






Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Saya sih saat kendaraan ga kuat nanjak kmrin sedang pakai Shell, dan memang biasanya Shell atau Pertamax dan tidak pernah pakai Premium. Dan motor saya baru 1876KM bro, maklum baru penggunaan empat bulan.vp920b wrote:Selang rem coba ganti pke braided line kaya hels.
Kemudian minyak rem upgrade ke DOT4 minimum
Saya punya Z800 dan ER6N ga ada masalah.
Jawaban dr beres begitu agak ga beres makanya saya benci ke bengkel resmi kawasaki. Kerjanya butut. Pas pertama ganti oli Z800 malah di geber2 motornya krn sudah pke Arrow exhaust. Males bgt dah. Ngencengin oli filter aja kaya ngegym 100KG. Ketat bgt.
Mending ke bengkel2 temen aja deh yg rekanan, jelas ngerti n ngerawat MOGE. Kalau BERES qualitynya masih kelas 250CC kebawah rawatnya..
Just my 2 cents sih. Sapa tau nolong. Kampas rem upgrade sekalian biar pakem..
Btw urusan power loss apakah pakai premium? Minimum pertamax bro krn kompresi tinggi. Mesti tune up kali bro uda brp KM? Cek busi dan filter udara juga.
Thx
Nah, rem baru, selang braided, minyak rem ganti dot 5, kenapa pake 60-40 belakang masih suka ngelos ya Om? (Dijalan raya, bukan di pasir (bromo))Cloud wrote:Rem ngelos kebanyakan karena vapor lock, atau minyak rem kepanasan, menguap, jadi gas. gas sifatnya incompressible, gak bisa menyalurkan tekanan hidrolis. rem jadi blong. tingkat blong rem tergantung banyaknya gas yang terbentuk.
solusinya, bersihkan rem belakang, kampas dilepas, jika sudah tidak rata diratakan lagi. dilihat kemiringannya juga, kalau habisnya miring, dipastikan ada gesekan berlebih sehingga menghasilkan panas. dibetulkan hingga kampas habisnya rata tidak miring.
bersihkan piston caliper rem, ini yang membuat gerak balik piston terhambat, rem jadi seret. jika dipakai jarak jauh jadinya panas banget.
dan jika sudah bersih2, saatnya ganti minyak rem dot 4 minimal. dan setel tuas rem tidak terlalu mepet.
jika selang rem diganti braided, lebih bagus, namun buat kenyamanan harian, mending pakai standar, karena lebih enak buat panic braking.
pastikan selang rem jaraknya cukup jauh dari knalpot dan sumber panas lainnya.
pakai rem depan 60-70%, rem belakang 30-40%, tapi jika basah, jadi 50-50, jika licin, justru kebalik, belakang harus lebih besar dari depan.
jangan mentang2 pakai rem depan lebih pakem, di jalan berpasir pede ngerem kuat pakai rem depan aja.