adityawei wrote:
kemaren sempet ada omongan gini bang, mitsu baru pertama kali bikin mobil kecil kan, dan populasinya keliatan jarang di kota ane, ga tau kenapa keluarga mendadak agak memandang sebelah mata si mirage ini, pdhl kemaren udah mantep banget mirage
adityawei wrote:
bukan mitsu yg jarang kedengeran gan -> gara2 mirage jarang keliatan di jalan + mobil kecil pertama dari mitsu jadi kaya kurang percaya sama reliabilitasnya, celerio kayanya coret gan mirage yg banyak aja dipertanyakan apalagi celerio yg lebih jarang..
mitsu bukan pertama kalinya bikin mobil kecil. hanya saja di indo, untuk jenis hatchback memang baru pertama kalinya.
lagipula hatchback ini sebetulnya kan mirip dengan sedan, bedanya cuma di bokong (bagasi) yang dipendekkan dan dibikin model tarikan langsung dari atap ke bumper belakang. secara mayoritas chassis, mesin, kaki dll sama saja dengan sedan. dinaikin pun rasanya sama kayak sedan.
dan FYI, di thailand ada mitsubishi attrage, yaitu mirage versi sedan beneran. sama persis, bedanya cuma ditambahin bokong lebih panjang buat bagasi. sama aja kan?
nah, lalu sekarang coba liat, sedan mitsu mana yg ga bandel... semua pada kuat2, larinya kenceng2.
soal pulasi yang jarang, memang ini kesalahan desain dan marketing mitsu.
soal desain, banyak yang ga suka, terutama dengan model bokongnya. coba aja search forum ini, banyak kok yg ga demen desain bokongnya.
lalu ada beberapa bagian yang desainnya masih jadul, padahal fitur2nya canggih untuk sekelasnya. lihat saja handle pintu yang masih model lama (model angkat), bukan model tarik.
soal peredaman lantai juga agak parah, banyak yg jadi merasa ini mobil kelas murahan apalagi yg agak2 bawel dengan road noise.
promosinya kurang, dan mereka kurang menonjolkan keunggulan mirage yaitu keiritan dan fitur di kelasnya.
ketika mirage masuk indo (2012), belum ada LCGC, dan pada waktu itu mesin 3 silinder masih dianggap remeh. banyak rival yang pakai 4 silinder, dan jargon yang beredar kuat saat itu adalah 3 silinder rewel.
lalu pada waktu awal rilisnya, harganya cukup tinggi. setelah hampir 2 tahun masuk indo dan tidak laku, barulah KTB kasih diskon gede2an, dan akhirnya orang mulai merasa worth it dengan harganya, dan populasinya mulai membanyak sejak awal 2014...