geofreyap wrote:Ehhmm ga jd deh.. Sy udh tulis banyak kalimat & setelah sy review lg, sy batalkan utk submit paragraf2 itu, krn bisa menyinggung bbrp pihak. Soalnya sy orang yg jujur dan gila kualitas. Jadi lidah saya tajam, dan kata2 saya bisa nampar orang kalo lg ngobrol, baik di dunia nyata, atau di forum.
Jadi kalo kebengkel, sy sering bongkar & pasang sendiri selama sy bisa, tp kalo sekiranya bakal mengotori pakaian, saya br biarkan mekaniknya kerja & saya pura2 ga ngerti atau ga bisa bongkar atau pasang. Nyampe rumah, sy double check smua. Kliatan aneh memang ya.
Dan sy sudah 2x mempermalukan team mekanik beserta sa di a2k krn mreka tdk bs troubleshoot masalah di mobil sy, dan sy bisa di saat itu.
3 orang mekanik di kemayoran pun sempat berhenti melakukan pekerjaannya dan menatap ke arah sy ketika mreka mendengar saya bertanya mengenai masalah kualitas kerja yg dijanjikan nantinya, karena saat mreka explain cara kerja yg akan mreka lakukan, saya menolak dgn alasan sy bisa melakukannya dgn hasil yg lebih baik dirumah sendiri.
Tp selalu ada papi sy yg menetralisir keadaan krn papi sy juga gila kualitas tp dia bisa basa-basi buat bercanda, sdngkan sy ga bisa. Dan selesai ngebengkel, selalu bokap bilang, "that's how people live their life. Kualitas buat mreka bukan yg utama. Yg penting dapet uang, that's all. Kita bukan levelnya lagi ngurusin hal itu. Blm tentu juga kita ketemu mereka setahun skali. Mulut kamu dirubah jg. Suatu hari ada saatnya kamu dihajar orang dan papi ga akan bantu kamu, biar kamu belajar sesuatu."
Jadi, selain niat & perilaku si pemilik mobil, kualitas kerja mekanik juga berperan di dalam masalah ketahanan & keawetan suatu brand. Soalnya mnurut saya mobil itu benda mati, dan kita manusia adalah makhluk hidup. Jd kita sendiri yg menentukan nasib & usia si mobil.
Niat & kualitas perawatan, itu dasarnya.
Jadi kalau kualitas kerja mekanik blm bisa menghasilkan angka 100% saat handle japs brand, apalagi handle non-japs yg mostly lbh advance mobilnya?
So.. Kalo ada yg bilang mekanik indonesia pintar-pintar, sy ga setuju. Tp kalo kreatif, ya..
Kalo orang pintar, saat ditanya 1+1= berapa, pasti jawabnya 2. Tp kalo org kreatif, jawabannya jendela.
Wahh.. ketemu org yg se-type dgn saya! Respect! Gak banyak org spt ini di Indonesia.
Saya pribadi punya 2 prinsip dlm mengerjakan semua hal :
Pertama;
Quality starts with me.
Kedua :
Do it right from the first time and every time.
Karena memegang teguh dua prinsip tadi alhamdulillah bisa jadi kuli professional di over seas sejak 12th lalu, pindah ke lebih dr 10 negara, dgn gaji yg gak malu2in. Padahal saya beneran hanya sekedar 'tukang servis keliling'.
Indonesia banyak orang pinter, seriously. Tapi hanya sedikit sekali yg mau dan bisa bekerja secara professional. Rata2 hanya asal.. asal cpt selesai.. asal cpt dapat uang.. asal aja.. That's so pity. Sama juga spt Om, klo saya ke bengkel pasti 'ribut' sama mekaniknya. Terutama bengkel2 mobil jepang di Surabaya, bener2 asal kerjanya. Saya respect sm mekanik di VW Surabaya (terutama chief mekanik-nya yg exs. VW Qatar), they're more professional than any other Japs brand mech.
Semoga semakin banyak org2 Indonesia yg mau bekerja secara professional di bidangnya masing2, bekerja dgn 'hati' utk menghasilkan yg terbaik, bekerja dgn smart gak cuma kerja keras.
(Maaf ya klo OOT

)