tapi kesalahan Hammond juga sih ngebiarin mobilnya lepas hehe..
kalo Suzuki nya James no comment dah hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Sah ni omimsus2c wrote:Wah...ditinggal sehari udh ramai...
Makasih atas sundulannya di trid ini, saking banyaknya jadi maaf ngga bisa reply 1-1
Jadi dari post2 di 3 halaman ini, rata-rata persepsinya Japs di sini lebih reliable karena simple, populasi banyak, banyak mekanik/bengkel familiar, parts melimpah dari yg ori sampai kw1001...dst...dst...




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
italian cars, burning with passion wkwkwkChZ wrote:Hahahaha italians.... Selalu suffer di masalah reliability.egibaio wrote:mobil yang reliabilitynya noticably worse itu italian kalau berdasarkan pengalaman keluarga ane. pernah punya fiat uno II pas ane bocah, nah itu baru mobil rewel kerjanya rem ngunci mulu transmisi jg pernah ada issue yang ane lupa apa. selebihnya sih mau origin drmn pun mirip mirip, yang membedakan ya seperti kata om om diatas ketersediaan sparepart di luar beres, dll.
Ferrari dan Lamborghini juga reliability nya poor dibanding Porsche atau Mclaren. Kasus kuda dan banteng panggang di seluruh dunia mah udah kayak kita dengerin gosip artis kawin cerei.... lagu lamaaaa....
Mobil bikinan China gimana ya? Nggak ada member SM yang punya pengalaman dengan mobil China?Saya liat kualitas interiornya mau ketawa, very poorly built dengan panel gap besar besar dan bahan interior yang lebih jelek dari plastic daur ulang. Pernah naik Chery QQ punya guru SMA saya... Beneran gak enak dan seisi interior rasanya kayak orkestra cempreng
![]()
Mungkin saking jeleknya sampe nggak ada yang mau bahas mobil China
Mobil china ane pernah numpang seekor geely MK taksi om. AC panas padahal mobil keluaran baru, ga nyaman, posisi duduk ga enak jg. Tapi taksi paling keras yg pernah ane naikin tetep sih proton wira, gila itu shock absorber kayaknya isi batu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 636
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
[
Berarti sbnrnya awet juga ya kaki2 CRV,heran padahal CRV saya baru 50k km tapi depan belakang gluduk2 ckckck..
Dari beli sampe sekarang blom pernah om.... Sekarang dipake supir malah aman sentosa, supir gw bawanya alus. Itu mobil padahal udah mengalami ganti velg 2x upsize 18inch dan 20inch, replikaan semua yang "konon" berisiko ngerusak kaki.[/quote]piggypig77 wrote: Bro sorry ya OOT,mau numpang nanya pernah ga CRV nya ada bunyi gluduk2 gitu?
Berarti sbnrnya awet juga ya kaki2 CRV,heran padahal CRV saya baru 50k km tapi depan belakang gluduk2 ckckck..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Kalau turun mesin (total overhaul) sih ngga tergantung odo yah... Kalau "skur klep"(lepas cylinder head dan bersih2) saya lakukan tiap 2x ganti timing belt. Jadi sekitar 80-100rb km sekali.ecoy wrote:@imsus: km brp klo harus turun mesin or saat kejadian apa di haruskan turun mesin?bengkel turun mesin yg recomended dmn?
Mngkin hrs turun mesin br bs tau realible nggak nya mobil
XeLi saya wkt jual odo sdh 130rb sempet kepikiran mau turun mesin krn performanya dah turun jauh d banding barunya n gnt mounting krn getaran dah berasa tp akhirnya ya jual aja. Tau deh nasibnya yg beli gmn, dpt brg bosok apa nggak.
Servis ya di BeRes sesuai manual book, ganti SA 1x, timing belt, ban 2x, magnetic clutch krn ac gk dingin, servis ac 2x, ganti rem dpn blkg. Realible bingit gk itu?
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Total overhaul lebih tergantung kondisi, dan dalam hal ini tiap orang (bahkan bengkel) bisa saja penilaiannya beda-beda. Ada yg sarankan segera turun mesin, ada yg yaahh...dipakai dulu sebentar bisa dsb...
Di kasus kendaraan saya, yg putusin turun mesin ya saya sendiri. Gejalaanya ya sedikit banyak yg udh saya tulis, mesin dah ngga enak, oli/coolant ada gejala nambah dsb... Padahal kalau dipakai yg "awam" ya mungkin ngga harus overhaul.
Untuk bengkel-nya, ya di tempat teman. Bengkel rumahan biasa, yg penting orangnya saya kenal, skill oke, peralatan memadai...
Saya orangnya rada cerewet dan phobia soalnya
Apalagi rata2 semua mobil saya pakai buat harian bahkan luar kota. Makanya odo-nya pada boros
Jadi mesti yakin semua mobil harus kondisi 100% siap akap kapanpun
Saking seringnya luar kota (Semarang-Solo-Surabaya pp), ngga pernah ada ritual khusus buat nyiapkan mobil jalan jauh.
Pagi-pagi, putar kontak dah langsung jalan 400km
Sampai pernah lupa bawa tool box dan ban cadangan
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
meneer imsus...
kl skur klep gt, sebnernya selaen di bersihin kerak di klep, trus di apain lg sehh...
sempet kepikiran mau skur klep ipah ane jg, cuman stelah buka intake manifold dan bersih2 pake cairan carbon spirit gt, ud rontok smua kerak nya...
kl skur klep gt, sebnernya selaen di bersihin kerak di klep, trus di apain lg sehh...
sempet kepikiran mau skur klep ipah ane jg, cuman stelah buka intake manifold dan bersih2 pake cairan carbon spirit gt, ud rontok smua kerak nya...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Eropa entah knp lebih sensitif...
Klo ada buka elektrikal lgsg ada sensor nyala...terpaksa reset..
Alpard buka elektrikal lebih bnyk kagak ada yg nyala...begitupun mobil jepang lain..
Tp seharusnya mobil eropa cocok dibandingkan dengan merk lexus n mewah lainnya..
Kebetulan kenalan punya LS 460 setau saya agak rewel jg dgn biaya perbaikan yg mengagumkan..n bulan kmrn br selesai diperbaiki...
Mknya tdk jadi beralih ke lexus..
Klo ada buka elektrikal lgsg ada sensor nyala...terpaksa reset..
Alpard buka elektrikal lebih bnyk kagak ada yg nyala...begitupun mobil jepang lain..
Tp seharusnya mobil eropa cocok dibandingkan dengan merk lexus n mewah lainnya..
Kebetulan kenalan punya LS 460 setau saya agak rewel jg dgn biaya perbaikan yg mengagumkan..n bulan kmrn br selesai diperbaiki...
Mknya tdk jadi beralih ke lexus..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Sat Dec 12, 2015 15:12
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
kalau menurut saya sih om karena produk eropa mencoba bermain canggih dan superior, akhirnya semua bermain sensor dengan parameter yang telah ditentukan jadilah barang alus, barang alus kalau kesenggol dikit ya lecet om, kayak bini ane, sudah itu perwatan mahal pula, kan biar tetep alus, masa iya syahrini murah kan barang alus, kalau jepang bermain canggih pula tetapi menurunkan standar supaya bisa bermain disegala medan seperti Nikita Mirzani, jadilah dia lebih murah dalam segala hal. Tapi kalau Jepang mengikuti pola eropa seperti lexus ya akhirnya sama saja omkompresorz wrote:Eropa entah knp lebih sensitif...
Klo ada buka elektrikal lgsg ada sensor nyala...terpaksa reset..
Alpard buka elektrikal lebih bnyk kagak ada yg nyala...begitupun mobil jepang lain..
Tp seharusnya mobil eropa cocok dibandingkan dengan merk lexus n mewah lainnya..
Kebetulan kenalan punya LS 460 setau saya agak rewel jg dgn biaya perbaikan yg mengagumkan..n bulan kmrn br selesai diperbaiki...
Mknya tdk jadi beralih ke lexus..
it came from my dumb opinion
tidak bertanggung jawab kalau ternyata salah
kok percaya sama orang idiot,
....

tidak bertanggung jawab kalau ternyata salah
kok percaya sama orang idiot,




-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
kreatif juga om perumpamaannyaleakbali wrote:
kalau menurut saya sih om karena produk eropa mencoba bermain canggih dan superior, akhirnya semua bermain sensor dengan parameter yang telah ditentukan jadilah barang alus, barang alus kalau kesenggol dikit ya lecet om, kayak bini ane, sudah itu perwatan mahal pula, kan biar tetep alus, masa iya syahrini murah kan barang alus, kalau jepang bermain canggih pula tetapi menurunkan standar supaya bisa bermain disegala medan seperti Nikita Mirzani, jadilah dia lebih murah dalam segala hal. Tapi kalau Jepang mengikuti pola eropa seperti lexus ya akhirnya sama saja om

Rocky R ADS CVT 2021
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
ninggalin jejak yaa meneer...
ane gak paham tentang reliability kendaraan tuh apaan parameternya.
yang seru tret kek gini kalo ada om FM dan Risol1. keluar semua list data2 reliability (terutama boyota)... hehehe
ane gak paham tentang reliability kendaraan tuh apaan parameternya.
yang seru tret kek gini kalo ada om FM dan Risol1. keluar semua list data2 reliability (terutama boyota)... hehehe
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sun Dec 14, 2014 9:06
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Balik lagi ngomongin definisi reliable.
Ada yang bilang reliabel = bisa dipake kapan aja dengan maintenance seadanya. Ada juga yang bilang reliabel = yang penting nggak sering mogok mendadak.
Dan sayangnya, berdasarkan yang ane sering liat di forum2 maupun everywhere else over the internet, kebanyakan sumbernya dari anecdotal evidence. [i.e. "I changed oil in my Civic every 10000-15000 miles, and it still drives like new!" or "This Pug is nothing but electrical gremlins!"]
Dan dari pengalaman sendiri maupun orang lain, ane cuma bisa setuju sama satu hal, semua barang bakalan reliabel kalo dipelihara dengan bener.
Balik lagi, 'pelihara dengan benar' itu beda2 tiap mobil. Bisa ganti oli seingetnya (typical Japs), ganti beberapa parts yang berhubungan dengan mesin, chassis dan electrical tiap beberapa ribu km tapi nggak sampe turun mesin (typical 'reliable' Europeans?), sampe constantly rebuilt (rotary). Mau sebandel apapun mobil kalo ngerawatnya nggak bener pasti rewel juga. Pengalaman? Bokap beberapa kali ganti mobil selama 20 tahun terakhir, due to lack of proper maintenance, cuma Carry sama Kijang yang bisa dibilang bener2 trouble free--sisanya ada aja yang kayak lemons, padahal Japs semua.
Ada yang bilang reliabel = bisa dipake kapan aja dengan maintenance seadanya. Ada juga yang bilang reliabel = yang penting nggak sering mogok mendadak.
Dan sayangnya, berdasarkan yang ane sering liat di forum2 maupun everywhere else over the internet, kebanyakan sumbernya dari anecdotal evidence. [i.e. "I changed oil in my Civic every 10000-15000 miles, and it still drives like new!" or "This Pug is nothing but electrical gremlins!"]
Dan dari pengalaman sendiri maupun orang lain, ane cuma bisa setuju sama satu hal, semua barang bakalan reliabel kalo dipelihara dengan bener.
Balik lagi, 'pelihara dengan benar' itu beda2 tiap mobil. Bisa ganti oli seingetnya (typical Japs), ganti beberapa parts yang berhubungan dengan mesin, chassis dan electrical tiap beberapa ribu km tapi nggak sampe turun mesin (typical 'reliable' Europeans?), sampe constantly rebuilt (rotary). Mau sebandel apapun mobil kalo ngerawatnya nggak bener pasti rewel juga. Pengalaman? Bokap beberapa kali ganti mobil selama 20 tahun terakhir, due to lack of proper maintenance, cuma Carry sama Kijang yang bisa dibilang bener2 trouble free--sisanya ada aja yang kayak lemons, padahal Japs semua.

-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Buka sensor jepangan dan non-jepang? Yg non-jepang nyala engine checknya?
Ntar dl. Dibahas lbh dlm lg. Jepangan dicabut sensor bukan berarti gak nyimpen error code loh,... Klo di scan kerekam jg itu error,... (tested on civic, os, pse). Klo non-jepun, emang langsung nyala. Cm bbrp saat akan ilang setelah ecunya komunikasi lg ama tu sensor (tp ttp rekaman "hilangnya" sensor akan ttp ada).
Ntar dl. Dibahas lbh dlm lg. Jepangan dicabut sensor bukan berarti gak nyimpen error code loh,... Klo di scan kerekam jg itu error,... (tested on civic, os, pse). Klo non-jepun, emang langsung nyala. Cm bbrp saat akan ilang setelah ecunya komunikasi lg ama tu sensor (tp ttp rekaman "hilangnya" sensor akan ttp ada).
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Master oprek ECU atas ane telah bersabda... All HAIL!!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Eh ada om ekpan,... Juragan kuda dakar 700whp,...
*sein kiri melipir di trotoar, buang konci*
*sein kiri melipir di trotoar, buang konci*

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Kalau di kerjaan saya, ada beberapa indikator yang bisa dipake untuk mengukur reliability secara kuantitatif:Spoonful wrote:Balik lagi ngomongin definisi reliable.
Ada yang bilang reliabel = bisa dipake kapan aja dengan maintenance seadanya. Ada juga yang bilang reliabel = yang penting nggak sering mogok mendadak.
Dan sayangnya, berdasarkan yang ane sering liat di forum2 maupun everywhere else over the internet, kebanyakan sumbernya dari anecdotal evidence. [i.e. "I changed oil in my Civic every 10000-15000 miles, and it still drives like new!" or "This Pug is nothing but electrical gremlins!"]
Dan dari pengalaman sendiri maupun orang lain, ane cuma bisa setuju sama satu hal, semua barang bakalan reliabel kalo dipelihara dengan bener.
Balik lagi, 'pelihara dengan benar' itu beda2 tiap mobil. Bisa ganti oli seingetnya (typical Japs), ganti beberapa parts yang berhubungan dengan mesin, chassis dan electrical tiap beberapa ribu km tapi nggak sampe turun mesin (typical 'reliable' Europeans?), sampe constantly rebuilt (rotary). Mau sebandel apapun mobil kalo ngerawatnya nggak bener pasti rewel juga. Pengalaman? Bokap beberapa kali ganti mobil selama 20 tahun terakhir, due to lack of proper maintenance, cuma Carry sama Kijang yang bisa dibilang bener2 trouble free--sisanya ada aja yang kayak lemons, padahal Japs semua.
- Plant availability factor - kapasitas aktual dibagi kapasitas rencana kerja
- Service factor - hari operasi dibagi hari kalender
- Utilization factor - kapasitas aktual dibagi kapasitas design
- Mean time to repair - waktu rata-rata untuk melaksanakan perbaikan
- Mean time between failure - waktu rata-rata di antara 2 kerusakan
- Unscheduled shutdown days - durasi stop operasi yang tidak direncanakan
Belum lagi kalau bicara failure mode suatu peralatan: peralatan listrik/sensor2 biasanya dalam waktu tertentu (sesuai lifetimenya) akan langsung koit ; peralatan yang berputar akan mengalami infant failure di awal pengoperasiannya (start awal motor misalnya) dan akan ada kecenderungan menurun performancenya dengan berjalannya waktu, dst
Memang banyak persepektif dan ukuran sih, makanya kalau ngomongin reliability tanpa ukuran kuantitatif ya bisa potensi bias (belum tentu salah ; belum tentu benar).
IMO, term and condition apply (halah, opo iki)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Sat Dec 12, 2015 15:12
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
wuih bapake sudah siap-siap mau nyusun tesis, variabel endogen sama eksogen sudah lengkap, mungkin tinggal ditambahi variable intervening people behaviour sama environment variabel seperti air humidity dan road type tinggal dibikin modelling nya, nah bisa dah bapake jadi Phd (DOKTOR), tinggal pilih mau jadi Dr. bapakne_satya atau bapakne_satya, Phd.bapakne_satya wrote:Kalau di kerjaan saya, ada beberapa indikator yang bisa dipake untuk mengukur reliability secara kuantitatif:Spoonful wrote:Balik lagi ngomongin definisi reliable.
Ada yang bilang reliabel = bisa dipake kapan aja dengan maintenance seadanya. Ada juga yang bilang reliabel = yang penting nggak sering mogok mendadak.
Dan sayangnya, berdasarkan yang ane sering liat di forum2 maupun everywhere else over the internet, kebanyakan sumbernya dari anecdotal evidence. [i.e. "I changed oil in my Civic every 10000-15000 miles, and it still drives like new!" or "This Pug is nothing but electrical gremlins!"]
Dan dari pengalaman sendiri maupun orang lain, ane cuma bisa setuju sama satu hal, semua barang bakalan reliabel kalo dipelihara dengan bener.
Balik lagi, 'pelihara dengan benar' itu beda2 tiap mobil. Bisa ganti oli seingetnya (typical Japs), ganti beberapa parts yang berhubungan dengan mesin, chassis dan electrical tiap beberapa ribu km tapi nggak sampe turun mesin (typical 'reliable' Europeans?), sampe constantly rebuilt (rotary). Mau sebandel apapun mobil kalo ngerawatnya nggak bener pasti rewel juga. Pengalaman? Bokap beberapa kali ganti mobil selama 20 tahun terakhir, due to lack of proper maintenance, cuma Carry sama Kijang yang bisa dibilang bener2 trouble free--sisanya ada aja yang kayak lemons, padahal Japs semua.
- Plant availability factor - kapasitas aktual dibagi kapasitas rencana kerja
- Service factor - hari operasi dibagi hari kalender
- Utilization factor - kapasitas aktual dibagi kapasitas design
- Mean time to repair - waktu rata-rata untuk melaksanakan perbaikan
- Mean time between failure - waktu rata-rata di antara 2 kerusakan
- Unscheduled shutdown days - durasi stop operasi yang tidak direncanakan
Belum lagi kalau bicara failure mode suatu peralatan: peralatan listrik/sensor2 biasanya dalam waktu tertentu (sesuai lifetimenya) akan langsung koit ; peralatan yang berputar akan mengalami infant failure di awal pengoperasiannya (start awal motor misalnya) dan akan ada kecenderungan menurun performancenya dengan berjalannya waktu, dst
Memang banyak persepektif dan ukuran sih, makanya kalau ngomongin reliability tanpa ukuran kuantitatif ya bisa potensi bias (belum tentu salah ; belum tentu benar).
IMO, term and condition apply (halah, opo iki)

it came from my dumb opinion
tidak bertanggung jawab kalau ternyata salah
kok percaya sama orang idiot,
....

tidak bertanggung jawab kalau ternyata salah
kok percaya sama orang idiot,




-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
wah ini pasti orang plant nih....bapakne_satya wrote:Kalau di kerjaan saya, ada beberapa indikator yang bisa dipake untuk mengukur reliability secara kuantitatif:Spoonful wrote:Balik lagi ngomongin definisi reliable.
Ada yang bilang reliabel = bisa dipake kapan aja dengan maintenance seadanya. Ada juga yang bilang reliabel = yang penting nggak sering mogok mendadak.
Dan sayangnya, berdasarkan yang ane sering liat di forum2 maupun everywhere else over the internet, kebanyakan sumbernya dari anecdotal evidence. [i.e. "I changed oil in my Civic every 10000-15000 miles, and it still drives like new!" or "This Pug is nothing but electrical gremlins!"]
Dan dari pengalaman sendiri maupun orang lain, ane cuma bisa setuju sama satu hal, semua barang bakalan reliabel kalo dipelihara dengan bener.
Balik lagi, 'pelihara dengan benar' itu beda2 tiap mobil. Bisa ganti oli seingetnya (typical Japs), ganti beberapa parts yang berhubungan dengan mesin, chassis dan electrical tiap beberapa ribu km tapi nggak sampe turun mesin (typical 'reliable' Europeans?), sampe constantly rebuilt (rotary). Mau sebandel apapun mobil kalo ngerawatnya nggak bener pasti rewel juga. Pengalaman? Bokap beberapa kali ganti mobil selama 20 tahun terakhir, due to lack of proper maintenance, cuma Carry sama Kijang yang bisa dibilang bener2 trouble free--sisanya ada aja yang kayak lemons, padahal Japs semua.
- Plant availability factor - kapasitas aktual dibagi kapasitas rencana kerja
- Service factor - hari operasi dibagi hari kalender
- Utilization factor - kapasitas aktual dibagi kapasitas design
- Mean time to repair - waktu rata-rata untuk melaksanakan perbaikan
- Mean time between failure - waktu rata-rata di antara 2 kerusakan
- Unscheduled shutdown days - durasi stop operasi yang tidak direncanakan
Belum lagi kalau bicara failure mode suatu peralatan: peralatan listrik/sensor2 biasanya dalam waktu tertentu (sesuai lifetimenya) akan langsung koit ; peralatan yang berputar akan mengalami infant failure di awal pengoperasiannya (start awal motor misalnya) dan akan ada kecenderungan menurun performancenya dengan berjalannya waktu, dst
Memang banyak persepektif dan ukuran sih, makanya kalau ngomongin reliability tanpa ukuran kuantitatif ya bisa potensi bias (belum tentu salah ; belum tentu benar).
IMO, term and condition apply (halah, opo iki)


Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 413
- Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
1. Karena sugesti. Kebawa merek n denger sana sini tanpa pernah mencoba trus ikut2an ngasih saran sok tau.
2. Karena perasaan. Sebagian besar merek jepang yg laris disini kan tipe mobil rakyat jelata yg kasar, sementara eropa punya biasanya barang "alus". Jd klo ada gangguan dikit yg bikin geter2 atau kasar, di mobil jepang ga gitu berasa, wong bawaan barunya aja udah kasar.
3. Karena harga spare part. Kadang org bilang rewel gegara harga part nya mahal, padahal ini yg diomongin harus nya reliability-nya. Salah kaprah. Part mahal dianggep ga reliable
2. Karena perasaan. Sebagian besar merek jepang yg laris disini kan tipe mobil rakyat jelata yg kasar, sementara eropa punya biasanya barang "alus". Jd klo ada gangguan dikit yg bikin geter2 atau kasar, di mobil jepang ga gitu berasa, wong bawaan barunya aja udah kasar.
3. Karena harga spare part. Kadang org bilang rewel gegara harga part nya mahal, padahal ini yg diomongin harus nya reliability-nya. Salah kaprah. Part mahal dianggep ga reliable
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Aspek cost jg ga sepenuhnya keliru jika dikorelasikan ke Reliability. Krn kita disini bicara Maintenance cost, lg2 mau lihat Dr aspek mana? Kalau dlm one single pckage mgkn pake istilah Om NR ya lihat ya cost of ownership yg satuannya disetarakan dgn nilai uang. Mau ringkih jg kalau cost of ownership lebih murah dan butt o meter acceptable, kenapa tidak? Rusak buang, ganti baru, beres toh? Tp semua terganggu macem2 variabel. Wis BTT saja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Klo yg punya merci n msh termasuk generasi baru cabut 1 soket elektrikal dibwh bangku (hanya ada 1)nanti yg nyala apa..walo kondisi mesin mati...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
tapi dimanapun...brand(s) yg local manufacturing ratusan ribu units pasti highly reliable di local market dibanding yg hanya local cbu / ckd sell out seribu tiga ribu lima ribu units di local market sama
memang ada yg bilang. . ."mobil sy sdh tdk sehat lg baru jln skian ribu pdhl dia bgn dr ratusan ribu units". . .tapi inikan hanya minority claim
tdk hanya japs tapi ini fakta pd umumnya brand apapun dr manapun
hanya kebetulan sj di indo under three jap's brands domination...
memang ada yg bilang. . ."mobil sy sdh tdk sehat lg baru jln skian ribu pdhl dia bgn dr ratusan ribu units". . .tapi inikan hanya minority claim
tdk hanya japs tapi ini fakta pd umumnya brand apapun dr manapun
hanya kebetulan sj di indo under three jap's brands domination...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sun Dec 14, 2014 9:06
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
I beg to differ.dany_pos wrote: (cut)
2. Karena perasaan. Sebagian besar merek jepang yg laris disini kan tipe mobil rakyat jelata yg kasar, sementara eropa punya biasanya barang "alus". Jd klo ada gangguan dikit yg bikin geter2 atau kasar, di mobil jepang ga gitu berasa, wong bawaan barunya aja udah kasar.
-cut-
Bener, kalo lihat di jalan emang kebanyakan Japs = econobox, Europeans = luxury (assuming 'barang alus' = luxury cars) Tapi bukan berarti semua mobil eropa mobil mewah. What's Peugeot and Fiat if not econobox?
Anda bilang 'halus', which is related to comfort and refinement. Nggak bisa ambil kesimpulan pasti, tapi kebanyakan mobil Eropa yang dibilang 'halus' (dibandingkan Japs) itu biasanya emang teknologinya ahead for its time, di atas average Japs. Contoh? Pug 505 dengan independent rear suspension. Citroen with whatever stuffs they shove under their cars

Coba bandingin sama Japs econobox at that time. Coronas? They're still rocking live axle back in the early eighties. Accords? They're FWD, but i'm not sure they're breaking any grounds in ride quality.
Kalo teknologi yang dipake sama persis, ane rasa comfortnya nggak beda jauh antara Japs sama Europeans--whether it's luxobarges or econoboxes. Paling beda di refinement, build quality sama desain keseluruhan.
Sekian observasi sotoy ane, IMHO, CMIIW
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Dec 09, 2015 2:06
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Seru jugaaa nih. Ane baca dari awal ampe abis, penuh pro kontra. Masternya keluar semuaa. Haha