Pertamax: 10.5 l/100km
Pertamax plus: 8.8 l/100km
Premium ga masuk soalnya ga boleh d manualnya

data pake mid d mobil. itu l/100km ya, bukan km/l

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
nah yg di bold tuh benefit dr pertamax, so kalau hitung jarak tempuh saja gak fair jg..r1409 wrote:di mirage ane, kerasa bedanya. pake pertamax FC lebih irit, di MID dapet sekitar 320-350km untuk premium 200rb = 27.027 liter (Rp 7400/liter). berarti 1:11.84-12.95 kpl.
kalo pake pertamax, dapet sekitar 360-380km untuk 250rb = 27.933 liter pertamax (Rp 8950/liter). Berarti 1:12.89-13.60 kpl.
secara volumetrik lebih irit, tapi secara total ongkos yang dikeluarkan, tidak.
untuk rupiah yang sama (Rp 200rb), premium ane bisa dapet 320-350km, sedangkan kalo pertamax cuma sekitar 300-320km. jadi secara ekonomi malah lebih boros.
tapi ada enaknya sih, performa lebih mantap, mesin juga pasti lebih bersih dan bebas ngelitik. tapi untuk long term ane rasa tetap lebih mahal, karena carbon clean pun cuma max 250rb untuk tempo 10rb km.
menarik juga bila untuk gigi dan kecepatan yang sama rpmnya bisa beda beda, mirip CVTmartinnn wrote:kia morning ogut pake
v power : gear 5 speed 100 kpj di 3000 rpm pas
premium : gear 5 speed 100 kpj 3500-3600 rpm![]()
seharusnya sih secara matematis, ga mungkin kalau dalam kecepatan konstan (nol akselerasi), dengan gear sama speed sama bisa beda rpm. karena itu hubungannya adalah dengan perhitungan rasio gear yang konstan pada gigi yang sama.sucahyo wrote:menarik juga bila untuk gigi dan kecepatan yang sama rpmnya bisa beda beda, mirip CVTmartinnn wrote:kia morning ogut pake
v power : gear 5 speed 100 kpj di 3000 rpm pas
premium : gear 5 speed 100 kpj 3500-3600 rpm![]()
yup, karena untuk mendapat rpm yang sama, butuh BBM yang lebih sedikit karena energi pertamax lebih besar.Mamang555 wrote:Pengalaman saya sih Pertamax memang lebih irit dari Premium, tapi itu kondisi saat bawa perjalanan ke luar kota (kurleb 900 km). Paling terasa apabila cruising di tol dan juga saat butuh tenaga untuk nyalib di kecepatan 80 kpj up.
Kalo pemakaian dalkot sih, rasanya sama2 aja. Ga lebih irit.
Pun demikian dengan make Shell Super. (Total blm pernah coba)
Belakangan mau isi Pertalite, tapi koq rasanya... nanggung amat. Selisih cuma 400 perak ketimbang Pertamax
Spt nya produk anda menarikbestautocare wrote: Banyak tipe aditif bensin, tapi selama ini sudah mempercayai beberapa produk import seperti Liquimoly, Red Line, tetapi terakhir mahal sekali, sekarang temu produk lebih lengkap paketnya dengan harga jauh lebih murah: PRIMO NITRORACE, cocok ditambahkan ke PREMIUM beroktan 88 supaya berenergi dan efektif seperti PERTAMAX / PLUS. Pembersihnya NITRORACE ini memakai aditif PEA (POLYETHER AMINE) paling top rontokkan karbon bandel di ruang bakar. Ada kandungan NITROPARAFFIN nya yang kabarnya sangat aktif mengatomisasi bahan bakar menjadi lebih sempurna, menyerap panas dan polaritas, juga menyuplai O2 (Oksigen) kedalam ruang bakar sehingga meningkatkan pembakaran sempurna di ruang bakar (Combustion Chamber) - (api biru dari hasil demo), tenaga berasa sekali meningkat, irit BBM, emisi CO2 berkurang drastis, kebutuhan akan Oktan tinggi pun berkurang, ada Aditif anti-friction sebagai lubrikasi luar biasa licin mengurangi gesekan piston sehingga tarikan mesin makin ringan dan maximum.
Jenis ini tidak mengandung MMT (dipakai pada kebanyakan aditif Oktan) yang berbahaya bagi Catalytic Converter pada mesin modern dan merusak lingkungan.
ane pengguna crv 2.4 jg suhu tp 2007, saya ngerasa mbl saya mbl saya yg udah dr lahir nenggak premium sampe odo 90k premium jd boros sangat ya terakhir 1:5.5 trus saya coba pertalite jg sama fuel coms nya tp lebih enteng, terakhir saya coba pertamax lumayan signifikan antara 1:6/1:7ChZ wrote:Dari pengalaman saya, ada beberapa mobil yang memang sangat sensitif kalau pake BBM busuk dan tidak... One of them is Honda.
Makanya banyak yang ngeluh CR-V borosnya gak masuk akal, Jazz borosnya gile kayak 2000cc, Civic kok haus banget ya...dst.
Jangankan premium deh, Pertalite aja kerasa kok lebih borosan dibanding Pertamax. CR-V 2.4 2014 saya minum Pertalite blakangan FCnya mentok juga 7.5 - 8. Pertamax pernah sampai 8.5.
Di mobil lain bedanya gak pernah se ekstrim itu.... Bedanya itungan nol koma.
Komen sy buat fc ipah om: coba kaki kanannya dikendaliin haha... sy jg pke ipah at non euro... dlu prnah cb pke p+ itu fcnya 1:8 hmpr 9.. (seting potensio bawaan owner seblmnya)ariesto wrote:Klo di ANGL CVT mutlak hrs bensin ron 90 keatas, sangat terasa di tarikan, FC dan ngelitik. Deviasi di MID nya cukup besar mnrt nubi compare to full to full method sktr 0,9 km/l (jkt-bdg-jkt di MID 14,2 km/l, f to f cm 13,3 km/l kerang super)
utk di ipah V a/t non-euro klo pake bensin ron 90 keatas fc malah lbh boros cm beda di vibration mesin yg lbh smooth, tarikan hampir ga ada beda. Mnrt nubi ipah MID nya bs dibilang sangat akurat krn deviasi hanya <0,2 km/l (daily driven dalkot 1 mggu MID reading 1:7,4, f to f nya 1:7,26 premium polos).
skrg nubi pake ipah euro G a/t 09 (no MID) klo pk bensin >ron 90 fc lbh boros jg hanya ga ngelitik dan smoother vibration tarikan hampir ga ada beda. fc daily driven dalkot 1 mggu f to f method 1:7,3 premium polos.