Mobil modern yang harus pakai power steering apa masih begitu?adityabp wrote:Emang si om blm pernah ngebut trus ngelindes genangan air trus stir langsung narik kiri/kanan?sucahyo wrote:Apakah mobil sekelas lamborgini kena genangan air bisa belok sendiri?
Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Bukan soal power steering om, istilahnya aqua planning. Ban tidak napak di jalan, jadi seperti mengendarai kapal lautsucahyo wrote:Mobil modern yang harus pakai power steering apa masih begitu?adityabp wrote:Emang si om blm pernah ngebut trus ngelindes genangan air trus stir langsung narik kiri/kanan?sucahyo wrote:Apakah mobil sekelas lamborgini kena genangan air bisa belok sendiri?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
kalo memang aquaplaning, mungkin si driver overcompensate setir-nya... saya beberapa kali kena aquaplaning. sebelum lost traction, sisi yang kena genangan lebih dulu mengalami hambatan i.e. setir narik ke sisi itu... kalo overcompensate, mobil akan pindah jalur berlawanan dengan arah genangan....
kalo ban kanan kiri kena air bareng mestinya sih random arahnya.... makanya dia bilang setir ngunci... pas setir posisi lock kiri, pas dapet traksi... jadi deh lompat ke kiri...
*analisa sotoy....
Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
kalo ban kanan kiri kena air bareng mestinya sih random arahnya.... makanya dia bilang setir ngunci... pas setir posisi lock kiri, pas dapet traksi... jadi deh lompat ke kiri...
*analisa sotoy....

Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
di berita tersebut dia oleng ke kanan dulu, trus ban kanan rusak kena separator jadi ya plus velg planning deh 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Soalnya begini, dulu waktu naik kijang 88 setir memang belok sendiri waktu mendadak menabrak genangan air 1/4 roda di sebelah kiri jalan. Namun saat naik Ayla nggak terlalu berasa.ilhami wrote:Bukan soal power steering om, istilahnya aqua planning. Ban tidak napak di jalan, jadi seperti mengendarai kapal laut
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Tebakan saya : ban kiri kijang kembangannya sdh tipis. Sdgkan ayla kembangan ban depannya masih tebal.sucahyo wrote:Soalnya begini, dulu waktu naik kijang 88 setir memang belok sendiri waktu mendadak menabrak genangan air 1/4 roda di sebelah kiri jalan. Namun saat naik Ayla nggak terlalu berasa.ilhami wrote:Bukan soal power steering om, istilahnya aqua planning. Ban tidak napak di jalan, jadi seperti mengendarai kapal laut

Intinya ketika mobil mengalami gejala aquaplanning, segera lepas gas lalu koreksi stir secukupnya. Injak rem bila perlu namun jgn mendadak atau pol ampe mentok lantai

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
IMHO karena alya kan Front wheel drive, jadi walaupun ngambang, kalau si Om sambil tetap nginjak gas, roda depan narik sesuai arah setir aja alias sesuai keinginan drivernya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Kijangnya pakai ban lebar over fender, sementara Ayla pakai tapak 155mm, eco tire juga.adityabp wrote:Tebakan saya : ban kiri kijang kembangannya sdh tipis. Sdgkan ayla kembangan ban depannya masih tebal.
Intinya ketika mobil mengalami gejala aquaplanning, segera lepas gas lalu koreksi stir secukupnya. Injak rem bila perlu namun jgn mendadak atau pol ampe mentok lantai
Injak rem kalau begitu bisa bahaya, dari pengalaman di kijang bagian rem yang kena air di kiri jadi tidak berfungsi. sementara sisi kanan masih kering. Jadi saat mengerem jadi belok sendiri juga.
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
mobil nerjang genangan air...back to basic inget weight distribution mobil..gak ada hubungannya ama power steering, saya udah coba di mobil yang pake electric power steering dan hydraulic power steering..
pas nerjang genangan air:
a. injek gas = berat mobil pindah ke belakang (roda depan ada kemungkinan kehilangan kontak dengan jalanan)
b. injek rem = berat mobil pindah ke depan (roda belakang ada kemungkinan kehilangan kontak dengan jalanan)
c. lepas gas = berat mobil tetap diposisinya masing-masing (kemungkinan roda tetap kontak dengan jalanan sangat besar)
pilihan a dan b itu bisa berakibat fatal karena berat mobil tidak merata yang menyebabkan ban bisa kehilangan kontak dengan jalanan akibat aquaplanning..kalo saya ketika mau nerjang genangan air buru-buru lepas gas..
selain itu, faktor ban juga pengaruh, kalo bannya didesain dengan kemampuan wet grip yang bagus, ya aman-aman aja untuk melaju kencang di jalanan basah, faktor drivertrain (Front Wheel Drive, Rear Wheel Drive, 4 Wheel Drive, All Wheel Drive) juga berpengaruh..
saya sudah biasa dan suka nerjang genangan air di tol pas lari 100-120kmh, aman2 aja tuh, cukup lepas gas..pernah juga "main kucing anjing" ama sedan rival pas hujan deras di tol, dua mobil lari 100-140kmh..kalo orang lain demen kebut2an pas jalanan kering, saya malah lebih suka ngebut pas hujan..apalagi hujan deras..
saya malah pernah sengaja, jalan kosong, kiri kanan cuma lahan kosong, ada genangan air di sisi kiri jalan, saya terjang genangan tersebut pas lari 90kmh dengan roda sisi kiri saja yang nerjang air..mobil tetap anteng..padahal temen yang disebelah udah teriak-teriak ketakutan..

pas nerjang genangan air:
a. injek gas = berat mobil pindah ke belakang (roda depan ada kemungkinan kehilangan kontak dengan jalanan)
b. injek rem = berat mobil pindah ke depan (roda belakang ada kemungkinan kehilangan kontak dengan jalanan)
c. lepas gas = berat mobil tetap diposisinya masing-masing (kemungkinan roda tetap kontak dengan jalanan sangat besar)
pilihan a dan b itu bisa berakibat fatal karena berat mobil tidak merata yang menyebabkan ban bisa kehilangan kontak dengan jalanan akibat aquaplanning..kalo saya ketika mau nerjang genangan air buru-buru lepas gas..
selain itu, faktor ban juga pengaruh, kalo bannya didesain dengan kemampuan wet grip yang bagus, ya aman-aman aja untuk melaju kencang di jalanan basah, faktor drivertrain (Front Wheel Drive, Rear Wheel Drive, 4 Wheel Drive, All Wheel Drive) juga berpengaruh..
saya sudah biasa dan suka nerjang genangan air di tol pas lari 100-120kmh, aman2 aja tuh, cukup lepas gas..pernah juga "main kucing anjing" ama sedan rival pas hujan deras di tol, dua mobil lari 100-140kmh..kalo orang lain demen kebut2an pas jalanan kering, saya malah lebih suka ngebut pas hujan..apalagi hujan deras..
saya malah pernah sengaja, jalan kosong, kiri kanan cuma lahan kosong, ada genangan air di sisi kiri jalan, saya terjang genangan tersebut pas lari 90kmh dengan roda sisi kiri saja yang nerjang air..mobil tetap anteng..padahal temen yang disebelah udah teriak-teriak ketakutan..


#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6213
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
beli bannya boss pake yg alurnya temenan ma aer gw sendiri jg paling suka ngerasain grip basah tapi balik lagi musti ngersain dulu gripnya dulu waktu crv gw seh malah gak berani karena pake ban highwayterrain lari 100 aja kadang ngebuang....haristk7 wrote:mobil nerjang genangan air...back to basic inget weight distribution mobil..gak ada hubungannya ama power steering, saya udah coba di mobil yang pake electric power steering dan hydraulic power steering..
pas nerjang genangan air:
a. injek gas = berat mobil pindah ke belakang (roda depan ada kemungkinan kehilangan kontak dengan jalanan)
b. injek rem = berat mobil pindah ke depan (roda belakang ada kemungkinan kehilangan kontak dengan jalanan)
c. lepas gas = berat mobil tetap diposisinya masing-masing (kemungkinan roda tetap kontak dengan jalanan sangat besar)
pilihan a dan b itu bisa berakibat fatal karena berat mobil tidak merata yang menyebabkan ban bisa kehilangan kontak dengan jalanan akibat aquaplanning..kalo saya ketika mau nerjang genangan air buru-buru lepas gas..
selain itu, faktor ban juga pengaruh, kalo bannya didesain dengan kemampuan wet grip yang bagus, ya aman-aman aja untuk melaju kencang di jalanan basah, faktor drivertrain (Front Wheel Drive, Rear Wheel Drive, 4 Wheel Drive, All Wheel Drive) juga berpengaruh..
saya sudah biasa dan suka nerjang genangan air di tol pas lari 100-120kmh, aman2 aja tuh, cukup lepas gas..pernah juga "main kucing anjing" ama sedan rival pas hujan deras di tol, dua mobil lari 100-140kmh..kalo orang lain demen kebut2an pas jalanan kering, saya malah lebih suka ngebut pas hujan..apalagi hujan deras..
saya malah pernah sengaja, jalan kosong, kiri kanan cuma lahan kosong, ada genangan air di sisi kiri jalan, saya terjang genangan tersebut pas lari 90kmh dengan roda sisi kiri saja yang nerjang air..mobil tetap anteng..padahal temen yang disebelah udah teriak-teriak ketakutan..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
harusnya ini terkompensasi oleh traction control, unless itu bocah alay matiin traction control atau pake race mode jadi minim intervensi traction control. gimana juga lambo itu traction control bukan cuma ngontrol roda lagi tapi sudah sampe ke gear/differential bahkan engine output seingat saya = gimana juga ini mobil kan race track car dijadiin mobil umum. ya kalau off otomatis makin gila.alexdonovan wrote:kalo memang aquaplaning, mungkin si driver overcompensate setir-nya... saya beberapa kali kena aquaplaning. sebelum lost traction, sisi yang kena genangan lebih dulu mengalami hambatan i.e. setir narik ke sisi itu... kalo overcompensate, mobil akan pindah jalur berlawanan dengan arah genangan....
kalo ban kanan kiri kena air bareng mestinya sih random arahnya.... makanya dia bilang setir ngunci... pas setir posisi lock kiri, pas dapet traksi... jadi deh lompat ke kiri...
*analisa sotoy....
Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
atau katakan traction control aktif, tapi karena panik dan alay jadilah dia either bejek gas atau banting setir atau rem abis, kemungkinan terbesar adalah rem menurut saya, karena kalau dia gas maka traction control akan langsung cari dan gain traction (ini ujan ya bukan snowy/winter/icy) dan ngikutin input steer kemana harusnya ga separah itu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
IMHO sport mode itu biasanya untuk drifting, jadi disengaja supaya selip. Kalau untuk balap harusnya nggak pakai sport mode jenis ini.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Kalau traction control mati harusnya di aspal banyak tanda gosong.
Dulu pakai kijang lama belok om, sekarang pakai ayla enggak. Jadi rasanya beda mobil beda reaksi. kalau airnya tinggi, ngegas atau ngerem nggak akan beda reaksinya.haristk7 wrote:saya malah pernah sengaja, jalan kosong, kiri kanan cuma lahan kosong, ada genangan air di sisi kiri jalan, saya terjang genangan tersebut pas lari 90kmh dengan roda sisi kiri saja yang nerjang air..mobil tetap anteng..padahal temen yang disebelah udah teriak-teriak ketakutan..
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
ayla kan tapak ban nya kecil om, aqua planning nya juga lebih sedikit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
pada kaga tau kayanya kalo kak harist mobilnya sedan awd, pada ngira mobilnya fwd/rwd kali ya 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
nggak perlu mahal2 pake AWD kayak subaru,, cukup pake ayla aja udah bebas aquaplaning kokFRD wrote:pada kaga tau kayanya kalo kak harist mobilnya sedan awd, pada ngira mobilnya fwd/rwd kali ya


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
iya ya, dapet 4 ayla puladaftar wrote:nggak perlu mahal2 pake AWD kayak subaru,, cukup pake ayla aja udah bebas aquaplaning kokFRD wrote:pada kaga tau kayanya kalo kak harist mobilnya sedan awd, pada ngira mobilnya fwd/rwd kali ya




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Nanti kalo kembangan ban depan si Ayla dah tipis, om coba lagi nerjang genangan air ya.sucahyo wrote:Kalau traction control mati harusnya di aspal banyak tanda gosong.
Dulu pakai kijang lama belok om, sekarang pakai ayla enggak. Jadi rasanya beda mobil beda reaksi. kalau airnya tinggi, ngegas atau ngerem nggak akan beda reaksinya.haristk7 wrote:saya malah pernah sengaja, jalan kosong, kiri kanan cuma lahan kosong, ada genangan air di sisi kiri jalan, saya terjang genangan tersebut pas lari 90kmh dengan roda sisi kiri saja yang nerjang air..mobil tetap anteng..padahal temen yang disebelah udah teriak-teriak ketakutan..

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Bisa jadi. Tapi genangan air yang saya maksud bukan aqua planning (melayang diatas air) tapi lebih ke halangan air alias nabrak air.ilhami wrote:ayla kan tapak ban nya kecil om, aqua planning nya juga lebih sedikit.
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Spesifik sekali kriteria Om cahyo ini.
Padahal kalau anda baca artikel aqua planning, apabila ada lapisan air diantara ban dan aspal, disitulah terjadi aqua planning.
efek aquaplanning ditentukan:
- kedalaman air
- kecepatan
- keausan ban
- tekanan ban
Dulu kalau dari cikunir belok kanan ke arah tol cikampek, disitu ada cekungan, kalau hujan tergenang air. Disitulah kijang ane terasa seperti bawa kapal laut. Tapi di tol tb simatupang juga sering ada genangan kalau hujan deras, kalau kecepatan 60an rasanya juga biasa-biasa aja. Malah seneng kita main ciprat-cipratan sama mobil di lajur lainnya.
Kalau ayla om cahyo minim aquaplanning, bersyukurlah, tapi kasih data yang lengkap, lokasi, kecepatan, kedalaman air, kondisi jalan.
Padahal kalau anda baca artikel aqua planning, apabila ada lapisan air diantara ban dan aspal, disitulah terjadi aqua planning.
efek aquaplanning ditentukan:
- kedalaman air
- kecepatan
- keausan ban
- tekanan ban
Dulu kalau dari cikunir belok kanan ke arah tol cikampek, disitu ada cekungan, kalau hujan tergenang air. Disitulah kijang ane terasa seperti bawa kapal laut. Tapi di tol tb simatupang juga sering ada genangan kalau hujan deras, kalau kecepatan 60an rasanya juga biasa-biasa aja. Malah seneng kita main ciprat-cipratan sama mobil di lajur lainnya.
Kalau ayla om cahyo minim aquaplanning, bersyukurlah, tapi kasih data yang lengkap, lokasi, kecepatan, kedalaman air, kondisi jalan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Hati-hati aquaplanning pada FWD:
http://chapfam.blogspot.co.id/2009/09/f ... aning.html
Jika roda kiri kena aquaplanning, roda kiri akan berputar cepat secara ekstrim, dan mendorong arah mobil ke kanan, dan bisa mengakibatkan adu banteng.
keep drive safely !!
http://chapfam.blogspot.co.id/2009/09/f ... aning.html
Jika roda kiri kena aquaplanning, roda kiri akan berputar cepat secara ekstrim, dan mendorong arah mobil ke kanan, dan bisa mengakibatkan adu banteng.
keep drive safely !!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
saya pernah coba di sedan dan SUV (gc 220mm), gak ada bedanya tuh, anteng2 aja mobilnya, itu yang temen saya ampe teriak2 pas saya coba di SUV kebetulan, daerah Alam Sutera..ban, center of gravity, stability, dan body control yang menentukan..sucahyo wrote:Kalau traction control mati harusnya di aspal banyak tanda gosong.
Dulu pakai kijang lama belok om, sekarang pakai ayla enggak. Jadi rasanya beda mobil beda reaksi. kalau airnya tinggi, ngegas atau ngerem nggak akan beda reaksinya.haristk7 wrote:saya malah pernah sengaja, jalan kosong, kiri kanan cuma lahan kosong, ada genangan air di sisi kiri jalan, saya terjang genangan tersebut pas lari 90kmh dengan roda sisi kiri saja yang nerjang air..mobil tetap anteng..padahal temen yang disebelah udah teriak-teriak ketakutan..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Berarti Ayla lebih stabil daripada Lamborgini.sucahyo wrote:Soalnya begini, dulu waktu naik kijang 88 setir memang belok sendiri waktu mendadak menabrak genangan air 1/4 roda di sebelah kiri jalan. Namun saat naik Ayla nggak terlalu berasa.ilhami wrote:Bukan soal power steering om, istilahnya aqua planning. Ban tidak napak di jalan, jadi seperti mengendarai kapal laut


Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
saya jadi ingat. kalo om om SM suka nonton topgear, pasti inget episode Jeremy clarkson test drive BMW m135i VS vw golf. pas uji drag race, jeremy pas bawa BMW m135i melintir kena aquaplanning. itu BMW M1 loh. dengan tapak ban lebar dan features yang lengkap aja bisa melintir kena aquaplanning.sucahyo wrote:Kalau traction control mati harusnya di aspal banyak tanda gosong.
Dulu pakai kijang lama belok om, sekarang pakai ayla enggak. Jadi rasanya beda mobil beda reaksi. kalau airnya tinggi, ngegas atau ngerem nggak akan beda reaksinya.haristk7 wrote:saya malah pernah sengaja, jalan kosong, kiri kanan cuma lahan kosong, ada genangan air di sisi kiri jalan, saya terjang genangan tersebut pas lari 90kmh dengan roda sisi kiri saja yang nerjang air..mobil tetap anteng..padahal temen yang disebelah udah teriak-teriak ketakutan..
aquaplanning bisa buat mobil apa aja (ga pandang harga dan teknologinya) jadi melintir. jadi hati-hati
intinya om cahyo pas pake ayla dan kena aquaplanning lancar2 aja ya berarti lagi hoki atau kecepatannya lagi pelan. on 3rd gear maybe?


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Ini ts atau ayla yg hebat hadapi akuaplaning....