Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by daftar »

kalo pake ertiga buat antar jemput apa nggak aga susah akses baris ke-3nya nanti om karena row-2 gak bisa dilipat kayak avxen, tapi karena anak kecil mungkin juga bisa mudah2 aja nyelip2nya. pastinya nanti anak2 rebutan bangku row-2 karena lebih luas & keluar masuk lebih gampang.
:ngacir:
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by djia »

kalo pendapat saya untuk kebutuhan angkutan shuttle yang mengutamakan akomodasi (meski utk anak2, apalagi anak2 sekarang banyak yg gede2) prefer evalia atau avxen yg dalemannya luas buat penumpang. daleman avxen terasa lega dibanding ertiga or livina. n payload sprtinya juga lebih besar, bawa banyak2 orang ga begitu kuatir. kalo livina ato ertiga dimuati banyak orang kalo diliat dari luar rasa2nya bannya seperti mau gasruk bodi.

kalo utk dipake sendiri ato keluarga kecil (3 - 4 orang) prefer ertiga yg lebih nyaman dari avxen.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by alvin23 »

DOHC wrote: ud banyak koq sharing ttg kaki2 lipina di forum ini, dan angka duit servis nya jg pada fantastis... bukan nya black campaign tp fakta.. bole cek ke toko spareparts, bengkel2 resmi dan non resmi...
yoi om dohc... yang kayak gini justru biasanya keluar dari user bukan majalah hahaha..
intinya sih, saya sebagai user merasa, maintenance cost dibanding kenyamanan yg didapat masih kurang worth...

kebetulan mobil ane satunya captiva, servis juga rada2 tuh :big_slap: , tapi yaa, sebanding ama yg didapat
kami cuma mencegah orang jatuh ke lubang yang sama :big_smile]

ga heran ANGL sekarang penjualannya loyo banget
Rocky R ADS CVT 2021
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by DOHC »

harga spare parts nya sebenernya ga paling mahal... malah masi mahal parts kaki2 nya jazz ge8...

yg bkin mahal justru ketahanan nya... 2-3 taon jebol... dan konyol nya lg, kl rusak tuh kaya rusak berjamaah... ganti satu ga lama yg lain ngikut... ujung2 nya ganti total... makanya ga heran kl bawa ke beres suruh estimasi rusak nya, angka nya bsa fantastis... kcuali ente tipikal putri keraton dpingit style nyetir nya... plus rute jalanan nya tiap hari jalanan super mulus, dan ente nyetir sendiri mulu.... ad kmungkinan awet tuh kaki2..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by DOHC »

btw, blm lama ane ad ngobrol ama pedege spare parts batu makam...

konon evalia (sedikit) lebi mending utk urusan kaki2 dbanding lipina, march, dkk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by solar_kerosen »

gue pernah beli mau beli coolant di delaer daihatsu , gue tanya berapa harganya GILA jawabnya , 100 ribu pak ! buset itu air colant apa milk shake strawberry 5L . gue bilang saya beli megacool cuma 25 ribu aja :wkkk: :wkkk: :wkkk: mending mobilnya harga 600 jutaan kaya accord atau camry V6 masih enak dengarnya lah ini luxio,terios,t4i xenia dikasih air semahal gitu ,air keran juga udah cukup kale ...... :e-doh:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

@daftar: iya sih, memang sempit. itulah sebabnya ane lebih condong ke avxen daripada r3.

@djia: betul, awalnya berpikir seperti itu. tapi setelah berpikir lebih panjang lagi, ini penumpang baris ketiga cuma duduk sebentar saja, ga sampe 1 jam. lagipula setelah penumpang row 3 turun 1 orang, udah lega deh spacing row 3. makanya agak kurang proporsional juga kalo lebih mengutamakan akomodasi baris ketiga daripada pemakaian keluarga, karena itu boxy MPV macem evalia akhirnya ane coret.

@dohc: cuma "sedikit" ya? berarti masih termasuk mahal... dan kalo liat suspensi belakang evalia yg masih pake per daun, sepertinya kaki yg sering jajan adalah kaki depan?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by DOHC »

@ TS : betul om, rata2 yg kena adalah kaki2 depan... bahkan utk kaki2 blakang relatif ckup robust... termasuk utk kelas lipina families skalipun... bearing bawaan kl ga salah ane perna dikasi tau ama montir beres masi koyo atau ntn japan... lupa ane...

yah kl mau jadi kuda beban, kayanya tetep duo toyodai masi jd pilihan yg masuk akal bagi ane... robust, spare parts availability, ama price nya itu sulit di tandingin... dan yg ane coba sehh great grand new apanja ud lebi enak dinaekin nya ktimbang apanja gen awal.. jd musti nya xenia jg mirip2 sehh..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
kariage
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Sun Mar 17, 2013 2:42
Location: PT. Honnyara

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by kariage »

Kalau sebagai penumpang ane lebih nyaman naik luxio, kalau evalia blm pernah naik.
dan apa memang luxio terlalu tinggi sampai nyangkut diportal?
kalau untuk limbung, asal ngga ngebut2 juga ga begitu limbung. lagian jasa antar jemput sebisa mungkin mengedepankan nyaman dan aman dalam berkendara.
Image
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

@kariage: iya betul, tentu dong luxio lebih oke dari evalia soal space penumpang. tapi penumpang kan ga duduk disana all the time, apalagi buat anter jemput sekolah cuma duduk sebentar aja. harus mikirin kenyamanan row 1 juga dimana ane nyetir sendiri pake mobil ini all the time kemana-mana, dan ketika ga buat anter jemput pun ini mobil bakalan dipake berdua sama istri. jadi legroom row 1 yg sempit itu adalah a big NO buat luxio, terlepas dari tingginya. soal safety juga, luxio itu mesin dibawah, jelas lebih aman yang bonnet, lebih terlindung dari tabrakan depan.

@dohc: iya sih, sementara ane lebih condong ke avxen. tapi budjetnya cuma dapet yg manual, sementara kalo bisa pengen yg matic. kalo beli seken, ane ga mampu beli cash, sementara kalo kredit rugi karena bunga kredit jauh lebih tinggi mobil seken daripada baru..

EDIT: btw, katanya GN avxen maticnya lemot banget yah? berarti makin boros dong maticnya?
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

lagi mikir2 mobilio.

walaupun sebetulnya ane rada2 ilfil liat interiornya, sepertinya ane akan bisa berkompromi kalau ternyata pemakaian dan costnya lebih baik. toh dashboard cuma perlu penyesuaian aja, dan jok bisa diakali.

antara mobilio kalo dibanding dengan GNXenia gimana ya? soalnya denger2 mobilio irit banget. dan ane udah ngerasain sendiri halus dan iritnya CVT mirage, jadi mobilio CVT harusnya lebih irit lagi daripada GNXenia A/T yg masih pake matic konvensional, apalagi denger2 tarikan GNXenia matic lelet.

soal kenyamanan gimana? biarpun jok GNXenia lebih tebal dan ada improvement di suspensi, tapi denger2 katanya masih enakan mobilio.
lalu soal cost of ownershipnya gimana ya? apakah perawatan mobilio mahal? durability parts nya juga, apakah termasuk kuat, atau ringkih?

lalu lebih worth mana, tipe S CVT atau E CVT?
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by djia »

r1409 wrote:lagi mikir2 mobilio.

walaupun sebetulnya ane rada2 ilfil liat interiornya, sepertinya ane akan bisa berkompromi kalau ternyata pemakaian dan costnya lebih baik. toh dashboard cuma perlu penyesuaian aja, dan jok bisa diakali.

antara mobilio kalo dibanding dengan GNXenia gimana ya? soalnya denger2 mobilio irit banget. dan ane udah ngerasain sendiri halus dan iritnya CVT mirage, jadi mobilio CVT harusnya lebih irit lagi daripada GNXenia A/T yg masih pake matic konvensional, apalagi denger2 tarikan GNXenia matic lelet.

soal kenyamanan gimana? biarpun jok GNXenia lebih tebal dan ada improvement di suspensi, tapi denger2 katanya masih enakan mobilio.
lalu soal cost of ownershipnya gimana ya? apakah perawatan mobilio mahal? durability parts nya juga, apakah termasuk kuat, atau ringkih?

lalu lebih worth mana, tipe S CVT atau E CVT?
antara keduanya saya pilih mobilio. bodyroll lebih minim, matic lebih halus, tenaga lebih besar, suspensi lebih empuk.
cost ownership so-so. di buku resmi avxen servis n ganti oli itu anjurannya per 10rb km, meskipun banyak yg ganti oli di kelipatan 5rb. kalo mobilio anjurannya memang ganti oli 5rb, servis 10rb km. n olinya lebih mahal. intinya, servis n ganti oli mobilio mungkin lebih mahal, tapi konsumsi bensin lebih murah, n bakal terasa signifikan rupiahnya setelah terakumulasi 10rb km, 20rb km, dst.
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by dogar »

djia wrote:
r1409 wrote:lagi mikir2 mobilio.

walaupun sebetulnya ane rada2 ilfil liat interiornya, sepertinya ane akan bisa berkompromi kalau ternyata pemakaian dan costnya lebih baik. toh dashboard cuma perlu penyesuaian aja, dan jok bisa diakali.

antara mobilio kalo dibanding dengan GNXenia gimana ya? soalnya denger2 mobilio irit banget. dan ane udah ngerasain sendiri halus dan iritnya CVT mirage, jadi mobilio CVT harusnya lebih irit lagi daripada GNXenia A/T yg masih pake matic konvensional, apalagi denger2 tarikan GNXenia matic lelet.

soal kenyamanan gimana? biarpun jok GNXenia lebih tebal dan ada improvement di suspensi, tapi denger2 katanya masih enakan mobilio.
lalu soal cost of ownershipnya gimana ya? apakah perawatan mobilio mahal? durability parts nya juga, apakah termasuk kuat, atau ringkih?

lalu lebih worth mana, tipe S CVT atau E CVT?
antara keduanya saya pilih mobilio. bodyroll lebih minim, matic lebih halus, tenaga lebih besar, suspensi lebih empuk.
cost ownership so-so. di buku resmi avxen servis n ganti oli itu anjurannya per 10rb km, meskipun banyak yg ganti oli di kelipatan 5rb. kalo mobilio anjurannya memang ganti oli 5rb, servis 10rb km. n olinya lebih mahal. intinya, servis n ganti oli mobilio mungkin lebih mahal, tapi konsumsi bensin lebih murah, n bakal terasa signifikan rupiahnya setelah terakumulasi 10rb km, 20rb km, dst.
Di manual book Mobilio ganti olinya tiap 10k km koq. Kalo ada bengkel yg nulis di kartu service biar balik lagi tiap 5k km itu akal2an bengkel
aja biar kita lebih sering beli oli ke dia. Percayalah, saya pernah kerja di industri otomotif dan tau persis akal2an bengkel model begini.
Memang SA nya suka bilang "tergantung pemakaiannya gimana, sering macet atau ngga.. bla bla ..". Ngga usah didengerin deh. RTFM (Read The F**** Manual) aja :D.
Semua mobil yg saya beli dari baru tidak pernah ganti oli di 5k km, selalu deket2 di 10k km, dan sudah terbukti tidak pernah ada masalah.
Yang penting konsisten pake 1 merk oli mesin jangan gonta ganti. Karena kalo gonta ganti ada potensi chemical compound nya ngerusak seal2
dan malah jadi masalah ke mesin.
Untuk oli matic nya tiap 100k km (sekitaran 5 thn pemakaian normal).

Kalau bicara kenyamanan sih jauh bener antara AxVen dan Mobilio, lebih nyaman Mobilio ke mana2.
Untuk suspensi aja, coba liat deh AxVen di tol saat melalui jalan yg agak bergelombang, masih goyang inul tuh naik turun, padahal AxVen baru (bukan yg terbaru tapinya, soalnya belum liat AxVen terbaru di tol sih).
Raungan mesin juga jauh lebih halus Mobilio di RPM yg sama.
Gearbox matic AxVen saya ngga tau sama dgn yg di Yaris atau ngga, kalo sama sih ya lumayan enak, sangat responsif dan bandel.
Tapi soal keiritan mah geared matic ngga bisa ngalahin CVT deh.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

@dogar, djia: thanks masukannya. masuk pertimbangan, walaupun agak sulit karena masih overbudget walaupun yang bekas. apalagi pinginnya yg cvt :D

lagi mempertimbangkan ulang panther bekas, mobil yg terkenal superbandel dan irit. masih mencari trik menangkal parahnya asap emisinya..
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by dogar »

r1409 wrote:@dogar, djia: thanks masukannya. masuk pertimbangan, walaupun agak sulit karena masih overbudget walaupun yang bekas. apalagi pinginnya yg cvt :D

lagi mempertimbangkan ulang panther bekas, mobil yg terkenal superbandel dan irit. masih mencari trik menangkal parahnya asap emisinya..
Saya ngga tau teknologi mesin diesel di mobil sekarang kayak gimana, tapi dulu sih pernah pake panther dan taft, suka direpotkan
dgn ritual "buang air" dan "buang angin" (hehe) pas mesinnya ngadat ngga mau hidup. Dan ini dianggap 'lumrah' buat para pemilik mobil diesel.
Ritual yang beginian akan merepotkan buat yg ngga biasa buka kap motor buat mompa air/angin secara manual.
Entah di sedan lux macem BMW atau Mercy ya, tapi di mobil modern kayak Fortuner pun rasanya masih ada tuh upacara buang air dari filter solarnya, ngga tau kalo buang anginnya.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

@dogar: panther masih pake diesel konvensional kok, belum commonrail. jadi ya masih sama aja teknologinya. dulu bokap juga pernah punya panther, jadi sedikit banyak udah pernah ngerasain.

soal buang angin, ane dulu pernah dibilangin kalo mesin diesel jangan sampe kehabisan solar, bahkan jangan sampe solar di tangki terlalu sedikit. karena fuel pump nya jadi nyedot udara juga, jadi masuk angin. apa ini ya yg membuat kasus "buang angin" ini?
kalo buang air, malah ane belum pernah denger...
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by dogar »

r1409 wrote:@dogar: panther masih pake diesel konvensional kok, belum commonrail. jadi ya masih sama aja teknologinya. dulu bokap juga pernah punya panther, jadi sedikit banyak udah pernah ngerasain.

soal buang angin, ane dulu pernah dibilangin kalo mesin diesel jangan sampe kehabisan solar, bahkan jangan sampe solar di tangki terlalu sedikit. karena fuel pump nya jadi nyedot udara juga, jadi masuk angin. apa ini ya yg membuat kasus "buang angin" ini?
kalo buang air, malah ane belum pernah denger...
Betul, injektor mesin diesel rawan mampet oleh 'angin' yg penyebabnya selain yg disebutkan itu juga karena water sedimenter udah penuh air.
Ritual buang air ternyata masih ada di Innova dan Fortuner diesel sekarang.
Kalau udah biasa bawa mobil diesel sih kayaknya ngga masalah.

http://otomotifnet.com/Mobil/Tips/Yuk-B ... lter-Solar
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

abis googling soal panther.

mending mana ya, antara GNXenia baru dan panther LS/LV bekas taun 2011an?

GNXenia R std M/T di surabaya bisa dapet 165jt, kalo panther LS/LV bekas 2010/11 harga 140-150an belum termasuk BBN dan perbaikan. kalo sudah include, jatuhnya sama aja, kurang lebih mirip.

kalo GNXenia, udah pasti garansi 5 taun pertama dan mostly troublefree, dapet peace of mind ala mobil baru.
kalo panther seken, dapetnya barang mantep, beda kelas lebih tinggi. tapi barang bekas, agak ragu juga dengan umur parts2 yg ada..
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

oke, kayaknya ane mantep ambil panther bekas, setelah memikirkan pertimbangan cost, reliability dan kemudahan perawatan.
karena mobil ini nantinya adalah senjata perang utama untuk kerjaan, maka mobil harus sebisa mungkin memiliki downtime yang sangat rendah, dan andaikata mogok pun harus mudah dan cepat diperbaiki. dalam hal ini, ga ada yg bisa ngalahin panther. iritnya juga setelah dihitung jauh lebih irit daripada GNXenia, karena faktor selisih harga premium vs solar dan FC dikalikan dengan estimasi jarak tempuh dalam 5 tahun.

pilihan jatuh pada model kapsul dengan turbo, taun 2008 keatas untuk varian LM/smart/LV atau 2006 keatas untuk varian LS. budjet max 150jt, ditekan sebanyak mungkin untuk BBN dan revitalisasi mobil.

nah yg ane tanyakan, double blower hanya ada di varian LS. apakah untuk LV dan smart/LM perlu double blower? berhubung katanya AC panther kan dingin banget... dulu pernah punya hi-sporty memang duingin. apakah dinginnya cukup sampai baris ketiga apabila arah angin AC diarahkan ke atas?

lalu untuk taun segitu, apa semuanya sudah power window di keempat jendela?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by DOHC »

panther mahh mau kotak atau kapsul... ac nya sama2 punya settingan sedingin freezer... beda single ama dobel nyaris ga beda jauh, plg bedany yg dobel lebi cepet dingin.. tp kl sabar, yg single jg mampu dinginin ampe row 3...

kl yg taon 2008 ke atas, seinget ane LV LS ud full power window dehh.. LM ane lupa, kl yg smart kayanya yg blm...

kl ngangkat panther malah mnurut ane mending concern ke restorasi kaki2... lgs full restorasi total kaki2... siapin budget 5-6 jt jg ud more than enough...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

@dohc: ow, sip deh. berhubung yg pake sampe row 3 adalah penumpang anjem yg masuk mobil dalam keadaan interior yg sudah dingin (jelas aja kan ane bawa dulu), kalo gitu faktor double blower bisa dikesampingkan.

bedanya LS dan LV cuma beda double blower aja kah? yg ane liat2 di beberapa web jualan mobkas, yg LS interiornya two-tone black-beige, yg LS full black. suka yg full black gitu sih, beige terang gitu bikin gampang kotor..

kalo beda LV dan smart/LM, cuma di foglamp, power window dan speaker aja?
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by psiturism »

r1409 wrote:oke, kayaknya ane mantep ambil panther bekas, setelah memikirkan pertimbangan cost, reliability dan kemudahan perawatan.
karena mobil ini nantinya adalah senjata perang utama untuk kerjaan, maka mobil harus sebisa mungkin memiliki downtime yang sangat rendah, dan andaikata mogok pun harus mudah dan cepat diperbaiki. dalam hal ini, ga ada yg bisa ngalahin panther. iritnya juga setelah dihitung jauh lebih irit daripada GNXenia, karena faktor selisih harga premium vs solar dan FC dikalikan dengan estimasi jarak tempuh dalam 5 tahun.

pilihan jatuh pada model kapsul dengan turbo, taun 2008 keatas untuk varian LM/smart/LV atau 2006 keatas untuk varian LS. budjet max 150jt, ditekan sebanyak mungkin untuk BBN dan revitalisasi mobil.

nah yg ane tanyakan, double blower hanya ada di varian LS. apakah untuk LV dan smart/LM perlu double blower? berhubung katanya AC panther kan dingin banget... dulu pernah punya hi-sporty memang duingin. apakah dinginnya cukup sampai baris ketiga apabila arah angin AC diarahkan ke atas?

lalu untuk taun segitu, apa semuanya sudah power window di keempat jendela?
akhirnya si om ambil panther jugak hehe.. menurut saya, kalo dpt LS, lgsg diambil saja om, udh dobel blower.. tapi kalo kaga ya LV jg oke.. toh panther AC nya sama kulkas saya aja dinginan AC nya panther hehe.. kalo utk bekas, betul kata om DOHC, perhatikan kaki2nya.. karena setau saya, kaki2 panther lumayan lemah terlebih kaki2 depannya.. justru mesinnya yg kagak perlu diapa apain hehe.. ganti oli rutin, ganti filter solar rutin, sama kagak lupa ngisi solarnya sebelum habis, saya jamin ngacir terus mesinnya..
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by Fiz »

imo aja ya, ac dobel blower lumayan menjual sih untuk dibisnis om gni, aplagi anak2 paling jujur kan klo udah bicara, misalnya kepanasan lah atau apa, dan buat ortu sendiri pastinya jd ga rebutan anaknya hrus di row 2 supaya kena ac...
mungkin klo pagi gak berasa, tpi siang pas jemput anak2 pulang skolah biasanya pada kringetan dan pengen instant cool..
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

psiturism wrote: akhirnya si om ambil panther jugak hehe.. menurut saya, kalo dpt LS, lgsg diambil saja om, udh dobel blower.. tapi kalo kaga ya LV jg oke.. toh panther AC nya sama kulkas saya aja dinginan AC nya panther hehe.. kalo utk bekas, betul kata om DOHC, perhatikan kaki2nya.. karena setau saya, kaki2 panther lumayan lemah terlebih kaki2 depannya.. justru mesinnya yg kagak perlu diapa apain hehe.. ganti oli rutin, ganti filter solar rutin, sama kagak lupa ngisi solarnya sebelum habis, saya jamin ngacir terus mesinnya..
iya, sebetulnya sih kurang suka dengan emisi diesel konvensional, tapi apa boleh buat, operational cost dan reliability berbicara berhubung ini bakal jadi armada pertama. armada kedua nanti baru cari yg laen...
Fiz wrote:imo aja ya, ac dobel blower lumayan menjual sih untuk dibisnis om gni, aplagi anak2 paling jujur kan klo udah bicara, misalnya kepanasan lah atau apa, dan buat ortu sendiri pastinya jd ga rebutan anaknya hrus di row 2 supaya kena ac...
mungkin klo pagi gak berasa, tpi siang pas jemput anak2 pulang skolah biasanya pada kringetan dan pengen instant cool..
yup, betul, logikanya masuk.
tapi ane lagi berpikir begini: ketika anak2 masuk, mobil bukan dalam kondisi baru nyala, tetapi pasti kan sudah jalan sekian lama. waktu jemput pagi, mobil kan sudah nyala sewaktu dari rumah ane ke rumah penumpang pertama. lalu waktu jemput disekolah, mobil kan juga sudah nyala selama perjalanan ke sekolah. nah, di waktu sebelum penumpang masuk ini, kan bisa ane dinginin dulu AC-nya.
ide ini sih, memang masuk akal dan lumayan untuk pengiritan harga beli awal, mengingat selisih harga LV/LM/Smart dan LS. tapi dengan adanya double blower sih jadi daya tarik tersendiri, apalagi kalo dipasang di brosur waktu masih cari penumpang.

kalo beli yg LV/LM/smart lalu ditambah double blower bisa ga yah?
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

lagi kesengsem sama review pug 806... harga sekennya murah, masih ada sisa budget cukup banyak untuk perbaikan. jok belakang juga bisa dicopot, bisa ane pasang jok 3-seater.

kalo buat anjem gimana yah? pingin banget berhubung ane setir sendiri ini mobil dan ga bakal dilepas ke supir, tapi sayang juga kalo umur parts nya banyak berkurang gara2 dipake untuk penumpang anjem, bukan untuk pake sendiri...

:big_childish: :big_think: :ungg: