
Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
ga papa lah grandsenic repeating safety driving msg di sm, supaya yang suka sruntulan juga baca 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
- Location: Surabaya
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
sucahyo wrote:Saya merasa aneh dengan berita soal Lamborgini nabrak:
http://kelanakota.suarasurabaya.net/new ... -di-ManyarPadahal setahu saya sistemnya canggih tapi mengapa masih bisa lepas kontrolMenurutnya, kecelakaan terjadi karena Lamborghini yang meluncur dari arah Jalan Kertajaya ini oleng ke kiri dan menabrak rombong STMJ di depan Samsat Manyar. "Belum tau olengnya kenapa," katanya.
...
Tidak ada sistem secanggih apapun yang bakal bisa mencegah mobil oleng dan menabrak selama orangnya masih pegang setir dan injak pedal.
http://www.alertdriving.com/home/fleet- ... -accidents
Makanya sekarang sedang pada riset bikin autonomous car.
http://www.sciencealert.com/driverless- ... ays-report
Code: Select all
opensource enthusiast.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Kok apatis banget. Banyak teknologi yang bisa membantu sopir, misalnya Ada mobil yang bisa mengerem otomatis kalau mau nabrak,
Mobil bertenaga besar punya sistem supaya tidak mudah selip dan out of control. kalau mau push to the limit pasti butuh sistem canggih lah.
masih butuh driver tapi menawarkan autonomous car? kontradiksi kayanya. yang jelas autonomous car sekarang juga masih butuh intervensi manusia
Mobil bertenaga besar punya sistem supaya tidak mudah selip dan out of control. kalau mau push to the limit pasti butuh sistem canggih lah.
masih butuh driver tapi menawarkan autonomous car? kontradiksi kayanya. yang jelas autonomous car sekarang juga masih butuh intervensi manusia
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Pertanyaan saya : siapa anda kok langsung men-judge dari baca berita? Liat TKP langsung gak?
Lagian mobil F1 atau NASCAR yang safety standard nya ketat saja masih bisa oleng apalagi mobil jalan raya.
Driving aids sebanyak apapun kalo yang nyetir gak pinter ya tetep aja nabrak. Driving aids bukan pembenaran untuk lalu kebut-kebutan mentang-mentang ada ABS ESP TCS dan kroco-kroconya. Driving aids itu meminimalisir resiko, dan driving aids akan sangat membantu kalo yang nyetir juga bener.
Pelajarannya yang harus diambil : ngebut pake supercar aja bahaya, apalagi pake LCGC.
Lagian mobil F1 atau NASCAR yang safety standard nya ketat saja masih bisa oleng apalagi mobil jalan raya.
Driving aids sebanyak apapun kalo yang nyetir gak pinter ya tetep aja nabrak. Driving aids bukan pembenaran untuk lalu kebut-kebutan mentang-mentang ada ABS ESP TCS dan kroco-kroconya. Driving aids itu meminimalisir resiko, dan driving aids akan sangat membantu kalo yang nyetir juga bener.
Pelajarannya yang harus diambil : ngebut pake supercar aja bahaya, apalagi pake LCGC.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
memang sebaiknya tidak langsung menjudge begitu baca berita sensitif. membeli lamborghini (asal legal) itu tidak melanggar hukum. mengemudikan lamborghini (asal sesuai aturan) juga tidak melanggar hukum. dan mengemudikan mobil apapun (asal dengan benar) trus gak sengaja nabrak orang itu musibah yang bisa terjadi pada siapa saja. bisa pada pengemudi lamborghini kmaren, bisa saya pake avanza, bisa om TS pake ayla, atau siapa saja. mungkin sebagian kita juga pernah mengalami musibah di jalan tanpa disengaja, entah ringan atau berat, entah jadi korban atau pelaku.
tadi saya baca salah satu artikel berita katanya setelah kecelakaan pengemudi sempat menyalami korban (entah benar ato tidak saya cuma baca berita), n di berita lain keluarga pengemudi juga menawarkan damai dengan bersedia menanggung biaya meski keluarga korban belum terima.
mungkin sebagian orang merasa kurang fair krn dianggap ringan bagi keluarga kaya raya, tpi saya anggap artinya masih ada sikap gentle dan ada iktikad baik (sekali lagi, saya cuma bisa baca beberapa artikel berita).
bandingkan dengan kasus abege yg dengan sengaja menabrak siswi sma pake honda jazz di sidoarjo (sampe organ kewanitaannya rusak permanen) kmudian kabur, atau dulu sekali ada kasus abege yang ngebut di jalan depan poltek its kmudian nabrak mahasiswi its sampe meninggal trus yang pertama dia perhatikan mobilnya yang rusak, bukan mahasiswi yang terkapar di jalan.
maap bukan bermaksud membela pengemudi atau tidak simpati pada korban, hanya saja rasa2nya sebagian orang terlalu cepat menjudge. apalagi subjeknya memang sensitif (mobil mewah, pengemudi wni keturunan).
termasuk juga cepat menjudge bahwa sebuah jenis mobil mewah ada defectnya.
saya pernah naik sepeda motor kecepatan sedang (~60 kpj) tiba2 ban depan sobek kena paku di jalan dan saya hilang kendali kemudian nyenggol pemotor lain. seandainya pemotor yg saya senggol jatuh kemudian meninggal tentu saya keberatan jika dipidanakan krn saya dalam kondisi sadar penuh, taat aturan, tapi pure terkena musibah.
kalo memang terbukti pengemudi bersalah (mis: ugal2an melanggar aturan / skill nyetir belum layak jalan / di bawah pengaruh miras atau narkoba) memang mungkin termasuk pidana. tapi kalo pengemudi jalan sesuai aturan trus kena musibah ya mau bagaimana lagi. tapi apapun itu sebaiknya tetap diselesaikan dengan baik, termasuk memberi santunan kepada keluarga korban terlebih keluarga pengemudi termasuk keluarga mampu.
tadi saya baca salah satu artikel berita katanya setelah kecelakaan pengemudi sempat menyalami korban (entah benar ato tidak saya cuma baca berita), n di berita lain keluarga pengemudi juga menawarkan damai dengan bersedia menanggung biaya meski keluarga korban belum terima.
mungkin sebagian orang merasa kurang fair krn dianggap ringan bagi keluarga kaya raya, tpi saya anggap artinya masih ada sikap gentle dan ada iktikad baik (sekali lagi, saya cuma bisa baca beberapa artikel berita).
bandingkan dengan kasus abege yg dengan sengaja menabrak siswi sma pake honda jazz di sidoarjo (sampe organ kewanitaannya rusak permanen) kmudian kabur, atau dulu sekali ada kasus abege yang ngebut di jalan depan poltek its kmudian nabrak mahasiswi its sampe meninggal trus yang pertama dia perhatikan mobilnya yang rusak, bukan mahasiswi yang terkapar di jalan.
maap bukan bermaksud membela pengemudi atau tidak simpati pada korban, hanya saja rasa2nya sebagian orang terlalu cepat menjudge. apalagi subjeknya memang sensitif (mobil mewah, pengemudi wni keturunan).
termasuk juga cepat menjudge bahwa sebuah jenis mobil mewah ada defectnya.
saya pernah naik sepeda motor kecepatan sedang (~60 kpj) tiba2 ban depan sobek kena paku di jalan dan saya hilang kendali kemudian nyenggol pemotor lain. seandainya pemotor yg saya senggol jatuh kemudian meninggal tentu saya keberatan jika dipidanakan krn saya dalam kondisi sadar penuh, taat aturan, tapi pure terkena musibah.
kalo memang terbukti pengemudi bersalah (mis: ugal2an melanggar aturan / skill nyetir belum layak jalan / di bawah pengaruh miras atau narkoba) memang mungkin termasuk pidana. tapi kalo pengemudi jalan sesuai aturan trus kena musibah ya mau bagaimana lagi. tapi apapun itu sebaiknya tetap diselesaikan dengan baik, termasuk memberi santunan kepada keluarga korban terlebih keluarga pengemudi termasuk keluarga mampu.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38
Re: RE: Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Setuju...ngebut pake lambo aja bahaya apalagi pake ayla.ChZ wrote:Pertanyaan saya : siapa anda kok langsung men-judge dari baca berita? Liat TKP langsung gak?
Lagian mobil F1 atau NASCAR yang safety standard nya ketat saja masih bisa oleng apalagi mobil jalan raya.
Driving aids sebanyak apapun kalo yang nyetir gak pinter ya tetep aja nabrak. Driving aids bukan pembenaran untuk lalu kebut-kebutan mentang-mentang ada ABS ESP TCS dan kroco-kroconya. Driving aids itu meminimalisir resiko, dan driving aids akan sangat membantu kalo yang nyetir juga bener.
Pelajarannya yang harus diambil : ngebut pake supercar aja bahaya, apalagi pake LCGC.
Kyknya threadnya sengaja dibuat utk bandingin lambo vs ayla klo ngebut...60kpj ke 80kpj brp detikan
Jelas lbh ok ayla lha dgn bodi kecil, ban kecil ayla lbh cepat, stabil, aman dan nyaman.
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
paling mudah menjudge apalagi sendiri tidak mampu ...
anda naik motor kalo nyenggol mobil , brenti atau tancap gas? jawab sendiri saja
atau malah pura2 jatuh terkilir minta uang kerohiman?
atau kalo tertangkap disuruh ganti rugi , alasan miskin / kere? jawab sendiri saja
tidak perlu di forum
ini tidak ditujukan kesiapapun
anda naik motor kalo nyenggol mobil , brenti atau tancap gas? jawab sendiri saja
atau malah pura2 jatuh terkilir minta uang kerohiman?
atau kalo tertangkap disuruh ganti rugi , alasan miskin / kere? jawab sendiri saja
tidak perlu di forum
ini tidak ditujukan kesiapapun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
btw maap saya jadi oot. yang dibahas di trit kan mobilnya, bukan case tabrakan ato pelakunya 
*terbawa suasana setelah baca2 berita

*terbawa suasana setelah baca2 berita
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Ya kembali ke mental masing2 aja sih menurut saya...
Itu yg koar2 di medsos bilang mentang2 orang kaya blablabla, saya ga yakin dia akan 'lurus' hidupnya, selurus caciannya skrg ketika diberi kekayaan/posisi yang sama seperti orang2 yg kebetulan beruntung punya kekayaan seperti itu.
Yah menurut saya sih, namanya kecelakaan ga ada yang minta ya, dia juga ga gila mobil ditabrakin ke orang2..hahahaha
Saya ga paham sih supercar macam gitu, nyoba aja belom pernah...cuma dulu temen saya pake murci, kasusnya sama, setir ngunci dia nyungsep (kecelakaan tunggal), masuk koran juga...apa iya cacat produk dari lambo? CMIIW
Itu yg koar2 di medsos bilang mentang2 orang kaya blablabla, saya ga yakin dia akan 'lurus' hidupnya, selurus caciannya skrg ketika diberi kekayaan/posisi yang sama seperti orang2 yg kebetulan beruntung punya kekayaan seperti itu.
Yah menurut saya sih, namanya kecelakaan ga ada yang minta ya, dia juga ga gila mobil ditabrakin ke orang2..hahahaha
Saya ga paham sih supercar macam gitu, nyoba aja belom pernah...cuma dulu temen saya pake murci, kasusnya sama, setir ngunci dia nyungsep (kecelakaan tunggal), masuk koran juga...apa iya cacat produk dari lambo? CMIIW
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Terlalu banyak hal tidak diketahui dalam kasus ini. Adanya hanya spekulasi, murni spekulasi, tidak ada basis ilmiahnya.
Kalau mau diskusi soal stability control, traction control, dan electronic nannies lainnya mending bikin thread terpisah.
Kalau mau diskusi soal stability control, traction control, dan electronic nannies lainnya mending bikin thread terpisah.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
ha ha ha ha
pertanyaan spt thread title.bgini bagusnya maju ke lambo dlm bentuk motion (gugatan)
dulu kalo sy tanya yg bgini ... selalu sy hanya dapat muka muka tegang ... yg kluar ruangan duluan biasanya calon calon kalah
kalo tdk kluar u cek irregular heartbeat atau minum.obat anti ini anti itu atau ... tdk lama pasti ada suara ambulans datang
sy tdk pernah baca atau dengar apa yg mrk omong .. tapi fikiran n logic n mata sy pasti terbuka bgt mrk.pasti bicara angka ... n pasti mrk bicara angka ... itu bottom line u sy ... u org lain sy tdk fikir
pertanyaan spt thread title.bgini bagusnya maju ke lambo dlm bentuk motion (gugatan)
dulu kalo sy tanya yg bgini ... selalu sy hanya dapat muka muka tegang ... yg kluar ruangan duluan biasanya calon calon kalah
kalo tdk kluar u cek irregular heartbeat atau minum.obat anti ini anti itu atau ... tdk lama pasti ada suara ambulans datang
sy tdk pernah baca atau dengar apa yg mrk omong .. tapi fikiran n logic n mata sy pasti terbuka bgt mrk.pasti bicara angka ... n pasti mrk bicara angka ... itu bottom line u sy ... u org lain sy tdk fikir
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Maaf juga om vanzmatic,, klo saya kelewat serius, he he.. khawatir ada ababil yg baca trus ikut2an kebut-kebutan. Sepertinya saya melewatkan "sinetron" yg dimaksud.. baguslah klo ternyata bukan om vanzmatic yg reckless driving, titip pesen aja buat pemuja mprit tsb. Peace.VanzMatic wrote:Om grandscenic ciyus amad.... pasti om kelewatan yaaa sesi "tayangan sinetron" yg pekan lalu sedang jadi trendingtopic di SM? Kalo engga kelewat baca, pasti om grandscenic tau siapa pemuja berhala mprit tersebut, oom...
Hehehehe....
Ya maaf ya oom kalau satyre saya menimbulkan salah paham siapa yg saya maksud, oom.. ^_^

Etme Bulma Dünyası
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
jadi inget pernah nonton video ini.. cuma karna TSC off bisa menyebabkan kecelakaan fatal.. memang kalau mobil semi dan super car keatas dengan driver 'biasa' dan public road, gausah aneh aneh sih.. toh reviewer kelas dunia kayak top gear or chris harris aja klo udah di public road tsc slalu on..
*mkanya klo baca review madcatz yang doyan tsc di off in kadang kadang suka serem juga,, hehe,, smoga slalu bertanggung jawab ya om
*mkanya klo baca review madcatz yang doyan tsc di off in kadang kadang suka serem juga,, hehe,, smoga slalu bertanggung jawab ya om

-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Harus diingat Gallardo itu mobil yang mencapai 100 km/h hanya dalam sekedipan mata saja. Sedikit kesalahan dari pengemudi bisa berakibat fatal.
Saya pernah bawa McLaren 650S yang katanya supercar paling "newbie-friendly" saja sudah ngeri ngerasain 0-100 km/h dalam 3 detik, dengan semua driving aids on. In public road jalan 120 km/h kondisi bergelombang. Itu saya justru ngeri ngeremnya kalo lagi asik ngebut tiba-tiba ada motor nyelonong... Mau dibilang remnya carbon ceramic yang sangat pakem pun tetep aja ngeri karena jalannya gak mulus.
Di mobil-mobil "kacangan" mungkin kita masih sempet nyetir sambil pegang hape balesin LINE atau BBM dari pacar atau telponan, di supercar? Not at all, kecuali pas macet. Supercar menuntut 100% awareness kita di jalan.
Saya pernah bawa McLaren 650S yang katanya supercar paling "newbie-friendly" saja sudah ngeri ngerasain 0-100 km/h dalam 3 detik, dengan semua driving aids on. In public road jalan 120 km/h kondisi bergelombang. Itu saya justru ngeri ngeremnya kalo lagi asik ngebut tiba-tiba ada motor nyelonong... Mau dibilang remnya carbon ceramic yang sangat pakem pun tetep aja ngeri karena jalannya gak mulus.
Di mobil-mobil "kacangan" mungkin kita masih sempet nyetir sambil pegang hape balesin LINE atau BBM dari pacar atau telponan, di supercar? Not at all, kecuali pas macet. Supercar menuntut 100% awareness kita di jalan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
fakta:
- mobil bertenaga besar rawan selip.
- jalan bumpy juga bikin traksi hilang.
realitas di F1, nggak ada yang sukses di tikungan sambil drifting.
di top gear nggak ada yang nyalip nya ugal-ugalan.
jadi dalam hal ini jelas2 drivernya lambo bermasalah.
- mobil bertenaga besar rawan selip.
- jalan bumpy juga bikin traksi hilang.
realitas di F1, nggak ada yang sukses di tikungan sambil drifting.
di top gear nggak ada yang nyalip nya ugal-ugalan.
jadi dalam hal ini jelas2 drivernya lambo bermasalah.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 291
- Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
sadis, apa sebegitu dasyatnya fitur tscFiz wrote:jadi inget pernah nonton video ini.. cuma karna TSC off bisa menyebabkan kecelakaan fatal.. memang kalau mobil semi dan super car keatas dengan driver 'biasa' dan public road, gausah aneh aneh sih.. toh reviewer kelas dunia kayak top gear or chris harris aja klo udah di public road tsc slalu on..
*mkanya klo baca review madcatz yang doyan tsc di off in kadang kadang suka serem juga,, hehe,, smoga slalu bertanggung jawab ya om![]()
btw itu untuk mobil bertenaga gede aja kan ya?
kalau Mobil 1500-2500 cc man tsc off effect nya ga akan sedasyat itu kali ya?
menurut saya pengemudi lambo bersalah kalau emang terbukti dia ngebut
masalahnya di undang2 jg bukannya ga boleh jualan di pinggir jalan ya?
indonesia oh indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Jd eling hati2 jg on/off tombol safety aids.
Mohon petunjuknya om2, di mbl2 harian kita yg sdh equipped esp/tcs, pd saat di on/off, perangkat system apa sj yg dilepas atopun dikontrol, serta maksud/efek/pengaruh pd saat esp/tcs tsb di off khan
biar makin familiar aware sm tombol2 tsb
Mohon petunjuknya om2, di mbl2 harian kita yg sdh equipped esp/tcs, pd saat di on/off, perangkat system apa sj yg dilepas atopun dikontrol, serta maksud/efek/pengaruh pd saat esp/tcs tsb di off khan

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
jaman dulu sy ada nissan GQ diesel lwb itu punya STABIcontrol unit (off/on)
mgkn itu awal mula track stability control jaman skrg meski yg di nissan itu lbh u offroad purpose
mgkn itu awal mula track stability control jaman skrg meski yg di nissan itu lbh u offroad purpose
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Nov 19, 2015 8:25
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
paling mudah, please pantau aja, liat resultnya, itu kenyataan pasti.
yang jelas kita mungkin bisa nalar apa yang terjadi,
tapi yg di Atas udah mau kehendaknya nanti seperti apa ya kita ikutin aja.
semuanya ada harga yang harus dibayar bis mati jadi tenang aja n relax,
jangan main hakim sendiri
yang jelas kita mungkin bisa nalar apa yang terjadi,
tapi yg di Atas udah mau kehendaknya nanti seperti apa ya kita ikutin aja.
semuanya ada harga yang harus dibayar bis mati jadi tenang aja n relax,
jangan main hakim sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Untuk soal keselamatan, mobil tersebut dikatakan jalan 100kpj. Kecepatan tersebut bisa dicapai oleh banyak mobil
Yang saya pikirkan:
- bila penyebabnya adalah sistem kendaraan, dengan sistem pembantu kontrol yang setara dengan mobil Rally (sering dibandingkan dengan punya subaru ataupun lancer evo), dan ternyata justru setir bisa terkunci, maka kasus ini membuktikan bahwa secanggih apapun sistem pembantu, masih ada celah / bug / bodohnya. Setahu saya sistem pembantu kontrol atau smart active suspenssion tidak diperbolehkan diterapkan di Nascar dan formula 1.
- Bila penyebabnya adalah kesalahan manusia, bila sistem ESP yang secanggih punya lamborgini saja tidak bisa membantu, maka tentunya mobil yang tidak ada ESPnya tentu jauh lebih berbahaya dan tidak layak untuk kebut kebutan. Walau mungkin disini diasumsi sebagai mobil layak dipakai kencang (yaris dan jazz), bisa jadi mobil pada kenyataannya tersebut tidak layak untuk dipakai kencang.
Banyak yang bilang mobilnya lebih aman karena sudah ada ABS dan air bag, padahal di belahan dunia lain mobil yang cuma menawarkan itu dibilang tidak aman.
http://www.toyota.astra.co.id/corporate ... k-atapnya/
Untuk referensi, saya mencoba cari info di website resmi toyota. Untuk yaris fitur keselamatan yang ada adalah ABS, brake assist dan electronic brake distribution. Agak aneh karena di fitur Yaris tidak disebutkan soal stability control. Sementara itu di Innova baru ada, dinamakan vehicle stability control. Contoh tipe lain yang di website resmi tidak mencantumkan stability control: Agya, Vios, Rush, dan Fortuner.
Di Honda pun kasus yang sama juga terjadi. BRV, Civic dan CRV disebutkan mempunyai fasilitas EPS + VSA, electric power steering dan vehicle stability assist. Tapi justru di model Jazz yang sering dianggap layak untuk dipakai kencang oleh masyarakat justru tidak disebutkan. HRV dan Mobilio juga sepertinya tidak menyediakan.
Kalau Mazda sepertinya terbalik, Mazda 2 menawarkan dynamic stability control dan traction control system. sementara MPVnya Mazda 8 tidak disebutkan.
http://i969.photobucket.com/albums/ae17 ... v108ja.jpg
http://i969.photobucket.com/albums/ae17 ... zux1cv.jpg
http://i969.photobucket.com/albums/ae17 ... c275ar.jpg
Yang saya pikirkan:
- bila penyebabnya adalah sistem kendaraan, dengan sistem pembantu kontrol yang setara dengan mobil Rally (sering dibandingkan dengan punya subaru ataupun lancer evo), dan ternyata justru setir bisa terkunci, maka kasus ini membuktikan bahwa secanggih apapun sistem pembantu, masih ada celah / bug / bodohnya. Setahu saya sistem pembantu kontrol atau smart active suspenssion tidak diperbolehkan diterapkan di Nascar dan formula 1.
- Bila penyebabnya adalah kesalahan manusia, bila sistem ESP yang secanggih punya lamborgini saja tidak bisa membantu, maka tentunya mobil yang tidak ada ESPnya tentu jauh lebih berbahaya dan tidak layak untuk kebut kebutan. Walau mungkin disini diasumsi sebagai mobil layak dipakai kencang (yaris dan jazz), bisa jadi mobil pada kenyataannya tersebut tidak layak untuk dipakai kencang.
Banyak yang bilang mobilnya lebih aman karena sudah ada ABS dan air bag, padahal di belahan dunia lain mobil yang cuma menawarkan itu dibilang tidak aman.
http://www.toyota.astra.co.id/corporate ... k-atapnya/
Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) mengumumkan bahwa Toyota Corolla dan Scion xB untuk kedua kalinya dalam dua tahun berturut-turut meraih penghargaan tertinggi, "Top Safety Pick".
Ini penghargaan yang sangat prestisius karena sulit dan jarang sekali mobil yang bisa memenuhi syarat untuk mendapatkannya. Syaratnya adalah mobil itu harus mendapat rating tertinggi 'good' pada uji tabrak depan, samping dan belakang dan terguling yang dilakukan IIHS. Syarat lainnya, mobil itu harus dilengkapi dengan electronic stability control.
Pengetesan IIHS tahun ini lebih ketat dari 2009 karena ada tambahan rollover test/ uji terguling, tapi itu menghentikan Corolla dan Scion xB untuk mendapatkan 'Top Safety Pick' kedua.
"Top Safety Pick berarti mobil itu bisa memberikan perlindungan terbaik dari kecelakaan yang umum terjadi kepada penumpangnya," kata Adrian Lund, President IIHS.
Untuk referensi, saya mencoba cari info di website resmi toyota. Untuk yaris fitur keselamatan yang ada adalah ABS, brake assist dan electronic brake distribution. Agak aneh karena di fitur Yaris tidak disebutkan soal stability control. Sementara itu di Innova baru ada, dinamakan vehicle stability control. Contoh tipe lain yang di website resmi tidak mencantumkan stability control: Agya, Vios, Rush, dan Fortuner.
Di Honda pun kasus yang sama juga terjadi. BRV, Civic dan CRV disebutkan mempunyai fasilitas EPS + VSA, electric power steering dan vehicle stability assist. Tapi justru di model Jazz yang sering dianggap layak untuk dipakai kencang oleh masyarakat justru tidak disebutkan. HRV dan Mobilio juga sepertinya tidak menyediakan.
Kalau Mazda sepertinya terbalik, Mazda 2 menawarkan dynamic stability control dan traction control system. sementara MPVnya Mazda 8 tidak disebutkan.
http://i969.photobucket.com/albums/ae17 ... v108ja.jpg
http://i969.photobucket.com/albums/ae17 ... zux1cv.jpg
http://i969.photobucket.com/albums/ae17 ... c275ar.jpg
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Memangnya masyarakat mana yang nganggep Yaris dan jazz layak dipake kencang2?
Yang ada sih yang nganggep Mprit bisa belok menghindar maut karena chasisnya yahud
Yang ada sih yang nganggep Mprit bisa belok menghindar maut karena chasisnya yahud
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Om cahyo ... sampeyan niku mbandhingaké opo tho ?sucahyo wrote:Untuk soal keselamatan, mobil tersebut dikatakan jalan 100kpj. Kecepatan tersebut bisa dicapai oleh banyak mobil
Yang saya pikirkan:
- bila penyebabnya adalah sistem kendaraan, dengan sistem pembantu kontrol yang setara dengan mobil Rally (sering dibandingkan dengan punya subaru ataupun lancer evo), dan ternyata justru setir bisa terkunci, maka kasus ini membuktikan bahwa secanggih apapun sistem pembantu, masih ada celah / bug / bodohnya. Setahu saya sistem pembantu kontrol atau smart active suspenssion tidak diperbolehkan diterapkan di Nascar dan formula 1.
- Bila penyebabnya adalah kesalahan manusia, bila sistem ESP yang secanggih punya lamborgini saja tidak bisa membantu, maka tentunya mobil yang tidak ada ESPnya tentu jauh lebih berbahaya dan tidak layak untuk kebut kebutan. Walau mungkin disini diasumsi sebagai mobil layak dipakai kencang (yaris dan jazz), bisa jadi mobil pada kenyataannya tersebut tidak layak untuk dipakai kencang.
Banyak yang bilang mobilnya lebih aman karena sudah ada ABS dan air bag, padahal di belahan dunia lain mobil yang cuma menawarkan itu dibilang tidak aman.
http://www.toyota.astra.co.id/corporate ... k-atapnya/Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) mengumumkan bahwa Toyota Corolla dan Scion xB untuk kedua kalinya dalam dua tahun berturut-turut meraih penghargaan tertinggi, "Top Safety Pick".
Ini penghargaan yang sangat prestisius karena sulit dan jarang sekali mobil yang bisa memenuhi syarat untuk mendapatkannya. Syaratnya adalah mobil itu harus mendapat rating tertinggi 'good' pada uji tabrak depan, samping dan belakang dan terguling yang dilakukan IIHS. Syarat lainnya, mobil itu harus dilengkapi dengan electronic stability control.
Pengetesan IIHS tahun ini lebih ketat dari 2009 karena ada tambahan rollover test/ uji terguling, tapi itu menghentikan Corolla dan Scion xB untuk mendapatkan 'Top Safety Pick' kedua.
"Top Safety Pick berarti mobil itu bisa memberikan perlindungan terbaik dari kecelakaan yang umum terjadi kepada penumpangnya," kata Adrian Lund, President IIHS.
Untuk referensi, saya mencoba cari info di website resmi toyota. Untuk yaris fitur keselamatan yang ada adalah ABS, brake assist dan electronic brake distribution. Agak aneh karena di fitur Yaris tidak disebutkan soal stability control. Sementara itu di Innova baru ada, dinamakan vehicle stability control. Contoh tipe lain yang di website resmi tidak mencantumkan stability control: Agya, Vios, Rush, dan Fortuner.
Di Honda pun kasus yang sama juga terjadi. BRV, Civic dan CRV disebutkan mempunyai fasilitas EPS + VSA, electric power steering dan vehicle stability assist. Tapi justru di model Jazz yang sering dianggap layak untuk dipakai kencang oleh masyarakat justru tidak disebutkan. HRV dan Mobilio juga sepertinya tidak menyediakan.
Kalau Mazda sepertinya terbalik, Mazda 2 menawarkan dynamic stability control dan traction control system. sementara MPVnya Mazda 8 tidak disebutkan.
http://i969.photobucket.com/albums/ae17 ... v108ja.jpg
http://i969.photobucket.com/albums/ae17 ... zux1cv.jpg
http://i969.photobucket.com/albums/ae17 ... c275ar.jpg

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
up up up up...sundul.... 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6213
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
TS nya belom pernah ngalamin yg namanya lari 110 terus selip seh gak bakalan ngerti........
intinya makin powernya gede makin sensitif sama yg namanya grip & aero loe remehin grip mobil loe selip, loe remehin aero mobil loe bisa lepas landas yg nolong cuma chasis bedanya, chasis jelek loe bisa rolling gelinding , chasis bagus meminimalisir resiko rolling dan ningkatin kontrol itu jg kalo cuma selip dan gak nabrak apa2x paling spin 360 derajad jd gasing, kalo lepas landas ud tinggal bedoa aja ditolong tuhan mendaratnya gimana....
gravitasi gak bisa dilawan bosss chasis bagus grip bagus, dan sistem itu cuma meminimalisir resiko aja...
intinya makin powernya gede makin sensitif sama yg namanya grip & aero loe remehin grip mobil loe selip, loe remehin aero mobil loe bisa lepas landas yg nolong cuma chasis bedanya, chasis jelek loe bisa rolling gelinding , chasis bagus meminimalisir resiko rolling dan ningkatin kontrol itu jg kalo cuma selip dan gak nabrak apa2x paling spin 360 derajad jd gasing, kalo lepas landas ud tinggal bedoa aja ditolong tuhan mendaratnya gimana....
gravitasi gak bisa dilawan bosss chasis bagus grip bagus, dan sistem itu cuma meminimalisir resiko aja...