Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Gini aja om

Minyak goreng, campur EP additip dalam jumlah besar, trus tes deh pake alat test gesek tsb

he he
eksodan wrote:permisi om2, suhu2
mau dikit cerita nih
kmrn kan ada demo oli lupromax
distributornya membawakan 1 set mesin untuk tes oli (di toko saya)
model tes nya ada 1 roda besi yg berputar (pakai dinamo) dan ada beban (berupa besi, tidak ikut berputar tapi bisa dinaik turunkan) diatasnya yg bergesekan langsung dengan roda besinya itu
pertama kali tes, di teskan tanpa oli sama sekali dan dinamonya mati karena gesekan
lalu tes kedua saya tes pakai oli med*tran sx dan memang mati juga dinamonya karena gesekan
tes ketiga pakai oli delt*lube yg sae40, ternyata mati juga dinamonya
tes keempat pakai oli lupromax, tapi kenyataannya jalan terus dinamonya yg menandakan oli melumasi dengan sangat2 baik (menurut sy lho ya)
tes kelima pakai delt*lube yg 15w-40, tp mati juga dinamonya
tes keenam pakai oli castr*l, tes ketujuh pakai oli hel*x, tes kedelapan pakai oli m*tul dan dengan semua oli itu dinamonya mati.
kata salesnya, karena lupromax pny HAT (heat activated technology) yg katanya bisa masuk ke pori2 metal, yg efeknya adalah pelumasan semakin maksimal ketika mesin semakin panas.
pada saat tes pake lupromax, oli juga dicampur air, lalu dicampur garam dan pasir, lalu dibakar itu oli, tp tetep aja jalan itu dinamo

nah yg mau sy tanyakan, apa oli lupromax ini bener2 bagus?? soalnya saat demo, sy langsung lihat itu demo tanpa perantaraan apapun (sy juga ikut menjalankan mesin dinamonya dan melakukan tes nya dengan tangan saya sendiri)

kemudian ada lagi tesnya, tes engine additive (yg dimasukan ke dalam oli).
tes sama persis kayak tes oli, tp yg sekarang pakai oli bekas yg sudah sangat2 jelek (ambil dari toko sy sendiri)
tes dilakukan tanpa additive, dan hasilnya dinamonya mati
lalu tes kedua dicampur dengan additive sedikit, pada awalnya dinamo masih mati2 (setengah menit masih mati2 itu dinamo), lalu setelah setengah menit, dinamonya lancar seperti oli lupromax lainnya (katanya karena adanya teknologi HAT, jd oli bekas pun bisa dipake untuk pelumasan)

ada juga tes chainlube, tes yg dilakukan sama persis.
tes pertama pakai chainlube merk k*t, dan hasilnya dinamonya mati
tes kedua pakai lupromax, hasilnya dinamonya tetap jalan lancar bahkan ketika dicampur dengan air dan pasir, dinamo tetap jalan.
sy dan pegawai2 saya sampai heran, kenapa bisa ada teknologi seperti itu di oli dan penetran ataupun chainlube

mohon pencerahannya suhu2
soalnya sy mau kulakan ini oli karena memang sangat2 meyakinkan pada saat tes
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

alvin23 wrote: q8 bagus ga sih om turbo? skrg kalo di chevy dipake jadi oli beres tuh yang 5w-30.. dulu padahal pakenya quartz atau mobil1

tadinya ga peduli wkwk, baru tau bikinan Kuwait
Yg punya brand Q8 mmg Kuwait, tapi pabrik olinya di Eropa .....ada di Rotterdam trus tempat lain lagi di benua Eropa
* Bukan ajakan Beli *
eksodan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue May 21, 2013 5:58
Location: Wonosari / Klaten

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by eksodan »

Turboman wrote:Gini aja om

Minyak goreng, campur EP additip dalam jumlah besar, trus tes deh pake alat test gesek tsb

he he
om Turboman, EP additip itu apaan ya om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

eksodan wrote:
Turboman wrote:Gini aja om

Minyak goreng, campur EP additip dalam jumlah besar, trus tes deh pake alat test gesek tsb

he he
om Turboman, EP additip itu apaan ya om?
Extreme pressure additip

Google aja

EP additip umumnya digunakan pada oli gigi

Tapi kadang ada aja produsen yg pake ini sbg additip utk oli mesin, paling gampang ya dgn demo gesek sebab memang di situlah fungsi EP additip sbg anti shear

Makanya kalo saya sih ada demo gesek pake mesin langsung saya tinggal........

Sy lebih suka baca hasil lab test oli bekas
* Bukan ajakan Beli *
yue278
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by yue278 »

Turboman wrote:
alvin23 wrote: q8 bagus ga sih om turbo? skrg kalo di chevy dipake jadi oli beres tuh yang 5w-30.. dulu padahal pakenya quartz atau mobil1

tadinya ga peduli wkwk, baru tau bikinan Kuwait
Yg punya brand Q8 mmg Kuwait, tapi pabrik olinya di Eropa .....ada di Rotterdam trus tempat lain lagi di benua Eropa
gw pernah denger temen gw yang brio modif aliran racing non turbo,
udah PnP 9(stage 2), dia make Q8 tapi 10w-40. dia sih dari lahir tuh mobil ampe skarang make tu oli katanya enak.

tapi baru tau kalo ada yang 5w-30. beli dimana om?
harga segalonnya brapaan?
review yak hahaha n itu sintetik full ato semi synthetic ya? :mky_04:
eksodan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue May 21, 2013 5:58
Location: Wonosari / Klaten

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by eksodan »

Turboman wrote:
eksodan wrote:
om Turboman, EP additip itu apaan ya om?
Extreme pressure additip

Google aja

EP additip umumnya digunakan pada oli gigi

Tapi kadang ada aja produsen yg pake ini sbg additip utk oli mesin, paling gampang ya dgn demo gesek sebab memang di situlah fungsi EP additip sbg anti shear

Makanya kalo saya sih ada demo gesek pake mesin langsung saya tinggal........

Sy lebih suka baca hasil lab test oli bekas
udah sy baca2 om di wiki, ternyata memang buat oli gigi biasanya itu additive dan untuk mesin gerak lambat (bener gak ya?)

kalau review oli lupromax sendiri atau hasil test lab lupromax gimana om Turboman? apakah tau hasilnya?
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2015
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by alvin23 »

yue278 wrote: gw pernah denger temen gw yang brio modif aliran racing non turbo,
udah PnP 9(stage 2), dia make Q8 tapi 10w-40. dia sih dari lahir tuh mobil ampe skarang make tu oli katanya enak.

tapi baru tau kalo ada yang 5w-30. beli dimana om?
harga segalonnya brapaan?
review yak hahaha n itu sintetik full ato semi synthetic ya? :mky_04:
gue sih pakenya q8 formula special g long life 5w-30, pake ini karena ini Dexos 2 , pas buat captiva diesel gw
tp setau gw oli ini buat bensin juga, approvalnya cek sendiri yah :big_grin:

harganya kira2 140-165 rb per liter tergantung tokonya
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by diveblues »

kadang saya mikir, produsen oli mesin yg udah capek2 bikin spesifikasi oli-nya (viskositas, flash point, pour point, TBN, dll) sama mendaftarkan ke berbagai macam standar (API, ILSAC, MB, GM, dll) dengan berbagai test yg mahal dan cukup ketat, kok masih dianggep kurang bagus karena kalah pas test gesek didepan mata doang.
eksodan wrote:permisi om2, suhu2
mau dikit cerita nih
kmrn kan ada demo oli lupromax
distributornya membawakan 1 set mesin untuk tes oli (di toko saya)
model tes nya ada 1 roda besi yg berputar (pakai dinamo) dan ada beban (berupa besi, tidak ikut berputar tapi bisa dinaik turunkan) diatasnya yg bergesekan langsung dengan roda besinya itu
pertama kali tes, di teskan tanpa oli sama sekali dan dinamonya mati karena gesekan
lalu tes kedua saya tes pakai oli med*tran sx dan memang mati juga dinamonya karena gesekan
tes ketiga pakai oli delt*lube yg sae40, ternyata mati juga dinamonya
tes keempat pakai oli lupromax, tapi kenyataannya jalan terus dinamonya yg menandakan oli melumasi dengan sangat2 baik (menurut sy lho ya)
tes kelima pakai delt*lube yg 15w-40, tp mati juga dinamonya
tes keenam pakai oli castr*l, tes ketujuh pakai oli hel*x, tes kedelapan pakai oli m*tul dan dengan semua oli itu dinamonya mati.
kata salesnya, karena lupromax pny HAT (heat activated technology) yg katanya bisa masuk ke pori2 metal, yg efeknya adalah pelumasan semakin maksimal ketika mesin semakin panas.
pada saat tes pake lupromax, oli juga dicampur air, lalu dicampur garam dan pasir, lalu dibakar itu oli, tp tetep aja jalan itu dinamo

nah yg mau sy tanyakan, apa oli lupromax ini bener2 bagus?? soalnya saat demo, sy langsung lihat itu demo tanpa perantaraan apapun (sy juga ikut menjalankan mesin dinamonya dan melakukan tes nya dengan tangan saya sendiri)

kemudian ada lagi tesnya, tes engine additive (yg dimasukan ke dalam oli).
tes sama persis kayak tes oli, tp yg sekarang pakai oli bekas yg sudah sangat2 jelek (ambil dari toko sy sendiri)
tes dilakukan tanpa additive, dan hasilnya dinamonya mati
lalu tes kedua dicampur dengan additive sedikit, pada awalnya dinamo masih mati2 (setengah menit masih mati2 itu dinamo), lalu setelah setengah menit, dinamonya lancar seperti oli lupromax lainnya (katanya karena adanya teknologi HAT, jd oli bekas pun bisa dipake untuk pelumasan)

ada juga tes chainlube, tes yg dilakukan sama persis.
tes pertama pakai chainlube merk k*t, dan hasilnya dinamonya mati
tes kedua pakai lupromax, hasilnya dinamonya tetap jalan lancar bahkan ketika dicampur dengan air dan pasir, dinamo tetap jalan.
sy dan pegawai2 saya sampai heran, kenapa bisa ada teknologi seperti itu di oli dan penetran ataupun chainlube

mohon pencerahannya suhu2
soalnya sy mau kulakan ini oli karena memang sangat2 meyakinkan pada saat tes
rassiuz
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Nov 26, 2015 7:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by rassiuz »

permisi para suhu...

newbie ijin gabung yah... mau tanya, newbie punya jazz ge8 matic 2014
biasa pake oli shell hx7, rencana mau ganti yg agak bagusan dikit dari itu...

denger2 review dimari, shell hx8 itu jelek yah oli nya ? :big_think:
kondisi mobil jarang dipake, paling 1 minggu jalan ga nyampe 50km...

mohon pencerahannya suhu2 :big_deal:
eksodan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue May 21, 2013 5:58
Location: Wonosari / Klaten

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by eksodan »

diveblues wrote:kadang saya mikir, produsen oli mesin yg udah capek2 bikin spesifikasi oli-nya (viskositas, flash point, pour point, TBN, dll) sama mendaftarkan ke berbagai macam standar (API, ILSAC, MB, GM, dll) dengan berbagai test yg mahal dan cukup ketat, kok masih dianggep kurang bagus karena kalah pas test gesek didepan mata doang.
makanya sy minta pencerahan om :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

rassiuz wrote:permisi para suhu...

newbie ijin gabung yah... mau tanya, newbie punya jazz ge8 matic 2014
biasa pake oli shell hx7, rencana mau ganti yg agak bagusan dikit dari itu...

denger2 review dimari, shell hx8 itu jelek yah oli nya ? :big_think:
kondisi mobil jarang dipake, paling 1 minggu jalan ga nyampe 50km...

mohon pencerahannya suhu2 :big_deal:
Preferably 0W20 Full synth

kalau mau yg ekonomis ya 5W30 aja
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

eksodan wrote: makanya sy minta pencerahan om :mky_01:


Extreme pressure agents react with metal surfaces during operation at elevated temperatures, creating a protective coating that can withstand extreme heat and pressure. The coating protects two mating metal surfaces from scoring and seizing. Antiwear agents perform in a similar manner, but tend to operate under lower loads and pressures.

Extreme pressure agents are used in gear oils, other power-transmitting fluids, load bearing greases, and metalworking fluids. They are usually supplemented with antiwear additives to make them effective across a wide range of conditions.

Many effective extreme pressure agents and antiwear additives are corrosive to metals, so they’re typically formulated to balance protection with corrosivity.

Antiseize additives are a separate class of antiwear additives that perform independently of temperature. They improve boundary lubrication by forming a protective film through deposition, and are generally used in greases, some industrial oils, and various break-in lubricants.

http://www.aftonchemical.com/Solutions/ ... gents.aspx

Tambahan bacaan :
http://www.machinerylubrication.com/Rea ... -additives

https://en.wikipedia.org/wiki/Extreme_pressure_additive

Jadi additive utk melindungi logam itu ada banyak macam dan designation-nya juga beda2

EP additive spt yg disebut di atas

Sedangkan utk oli mesin itu lebih banyak anti wear additive instead of EP additive

jelas yah om
* Bukan ajakan Beli *
rassiuz
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Nov 26, 2015 7:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by rassiuz »

Turboman wrote:
rassiuz wrote:permisi para suhu...

newbie ijin gabung yah... mau tanya, newbie punya jazz ge8 matic 2014
biasa pake oli shell hx7, rencana mau ganti yg agak bagusan dikit dari itu...

denger2 review dimari, shell hx8 itu jelek yah oli nya ? :big_think:
kondisi mobil jarang dipake, paling 1 minggu jalan ga nyampe 50km...

mohon pencerahannya suhu2 :big_deal:
Preferably 0W20 Full synth

kalau mau yg ekonomis ya 5W30 aja
Kalo motul specific 5w30 recommended ga om ?
tadinya mau ambil yg motul h tech plus... tp kata yg jual uda discontinue... skrg nongol yg specific...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Mau enak si 0W20 dah.......di BeRes Honda pasti ada.....ato Mazda punya 0W20

Ganti 7 bulan max

Kecuali kalo sering ikut track day nah baru dah 5W30
* Bukan ajakan Beli *
azure
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Sep 22, 2015 3:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by azure »

Om turbo,interval ganti oli masih di liat dari synthetic atau semi synthetic nya gak?
kmaren pas ganti oli galau antara kendall 5w30 synthetic blend vs fastron gold 5w30 full synthetic.. ujung2 nya sh ane pilih kendall krn harga lebih bersahabat sedikit sih.. nah,di rekomen sih ganti si kendall ini tiap 5000km, karena semi synthetic sdangkan fastron bs 10.000km.. apa bener gitu?
rassiuz
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Nov 26, 2015 7:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by rassiuz »

Turboman wrote:Mau enak si 0W20 dah.......di BeRes Honda pasti ada.....ato Mazda punya 0W20

Ganti 7 bulan max

Kecuali kalo sering ikut track day nah baru dah 5W30
oli bawaan honda ya om ? seri e-pro ?

kalo liat data sheet oli gimana sih om bisa tau bagus ato tidak ?

SPECIFIC 504 00-507 00 5W-30
Gasoline and Diesel oil for EURO IV engines
100% Synthetic

TYPE OF USE Specifically designed for VAG Group recent cars (Volkswagen, Audi, Skoda, Seat) fitted with EURO IV engines that require lubricants with low Sulphur, low Phosphorus and low Sulphated Ashes rates. Back compatibility of Motul Specific 504 00-507 00 5W-30 over previous VW oil standards 502 00, 505 00, 505 01, 503 00, 503 01, 506 00 or 506 01.

Attention :
- Touareg R5 and V10 Tdi must use Motul Specific 506 01-506 00-503 00.
- Drain intervals remain fixed at 15 000 km in Europe for any car calling for VW 502 00, 505 00 or 505 01 oils even if vehicles use Motul Specific 504 00-507 00.
- In case of doubt, refer to owner manual oil specification.

PERFORMANCES APPROVALS Volkswagen 504 00 / 507 00
* Engines compliant with EURO IV emission regulation are fitted with sensitive systems for exhaust gas after treatment :
- Sulphur and Phosphorus inhibit catalytic convertors operation and can damage catalytic components : inefficient exhaust gas treatment.
- Sulphated Ashes clog diesel particulate filters : shorter regenerating cycle, higher fuel consumption and engine power loss. Volkswagen developed VW 504 00 507 00 standard for lubricants with low Sulphur, Phosphorus and Sulphated Ashes content, compatible with after treatment systems. Those oils allow reaching extended drain intervals managed by computer on board.

RECOMMENDATION Drain interval : refer to manufacturers’ recommendations and tune to your own use. Do not mix with lubricants not VW 504 00 507 00 compliant.

PROPERTIES
Viscosity grade SAE J 300 5W-30
Density at 20°C (68°F) ASTM D1298 0.848
Viscosity at 100°C (212°F) ASTM D445 11.7 mm²/s
Viscosity at 40°C (104°F) ASTM D445 72.3 mm²/s
Viscosity index ASTM D2270 157
Pour point ASTM D97 -39°C / -38°F
Flash point ASTM D92 242°C / 467°F
TBN ASTM D 2896 7.2 mg KOH/g
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

azure wrote:Om turbo,interval ganti oli masih di liat dari synthetic atau semi synthetic nya gak?
kmaren pas ganti oli galau antara kendall 5w30 synthetic blend vs fastron gold 5w30 full synthetic.. ujung2 nya sh ane pilih kendall krn harga lebih bersahabat sedikit sih.. nah,di rekomen sih ganti si kendall ini tiap 5000km, karena semi synthetic sdangkan fastron bs 10.000km.. apa bener gitu?
si kendall bisa pake jauh....wong TBN dia di atas 8 kok & antiwear total juga 1000 lebi

VI nya dia juga above 160 kalo ga salah (most 5W30 rata2 above 160)

pake 8000 - 9000 Km gpp, asal jangan lebi dr 10 bulanan aja

Mengenai interv. ganti oli :
Banyak orang juga yg merasa kalo mesin udah mulai kasar, lgs ga sabar utk ganti oli

dr pengamatan ane, kalo mesin jadi sedikit lebih kasar tapi tetap di situ (gak jadi lebih parah), maka oli tetap terus pake aja

Mesin kasar juga bisa dipengaruhi kualitas BBM

Kecuali mesin kasar dan dlm waktu dekat jadi tambah kasar en suara berisik banget ya ganti dah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Image
From ANKI 2GD-FTV manual book


Katanya akan masuk

:big_grin:
* Bukan ajakan Beli *
rappenwolf
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon May 12, 2014 3:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by rappenwolf »

suhu2..mau tny dong..oli spec dexos2 boleh digunakan di mesin bensin?
pemahaman saya selama ini, oli special made untuk diesel kadar antiwear nya lbh baik daripada oli brand sama tp spec bensin, salah kah pemahaman itu?
fyi, mobilnya crv gen 3 r20A, sehari jalan 15-20km an, selama ini coba macem2 oli..last one pake AMS Signature 0w20..mau coba total quartz ineo mc3 krna tergoda harganya..
many thanks untuk jawabannya..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Dari 0W20 mau pindah ke 5W30 ?

Ga salah ?

0W20 skg selain Honda / mazda / Toyota / M1, juga akan masuk Q8 - Formula Ultra

Byk pilihan
* Bukan ajakan Beli *
philosophie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by philosophie »

Om Turbo, saya kan pake ertiga, rekomendasi pake oli 5w-30 (SGO) - API SL > uda kyk oli jaman batu nih
kalau saya ganti oli mending gimana ya?
kalo di beres ada yang pnya wagon R 0w-20 API SM
atau saya ganti kendall tapi 10w-40 ya? Atau ada rekomendasi lain?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

philosophie wrote:Om Turbo, saya kan pake ertiga, rekomendasi pake oli 5w-30 (SGO) - API SL > uda kyk oli jaman batu nih
kalau saya ganti oli mending gimana ya?
kalo di beres ada yang pnya wagon R 0w-20 API SM
atau saya ganti kendall tapi 10w-40 ya? Atau ada rekomendasi lain?
Bukannya API SL itu better protection than API SM ya ?

Stay di 5W30 aja, cari yg API SL atau API SN......Kendall 5W30 yg semi synth boleh

Mesin flat tappet / solid rocker avoid SM
* Bukan ajakan Beli *
philosophie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by philosophie »

oh jadi harus SL langsung ke SN atau stay di SL aja ya? Karena alasan masih flat tapet itu?
klo naikin ke 10w-40 gmana om? pengaruhnya apa ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

philosophie wrote:oh jadi harus SL langsung ke SN atau stay di SL aja ya? Karena alasan masih flat tapet itu?
klo naikin ke 10w-40 gmana om? pengaruhnya apa ya?
berat atuh om

oli 10W40 cocoknya utk mesin bensin yg udah 12 tahun atau mesin bensin mobil pick up - angkut beban berat
* Bukan ajakan Beli *
rappenwolf
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon May 12, 2014 3:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by rappenwolf »

Turboman wrote:Dari 0W20 mau pindah ke 5W30 ?

Ga salah ?

0W20 skg selain Honda / mazda / Toyota / M1, juga akan masuk Q8 - Formula Ultra

Byk pilihan
Hehehehe..iya nih om..iseng aja..karena 0w20 serem2 harganya..klo yg OEM dl cm pernah nyoba epro gold aja sih..
honda epro gold sm mazda 0w20 itu sama2 blend idem*tsu ya?klo Toyota punya blend pertam*na?