Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by sandal »

Mengenai trit ini saya tidak masalah dengan mesin CC Kecil tenaga besar atau mesin besar tenaga biasa

Yang penting mesin tersebut bisa mengangkut FRD
















:upss: :ngacir:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by billyd1773dz »

sandal wrote:Mengenai trit ini saya tidak masalah dengan mesin CC Kecil tenaga besar atau mesin besar tenaga biasa

Yang penting mesin tersebut bisa mengangkut FRD
















:upss: :ngacir:
+1




:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by mylandy »

Trit bergizi nih, pengen ikutan nanya buat Mod dan Suhu... :mky_02:
Selain kualitas BBM yang bagus, apakah ada perlakuan khusus buat kendaraan yang pake turbo? Dulu pernah piara Mitsu Triton, ada turbo timer-nya yang bikin mesin gak langsung mati walaupun kunci dah dicabut. Apakah untuk mesin bensin + turbo juga sama, gak boleh langsung dimatiin? :thanks:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by amfibi »

mylandy wrote:Trit bergizi nih, pengen ikutan nanya buat Mod dan Suhu... :mky_02:
Selain kualitas BBM yang bagus, apakah ada perlakuan khusus buat kendaraan yang pake turbo? Dulu pernah piara Mitsu Triton, ada turbo timer-nya yang bikin mesin gak langsung mati walaupun kunci dah dicabut. Apakah untuk mesin bensin + turbo juga sama, gak boleh langsung dimatiin? :thanks:
Perasaan turbo timer biasanya cuma dipasang di turbodiesel vehicles ya wkwkwk di sekitar kelg ane mobil2 turbodiesel pada pake ini....

Jd pgn tau juga turbo gasoline pake turbo timer gituan ga ya kudunya :ungg:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by vipere »

fenrir wrote:
daftar wrote: soalnya takjub melihat mobil legendaris SM dengan mesin 2KD-nya yang mampu dinaikin sampe 500 HP (dari 100-an HP), potensi mesin sangat luar biasa. lalu muncul pertanyaan:

- Tau gitu Kenapa produsen gak bikin spek tenaga mesin stock-nya jadi lebih tinggi dari yang ada, bukannya bisa jadi selling point?
:big_grin:
Emisi? pernah liat D4D tuned di dyno? buset itu asepnyah
Bener juga ya kalo emisi. Di india aja sekarang penjualan mobil diesel udah dilarang. Gimana tuh ya nasib ipah fortuner diesel di sana.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by amfibi »

vipere wrote:
fenrir wrote:
daftar wrote: soalnya takjub melihat mobil legendaris SM dengan mesin 2KD-nya yang mampu dinaikin sampe 500 HP (dari 100-an HP), potensi mesin sangat luar biasa. lalu muncul pertanyaan:

- Tau gitu Kenapa produsen gak bikin spek tenaga mesin stock-nya jadi lebih tinggi dari yang ada, bukannya bisa jadi selling point?
:big_grin:
Emisi? pernah liat D4D tuned di dyno? buset itu asepnyah
Bener juga ya kalo emisi. Di india aja sekarang penjualan mobil diesel udah dilarang. Gimana tuh ya nasib ipah fortuner diesel di sana.
Serius dilarang om? Di India kan mobil favorit nomer 1 itu yg varian diselnya gara2 solar lebih murah bgt dari bensin ... :ungg:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by newrubble »

sebetulnya dunia sdh cukup adil ... sebut sj bgt ...

saat honda (dan datsun?) production art level n passion tunduk pada mass product accounting policy ... skrg ini jgn harap lower income ppl bisa beli volkswagen spt jaman classic air cooled engines dulu

sy ingat saat satu per satu supir alm.ayah sy pensiun (pangkat kopral satu sampai sersanmayor) antara 1986-88 mrk beli bekas 1957 maupun 1965 vw beetle maupun t-1

benda benda volkswagen jaman skrg yg pre owned bukan lg simple transporters berharga tdk lbh dr 20gram ganja atau lbh murah dr satu CKD moped baru ... yg masih bisa jalan meski almost no maintenance ...

volkswagen bekas mana bisa dibeli skrg oleh pensiunan tentara / pns pangkat rendah ... jgn bicara pensiunan polisi ya mrk biasa cari makan di jalanan
Last edited by newrubble on Fri Dec 18, 2015 7:41, edited 1 time in total.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by martinnn »

vipere wrote:
fenrir wrote:
daftar wrote: soalnya takjub melihat mobil legendaris SM dengan mesin 2KD-nya yang mampu dinaikin sampe 500 HP (dari 100-an HP), potensi mesin sangat luar biasa. lalu muncul pertanyaan:

- Tau gitu Kenapa produsen gak bikin spek tenaga mesin stock-nya jadi lebih tinggi dari yang ada, bukannya bisa jadi selling point?
:big_grin:
Emisi? pernah liat D4D tuned di dyno? buset itu asepnyah
Bener juga ya kalo emisi. Di india aja sekarang penjualan mobil diesel udah dilarang. Gimana tuh ya nasib ipah fortuner diesel di sana.
yang boneng om....disana kan ertiga sama mobilio diesel laku bgt
:big_biglaugh:
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by Rakean »

daftar wrote:sebenernya karena beberapa minggu belakangan muncul pertanyaan di kepala saja., :mky_01:

soalnya takjub melihat mobil legendaris SM dengan mesin 2KD-nya yang mampu dinaikin sampe 500 HP (dari 100-an HP), potensi mesin sangat luar biasa. lalu muncul pertanyaan:

- Tau gitu Kenapa produsen gak bikin spek tenaga mesin stock-nya jadi lebih tinggi dari yang ada, bukannya bisa jadi selling point?
- Atau dibalik kenapa gak bikin CC kecil aja terus di boost sampe tenaga setara dengan CC besar, bukannya bisa jadi selling point juga?
kayak ford ecoboost sama chevy trax gitu deh.,

Apa pertimbangan produsen?
- Durabilitas? bukannya mobil yg dimodip boost up (misal punya om tannis) juga kayaknya gak rusak kenapa2
- Cost production? lebih murah mana bikin CC kecil tenaga besar vs bikin CC besar tenaga ga maksimal
- Irit BBM?
- Karakter konsumen?
- dsb


Anda piih yang mana?
:big_grin:

its all about durability, pabrikan pasti sudah mempertimbangkan sedemikian rupa design mesin terhadap durability nya..

misal kayak yg di youtube innova di tune up vs cayman, kalo drag yang jaraknya gak sampe 1km sih mungkin si innova kuat2 ajah masih bisa unjuk gigi... coba kalo ikut 24 Hours of Le Mans, kira2 siapa yg nyerah duluan :mky_03:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by vipere »

amfibi wrote:
vipere wrote:
fenrir wrote:
Emisi? pernah liat D4D tuned di dyno? buset itu asepnyah
Bener juga ya kalo emisi. Di india aja sekarang penjualan mobil diesel udah dilarang. Gimana tuh ya nasib ipah fortuner diesel di sana.
Serius dilarang om? Di India kan mobil favorit nomer 1 itu yg varian diselnya gara2 solar lebih murah bgt dari bensin ... :ungg:
Baca di sini ,om : http://oto.detik.com/read/2015/12/17/18 ... iesel-baru
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by amfibi »

vipere wrote:
amfibi wrote:
vipere wrote:
Bener juga ya kalo emisi. Di india aja sekarang penjualan mobil diesel udah dilarang. Gimana tuh ya nasib ipah fortuner diesel di sana.
Serius dilarang om? Di India kan mobil favorit nomer 1 itu yg varian diselnya gara2 solar lebih murah bgt dari bensin ... :ungg:
Baca di sini ,om : http://oto.detik.com/read/2015/12/17/18 ... iesel-baru
Di new delhi doang om wkwkwk ... :mky_01:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by kompresorz »

amfibi wrote:
newrubble wrote:small engine high output (dg single/dual forced induction) itu (terpaksa) dibuat krn low-emission level requirement yg makin strict di negara negara dimana major automotive industry berasal dan punya prime market

selain itu krn harga metal based material yg makin mahal sehingga tiap unit jadi (apapun motor vehicle) gunakan metal based component (trmsk aluminum) bgt efficient ... apapun kalo bisa dibuat lightweight

hasilnya mmg mgkn sama dg bigger engines fair output tapi smaller engine itu punya lower emission level
Iya nih kerasa bgt nya di mercy2 baru yg mesin2 kecil turbo itu, dipanasin di dalem ruangan (showroom) dan bau nya ga ada sama sekali ... Kaget :big_exellent:

Dateng mercy 6 cyl jaman dulu, pas dipanasin bau asem kemana2... Biarpun suaranya enakan jauh yg lama mah wkwkwk
Klo saya masukin mobil mesin 6 cilinder kegarasi pembantu saya pasti cepat2 ke depan...sesak napas ktnya...

Tp emang apapun pasti semua ada pro kontra...

Ada yg msh merasa lebih suka mesin besar NA..

Klo saya senang mesin kecil turbo...galak kencang irit n halus suara mesinnya...
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by amfibi »

kompresorz wrote:
amfibi wrote:
newrubble wrote:small engine high output (dg single/dual forced induction) itu (terpaksa) dibuat krn low-emission level requirement yg makin strict di negara negara dimana major automotive industry berasal dan punya prime market

selain itu krn harga metal based material yg makin mahal sehingga tiap unit jadi (apapun motor vehicle) gunakan metal based component (trmsk aluminum) bgt efficient ... apapun kalo bisa dibuat lightweight

hasilnya mmg mgkn sama dg bigger engines fair output tapi smaller engine itu punya lower emission level
Iya nih kerasa bgt nya di mercy2 baru yg mesin2 kecil turbo itu, dipanasin di dalem ruangan (showroom) dan bau nya ga ada sama sekali ... Kaget :big_exellent:

Dateng mercy 6 cyl jaman dulu, pas dipanasin bau asem kemana2... Biarpun suaranya enakan jauh yg lama mah wkwkwk
Klo saya masukin mobil mesin 6 cilinder kegarasi pembantu saya pasti cepat2 ke depan...sesak napas ktnya...

Tp emang apapun pasti semua ada pro kontra...

Ada yg msh merasa lebih suka mesin besar NA..

Klo saya senang mesin kecil turbo...galak kencang irit n halus suara mesinnya...
E320 320i ya om ... Itu mahh pas dipanasin jg bau asem kemana2, bikin sesek napas kalo ddlm garasi :mky_03:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by sintoni »

amfibi wrote:
kompresorz wrote:
amfibi wrote:
Iya nih kerasa bgt nya di mercy2 baru yg mesin2 kecil turbo itu, dipanasin di dalem ruangan (showroom) dan bau nya ga ada sama sekali ... Kaget :big_exellent:

Dateng mercy 6 cyl jaman dulu, pas dipanasin bau asem kemana2... Biarpun suaranya enakan jauh yg lama mah wkwkwk
Klo saya masukin mobil mesin 6 cilinder kegarasi pembantu saya pasti cepat2 ke depan...sesak napas ktnya...

Tp emang apapun pasti semua ada pro kontra...

Ada yg msh merasa lebih suka mesin besar NA..

Klo saya senang mesin kecil turbo...galak kencang irit n halus suara mesinnya...
E320 320i ya om ... Itu mahh pas dipanasin jg bau asem kemana2, bikin sesek napas kalo ddlm garasi :mky_03:
Rotary dicopot catalytic nya coba om.

Anak2 SM surabaya udah perna jadi korban semua. :upss:

Mata perih sampe mau nangis
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mesin CC Kecil Tenaga Besar vs Mesin Besar Tenaga Biasa

Post by y_anjasrana »

pd prakteknya mobil yg kenceng2 di jalan cuma kepakai lari 100-140km/jam. jarang ada yg ngebut sampe 200km/jam. klu pun mw ngebut, jalanannya ga memungkin kan. jadi teknologi ya udah dibeli ga terpakai sama sekali. kalau saya sih sayang duitnya. lebih baik dibarter dgn teknologi kenyamanan aja, kenyamanan di badan atau di dompet......... :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant