billyd1773dz wrote:keong wrote:billyd1773dz wrote:
perlakuan apa om?
Misal perawatan yg diberikan n cara bawa mobilnya semua sama tapi itu bukan lah ipah kira2 masih bisa tahan gak om ?
my point is... event ipah bukan tank yang ga bisa rusak.....
sebelum ipah sya pke tokidis dari 1997-2011 odo sudah 500rb lebih. dipkenya jauh lebih jorok, overall tokidis lebih bandel dri ipah. meski bukan bearti g ada yg rusak ya.
pernah juga case jeep dan toyota sampe berbulan2 diam karna nyari sparepart atw sekedar nyari "rusaknya tu apa sie"
meski akhirnya yg toyota lebih duluan bisa hidup... dan mlh mekanik di kota kecil yg bisa hidupinnya. enjin toyota built up yg g pernah di jual apm indo.

Bicara mesin
Saya juga pakai keluarga kijang dari tokisol (bensin) dan tokinov.
Yg tokisul, rata2 cuma tahan 150-200ribuan, biasanya ngebul
The mighty D4D, saya udh pengalaman 3 kali turunin mesin (keluaran 2008/2009), 1 punya sendiri, 2 lainnya bantuin di bengkel teman.
Semua retak rambut di blok mesin (liner), coolant masuk crankcase dan ruang bakar.
Ketiganya zuper ztandard alias ngga di modif. Odo kisaran 150-180ribuan (lupa tepatnya, tapi dibawah 200rb)
Yg punya 2 tadi (2 orang berbeda), ngga nyadari. Keluhannya waktu masuk bengkel, coolant-nya selalu nambah.
Japs lainnya yg saya pakai (odyssey) juga nyerah di km150ribuan, matic dan mesinnya. Mesti overhaul.
Santi nyerah di odo 230-240rb, mesti diremajakan metal metalnya dan ring piston. Gejalanya nambah oli, ngga banyak sebetulnya. Sekitar 1L per 2000-3000an km. Penasaran, soalnya ngga kelihatan ngebul di knalpot. Akhirnya saya bongkar mesinnya, ternyata clearance ring piston dah kurang rapet dan metal jalan+duduk ada goresan alus.
Pug405 xu10 nyerah di km150ribuan, mesti ganti ring piston dan cylinder head keropos. Matic-nya juga minta overhaul.
Pug 806 nyerah di km180ribuan, mesti ganti piston+ring piston, harus oversize boring.
Gearbox-nya juga harus diobok, gejala pindah gigi ngga enak dan bunyi. Ternyata synchromesh aus.
Yg saya akui... Panther
KM sdh 400 atau 420ribuan, naikkan dah kayak gerobak tapi mesin masih perawan

belum pernah diobok obok bengkel/mekanik
Tapi matic-nya (panther kapsul LS matic) dah pernah overhaul di km 300ribuan.
Harga parts matic-nya bisa bikin geleng-geleng. Lebih mahal dibanding parts matic pug (ZF) maupun honda.
Semua mobil diatas saya pakai dan pelihara sendiri (kecuali 2 d4d di bengkel teman)
Jadi judgment -nya mesti overhaul/turun mesin juga dari saya, bukan pengalaman orang.
Saking seringnya nurunin mesin dan gearbox (padahal bukan bengkel) bermacam mobil, jadi kalau ada kasus turun mesin, sudah ngga kaget dan bukan masalah besar lagi
